Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Mitton,Maureen
New York: John Wiley, 1999
729.028 MIT i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
JAC 19:2 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dafa Pramudya Gumay
"Pemerintah Jepang memanfaatkan produk budaya populer, seperti anime dan manga untuk mengembangkan industri pariwisata yang disebut dengan content tourism atau pariwisata konten. Pemanfaatan konten budaya populer dalam pariwisata menarik perhatian penggemar untuk mengunjungi lokasi yang muncul dalam konten di dunia nyata. Kota Wakayama dan anime Summertime Render bekerjasama pada tahun 2022-2023 untuk meningkatkan sektor pariwisata setelah penurunan pengunjung akibat pandemi dengan memanfaatkan content tourism. Penelitian ini membahas tentang pengaruh kerja sama antara otoritas lokal Wakayama dan anime Summertime Render dalam jumlah pengunjung yang datang ke Kota Wakayama. Penelitian ini menggunakan konsep content tourism dan creative fandom dari penelitian Takayoshi Yamamura dengan metode kualitatif serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kenaikan jumlah pengunjung yang datang ke Wakayama setelah kerja sama dengan anime Summertime Render pada tahun 2023 sebesar 1,4 juta pengunjung dibandingkan tahun sebelumnya . Hubungan antara otoritas lokal, penggemar, dan pebisnis konten dalam promosi pariwisata melalui konten Summertime Render di Wakayama berperan penting dalam promosi pariwisata di Kota Wakayama.
The Japanese government is using popular cultural products, particularly anime and manga, to develop a tourism industry referred to as content tourism. The use of popular culture content in tourism attracts fans of these content products to visit locations that appear in the content in real life. Wakayama City and Summertime Render Anime collaborated in 2022-2023 to increase the tourism sector after the decline in visitors due to the pandemic by utilizing content tourism. This paper examines the effects of cooperation between Wakayama local authorities and the Summertime Render anime on the number of tourists coming to Wakayama City. This study uses the concept of content tourism and creative fandom from Takayoshi Yamamura's research with qualitative methods and descriptive analysis. The study results show an increase in the number of visitors coming to Wakayama after cooperation with the Summertime Render anime in 2023 by 1.4 million visitors compared to the previous year. The relationship between local authorities, fans, and content businesses in the promotion of tourism through Summertime Render content in Wakayama played an important role in tourism promotion in Wakayama City."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Hanif Imam
"Skripsi ini membahas tentang perancangan serta implementasi dari sistem informasi Internet of Things (IoT) yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai sarana visualisasi yang pemrosesannya dijalankan menggunakan teknologi Edge Computing. Sistem ini ditujukan agar dapat menjadi alat pembantu reparasi perangkat IoT dengan cara menampilkan informasi yang berkaitan dengan perangkat tersebut serta panduan mengenai langkah reparasi melalui visualisasi AR. Edge Computing pada sistem ini digunakan untuk meringankan beban pemrosesan yang perlu dilakukan pada perangkat pengguna dengan melimpahkan beban pemrosesan tersebut kepada suatu edge server. Pada implementasinya, perangkat pengguna mengirimkan rekaman yang meliputi perangkat IoT beserta suatu fiducial marker yang berperan sebagai tanda pengenal perangkat kepada edge server. Selanjutnya edge server akan melakukan perhitungan untuk menentukan posisi serta orientasi dari perangkat IoT berdasarkan fiducial marker pasangannya. Berdasarkan informasi mengenai posisi dan orientasi tersebut, edge server dapat melakukan render objek 3D yang menyesuaikan diri dengan lingkungannya demi menghasilkan visualisasi AR. Perangkat IoT pada sistem ini juga menyediakan data kepada edge server sebagai informasi yang akan digunakan saat proses render. Hasil dari pengujian terhadap sistem tersebut menunjukkan bahwa teknologi Edge Computing dapat dijadikan sebagai metode pemrosesan alternatif untuk visualisasi AR untuk suatu sistem informasi IoT. Pengujian tersebut menunjukkan bahwa ponsel berumur 5 tahun masih dapat menghasilkan visualisasi AR yang stabil bahkan saat suhu dari CPU ponsel tersebut mencapai 50 derajat Celsius. Komunikasi antara perangkat IoT dengan edge server juga menunjukkan performa yang baik dengan rata-rata nilai ketidaktepatan waktu pengiriman sebesar 1.69 ms.
This research discusses the design and implementation of an Internet of Things (IoT) information system which uses Augmented Reality (AR) as a means of visualization of which its processes are being run on Edge Computing technology. This system is intended to be used as a tool for assisting equipment reparations by showing relevant information regarding said equipment’s conditions as well as a guide on how to repair said system by means of AR visualizations. In this system, Edge Computing is used to alleviate the burden of processing from the user’s device by delegating it to an edge server. In its implementation, the user’s device sends a recording which covers the equipment with IoT capabilities and a fiducial marker that is paired to the equipment as identification to an edge server. The edge server will then calculate and determine the position and orientation of the equipment based on its fiducial marker. The edge server can then render a 3D object that adjusts its position and orientation based on the information determined from the fiducial marker to create an AR visualization. The IoT equipment also provides data to the edge server for use in the rendering process. The results of the tests regarding this system shows that Edge Computing can indeed be an alternative method for processing AR visualizations for an IoT information system. These tests have shown that a 5-year-old smartphone can generate a stable AR visualization even if its CPU temperature has reached 50 degree Celsius. Other tests have also shown that the performance of communication between the IoT equipment and the edge server is very good with an average timing error of 1.69 ms."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library