Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Albertus Magnus Pradipta Putra
"Dalam dunia yang terus berkembang pesat di era digital ini, aplikasi e-commerce menjadi salah satu pilar utama dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Aplikasi "Yo-Kulak" sebagai bagian integral dari ekosistem e-commerce hadir untuk memberikan pengalaman belanja yang praktis dan efisien bagi pengguna. Dalam penelitian kali ini, evaluasi user experience dilakukan pada aplikasi Yo-Kulak menggunakan metode usability testing dengan mengukur performance metrics, self-reported metrics, dan issue-based metrics. Berdasarkan hasil dari pengukuran tersebut, ditemukan bahwa aplikasi Yo-Kulak sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa masalah yang perlu diperbaiki terkait user interface dan user experience-nya. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan user interface Yo-Kulak berdasarkan permasalahan yang ada dan literatur yang berkaitan. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi desain perbaikan untuk aplikasi Yo-Kulak dengan mengacu pada UX Laws. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rekomendasi desain perbaikan dapat meningkatkan kepuasan pengguna.
......In the rapidly evolving world of the digital era, e-commerce applications have become a cornerstone in meeting consumer needs. The "Yo-Kulak" application, as an integral part of the e-commerce ecosystem, is designed to provide a practical and efficient shopping experience for users. In this study, a user experience evaluation was conducted on the Yo-Kulak application using usability testing methods, measuring performance metrics, self-reported metrics, and issue-based metrics. Based on the results of these measurements, it was found that the Yo-Kulak application performs well, but there are still some issues related to its user interface and user experience that need improvement. Therefore, improvements to the Yo-Kulak user interface were made based on identified issues and relevant literature. This research resulted in design improvement recommendations for the Yo-Kulak application, referencing UX Laws. The findings indicate that these design recommendations can enhance user satisfaction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Rokhmah Pyriana
"Berdasarkan hasil wawancara dan dokumen perusahaan, jumlah pelanggan yang menggunakan aplikasi seluler “My Home Credit” untuk melakukan transaksi di toko mitra secara offline mengalami penurunan dengan persentase yang tidak sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi usability dan user experience pada aplikasi seluler “My Home Credit”, serta memberikan rekomendasi perbaikan pada tampilan antarmuka aplikasi. Jenis penelitian ini adalah exploratory mixed methods research. Analisis data secara kuantitatif dilakukan pada hasil kuesioner daring Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dan User Experience Questionnaire (UEQ) oleh 100 orang responden yang telah diadaptasi ke bahasa Indonesia. Penilaian PSSUQ untuk tampilan aplikasi saat ini menunjukkan nilai rata-rata di bawah standar pada kategori overall, system usefulness, dan interface quality. Adapun pada penilaian UEQ menunjukkan skala daya tarik, kejelasan, ketepatan, stimulasi, kebaruan, dan efisiensi yang buruk dan di bawah rata-rata. Analisis kualitatif dilakukan pada hasil open-ended questions dan pelaksanaan usability testing oleh 12 orang responden. 17 kelompok permasalahan yang ditemukan, dipetakan ke dalam prinsip mobile user experience dan usability heuristics for user interface design. Perancangan desain perbaikan antarmuka aplikasi menggunakan pendekatan user centered design dan prinsip mobile device interface design guidelines. Dengan hasil tersebut, peningkatan kualitas aplikasi perlu dilakukan agar dapat meningkatkan jumlah customer.
......Based on the interview result and company report, the customer who uses “My Home Credit” mobile application to submit financing application at the offline partner store decreased with the unexpected percentage amount. This research aims to conduct the usability and user experience evaluation in mobile application and provide an interface design recommendation. The research methodology was carried out using exploratory mixed methods research. Quantitative analysis is used to analyze the data from an online questionnaire consisting Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) and User Experience Questionnaire (UEQ) that’s already adapted to Bahasa and involved 100 respondents. PSSUQ results showed that the mean score of overall, system usefulness, and interface quality categories were not meet the standard. UEQ results showed that attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, and novelty scales were bad and below average. Qualitative analysis was carried out to analyze open-ended questions and usability testing results from 12 respondents. 17 groups of finding issues mapped in mobile user experience and usability heuristics for user interface design principle. The refinement design of the mobile application interface used user-centered design approach and mobile device interface design guidelines principle. This research showed that the application quality needs to be improved to increase customer volume."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Naifathiya Langitadiva
"Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pencarian orang hilang dengan pendekatan user-centered design. Dalam upaya mengatasi permasalahan pencarian orang hilang akibat bencana alam dan kurangnya akses informasi, penelitian ini fokus pada analisis proses bisnis dan pengalaman pengguna. Responden penelitian termasuk lembaga resmi, keluarga korban yang hilang, relawan pencari, dan ahli di bidang sistem interaksi. Hasil penelitian menghasilkan sistem informasi dengan fitur seperti daftar orang hilang, membuat laporan orang hilang, membuat laporan klaim temuan orang hilang, face detection untuk verifikasi data, face recognition untuk pencarian data, sistem notifikasi untuk melibatkan komunitas, dan verifikasi data kependudukan melalui NIK. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ini memiliki tingkat penerimaan yang baik dari pengguna, dengan nilai SUS mencapai 70,779 dan nilai PSSUQ yang menunjukkan sistem yang berguna, berkualitas, dan mudah digunakan. Rancangan desain sistem informasi ini diharapkan dapat membantu Kepolisian Republik Indonesia dalam upaya pencarian orang hilang akibat bencana alam di Indonesia.
......This study aimed to design a user-centered information system for searching for missing persons in Indonesia, especially in the context of natural disasters and extreme climate change. The research involved analyzing business processes and user experiences using Shneiderman's eight golden rules. The resulting system includes features like a list of missing persons, reporting missing persons, claims for finding missing persons, face detection for data verification, face recognition for data search, community notification, and population data verification using NIK. The research went through three iterations, producing low-fidelity and high-fidelity prototypes, and was evaluated qualitatively and quantitatively. The evaluations showed good usability and acceptance by users, with an SUS value reaching 70.779 and a PSSUQ value indicating a system that is useful, high quality and easy to use.. The hope is that this system design will assist the Indonesian National Police in their efforts to create an effective missing persons information system, particularly in disaster situations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Estuputra Denaya
"Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pencarian orang hilang dengan pendekatan user-centered design. Dalam upaya mengatasi permasalahan pencarian orang hilang akibat bencana alam dan kurangnya akses informasi, penelitian ini fokus pada analisis proses bisnis dan pengalaman pengguna. Responden penelitian termasuk lembaga resmi, keluarga korban yang hilang, relawan pencari, dan ahli di bidang sistem interaksi. Hasil penelitian menghasilkan sistem informasi dengan fitur seperti daftar orang hilang, membuat laporan orang hilang, membuat laporan klaim temuan orang hilang, face detection untuk verifikasi data, face recognition untuk pencarian data, sistem notifikasi untuk melibatkan komunitas, dan verifikasi data kependudukan melalui NIK. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ini memiliki tingkat penerimaan yang baik dari pengguna, dengan nilai SUS mencapai 70,779 dan nilai PSSUQ yang menunjukkan sistem yang berguna, berkualitas, dan mudah digunakan. Rancangan desain sistem informasi ini diharapkan dapat membantu Kepolisian Republik Indonesia dalam upaya pencarian orang hilang akibat bencana alam di Indonesia.
......This study aimed to design a user-centered information system for searching for missing persons in Indonesia, especially in the context of natural disasters and extreme climate change. The research involved analyzing business processes and user experiences using Shneiderman's eight golden rules. The resulting system includes features like a list of missing persons, reporting missing persons, claims for finding missing persons, face detection for data verification, face recognition for data search, community notification, and population data verification using NIK. The research went through three iterations, producing low-fidelity and high-fidelity prototypes, and was evaluated qualitatively and quantitatively. The evaluations showed good usability and acceptance by users, with an SUS value reaching 70.779 and a PSSUQ value indicating a system that is useful, high quality and easy to use.. The hope is that this system design will assist the Indonesian National Police in their efforts to create an effective missing persons information system, particularly in disaster situations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Harori Zaki Ichsan
"Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pencarian orang hilang dengan pendekatan user-centered design. Dalam upaya mengatasi permasalahan pencarian orang hilang akibat bencana alam dan kurangnya akses informasi, penelitian ini fokus pada analisis proses bisnis dan pengalaman pengguna. Responden penelitian termasuk lembaga resmi, keluarga korban yang hilang, relawan pencari, dan ahli di bidang sistem interaksi. Hasil penelitian menghasilkan sistem informasi dengan fitur seperti daftar orang hilang, membuat laporan orang hilang, membuat laporan klaim temuan orang hilang, face detection untuk verifikasi data, face recognition untuk pencarian data, sistem notifikasi untuk melibatkan komunitas, dan verifikasi data kependudukan melalui NIK. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ini memiliki tingkat penerimaan yang baik dari pengguna, dengan nilai SUS mencapai 70,779 dan nilai PSSUQ yang menunjukkan sistem yang berguna, berkualitas, dan mudah digunakan. Rancangan desain sistem informasi ini diharapkan dapat membantu Kepolisian Republik Indonesia dalam upaya pencarian orang hilang akibat bencana alam di Indonesia.
......This study aimed to design a user-centered information system for searching for missing persons in Indonesia, especially in the context of natural disasters and extreme climate change. The research involved analyzing business processes and user experiences using Shneiderman's eight golden rules. The resulting system includes features like a list of missing persons, reporting missing persons, claims for finding missing persons, face detection for data verification, face recognition for data search, community notification, and population data verification using NIK. The research went through three iterations, producing low-fidelity and high-fidelity prototypes, and was evaluated qualitatively and quantitatively. The evaluations showed good usability and acceptance by users, with an SUS value reaching 70.779 and a PSSUQ value indicating a system that is useful, high quality and easy to use.. The hope is that this system design will assist the Indonesian National Police in their efforts to create an effective missing persons information system, particularly in disaster situations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Martha Natasha
"Indonesia merupakan negara berbasis hukum (rechtsstaat) dimana pemerintahannya dilaksanakan berdasarkan undang-undang, dan adanya upaya untuk menjunjung dan menempatkan hukum pada kedudukan tertinggi (supremacy of law). Untuk mengamalkan hal tersebut, dibutuhkan masyarakat yang memiliki kesadaran akan hukum yang cukup tinggi sehingga masyarakat, sebagai elemen negara, dapat berpartisipasi secara efektif dalam sistem hukum yang ada. Teknologi hukum, atau biasa dikenal sebagai legal technology (legal tech) dapat membantu untuk memfasilitasi kesadaran tersebut. Proses digitalisasi hukum sendiri biasanya terbagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah pengintegrasian produk hukum ke dalam sistem informasi seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terkait sistem pencarian dokumen hukum serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi menggunakan pendekatan user-centered design. Iterasi pertama dan kedua menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kualitatif dengan usability testing. Iterasi ketiga menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kuantitatif menggunakan system usability scale (SUS) dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil penelitian, tim penulis membuat sistem dengan fitur utama antara lain filter yang komprehensif , sort untuk mengurutkan dokumen, daftar isi pada peraturan, informasi terkait peraturan (dokumen peraturan gabungan, dasar hukum, riwayat perubahan, dan peraturan pelaksana), informasi terkait putusan (riwayat putusan dan catatan amar), bookmark dan fitur pembaharuan dokumen pada bookmark. Kemudian, berdasarkan hasil survei pada 48 responden, nilai SUS menunjukkan 70,46 dengan predikat good pada rentang adjectives, predikat acceptable pada rentang acceptability, dan C untuk grade scale. Sedangkan untuk PSSUQ, nilai yang didapat adalah 2,69 untuk system quality, 2,82 untuk information quality, 2,41 untuk interface quality, dan 2,67 untuk overall. Kedua evaluasi tersebut menunjukkan bahwa desain yang dibuat sudah cukup baik. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain sistem pencarian ranking-based untuk dokumen legal yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada domain legal tech di Indonesia.
......In Indonesia, the government operates under the principles of a rechtsstaat, or country based on the rule of law, where there are efforts to uphold and place the law in the highest position (supremacy of law). In order for society to properly engage in the current legal system as a part of the state, it is necessary for society to have a high level of legal awareness. Legal technology, or commonly known legal tech can help to facilitate this awareness. The legal digitization process itself is usually divided into three parts, one of which is the integration of legal products into the information system carried out in this research. The purpose of this research was to investigate issues and user requirements related to legal document search systems, as well as to develop and evaluate prototypes that aim to address these issues. This research uses a user-centered design approach and was carried out in three rounds of iterations. A high-fidelity prototype that was developed during the first and second iterations was evaluated qualitatively through usability testing. The third iteration also produced a high-fidelity prototype which was evaluated quantitatively using the system usability scale (SUS) and post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the research results, the research team created a system with main features including comprehensive filters, sort feature to sort the documents, table of contents in regulations, information related to regulations (combined regulatory documents, legal basis, history of changes, and implementing regulations), information related to judgments (judgment history and verdict notes), bookmarks and document update in bookmarks. Then, based on the survey results of 48 respondents, the SUS value showed 70.46 with a good predicate in the adjectives range, an acceptable predicate in the acceptability range, and C for the grade scale. While the PSSUQ value showed 2,69 for system quality, 2,82 for information quality, 2,41 for interface quality, and 2,67 for overall. The results of both evaluations indicated that the design was good. This research produces a draft design of a ranking-based search system for legal documents that meets user needs. It is hoped that this research can contribute to Indonesia's legal tech industry."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raudhotul Jannah
"Indonesia merupakan negara berbasis hukum (rechtsstaat) dimana pemerintahannya dilaksanakan berdasarkan undang-undang, dan adanya upaya untuk menjunjung dan menempatkan hukum pada kedudukan tertinggi (supremacy of law). Untuk mengamalkan hal tersebut, dibutuhkan masyarakat yang memiliki kesadaran akan hukum yang cukup tinggi sehingga masyarakat, sebagai elemen negara, dapat berpartisipasi secara efektif dalam sistem hukum yang ada. Teknologi hukum, atau biasa dikenal sebagai legal technology (legal tech) dapat membantu untuk memfasilitasi kesadaran tersebut. Proses digitalisasi hukum sendiri biasanya terbagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah pengintegrasian produk hukum ke dalam sistem informasi seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terkait sistem pencarian dokumen hukum serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi menggunakan pendekatan user-centered design. Iterasi pertama dan kedua menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kualitatif dengan usability testing. Iterasi ketiga menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kuantitatif menggunakan system usability scale (SUS) dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil penelitian, tim penulis membuat sistem dengan fitur utama antara lain filter yang komprehensif , sort untuk mengurutkan dokumen, daftar isi pada peraturan, informasi terkait peraturan (dokumen peraturan gabungan, dasar hukum, riwayat perubahan, dan peraturan pelaksana), informasi terkait putusan (riwayat putusan dan catatan amar), bookmark dan fitur pembaharuan dokumen pada bookmark. Kemudian, berdasarkan hasil survei pada 48 responden, nilai SUS menunjukkan 70,46 dengan predikat good pada rentang adjectives, predikat acceptable pada rentang acceptability, dan C untuk grade scale. Sedangkan untuk PSSUQ, nilai yang didapat adalah 2,69 untuk system quality, 2,82 untuk information quality, 2,41 untuk interface quality, dan 2,67 untuk overall. Kedua evaluasi tersebut menunjukkan bahwa desain yang dibuat sudah cukup baik. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain sistem pencarian ranking-based untuk dokumen legal yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada domain legal tech di Indonesia.
......In Indonesia, the government operates under the principles of a rechtsstaat, or country based on the rule of law, where there are efforts to uphold and place the law in the highest position (supremacy of law). In order for society to properly engage in the current legal system as a part of the state, it is necessary for society to have a high level of legal awareness. Legal technology, or commonly known legal tech can help to facilitate this awareness. The legal digitization process itself is usually divided into three parts, one of which is the integration of legal products into the information system carried out in this research. The purpose of this research was to investigate issues and user requirements related to legal document search systems, as well as to develop and evaluate prototypes that aim to address these issues. This research uses a user-centered design approach and was carried out in three rounds of iterations. A high-fidelity prototype that was developed during the first and second iterations was evaluated qualitatively through usability testing. The third iteration also produced a high-fidelity prototype which was evaluated quantitatively using the system usability scale (SUS) and post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the research results, the research team created a system with main features including comprehensive filters, sort feature to sort the documents, table of contents in regulations, information related to regulations (combined regulatory documents, legal basis, history of changes, and implementing regulations), information related to judgments (judgment history and verdict notes), bookmarks and document update in bookmarks. Then, based on the survey results of 48 respondents, the SUS value showed 70.46 with a good predicate in the adjectives range, an acceptable predicate in the acceptability range, and C for the grade scale. While the PSSUQ value showed 2,69 for system quality, 2,82 for information quality, 2,41 for interface quality, and 2,67 for overall. The results of both evaluations indicated that the design was good. This research produces a draft design of a ranking-based search system for legal documents that meets user needs. It is hoped that this research can contribute to Indonesia's legal tech industry."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Philander
"Indonesia merupakan negara berbasis hukum (rechtsstaat) dimana pemerintahannya dilaksanakan berdasarkan undang-undang, dan adanya upaya untuk menjunjung dan menempatkan hukum pada kedudukan tertinggi (supremacy of law). Untuk mengamalkan hal tersebut, dibutuhkan masyarakat yang memiliki kesadaran akan hukum yang cukup tinggi sehingga masyarakat, sebagai elemen negara, dapat berpartisipasi secara efektif dalam sistem hukum yang ada. Teknologi hukum, atau biasa dikenal sebagai legal technology (legal tech) dapat membantu untuk memfasilitasi kesadaran tersebut. Proses digitalisasi hukum sendiri biasanya terbagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah pengintegrasian produk hukum ke dalam sistem informasi seperti yang dilakukan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna terkait sistem pencarian dokumen hukum serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam tiga iterasi menggunakan pendekatan user-centered design. Iterasi pertama dan kedua menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kualitatif dengan usability testing. Iterasi ketiga menghasilkan high-fidelity prototype yang dievaluasi secara kuantitatif menggunakan system usability scale (SUS) dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil penelitian, tim penulis membuat sistem dengan fitur utama antara lain filter yang komprehensif , sort untuk mengurutkan dokumen, daftar isi pada peraturan, informasi terkait peraturan (dokumen peraturan gabungan, dasar hukum, riwayat perubahan, dan peraturan pelaksana), informasi terkait putusan (riwayat putusan dan catatan amar), bookmark dan fitur pembaharuan dokumen pada bookmark. Kemudian, berdasarkan hasil survei pada 48 responden, nilai SUS menunjukkan 70,46 dengan predikat good pada rentang adjectives, predikat acceptable pada rentang acceptability, dan C untuk grade scale. Sedangkan untuk PSSUQ, nilai yang didapat adalah 2,69 untuk system quality, 2,82 untuk information quality, 2,41 untuk interface quality, dan 2,67 untuk overall. Kedua evaluasi tersebut menunjukkan bahwa desain yang dibuat sudah cukup baik. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain sistem pencarian ranking-based untuk dokumen legal yang memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada domain legal tech di Indonesia.
......In Indonesia, the government operates under the principles of a rechtsstaat, or country based on the rule of law, where there are efforts to uphold and place the law in the highest position (supremacy of law). In order for society to properly engage in the current legal system as a part of the state, it is necessary for society to have a high level of legal awareness. Legal technology, or commonly known legal tech can help to facilitate this awareness. The legal digitization process itself is usually divided into three parts, one of which is the integration of legal products into the information system carried out in this research. The purpose of this research was to investigate issues and user requirements related to legal document search systems, as well as to develop and evaluate prototypes that aim to address these issues. This research uses a user-centered design approach and was carried out in three rounds of iterations. A high-fidelity prototype that was developed during the first and second iterations was evaluated qualitatively through usability testing. The third iteration also produced a high-fidelity prototype which was evaluated quantitatively using the system usability scale (SUS) and post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the research results, the research team created a system with main features including comprehensive filters, sort feature to sort the documents, table of contents in regulations, information related to regulations (combined regulatory documents, legal basis, history of changes, and implementing regulations), information related to judgments (judgment history and verdict notes), bookmarks and document update in bookmarks. Then, based on the survey results of 48 respondents, the SUS value showed 70.46 with a good predicate in the adjectives range, an acceptable predicate in the acceptability range, and C for the grade scale. While the PSSUQ value showed 2,69 for system quality, 2,82 for information quality, 2,41 for interface quality, and 2,67 for overall. The results of both evaluations indicated that the design was good. This research produces a draft design of a ranking-based search system for legal documents that meets user needs. It is hoped that this research can contribute to Indonesia's legal tech industry."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isyah Auliarahmani Rafifa
"Kasus kekerasan seksual seringkali terjadi di lingkungan perguruan tinggi, tak terkecuali di Universitas Indonesia (UI). Satgas PPKS UI, lembaga resmi yang menangani kasus kekerasan seksual di UI, belum memiliki sistem yang terintegrasi dalam menangani dan mengelola kasus pelaporan kekerasan seksual secara terorganisir. Hal ini ditunjukkan oleh penggunaan sistem third party Google Forms untuk menerima laporan, Google Drive untuk menyimpan dokumentasi selama proses pelaporan dan penanganan, serta Linktree dan media sosial untuk mempublikasikan dokumen dan dasar hukum. Selain itu, belum adanya sistem pelaporan dan pencatatan yang baik untuk memantau progres kasus membuat pelapor kesulitan dalam mengetahui status kasus secara real-time dan transparan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang solusi desain antarmuka sistem informasi pelaporan dan penanganan kekerasan seksual dalam lingkup Universitas Indonesia dengan menggunakan pendekatan user-centered design (UCD). Pengumpulan data melibatkan 16 responden yang terdiri dari 2 anggota Satgas PPKS UI, 5 orang yang pernah melaporkan kekerasan seksual, 5 orang ahli atau aktivis di bidang kekerasan seksual, dan 4 orang umum. Hasil pengumpulan data diolah menggunakan metode thematic analysis. Berdasarkan hasil penelitian, rancangan desain antarmuka sistem ini memiliki beberapa fitur utama, yaitu fitur pelaporan dan penanganan kekerasan seksual, hotline Satgas PPKS UI dan daftar kontak alternatif, fitur informasi dan edukasi terkait kekerasan seksual, serta fitur konseling untuk korban dan saksi. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka berbentuk low-fidelity design dan high-fidelity prototype. Rancangan tersebut dievaluasi kembali dengan Shneiderman’s eight golden rules, remote moderated usability testing, dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil survei PSSUQ terhadap 107 responden, rancangan desain antarmuka mendapatkan nilai 1,657 untuk system usefulness, 1,726 untuk information quality, 1,766 untuk interface quality, dan 1,698 untuk overall. Nilai tersebut menunjukkan hasil yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Universitas Indonesia (UI) selaku perguruan tinggi yang berwenang dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus.
......Cases of sexual violence often occur in higher education, including at Universitas Indonesia (UI). Satgas PPKS UI, the official institution that handles cases of sexual violence at UI, does not yet have an integrated system for handling and managing reported cases of sexual violence in an organized manner. This is demonstrated by the use of the third-party system Google Forms to receive reports, Google Drive to store documentation during the reporting and handling process, as well as Linktree and social media to publish documents and legal bases. Apart from that, the absence of a good reporting and recording system to monitor the progress of cases makes it difficult for reporters to know the status of cases in real time and transparently. Therefore, this research aims to design the user interface of the Sexual Violence Reporting and Handling Information System using the user-centered design (UCD) approach. The requirement gathering involved 16 respondents consisting of 2 members of Satgas PPKS UI, 5 people who have reported sexual violence, 5 experts or activists in the field of sexual violence, and 4 general members of the public. The results of requirement gathering were processed using the thematic analysis method. Based on the research results, the system interface design has several main features, namely the sexual violence reporting and handling feature, the Satgas PPKS UI’s hotline and alternative contact list, information and education features related to sexual violence, and counseling features for victims and witnesses. This research produced a low-fidelity design and a high-fidelity prototype. The design was evaluated with Shneiderman’s eight golden rules, remote moderated usability testing, and a post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the PSSUQ survey conducted on 107 respondents, the interface design scored 1.657 for system usefulness, 1.726 for information quality, and 2.293 for interface quality. Overall, the interface design scored 1.698 indicating good results. Hopefully, this research can help Universitas Indonesia (UI) as the authorized university in efforts to prevent and handle sexual violence on campus."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Fatimah Tuma’ninah
"Kasus kekerasan seksual seringkali terjadi di lingkungan perguruan tinggi, tak terkecuali di Universitas Indonesia (UI). Satgas PPKS UI, lembaga resmi yang menangani kasus kekerasan seksual di UI, belum memiliki sistem yang terintegrasi dalam menangani dan mengelola kasus pelaporan kekerasan seksual secara terorganisir. Hal ini ditunjukkan oleh penggunaan sistem third party Google Forms untuk menerima laporan, Google Drive untuk menyimpan dokumentasi selama proses pelaporan dan penanganan, serta Linktree dan media sosial untuk mempublikasikan dokumen dan dasar hukum. Selain itu, belum adanya sistem pelaporan dan pencatatan yang baik untuk memantau progres kasus membuat pelapor kesulitan dalam mengetahui status kasus secara real-time dan transparan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang solusi desain antarmuka sistem informasi pelaporan dan penanganan kekerasan seksual dalam lingkup Universitas Indonesia dengan menggunakan pendekatan user-centered design (UCD). Pengumpulan data melibatkan 16 responden yang terdiri dari 2 anggota Satgas PPKS UI, 5 orang yang pernah melaporkan kekerasan seksual, 5 orang ahli atau aktivis di bidang kekerasan seksual, dan 4 orang umum. Hasil pengumpulan data diolah menggunakan metode thematic analysis. Berdasarkan hasil penelitian, rancangan desain antarmuka sistem ini memiliki beberapa fitur utama, yaitu fitur pelaporan dan penanganan kekerasan seksual, hotline Satgas PPKS UI dan daftar kontak alternatif, fitur informasi dan edukasi terkait kekerasan seksual, serta fitur konseling untuk korban dan saksi. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain antarmuka berbentuk low-fidelity design dan high-fidelity prototype. Rancangan tersebut dievaluasi kembali dengan Shneiderman’s eight golden rules, remote moderated usability testing, dan post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Berdasarkan hasil survei PSSUQ terhadap 107 responden, rancangan desain antarmuka mendapatkan nilai 1,657 untuk system usefulness, 1,726 untuk information quality, 1,766 untuk interface quality, dan 1,698 untuk overall. Nilai tersebut menunjukkan hasil yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Universitas Indonesia (UI) selaku perguruan tinggi yang berwenang dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus.
......Cases of sexual violence often occur in higher education, including at Universitas Indonesia (UI). Satgas PPKS UI, the official institution that handles cases of sexual violence at UI, does not yet have an integrated system for handling and managing reported cases of sexual violence in an organized manner. This is demonstrated by the use of the third-party system Google Forms to receive reports, Google Drive to store documentation during the reporting and handling process, as well as Linktree and social media to publish documents and legal bases. Apart from that, the absence of a good reporting and recording system to monitor the progress of cases makes it difficult for reporters to know the status of cases in real time and transparently. Therefore, this research aims to design the user interface of the Sexual Violence Reporting and Handling Information System using the user-centered design (UCD) approach. The requirement gathering involved 16 respondents consisting of 2 members of Satgas PPKS UI, 5 people who have reported sexual violence, 5 experts or activists in the field of sexual violence, and 4 general members of the public. The results of requirement gathering were processed using the thematic analysis method. Based on the research results, the system interface design has several main features, namely the sexual violence reporting and handling feature, the Satgas PPKS UI’s hotline and alternative contact list, information and education features related to sexual violence, and counseling features for victims and witnesses. This research produced a low-fidelity design and a high-fidelity prototype. The design was evaluated with Shneiderman’s eight golden rules, remote moderated usability testing, and a post-study system usability questionnaire (PSSUQ). Based on the PSSUQ survey conducted on 107 respondents, the interface design scored 1.657 for system usefulness, 1.726 for information quality, and 2.293 for interface quality. Overall, the interface design scored 1.698 indicating good results. Hopefully, this research can help Universitas Indonesia (UI) as the authorized university in efforts to prevent and handle sexual violence on campus."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>