Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prabarini Kartika
Abstrak :
ABSTRAK Sebanyak 34,9% masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan internet dengan 18% penggunanya adalah mahasiswa. Jurnalisme 2.0 saat ini membuat masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan produsen berita. Praktik jurnalisme saat ini sudah mengedepankan penggunaan foto, audio, video, animasi, infografis, dan teks dan media online dapat menggabungkan semua aspek tersebut. Indonesia dibanjiri situs olahraga tetapi didominasi oleh situs olahraga sepakbola. Tidak ada situs yang khusus membahas olahraga seputar kampus. Padahal, menurut hasil wawancara mendalam, kegiatan olahraga kampus perlu diliput media sehingga atlet kampus merasa diapresiasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dikembangan prototype portal berita olahraga kampus bernama ?Sports & Beyond?. Target primer media ini adalah penggemar olahraga yang ada di universitas seluruh Indonesia dengan mempertimbangkan jangkauan internet di kota besar Indonesia, target sekundernya adalah masyarakat Indonesia. Segmentasi demografis berusia 16-23 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, dan memiliki SES A-B-C. Dari sisi anggaran, Sports & Beyond akan mencapai Break Even Point (BEP) pada tahun kedua bulan ke-tiga.
ABSTRACT As much as 34,9% Indonesian uses internet on a daily basis with 18% of that sum being university students. Journalism 2.0 makes it possible for the pubic to have a direct interactions news producer. Journalism practice nowadays has encouraged the uses of photos, audios, videos, animation, infographics, and texts, with internet, all of those means can be combined. Indonesia is flooded with sports related sites which most of the contents are about Football. There are, however, no sport sites which focuses on college sports activities. Whereas, according to the result of our in-depth interviews, sports activities in college needs to be covered by the media in order for the athletes to be appreciated. To answer the problem, the prototype that are being developed is a type of news portal named Sports & Beyond. This news portal is chosen based on our research that has been spread to 50 respondents. The prime target of this media is sport fans in universities in Indonesia with the consideration of internet reach in big cities in Indonesia, the secondary target is the public in Indonesia. The segmented demography is male and female that has SES A-B-C at the age of 16-23 years. Looking from budgeting, Sports & Beyond will reach its Break Even Point (BEP) in the second year on the third month.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Luki Surya Sumirat
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S4373
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Dony Rahman
Abstrak :
ABSTRAK
Analisis Situasi Jurnalisme tidak lepas dari salah satu cakupannya yaitu Jurnalisme Olahraga, ketertarikan khalayak terhadap konten jurnalistik di bidang olahraga pun terbilang sesuatu yang signifikan karena berita ndash; berita olahraga bisa dibilang mengandung materi yang lsquo;ringan rsquo; namun banyak dicari oleh khalayak. Hal inilah yang mengakibatkan menjamurnya berbagai bentuk media bertemakan olahraga, khususnya di media online.Futsal sekarang menjadi salah satu olahraga yang paling digandrungi banyak remaja hingga dewasa dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti dari banyaknya kompetisi ndash; kompetisi futsal tingkat SMA, Mahasiswa dan umum yang ada di indonesia. Tentu kalangan pecinta futsal pun membutuhkan informasi terkini mengenai serba serbi futsal yang ada di indonesia maupun di luar negeri. Namun, sedikitnya portal berita yang menyediakan berita khusus futsal sampai saat ini hanya bolalob.com menyebabkan belum adanya berita yang berkualitas serta mendalam untuk disebarkan ke khalayak umum, khususnya pecinta futsal di tanah air.BAGIAN 2Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe Manfaat Bagi Khalayak: Futsalisme menjadi media untuk para khalayaknya untuk menambah wawasannya terhadap isu dan kejadian yang sedang terjadi dalam dunia futsal. Menambah referensi dan pengetahuan baru untuk khalayak terapkan di kehidupan nyata, khususnya dalam bermain futsal. Memberikan kemudahan akses para khalayaknya untuk mengonsumsi informasi tentang futsal karena bisa diakses lewat berbagai perangkat berkoneksi internet. Menawarkan sebuah alternatif bagi khalayak untuk dapat mengonsumsi berita dalam kemasan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik yang ada.Manfaat bagi pengelola: Meningkatkan kesadaran pengelola untuk mencari info yang penting untuk dimuat di Futsalisme. Menerapkan ilmu yang sudah pengelola dapatkan di bidang jurnalisme. Mendapat informasi yang lebih mendalam untuk pengelola sendiri, karena pengelola terjun langsung dalam mengolah berita. Mendapatkan keuntungan dari berbagai iklan yang masuk Menjadi sumber penghasilan bagi pengelola mediaTujuan: Menjadi pilihan utama khalayak untuk mendapat informasi secara mendalam tentang futsal baik dalam maupun luar negeri. Menambah wawasan tentang penerapan penulisan jurnalistik secara baik dan benar di bidang jurnalisme olahraga. Menawarkan inspirasi para pembaca dengan semua konten berita yang ada di dalam portal berita online Futsalisme. Dapat diakses berbagai kalangan baik yang baru mengikuti perkembangan dunia futsal ataupun yang sudah lama mengikuti berita berita futsal. Strengths: Portal berita didukung dengan rubrikasi yang beragam sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembacanya. Meski targetnya jelas, namun majalah ini juga memungkinkan diakses oleh khalayak diluar target utama khalayak.Weaknesses: pengelola media kurang berpengalaman, modal terbatasOpportunities: hadir dengan sesuatu yang baruThreats: kompetitor yang lebih kuat, isu royalti yang mengancam keberadaan situsBAGIAN 3Prototype yang Dikembangkan Prototype yang dikembangkan adalah portal berita olahraga bernama Futsal Is Me. Pemilihan portal berita ini berdasarkan hasil riset khalayak yang disebar ke 30 responden. Target primer media ini adalah remaja yang menyukai olahraga futsal. Target sekundernya adalah adalah khalayak yang senang mencari tahu sesuatu yang baru dan mempunyai akses internet, berumur 16 ndash; 35 tahun, SES B-C-D.BAGIAN 4Evaluasi Pre-test dilakukan dengan cara menyebar kuesioner online dan prototype Futsal Is Me kepada masing-masing 30 responden yang sebelumnya pernah mengisi kuesioner riset khalayak dan membuka website Futsal Is Me. Sebelum menjawab kuesioner pre-test, responden harus melihat prototype terlebih dahulu. Evaluasi akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisikan pranala portal berita Futsalisme dan kuesioner berbentuk online ke e-mail para responden yang telah mengakses portal berita Futsal Is Me. Selain itu, pengelola menyediakan laman Kritik dan Saran untuk menampung segala masukan dari para pengakses situs.Input: mengukur keinginan dan kebutuhan khalayak dari kualitas konten yang dimuat di situs baik isi maupun cara penyampaian.Output: laman Kritik dan Saran yang disediakan di situsOutcome: menggunakan instrumen observasi langsung kepada para responden yang merupakan khalayak pengakses portal berita Futsalisme, evaluasi ini birsa berbentuk wawancara ataupun Focus Group Discussion FGD . BAGIAN 5Anggaran Anggaran pembuatan prototype : Rp 2.125.000Investasi Awal : Rp 96.750.000Total Pengeluaran Bulanan : Rp 87.900.000Total Pengeluaran Per Tahun : Rp 1.054.800.000Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama : Rp 913.275.000Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua : Rp 2.694.600.000Perkiraan Rugi Tahun Pertama : -Rp 275.983.500 Perkiraan Laba Tahun Kedua : Rp 1.255.956.000BEP akan dicapai pada tahun kedua bulan kedua.
ABSTRACT
Situation Analysis Journalism can not be separated from sports journalism, the public interest against the content in the field of sports journalism was something significant because the news arguably contain material that 39 light 39 but much sought after by the audience. This has resulted in the proliferation of various forms of sports themed media, especially in online media. Futsal is now becoming one of the sport 39 s most loved by many teenagers and adults in recent years. Evident from the competition futsal competition high school level, students and the public in Indonesia. Of course, futsal enthusiasts also need the latest information about sundries futsal in Indonesia and abroad. However, at least the news portal that provides customized news futsal until now only bolalob.com led to the absence of quality news and in depth for distribution to the general public, especially futsal enthusiasts in the country.PART 2Benefits and Objectives Benefits for Audience Futsalisme become a medium for the audience to add his insights to the issues and events that are happening in the world of futsal. Adding a reference and apply new knowledge to audiences in real life, especially in playing futsal. Provide easy access to the audience to consume information about futsal because it can be accessed through a variety of internet connected devices. Offer an alternative for the audience to be able to consume news in packaging in accordance with existing rules of journalism.Benefits for administrator Raising awareness of managers to find the info that 39 s important to be loaded in Futsalisme. Applying the science that has been the manager get in journalism. Got more in depth information for its own managers, because managers directly involved in processing the news. Benefit from the various advertising sign in Become a source of income for media managersObjectives Become the ultimate choice of the public to obtain in depth information about futsal both inside and outside the country. Add knowledge about the application of journalistic writing is good and true in the field of sports journalism. Offering inspiring readers with all the news content in the online news portal Futsalisme. Accessible various groups following the development of the world 39 s new futsal or who have long followed news futsal news. Strengths powered with diverse rubric, so as to meet the needs of readers. Despite the obvious target, but also allows the magazine accessible to audiences outside of the main target audiences.Weaknesses less experienced media managers, limited capitalOpportunities comes with something newThreats competitors are more powerful, royalty issues that threaten the existence of the sitePART 3Prototype The prototype that are being developed is a type of news portal named Futsal Is Me. This news portal is chosen based on our research that has been spread to 30 respondents. The prime target of this media is the teenagers who love the sport of futsal, the secondary target is the people who pleased to find out something new and have internet access, aged 16 35 years, SES B C D. PART 4Evaluation The Pre test is done by spreading the online questioner and Futsal Is Me rsquo s prototype to each of the 30 respondents that has filled the research rsquo s questioner. Respondents are required to see the prototype before filling the pre test rsquo s questioner. Evaluation is done by sending link of the Futsal Is Me portal through the online questioner to the respondents rsquo s email. Other than that, evaluation was also done by comment box in every articles with the direct observation from the administrator and followed by in depth interviews to a number of respondents. Input to seek public 39 s wants and needs from the quality of the message, content, and medium.Output Futsal Is Me evaluation through comment box and Kritik dan Saran page.Outcome Changing attitudes and behavior of readers. The instruments will be using Focus Group Discussion FGD . PART 5Budgeting Production of Prototype rsquo s Budget Rp 2.125.000Initial Investment Rp 96.750.000Total of Monthly Expenses Rp 87.900.000Total of Annual Expenses Rp 1.054.800.000First Year rsquo s Predicted Income Rp 913.275.000Second Year rsquo s Predicted Income Rp 2.694.600.000First Year 39 s Predicted Loss Rp 275.983.500 Second Year 39 s Predicted Profit Rp 1.255.956.000 BEP will be reached in the second year on the second month.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Paula Anggita Isabel
Abstrak :
Proses komodifikasi yaitu eksploitasi terhadap perempuan dengan menurunkan nilainya sebagai manusia menjadi komoditas mengambil bentuk baru pada dunia digital saat ini. Utamanya melalui cara media merepresentasikan perempuan menggunakan tanda-tanda dalam informasi yang disampaikan kepada masyarakat untuk tujuan tertentu yaitu keuntungan kapital dan pelanggengan ideologi patriarkis. Hal ini dikarenakan, media arus utama pada dasarnya juga merupakan agen aktif yang memiliki kekuatan untuk mengkonstruksi realitas. Berangkat dari kondisi tersebut, penulis melakukan analisis terhadap tiga pemberitaan dari media arus utama dalam tiga portal berita daring yaitu Hot.Detik.com, Kompas.Tv, dan Cnnindonesia.com menggunakan metode analisis Semiotika Ferdinand de Saussure dengan mengambil kasus Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin yang terjerat skandal video pesta pribadi periode bulan Agustus 2022 untuk melihat bagaimana komodifikasi perempuan terjadi melalui tanda seperti diksi, gaya bahasa, dan tutur. Tanda yang terkumpul kemudian diidentifikasi menggunakan konsep lima jenis citra perempuan dalam media. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga teks berita dalam tiga portal daring melakukan komodifikasi atas Sanna Marin sebagai perempuan beserta tubuh dan atributnya walaupun narasi isi berita mengambil sudut pandang yang berbeda. ......The process of commodification, which is the exploitation of women by reducing their value as human beings into commodities, takes a new form in today's digital world. Mainly through the way media represents women using signs in the information conveyed to the public for certain purposes, such as capital gains and the perpetuation of patriarchal ideology. This is because, in essence, mainstream media is also an active agent that has the power to construct reality. Based on these conditions, the author analyzes three reports from the mainstream media in three online news portals, namely Hot.Detik.com, Kompas.Tv, and Cnnindonesia.com using Ferdinand de Saussure's Semiotics analysis method by taking the case of Finland Prime Minister Sanna Marin who was caught in a private party video scandal in August 2022 to see how the commodification of women occurs through signs such as diction, language style, and speech. The collected signs are then identified using the concept of five types of images of women in the media. The results of the analysis show that the three news texts in three online portals commodify Sanna Marin as a woman including her body and attributes even though the narrative of the news content takes a different point of view.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Mk-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Limilia
Abstrak :
Pertumbuhan pengguna internet yang begitu cepat, membuat portal berita online sebagai salah satu media baru di Indonesia. Karakteristik portal berita online yang unik, membuat portal berita menjadi salah satu media yang penting dalam mencari informasi. Penelitian ini menguji apakah terdapat intermedia agenda setting di antara portal berita online, khususnya detik, viva, dan okezone.  Untuk mengetahui apakah terdapat intermedia agenda setting di antara ketiga portal berita, maka penelitian ini menggunakan analisis isi dengan unit pencatatan berupa isu, topik, dan sumber pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesamaan isu, topik, dan sumber pemberitaan di antara ketiga portal berita selama pemantauan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat intermedia agenda setting di antara ketiga portal tersebut. ......As thepopulation of Internet users grows rapidly, online news websites has become one of the new media in Indonesia. The unique characteristics of online news websites make them a new important media outlet in finding an information.This study examined the intermedia agenda-setting effects among three online news websites, especially on detik, viva, and okezone. To examine whether the three of online news websites have an inter-media agenda-setting, this study applies content analysiswith a recording units i.e. issues, topic, and sources. The result showed that there are similarities among three online news websites about issues, topic, and sources. Therefore, it can be concluded that there is intermedia agenda setting among three online news websites.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2103
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pupung Arifin
Abstrak :
ABSTRAK
Portal berita online menjadi satu produk dari perkembangan teknologi internet di dunia jurnalisme. Kemunculan media baru ini sejalan dengan perkembangan audiens yang semakin dinamis dalam mencari informasi di media massa. Populasi portal berita online di Indonesia yang terus tumbuh membuat persaingan industri portal berita online menjadi ketat. Media online berupaya merebut hati pembacanya dengan menyajikan informasi yang mampu menjawab kebutuhan audiens. Kepuasan audiens akan sajian informasi yang ditawarkan oleh portal berita online menjadi dasar penelitian untuk melihat tingkat persaingan yang terjadi. Menggunakan teori uses and gratifications penulis mencoba melihat motif audiens dalam mengakses portal berita online, dan kepuasan audiens akan terpenuhinya motif tersebut. Penelitian ini pada akhirnya memaparkan tingkat superioritas antar media online.
ABSTRACT
The advancement of technology in internet leads to the existence of a new product in journalism world; that is online news portal. The emergence of this new media is parallel with the advancement of the even smarter audience who becomes dynamics in searching information in mass media. The number of online news portal in Indonesia which keeps increasing leads to tougher competition in the industry of online news portal. Online media keeps trying to win the heart of the audience by presenting information that can meet the need of the audience. The audience's satisfaction on the presentation of the information offered by online news portal became the basis of the research to study the level of existing competition. By using a theory of uses and gratifications, the writer tries to study the audience's motif in accessing online news portal besides their satisfaction on the fulfillment of that motif. This research, at last, exposed the level of superiority among online news portals.
2012
T30608
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Nurhadiyanto
Abstrak :
Karakteristik portal berita online yang cepat dalam menyajikan informasi menjadi salah satu daya tarik para pembaca untuk mendapatkan informasi. Portal berita online pemerintah pun memanfaatkan peluang untuk menjadi alternatif berita bagi publik. Penelitian ini menguji bagaimana pola pemberitaan agenda pemerintah pada situs web di lingkungan kepresidenan, yakni setkab.go.id, setneg.go.id, dan presidenri.go.id. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan analisis isi dengan unit pencatatan berupa isu, topik, dan sumber pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesamaan isu, topik, dan sumber pemberitaan di antara ketiga portal berita selama penelitian berlangsung.
Characteristics of online news portals to provide information quickly become one of the attractions for readers to obtain information. Government online news portal also take opportunity to become an alternative news to public. This study examined how patterns of news on the government's agenda in presidential website, namely setkab.go.id, setneg.go.id, and presidenri.go.id. Furthermore, this study uses content analysis with a recording unit issues, topics, and news sources. The results showed that there is a similarity of issues, topics, and news sources in the news portal during the study.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41660
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library