Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurlinda Priyono
"Pendidikan Tenaga Kesehatan diselenggarakan untuk memperoleh tenaga kesehatan yang bermutu, mampu mengemban tugas untuk mewujudkan perubahan, peningkatan dan pembaharuan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat secara optimal.
Politeknik Kesehatan Jurusan Gizi mendidik mahasiswa dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang bermutu di bidang Gizi sesuai dengan fungsi dan kompetensinya.
Salah satu upaya peningkatan ketrarnpilan dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa melalui latihan kerja yang disebut dengan Praktek Kerja Lapangan. Praktek Kerja Lapangan dapat digunakan sebagai sarana informasi terhadap dunia pendidikan kesehatan, sehingga pendidikan kesehatan dapat mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap Koordinator I, Ketua Penyelenggara Praktek Kerja Lapangan, Dosen Pengajar dan Supervisor, sedangkan terhadap mahasiswa dilakukan dengan Diskusi Kelompok Terarah.
Hasil penelitian Input, Proses dan Output menunjukkan bahwa Praktek Kerja Lapangan belum dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Praktek Kerja Lapangan yang dikeluarkan oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan.
Pengalaman belajar dilahan praktek harus diorganisasikan dan dinilai sehingga hubungan dan kesinambungan antara pengalaman belajar di ruang kuliah dan di tempat Praktek Kerja Lapangan terlaksana, sehingga PKL menjadi efektif sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Lokasi PKL yang dilaksanakan di luar Propinsi menyebabkan biaya dibebankan tinggi pada mahasiswa, jika PKL dilakukan didalam Propinsi biaya dapat lebih diefisienkan.
Pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan oleh Institusi belum di evaluasi, keterlibatan staf pendidikan dalam pelaksanaan perencanaan Praktek Kerja Lapangan belum dilibatkan secara optimal.

Education for human resources in health sector is being provided to-obtain qualified human resources in health sector, improve their capability to make changes and development, as well as to improve the public health services.
Department of Nutrition at Polytechnics for Health in Palembang provide the education for their students in order to improve the health service especially in nutrition sector, based on their expected functions and competences.
One of the efforts to enhance the skill of the students, is by giving them the work experiences which is called field work. Field work can be used as information media for education sector, so that education of health can improve the human resources according to needs of society.
The study had been done using a qualitative approach, by interviewing The Coordinator Education I, Head of field work, Lecturer and Supervisors, while the observation to the students was held by conducting a Group Discussion.
Research result of input, process and output indicated that the field work had not been done based on manual of field work developed by The Center Of Health Man Power Education, Ministry of Health.
The work experiences in the work field had been organized and evaluated to achieve the relationship and continuity between learning activities at campus and doing the field work outside the campus, so that the field work could be effective to reach the aim. The field work's location outside the province of South Sumatera seems to be too costly for the students. Undertaking the field work in the province could be considered as an alternative to increase the efficiency.
We conclude that the field work provided by the institutions, had not been evaluated, the involvement of education staff in the work field planning had also not been entangled yet.
References : 41 ( 1994-2002)
"
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T12657
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azwaldi
"Lembaga pendidikan keperawatan Poltekes Jurusan Keperawatan Palembang bertujuan menghasilkan perawat profesiona/pemula melalui berbagai kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di kelas, laboratorium keperawatan dan lahan praktek sesuai dengan tuntutan kompetensi yang diharapkan.
Salah satu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah kegiatan belajar mengajar keperawatan medikal bedah (217A). Namun kegiatan belajar mengajar medikal bedah yang dilakukan belum memperoleh basil yang sesuai dengan tuntutan kompetensinya. Kondisi tersebut ditandai oleh rendahnya tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan keperawatan yang dimiliki oleh mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai informasi mengenai kegiatan pembelajaran keperawatan medikal bedah (217A) di Poltekes Jurusan Keperawatan Palembang berdasarkan pendekatan sistem. Rancangan penelitian menggunakan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan informasi dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, diskusi kelompok terarah dan dokumentasi. Kemudian analisis dilanjutkan melalui triangulasi metode dan sumber, sedangkan hasilnya diteliti melalui analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar masih berkualitas rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kualitas dosen, terbatasnya fasilitas dan sumber belajar yang tersedia. Selain itu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan belum optimal.
Daftar bacaan : 36 (1984 - 2002)

Analysis on Educational System of Medical Surgery Nursing at Palembang Polytechnics of Health Majoring in Nursing Department 2002Palembang Polytechnics of Health in Nursing Department aims at educating beginning professional nurse through lecturing and educational activities conducted in classes, nursing laboratories, and practical places based on hoped competence demand.
One of the lecturing and educational activities to achieve that goal is medical surgery lecture (217A). On the other hand that lecture activity has not fulfilled the competence demands. That condition is marked by students' low masteries of nursing knowledge and skills.
This research objective is to obtain some information concerning lecturing activities of medical surgery (217A) in Palembang Polytechnics of Health based on systemic approach. This research design uses qualitative method, while its information is collected through in-depth interview, focus group discussion and documentation. The analysis is continued through method and source triangulation, while the result is studied based on content analysis.
The research result shows that lecturing quality is low due to lowly qualified lecturer, limited facility and lecturing resources. Moreover, lecture planning, organizing and controlling have not been optimal yet.
References : 36 (1984 - 2002)
"
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T12720
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library