Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Reading activity especially in Indonesia n students is still r eceiving special attention from educational institutions. It has known that schools in Indonesia have implemented programs in reading activities that associate with academic activities (Traditional Instruction) and also schools that of reading activities that are not associated with aca demic activities (Free Voluntary Reading). Certainly i t has an impact on student's reading behavior. The phenomenon cause attention of researchers to describe the difference between student ? s behavior who apply FVR and student ? s behavior who apply IT. This study use descr iptive quantitative method . Research location in SMAN 5 Surabaya as schools implement FVR program and SMAN 17 Surabaya as schools implement IT programs. Using systematic random sampling with 100 respondents. The Results show th at allocation of t ime in FVR program reading books 1 - 2 hours per - day , is able to read two books in one month, classified as a type of regular readers (Heavy Readers). While in IT programs , just spending i n time less than 30 minutes a day to read a book , able to read one book within one month, classified as type readers rather routine (Moderate Readers). Then to reading motivation, students have the program FVR classified as Aesthetic Reading as a motive to leisure reading and have fun rea ding , while the IT program students classified as Efferent Reading for reading motive to understand the subject matter . So, the reading programs FVR (Free Voluntary Reading) is providing support the student?s activities reading and more likely to bring u p the reading habit in student?s behavior.

Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari pelbagai kal angan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam meningkat k an minat baca siswa melalui program yang dijalankan di masing - masing sekolah. Beberapa sekolah di Indonesia ditemui telah menerapakan p rogram kegiatan membaca yang di kaitkan dengan kegiatan akademik (Traditional Instruction) dan ada yang menerapkan program kegiatan membaca yang tid ak di kaitkan dengan kegiatan akademik (Free Voluntary Reading). P erbedaan p rogram kegiatan membaca tentunya akan berdampak pada perilaku mem baca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa dan dampak program FVR maupun TI terhadap minat baca siswa , dengan menggunak an metode kuantitaif deskriptif.L okasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya dengan program FVR dan SMAN 17 Surabaya dengan program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan S ystematic R andom sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR cenderung meng alokasi kan waktu membaca buku 1 - 2 jam perhari , mampu membaca 2 buku per bulan yang tergolong tipe pembaca rutin (Heavy Readers.) Sedangkan s iswa program TI alokasi waktu membaca buku kuran g dari 30 menit perhari , mampu me mbaca 1 buku per bulan nya yang tergolong tipe p embaca agak rutin (Moderate Readers). M otivasi membaca siswa program FVR tergolong Aesthetic Reading karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan mendapat kesenangan . S edangkan siswa program TI tergolong Efferent Reading karena motif membaca untuk memenuhi tugas dari guru dan pemahaman materi . H asil penelitian
2016
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aniq Zuhri
Abstrak :
Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari pelbagai kalangan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa melalui program yang dijalankan di masing- masing sekolah. Beberapa sekolah di Indonesiaditemui telah menerapakan program kegiatan membaca yang dikaitkan dengan kegiatan akademik (Traditional Instruction) dan ada yang menerapkan program kegiatan membaca yang tidak dikaitkan dengan kegiatan akademik (Free Voluntary Reading). Perbedaan program kegiatan membaca tentunya akan berdampak pada perilaku membaca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa dan dampak program FVR maupun TI terhadap minat baca siswa, dengan menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya dengan program FVR dan SMAN 17 Surabaya dengan program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan Systematic Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR cenderung mengalokasikan waktu membaca buku yang tergolong tipe pembaca agak rutin (Moderate Readers). Motivasi membaca siswa program FVR tergolong Aesthetic Reading karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan mendapat kesenangan. Sedangkan siswa program TI tergolong Efferent Reading karena motif membaca untuk memenuhi tugas dari guru dan pemahaman materi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program FVR LEBIH MENBERIKAN DUKUNGAN terhadap kegiatan membaca siswa dan berpeluang untuk memunculkan perilaku gemar membaca pada siswa.
Universitas Airlangga. FISIP, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library