Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anna Zahroh Uswatun Chasanah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh public service motivation PSM dan job satisfaction terhadap organizational citizenship behaviour OCB di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan pada 108 responden dari total populasi 131 pegawai. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan public service motivation berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh secara langsung terhadap organizational citizenship behaviour dan public service motivation berpengaruh secara langsung terhadap organizational citizenship behaviour
ABSTRACT
This research discuss about The Effect of Public Service Motivation PSM and Job Satisfaction on Organizational Citizenship Behaviour OCB in Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan. The research conduct 108 respondent among 131 total population of employees. Data analysis is conducted using SPSS version 22.0 software. The results of this research shows that public service motivation have direct influence on job satisfaction, job satisfaction have direct influence on organizational citizenship behaviour and public service motivation have direct influence on organizational citizenship behaviour.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qurrotu Aini
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini menganalisis pengaruh public service motivation dan readiness for change terhadap ambidexterity pembimbing haji. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif yang menganalisis melalui dimensi dari variabel dimana ambidexterity memiliki dua dimensi yaitu eksploitasi dan eksplorasi. Sedangkan public service motivation memiliki tiga dimensi yaitu attraction to public policy making, compassion dan self sacrifice. Readiness for change memiliki lima dimensi yaitu change self efficacy, discrepancy, personal valence, organizational valence dan senior leadership support. Penelitian ini dilakukan pada pembimbing haji tahun 2015 yang berjumlah 123. Data yang terkumpul kemudian dianalisisis dengan menggunakan General Linier Model dengan menggunakan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1 Attraction to public policy making memiliki pengaruh terhadap eksploitasi. Sedangkan compassion dan self sacrifice tidak memiliki pengaruh terhadap eksploitasi. 2 Change Self Efficacy dan Discrepancy memiliki pengaruh terhadap eksploitasi, sementara personal valence, organizational valence dan senior leadership support tidak memiliki pengaruh terhadap eksploitasi 3 Compassion memiliki pengaruh terhadap eksplorasi sementara attraction to public policy making dan self sacrifice tidak memiliki pengaruh terhadap eksplorasi, 4 Change Self Efficacy, discrepancy personal valence, organizational valence memiliki pengaruh terhadap eksplorasi sementara senior leadership support tidak memiliki pengaruh terhadap eksplorasi.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the influence of public service motivation and readiness for change to the ambidexterity by focusing the study on the Hajj guide. This study is a quantitative study that analyze within dimensions from the variable ambidexterity has two dimensions which are exploration and exploitation. While the public service motivation has attraction to public policy making, compassion and self sacrifice and readiness for change has change self efficacy, discrepancy, personal valence, organizational valence dan senior leadership support.This study is distributed among 123 Hajj Guides. The collected data is then analyzed using SPSS 23, using general linear model. The result of the study shown us that 1 Attraction to public policy making has an influenced to the exploitation. However, compassion and self sacrifice have no influenced to the exploration 2 Compassion has an influenced to exploration. However, attraction to public policy making and self sacrifice have no influenced to the exploration 3 Changing self efficacy and discrepancy have an influenced to the exploitation. However personal valence, organizational valence and support senior leadership have no influenced to the exploration 4 Changing self efficacy, discrepancy, personal and organizational value have an influenced to the exploration. However support senior leadership have no influenced to the exploration
2016
T49306
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Favilia Franziska
Abstrak :
Reformasi Birokrasi menuntut pemerintah melakukan perubahan dalam mencapai tata kelola pemerintahan kelas dunia. Dalam menjalankan Reformasi Birokrasi tersebut banyak perubahan yang dilakukan oleh pemerintah berupa perubahan manajemen kinerja, perubahan pola kerja, perubahan budaya kerja dan lainnya. Berdasarkan penelitian terdahulu, perubahan yang sukses perlu adanya commitment to change pada individu di organisasi. Studi menemukan bahwa transformational leadership, readiness for change dan public service motivation memiliki pengaruh terhadap commitment to change. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui peranan readiness for change dan public service motivation dalam memediasi pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change. Dengan menggunakan online survey kepada 174 responden dengan pengolahan data Lisrel didapati hasil penelitian berupa readiness for change dan public service motivation secara signifikan dan positif memediasi pengaruh dari Transformational leadership terhadap Commitment to Change. Berbeda dari hasil penelitian terdahulu, penelitian ini menemukan bahwa transformational leadership memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap commitment to change. Hal ini menekankan bahwa pentingnya peranan readiness to change dan public service motivation dalam memediasi pengaruh transformational leadership terhadap commitment to change pegawai negeri sipil di pemerintahan pusat. Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan reformasi birokrasi sehingga pemerintahan pusat dapat mencapai tata kelola pemerintahan kelas dunia. ......Bureaucratic Reform requires the government to make changes in achieving world-class governance. In carrying out this Bureaucracy Reform many changes made by the government consist of change management, work patterns, changes in work culture and others. Based on previous research, successful change requires commitment to change in individuals in the organization. The study found that transformational leadership, readiness for change and public service motivation have an influence on commitment to change. The purpose of this study is to determine the role of readiness for change and public service motivation in mediating the effect of transformational leadership on commitment to change. Using an online survey of 174 respondents by processing the Lisrel data, the results of the study were in the form of readiness for change and motivation for public services that significantly and positively mediated the effect of transformational leadership on Commitment to Change. Different from the initial research, this study found that transformational leadership has a negative and significant influence on commitment to change. Therefore, Readiness for change and public service motivation has important role for mediating the influence of transformational leadership on commitment to change in central government. This research is expected to solve the problem of bureaucratic reform so that so that the central government can realize world-class governance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kristienus Philip Abraham Partungkoan
Abstrak :
Penelitian ini akan menguji bagaimana public service motivation dapat mempengaruhi intention to apply seseorang dengan person-environment fit sebagai mediasi dan recruitment messages sebagai moderasi. Penelitian ini akan dilakukan pada individu ataupun mahasiswa yang saat ini sedang mencari pekerjaan atau berniat akan mencari kerja dalam waktu 6 (enam) bulan terakhir. Responden akan mengisi kuesioner untuk menilai unsur-unsur public service motivation, person-environment fit, recruitment messages, dan intention to apply. Data akan diolah menggunakan metode SEM (structural equation modelling) untuk menunjukkan pengaruh antara variabel. Peneliti akan menguji apakah public service motivation mempengaruhi person-environment fit, apakah public service motivation dan person-environment fit dapat mempengaruhi intention to apply, bagaimana person-environment fit memediasi pengaruh public service motivation terhadap intention to apply, dan apakah recruitment messages memoderasi hubungan antara public service motivation dengan intention to apply di sektor publik pada generasi milenial. ......This study aimed to examine the influence of public service motivation on intention to apply candidate with person-environment fit as a mediating variable and recruitment messages as moderating variable. The research object include participation from final year students or anyone who currently looking for job or planning to do so in six month or less. Respondents fill self-administer questionnaire and value the variables question item of public service motivation, person-environment fit, recruitment messages, dan intention to apply. Collected data then analysed using structural equation modelling to show if there is a positive and significant effect of public serviceĀ  motivation influences on person-environment fit, effect on public service motivation and person-environment fit on intention to apply, how person-environment fit mediate the effect on influences of public service motivation to intention to apply, and the how recruitment messages moderate the effect on influences of public service motivation to intention to apply millennials generation to public sector organization.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novar Lanang Maulana
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran knowledge management dan public service motivation dalam mempengaruhi organizational commitment pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Selain itu, penelitian ini juga melihat peran job satisfaction dalam memediasi hubungan antara knowledge management dan public service motivation dengan organizational commitment. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan didapatkan 360 responden. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan aplikasi LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge management dan public service motivation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap organizational commitment. Job satisfaction juga terbukti memiliki peran mediasi secara parsial dalam hubungan antara knowledge management dan public service motivation terhadap organizational commitment. Penelitian ini memberikan pengetahuan bagi praktisi di sektor kepemerintahan tentang peran knowledge management dan public service motivation dalam mempertahankan komitmen berorganisasi para pegawainya yang dimediasi oleh job satisfaction. ......This study examines how knowledge management and public service motivation influence one's organizational commitment. The scope of this study is the Financial Education and Training Agency of the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia. Specifically, this study evaluates whether job satisfaction mediates the relationship between knowledge management and public service motivation toward organizational commitment. Research data was collected using a questionnaire, and we generated 360 respondents. We analyze the data using the Structural Equation Modelling method with the LISREL application. The results showed that knowledge management and public service motivation positively and significantly affected organizational commitment. Additionally, job satisfaction mediates the association between knowledge management, public service motivation, and organizational commitment. This study provides practitioners in the public sector with information regarding the role of knowledge management and public service motivation in sustaining employee organizational commitment, which is mediated by job satisfaction.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Petra Rumondang Uli Stefani
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh dari motivasi pelayan umum, work value, dan perilaku prososial terhadap intensi mahasiswa untuk menjadi pelayan publik, dalam hal ini sebagai Pegawai Negeri Sipil PNS. Responden penelitian ini adalah 174 mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek. Penelitian ini diuji menggunakan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa public service motivation PSM memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan pilihan mahasiswa untuk bekerja sebagai PNS. Dalam hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat PSM yang tinggi memiliki kecenderungan untuk memilih PNS sebagai tempat bekerja. Sementara itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa work value tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pemilihan mahasiswa untuk bekerja sebagai PNS, hanya nilai pekerjaan yang memberikan kontribusi kepada lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi keinginan mahasiswa secara positif. Nilai pekerjaan yang menarik dapat mempengaruhi juga tetapi secara negatif. Prosocial behavior tidak dapat diuji karena skala pengukuran yang direplika tidak reliabel.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of public service motivation PSM, prosocial behavior, and work value on the choice of undergraduate students to work as public servant or pegawai negeri sipil. There are 174 undergraduate students from both public and private universities in Jabodetabek. This study is tested using binary logistic. The result of the study shows significant and positive relationship between PSM and the student intention. This means students with higher level of PSM will be more likely to choose to work as a public servant. On the other hand, work values do not show any significant relationship with students rsquo intention. Only interesting job shows a significanty negative relationship and job that gives contribution shows significantly positive relationship with students rsquo intention. Prosocial behavior could not be tested due to the unreliable measurement used in the study.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsir
Abstrak :
Abstract. Public Service Motivation (PSM) is still a nascent theory that need to be proved with any contexts of many countries around the world, especially developing countries that might have different contexts related to cultures, beliefs, views on the importance of financial rewards, etc. This study aims to identify the PSM level and socio-demographic antecedents, especially age, gender, marital status, education, income, and political ideology, among civil servants in Indonesia. Using mean and chi- square tests on responses by 398 respondents of civil servants in Padang, West Sumatra, this study tested the PSM levels and socio-demographic antecedents affecting the PSM level among the civil servants. The findings of this study indicated that the PSM level of the civil servants tends to be at a low level compared to that of civil servants in developed countries. In addition, there is significant correlation between some of socio demographic antecedents and the level of PSM. The results of this study imply that PSM theory is not cross-culturally viable.

Abstrak. Motivasi Pelayanan Publik masih merupakan teori yang baru lahir yang perlu dibuktikan dengan berbagai temuan (konteks) dari berbagai negara di seluruh dunia, terutama negara-negara sedang berkembang yang mungkin saja memiliki perbedaan konteks budaya, kepercayaan, pandangan mengenai pentingnya ganjaran finansial, dan sebagainya. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat motivasi pelayanan publik dan berbagai faktor sosio-demografis yang mempengaruhinya, khususnya yang berkaitan dengan umur, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan, pendapatan, dan ideologi politik, di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Dengan menggunakan uji rata-rata (mean) dan uji chi-square berdasarkan tanggapan dari 398 responden PNS di Padang, Sumatera Barat, kajian ini telah menguji tingkat motivasi pelayanan publik dan faktor sosio-demografis yang mempengaruhinya di kalangan PNS di Indonesia. Hasil kajian ini mengindikasikan bahwa tingkat motivasi pelayanan publik di kalangan PNS cenderung berada pada tingkat rendah dibandingkan tingkat motivasi pelayanan publik di kalangan pegawai negeri di negara-negara maju. Selain itu, hasil kajian ini membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara beberapa faktor sosio-demografis dan tingkat motivasi pelayanan publik di kalangan PNS. Hasil kajian ini mengimplikasikan bahwa teori motivasi pelayanan publik tidaklah berlaku secara lintas budaya.
2014
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rovazio Okiiza
Abstrak :
ABSTRAK
Berdasarkan indeks reformasi birokrasi tahun 2014, target pada Renstra instansi PQR tahun 2015-2019, dan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2014, diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan publik di instansi PQR yang diukur melalui kinerja pelayanan (service performance) pegawai masih rendah dan belum memenuhi harapan organisasi. Berdasarkan analisis, penyebab rendahnya kinerja pelayanan ini disebabkan oleh tiga kemungkinan yang terefleksikan dalam konstruk: orientasi tujuan belajar (learning goal orientation), motivasi pelayanan publik (public service motivation) dan kepuasan kerja (job satisfaction). Dari hasil perhitungan regresi, dari ketiga penyebab tersebut, hanya orientasi tujuan belajar dan motivasi pelayanan publik yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja pelayanan. Dari hasil ini diinterpretasikan bahwa penyebab rendahnya kinerja pelayanan publik pegawai instansi PQR disebabkan oleh orientasi tujuan belajar dan motivasi pelayanan publik yang rendah pada pegawai. Oleh karena itu, progam intervensi yang disusun untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik di instansi PQR adalah Awareness Enhancement and Public Service Motivation Training
ABSTRACT
Based on the index of bureaucratic reform in 2014, the target in the Strategic Plan 2015-2019 of institutions PQR, and Community Satisfaction Index Survey 2014, showed that the quality of public services in institutions PQR measured by the service performance of employees is still low and does not meet organization expectations. Based on the analysis, the causes of low performance of these services due to three possibilities which were reflected in the constructs: learning goal orientation, public service motivation and job satisfaction. From the results of the regression analysis, the cause of the third, only learning goal orientation and motivation of public service that significantly influence the services performance. From these results be interpreted that the reasons for poor performance of public services in institution PQR caused by low learning goal orientation and low public service motivation. Therefore, intervention program of Awareness Enhancement and Public Service Motivation Training is structured to improve the quality of public services in institutions PQR.
2016
T45813
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christy Michiko Victoria Hapsari
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak stres kerja, keterlibatan pegawai, konflik nilai dan motivasi layanan publik terhadap kinerja individu. Untuk melakukan penelitian ini, 225 responden pegawai pemerintah di Jakarta telah dipilih sebagai responden. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga tinggi di Indonesia yaitu Komisi Yudisial. Dalam penelitian ini, akan terlihat bagaimana stres kerja, keterlibatan pegawai dan konflik nilai dapat mempengaruhi motivasi layanan publik serta kinerja individu. Sebelum kuesioner dibagikan, peneliti menggunakan pengukuran terhadap validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS. Pengolahan data untuk membuktikan hipotesis yang telah diformulasikan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) Lisrel 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stres kerja signifikan dan berhubungan positif dengan motivasi pelayanan publik, variabel keterlibatan signifikan dan berhubungan positif dengan motivasi pelayanan publik dan variabel konflik nilai berhubungan positif dengan motivasi pelayanan publik. Dan variabel lainnya adalah motivasi pelayanan publik berhubungan positif dengan kinerja individu.
The purpose of this study was to examine the impact of job stress, engagement and value conflict with public service motivation on individual performance. Based on 225 government employees in Jakarta were participates as respondents. This research was conducted in Judicial Commission, one of Indonesia high institutions. The study results showed that job stress significant and positively related to public service motivation, engagement significant and positively related to public service motivation and value conflict positively related to public service motivation. And other variable is public service motivation was positively related to individual performance. The research questionnaire used SPSS to see validity and reliability. Processing data to prove the hypothesis that has been formulated using the Structural Equation Model (SEM) Lisrel 8.7 method.
2019
T53044
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silitonga, Eka Winda
Abstrak :
Kinerja pegawai negeri menggambarkan layanan publik dari lembaga pemerintah. Untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal, pemerintah perlu meningkatkan kinerja pegawai yang bekerja pada instansi pemerintah. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai negeri adalah motivasi, peran pemimpin dan work engagement. Penelitian ini menggunakan variabel public service motivation untuk mengukur motivasi pegawai negeri, sedangkan peran pemimpin dilihat berdasarkan gaya kepemimpinan authentic leadership. Kuesioner yang digunakan adalah skala Likert 6 poin. Penelitian dilakukan pada instansi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sampel terdiri adari 276 orang. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS dan SEM LISREL. Penelitian ini mencoba menjelaskan faktor-faktor apa yang dapat meningkatkan kinerja pegawai negeri. Hasil penelitian ini menemukan bahwa public service motivation, authentic leadership dan work engagement mempengaruhi kinerja pegawai secara signifikan dan work engagement memediasi hubungan antara public service motivation dan authentic leadership terhadap kinerja pegawai. ......The performance of civil servants illustrates the public services from government agencies. To realize optimal public services, the government needs to improve the performance of employees government. Several factors that can affect the performance of civil servants are motivation, the role of leaders and work engagement. This study uses public service motivation variables to measure the motivation of civil servants, while the role of leaders is seen based on authentic leadership styles. The questionnaire used was a 6-point Likert scale. The study was conducted at the Financial and Development Supervisory Board (BPKP). The sample consisted of 276 respondents. Data is processed by using SPSS and SEM LISREL applications. This study tries to explain what factors can improve the performance of civil servants. The results shows that public service motivation, authentic leadership and work engagement significantly affect employee performance and work engagement mediates the relationship between public service motivation and authentic leadership on employee performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>