Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syahruddin
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan Pajak Pertambahan Nilai
atas penyerahan listrik melalui mekanisme reimbursement pada usaha jasa
persewaan ruangan. Kebijakan yang dibuat oleh fiskus menyatakan bahwa
reimbursement biaya listrik merupakan bagian dari Jasa Persewaan
Ruangan/Service Charge sehingga dikenakan PPN. Penelitian dilakukan dengan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan dan
wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan perlakuan
PPN terhadap reimbursement biaya listrik karena adanya perbedaan dalam
menilai penyerahan tersebut sebagai penyerahan tunggal atau penyerahan terpisah.
Reimbursement bukan merupakan objek PPN, pengenaan PPN terhadap
reimbursement biaya listrik tidak sesuai dengan asas ease of administration dan
neutrality. Penerbitan peraturan yang mengikat semua pihak diperlukan dalam
menilai suatu penyerahan gabungan sebagai penyerahan tunggal atau penyerahan
terpisah, hal ini untuk menghilangkan perbedaan persepsi bagi pihak terkait.

ABSTRACT
This research aims to analyze the policy of Value Added Tax on the supply of
electricity through reimbursement mechanism on room rental services. The policy
made by the tax authorities that the reimbursement of electricity costs is part of
the Rent Service / Service Charge so that it is subject to VAT. The research was
conducted by qualitative approach using literature study method and in-depth
interview. The results showed that the difference in VAT treatment to
reimbursement of electricity costs due to differences in assessing the supply as a
single composite supply or separate supplies. Reimbursement is not an object of
VAT, the imposition of VAT on reimbursement of electricity costs is inconsistent
with the principle of ease of administration and neutrality. Issuance of binding
legislation is necessary in assessing a composite supplies as a single supplies or
separate supplies, this is to eliminate the difference perception for the all parties."
2018
T49016
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ranti Aisha Putri
"Beam Mobility hadir di Universitas Indonesia sebagai solusi inovatif untuk penyewaan sepeda listrik, yang bertujuan mempermudah mobilitas masyarakat di kawasan kampus. Layanan ini didukung oleh aplikasi yang dirancang untuk mengoptimalkan operasional sepeda listrik. Namun, meskipun telah digunakan, masih banyak keluhan dan saran dari pengguna terkait kualitas layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi rancangan layanan penyewaan sepeda listrik yang dapat meningkatkan kepuasan dan memenuhi kebutuhan pengguna. Untuk itu, metode Service Quality dan Kano Model digunakan untuk mengidentifikasi variabel layanan yang belum sesuai dengan preferensi pengguna. Kemudian, Quality Function Deployment (QFD) diterapkan untuk menghasilkan 8 rekomendasi inovasi layanan untuk aplikasi Beam Mobility. Rekomendasi layanan yang bersifat tindakan operasional selanjutnya dirinci dan dipetakan ke dalam sebuah Service Blueprint untuk memberikan gambaran yang jelas tentang perbaikan yang perlu dilakukan.

Beam Mobility is introduced at the University of Indonesia as an innovative solution for electric bicycle rental, aimed at facilitating mobility for the campus community. This service is supported by an application designed to optimize the operation of electric bicycles. However, despite its usage, there are still numerous complaints and suggestions from users regarding the quality of the service provided. This study aims to provide recommendations for the design of the electric bicycle rental service to improve user satisfaction and meet their needs. To achieve this, the Service Quality and Kano Model methods are used to identify service variables that do not align with user preferences. Subsequently, Quality Function Deployment (QFD) is applied to generate 8 service innovation recommendations for the Beam Mobility app. The operational-level service recommendations are then detailed and mapped into a Service Blueprint to provide a clear overview of the necessary improvements"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library