Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Amalia Dyashinta Heksipratiwi
"Saat ini kebutuhan akan transportasi umum terus meningkat. Moda transportasi umum yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Kereta Api. Masifnya penggunaan Kereta Api di Indonesia menimbulkan berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan yang krusial adalah potensi tingginya kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja yang terjadi di Indonesia terus meningkat dari tahun 2016-2022, dan sektor transportasi menjadi penyumbang terbesar ketiga. Kecelakaan kerja pada sektor transportasi di Indonesia dominan disebabkan oleh human error. Dari total 17 kecelakaan kerja yang terjadi di PT KCI, 10 diantaranya disebabkan oleh human error. Terdapat metode-metode yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian human error, namun belum ditemukan penelitian dengan metode Human Reliability Assessment terintegrasi yang dilakukan di Indonesia. Metode HRA terintegrasi dilakukan untuk mendapatkan hasil dengan tingkat konsistensi dan sensitivitas yang lebih tinggi serta minim subjektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi penurunan human error pada salah satu kegiatan perawatan Kereta Api dengan melakukan penilaian human error menggunakan integrasi metode HEART-AHP. Hasil analisis menunjukkan 3 tugas dengan nilai tertinggi dan dibuat rekomendasi penurunan human error lebih lanjut. Diharapkan penelitian ini dapat menurunkan tingkat human error pada sektor transportasi dan sebagai rekomendasi perbaikan untuk menekan angka kecelakaan kerja di Indonesia sehingga dapat mewujudkan zero accident dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Currently the demand for public transportation continues to increase. The most widely used mode of public transportation in Indonesia is the train. The massive use of trains in Indonesia has led to various problems. One of the crucial issues is the high potential for work accidents. Work accidents in Indonesia have been increasing from 2016-2022, and the transportation sector being the third largest contributor. Work accidents in the transportation sector in Indonesia are predominantly caused by human error. Out of 17 work accidents at PT KCI, 10 were caused by human error. There are methods available to assess human error, but no research has been found using an integrated Human Reliability Assessment method in Indonesia. The integrated HRA method is used to obtain results with higher consistency, sensitivity and minimal subjectivity. This research aims to design strategies to reduce human error in one of the train maintenance activities by assessing human error using integration of HEART-AHP method. The analysis results showed 3 tasks with the highest scores and provided recommendations for further reducing human error. This research is expected can reduce human error level in the transportation sector and serve as recommendation for improvements to reduce the number of work accidents in Indonesia, thus achieving zero accidents in the implementation of Occupational Safety and Health."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Jain, Niketa
"Assessing the reliability of complex multi-state systems comprising numerous sub-systems and components is one of the key challenges faced by industry. The effect of degradation of individual component on other associated components plays a vital role in entire system transition from a higher performance level to a lower performance level. The proposed work focuses on the effect of dependence or functional association among various components on system reliability. There are many components in any complex system that hold higher critical order and failure of these critical components may cause the decline in the performance level of the total system. This paper takes under consideration the critical order of each component along with their dependent nature and captures the effect of their degradation on overall system reliability."
Taylor and Francis, 2017
658 JIPE 34:1 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Nasution, Azriel Ramadhan
"Human Reliability Assessment (HRA) merupakan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur kontribusi manusia terhadap sebuah resiko. Skripsi ini membahas mengenai Human Reliability Assessment (HRA) pada proses printing kemasan plastic fleksibel pada PT. SMPI menggunakan metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) yang bertujuan untuk mengetahui nilai Human Error Probability (HEP). Penelitian ini adalah penelitian semikuantitatif dengan observasi langsung pada operator proses printing artikel MPPS pada perusahaan kemasan menggunakan mesin GR6. Nilai HEP tertinggi terdapat pada proses mesin yang sedang menjalankan proses pencetakan, kemungkinan kesalahan yang mungkin terjadi adalah operator lalai/membiarkan mesin produksi menyala. Dalam proses ini terdapat kemungkinan 65,8% human error. Dilanjutkan dengan pengukuran dan sinkronisasi jarak guide roller diatas silinder proses dimana kemungkinan kesalahan yang terjadi adalah gagal mengukur silinder, pada proses ini terdapat kemungkinan 60% human error. Dan yang ketiga, pada proses reverse check/surface print, size check (flange hole slope, raster depth, raster angle), dan Roughness check (HV-HARDNESS VICKERS) masing-masing memiliki probabilitas error yang sama yaitu sebesar 55,6 %.
Human Reliability Assessment (HRA) is a qualitative and quantitative method to measure human contribution to a risk. This thesis discusses the Human Reliability Assessment (HRA) in the flexible plastic packaging printing process using the Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) method which aims to determine the value of Human Error Probability (HEP). This research is a semi- quantitative study with direct observation of operators of the MPPS article printing process at packaging companies using GR6 machines. The highest HEP value is found in the machine process that is running the printing process, the possibility of an error that might occur is the operator neglecting/letting the production machine turn on. In this process there is a 65.8% possibility of human error. Followed by measuring and synchronizing the distance of the guide roller above the process cylinder where the possible error that occurs is failure to measure the cylinder, in this process there is a possibility of 60% human error. And thirdly, in the reverse check/surface print process, size check (flange hole slope, raster depth, raster angle), and Roughness check (HV-HARDNESS VICKERS) each have the same error probability of 55.6%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Abdulah Anshor
"Skripsi ini membahas mengenai Human Reliability Assessment (HRA) pada proses pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) pada Proyek Stasiun LRT PT X menggunakan metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) dengan tujuan untuk mengetahui Human Error Probability (HEP) yang terdapat dalam proses pekerjaan pengeboran di pembangunan JPO. Penelitian ini adalah penelitian semikuantitatif dengan desain studi deskriptif yang dilakukan dengan observasi langsung proses pekerjaan pengeboran oleh 90 orang pekerja tukang bangunan di Stasiun LRT Bekasi Barat, Ciracas, dan Harjamukti. Hasil penelitian berupa jumlah HEP, dimana nilai HEP tertinggi di Stasiun LRT Bekasi Barat terdapat pada tugas Penentuan Titik Bor dengan jumlah 71,68% kemungkinan terjadinya kesalahan manusia, di Stasiun LRT Ciracas terdapat pada tugas Pengeboran dengan jumlah 49,87%, dan di Stasiun LRT Harjamukti terdapat pada tugas Pemasangan Pipa Tremi dengan jumlah 74,68% serta menyarankan adanya pengendalian dari jenis error serta kondisi yang memungkinkan error (EPCs) untuk mencegah kejadian human error yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.
This thesis discusses the Human Reliability Assessment (HRA) in the construction process of the pedestrian bridge at PT X LRT Station Project using Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) with the aim of knowing the Human Error Probability (HEP) contained in the drilling work process in the construction. This research is a semi-quantitative research with a descriptive study design conducted by direct observation of the drilling work process with 90 construction workers as the sample at West Bekasi, Ciracas, and Harjamukti LRT Stations. The results of the study are the number of HEP, where the highest HEP value at the West Bekasi LRT Station is in the Drill Point Determination task with a total of 71.68% the possibility of human error, at the Ciracas LRT Station there is in the Drilling task with a total of 49.87%, and at the Ciracas LRT Station the drilling task is 49.87%. The Harjamukti LRT is found in the Tremi Pipe Installation task with a total of 74.68% and suggests controlling the types of errors and conditions that allow errors (EPCs) to prevent human error events that can lead to work accidents."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library