Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jusa Junaedi
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai persepsi pustakawan perguruan tinggi terhadap tindakan plagiarisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pustakawan Universitas Indonesia terhadap tindakan plagiarisme dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh mereka untuk membantu sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pemilihan informan berdasarkan metode purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan Universitas Indonesia memiliki kesamaan persepsi terhadap tindakan plagiarisme. Selain itu, mereka juga telah melakukan beberapa upaya yang dapat mendukung sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut.
ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses perception of academic librarian towards plagiarism. This research aims to know the perception of librarians of Universitas Indonesia towards plagiarism and prevention efforts undertaken by them for helping sivitas akademika in preventing that action. This research uses qualitative approach with case study method. Selection of informants based on purposive sampling method with data collection techniques through observation, interviews and document analysis. Result of this research shows that librarians of Universitas Indonesia have similarity perception towards plagiarism. In addition, they have also made several efforts which can help sivitas akademika in preventing that action.
2017
S70003
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eusebio Geordie Handarto
Abstrak :
Perubahan pada tren dan perkembangan teknologi yang terus terjadi berimplikasi dengan kompetensi yang dibutuhkan pustakawan perguruan tinggi saat ini dan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan ekspektasi mahasiswa aktif S1 Program Studi Ilmu Perpustakaan (PSIP) FIB UI terhadap kompetensi pustakawan perguruan tinggi serta menganalisis kurikulum PSIP FIB UI dalam menyediakan infrastruktur akademik bagi calon lulusan PSIP FIB UI. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 166 mahasiswa aktif S1 PSIP FIB UI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penekanan kuat terhadap kompetensi yang diperoleh dari disiplin ilmu perpustakaan dan beberapa keterampilan personal dan komunikasi serta adanya peningkatan signifikan terhadap ekspektasi mahasiswa akan kompetensi di bidang teknologi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kurikulum PSIP FIB UI telah mendukung pengembangan kompetensi calon lulusan PSIP FIB UI sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. ......The dynamic changes in trends and the development of technology have implications with the competencies needed by current and future academic librarians. This study aims to identify the perception and expectation of undergraduate Library and Information Science (LIS) students on the academic librarian’s competencies and analyze their curriculum in providing academic infrastructure for prospective graduates. The research method used in this study is a quantitative method with a descriptive approach through questionnaires distributed to 166 LIS undergraduate students. The results of the study indicate a strong emphasis on domain knowledge competencies and interpersonal and communication skills with a significant increase in students' expectation towards technology competencies in the future. This study also shows that the LIS curriculum has supported the competency development of prospective LIS graduates in accordance with the standards that apply in Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kamilah Kinanti
Abstrak :
ABSTRACT
Skripsi ini bertujuan untuk menggambarkan upaya meningkatkan kompetensi pustakawan fungsional yang terjadi di Perpustakaan Universitas Sriwijaya. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, penulis melihat dua sisi sudut pandang dari pihak manajemen perpustakaan dan pustakawan fungsional. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh gambaran upaya yang dilakukan oleh pustakawan fungsional dan manajemen Perpustakaan Unsri untuk meningkatkan kompetensi. Walaupun telah melakukan sejumlah upaya, tetapi belum ada kesadaran dari pihak pustakawan dan manajemen bahwa sikap (attitude) merupakan bagian dari kompetensi. Selain itu diperoleh pula gambaran mengenai hambatan yang dialami kedua pihak dalam upaya meningkatkan kompetensi. Peneliti menyarankan perlu diadakan suatu kegiatan untuk meningkatkan kompetensi sikap para pustakawan fungsional Perpustakaan Universitas Sriwijaya.
ABSTRACT
This thesis aims to describe the efforts to improve the functional librarian competence at Sriwijaya University Library. The researcher uses a qualitative approach with case study method. In collecting the data, the researcher look at the two sides of the viewpoint both of the library manager and the functional librarians. Results of this study was obtained a description of the efforts made by the functional librarians and library management Unsri to improve competence.However, there is no awareness of the librarians and the library manager that attitude is part of competence. In addition it also obtained a picture of the barriers experienced by both sides in an effort to improve competence. Researchers suggest there should be an activity to enhance the attitude competence aspect of the functional librarians at Sriwijaya University Library.
2016
S66890
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurrochmah Febrianti Nadyasari
Abstrak :
Technostress dapat muncul selama seseorang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pekerjaannya, khususnya pada pustakawan perguruan tinggi dalam mengadakan digital scholarship di Indonesia. Pustakawan memanfaatkan TIK untuk memberikan informasi secara daring, salah satunya menyebarkan hasil penelitian dari penelitian dosen, mahasiswa. Digital scholarship hadir disebabkan terjadi pergeseran pengajaran, pembelajaran, dan penelitian dari tatap muka ke tatap maya. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat technostress dari enam variabel secara deskriptif dan mengetahui hubungan antara data demografi dengan technostress pustakawan perguruan tinggi selama pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian adalah 92 pustakawan perguruan tinggi di Indonesia yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan pustakawan perguruan tinggi di Indonesia mengalami technostress yang rendah selama pandemi. Penelitian ini menujukkan adanya perbedaan yang signifikan antara technostress dengan data demografi, kecuali jabatan. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi untuk penelitian masa depan tentang technostress dan meninjau kebijakan terkait digital scholarship yang dapat diterapkan di perpustakaan perguruan tinggi Indonesia. ......Technostress can occur when individuals use information and communication technology (ICT) in their work, and academic librarians in Indonesia who work in digital scholarship are especially susceptible. Librarians use ICT to provide information to the academic community, and one of their roles is to disseminate research results from researchers, lecturers, and students. The importance of digital scholarship, mainly due to a shift towards digital teaching, learning and research in the academic institution from face-to-face to virtual. This study aims to measure the technostress level through six variables and investigates the significant differences between the technostress levels of academic librarians in Indonesia based on demographic data during the pandemic. This study uses a quantitative approach its research subjects are 92 academic librarians in Indonesia, and data is collected through questionnaires. The results reveal that academic librarians in Indonesia tended to experience low technostress during the pandemic. Other results show a significant different between technostress and demographic data, except for job position. This research is helpful as a reference for future studies on technostress and for reviewing policies related to digital scholarship that may be implemented in academic libraries in Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anon Mirmani
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library