Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Karine Setiyadi Putri
"Peningkatan sampah plastik dapat mengancam perubahan iklim. Sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG) adalah sumber penghasil sampah plastik akibat kemasan produk yang tidak dapat didaur ulang. Berdasarkan isu ini, dibutuhkan upaya untuk menanggulangi krisis, salah satunya dengan membuat produk ramah lingkungan dan memasarkan produk kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh logo dan teks ramah lingkungan pada kemasan produk air mineral terhadap product trust konsumen. Metode eksperimen dengan desain 2x2 factorial within subject digunakan dengan vignette gambar sebagai stimulus yang mewakili ecolabel logo ataupun teks. Product trust diukur dengan tiga item (Becerra & Korgaonkar, 2011). Partisipan penelitian adalah 141 konsumen di Indonesia berusia 18-25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada product trust konsumen saat melihat produk air mineral yang diberikan logo ramah lingkungan dan yang tidak, terdapat perbedaan signifikan pada product trust konsumen saat melihat produk air mineral yang diberikan teks ramah lingkungan dan yang tidak, dan terdapat interaksi signifikan pada penggunaan logo dan teks ramah lingkungan untuk memprediksi product trust pada produk air mineral. Pihak pemasar atau perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan logo dan teks ramah lingkungan secukupnya.

The increase of plastic waste can threaten climate change. The Fast Moving Consumer Goods (FMCG) sector is a source of plastic waste due to non-recyclable product packaging. Based on this issue, efforts are needed, one of which is by making environmentally friendly products and market products. The purpose of this study is to examine the effect of eco-friendly logo and text on mineral water product packaging on consumer product trust. The experimental method with a 2x2 factorial within subject design with vignette image as stimulus that represents the logo and text. Product trust is measured by 3 items (Becerra & Korgaonkar, 2011). The participants are 141 consumers in Indonesia, aged 18-25 years. The results show that there is significant difference in consumer product trust when viewing mineral water products that are given an environmentally friendly logo and those that are not, there is significant difference in product trust consumers when viewing mineral water products that are given environmentally friendly text and those that are not, and there is a significant interaction on the use of environmentally friendly logos and texts for predict product trust in mineral water products. Marketers can consider the use of ecolabels in logos and text sufficiently."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riyan Emeraldi Rahman
"Menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social bersama dengan HootSuite, YouTube adalah platform media sosial yang paling aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain menjadi media untuk mempublikasikan hasil karya, YouTube juga dapat digunakan sebagai media dalam melakukan pemasaran berbagai macam produk. Orang yang melakukan pemasaran pada media digital seperti YouTube umumnya disebut influencer. Penelitian ini melihat peran perceived trust dalam memediasi pengaruh model social media influencer value (SMIV) yang terdapat pada influencer marketing terhadap sebuah produk, yang dalam konteks penelitan ini dikategorikan sebagai high involvement product. Pengaruh antara model SMIV yang terdiri dari advertising value dan source credibility terhadap brand awareness dan purchase intention dengan perceived trust sebagai variabel mediasi juga akan dibahas pada penelitian ini. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan proses survei dan data yang didapat akan dianalisis dengan metode Structural Equation Model (SEM).

According to a research conducted by We Are Social and HootSuite, YouTube is recently the most active social media platform used by Indonesian people. Apart from being a medium for publishing contents, YouTube can also be used as a medium in marketing for various kinds of products. People who do marketing on digital media usually called as an influencer. This research looks at the mediating role of perceived trust on mediating the impact of social media influencer value (SMIV) model in influencer marketing towards a product, which in the context of this research is categorized as high involvement product. The impact of the SMIV model which consists of advertising value and source credibility to brand awareness and intention to purchase, with perceived trust as a mediator will also be discussed in this research. The method used in this research is quantitative research by conducting survey process and the data obtained will be analyzed with Structural Equation Model (SEM) method."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54647
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library