Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Grellet, Francoise
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1994
R 428.24 GRE d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Prihatini
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S13041
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Megawati
Abstrak :
Tesis ini membahas pengajaran keterampilan membaca menggunakan metode peer-assisted learning strategies PALS dan metode tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan ancangan pre-test post-test control group dan teknik sample purposive sampling. Data diperoleh dari pre-test, post-test, kuesioner motivasi membaca, kuesioner persepsi pemelajar terhadap metode PALS dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik metode PALS maupun metode tradisional sama-sama dapat meningkatkan kemampuan membaca teks recount secara signifikan namun kelompok eksperimen lebih unggul. Walaupun demikian metode PALS terbukti meningkatkan motivasi membaca pemelajar dan penerapan metode ini juga mendapat respon positif dari mereka. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan penggunaan metode PALS dalam pengajaran keterampilan. ......This study examines the teaching of reading skills using peer assisted learning strategies PALS method and the teaching of reading skills using traditional method. This study is quasi experimental with pre test post test control group and uses purposive sampling. The data were obtained from the results of the pre test, post test, the questionnaire of reading motivation and the students perception toward PALS method and the interview. The study shows both methods improve the students reading skills significantly but the students in the experimental group achieved a higher score compared with the students in the control group. In addition, PALS method has increased the students reading motivation and the students taught with PALS method had a positive perspective toward the implementation of this method. Thus, the researcher recommends the use of PALS method in improving the reading skills of students in Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T48190
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fashila Desfianti
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh penerapan membaca kritis dalam proses pembelajaran kemahiran membaca bahasa Jepang pada tingkat universitas. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimental yang melibatkan dua kelompok pemelajar yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan eksplanasi tentang penerapan kegiatan membaca kritis dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemelajar dalam proses pembelajaran kemahiran membaca TBJ. Populasi penelitian ini adalah pemelajar Indonesia jurusan bahasa Jepang sebagai bahasa asing (JFL) yang telah menerima pemelajaran bahasa Jepang selama dua tahun di universitas. Pemelajar di kelas eksperimen menerima pembelajaran kemahiran membaca dengan kegiatan membaca kritis, sedangkan pemelajar di kelas kontrol menerima pembelajaran kemahiran membaca dengan strategi membaca cepat dan latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan membaca kritis tidak dapat meningkatkan kemampuan pemelajar secara signifikan. Namun, hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa respon pemelajar terhadap penerapan kegiatan membaca kritis cukup positif. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan tes terbuka lebih tepat diberikan kepada kelompok pemelajar yang mendapatkan kegiatan membaca kritis dibandingkan dengan tes pilihan ganda. Kendala yang dialami oleh pemelajar ketika mengikuti pembelajaran kemahiran membaca dengan kegiatan membaca kritis yaitu kesulitan dalam pemahaman kosakata dan struktur kalimat yang digunakan dalam teks berbahasa Jepang.
This thesis discusses the implementation of critical reading in the learning process of Japanese language reading skills on undergraduate level. This study is a pre-experimental study involving two groups of learners, which are divided into control and experimental classes. It aims to explain the effect of critical reading implementation on learners ability to comprehend Japanese texts in Japanese reading class. The study population was Indonesian learners majoring in Japanese as a foreign language (JFL) who have been studying Japanese for two years in university. In the experimental class, students received reading skills learning with critical reading activities, while students in the control class received reading skills learning with speed reading strategies and exercises. The result showed that the implementation of critical reading could not significantly improve learners reading abilities. However, the result of the questionnaire and interviews indicate that the students response to the implementation of critical reading activities was quite positive. In addition, the result showed that the use of open-ended questions is more appropriate to assess critical reading rather than multiple choice test. The constraints which were experienced by students when they took part in this course is understanding vocabulary and sentence structures which are used in Japanese texts.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T54465
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library