Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irma Sofyandri
"Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi pengalaman spasial berbasis active touch di dalam haptic space. Pembahasan mencakup bagaimana active touch melalui sensori taktil dan kinestetis yang diintegrasikan dengan visual beperan dalam pembentukan pengalaman spasial individu. Eksplorasi sensori yang terintegrasi terhadap variasi stimulus ruang menghasilkan interaktivitas dua arah yang meningkatkan engagement antara tubuh dengan ruang. Penggunaan elemen spasial kontras melalui spatial binary mengaktifkan pengalaman sensori yang menjembatani dunia fisik dengan materialitas digital, memicu sebuah attractions dan aversions di dalam haptic space bersama faktor immaterialitas material. Melalui observasi terhadap ruang interaktif, studi kasus dilakukan dengan menerjemahkan sensasi yang diterima sensori dari stimulus dalam haptic space melalui konsep spatial binary. Hasil penelusuran studi kasus menunjukkan bahwa penggunaan elemen spasial yang kontras pada spatial binary bersama faktor immaterialitas meningkatkan sensibilitas sensori terhadap stimulus pada ruang interaktif, menciptakan pengalaman menarik yang tidak bisa dicapai dalam dunia fisik sehingga memicu pergerakan eksploratif yang dinamis dan berkelanjutan melalui pemahaman individu terhadap attraction maupun aversions di dalam ruang haptic.

This study aims to explore the construction of spatial experiences based on active touch within haptic space. The discussion encompasses how active touch, through tactile and kinesthetic sensory inputs integrated with visual elements, plays a role in shaping an individual's spatial experience. Integrated sensory exploration of varied spatial stimuli generates two-way interactivity that enhances engagement between the body and space. The use of contrasting spatial elements through spatial binary activates sensory experiences that bridge the physical world with digital materiality, triggering attractions and aversions within the haptic space alongside the factor of material immateriality. Through observation of interactive spaces, a case study was conducted by interpreting sensations received by the sensory system from stimuli in the haptic space through the concept of spatial binary. The findings of the case study indicate that the use of contrasting spatial elements within the spatial binary, combined with material immateriality, enhances sensory sensitivity to stimuli in the interactive space, creating compelling experiences unattainable in the physical world. This, in turn, stimulates dynamic and continuous exploratory movements through individual comprehension of attractions and aversions within the haptic space."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hatta Gusnadi Putra
"ABSTRAK
Saat ini sebagian besar iklan yang menggunakan media konvensional seperti poster dan baliho tumbuh pesat dan menjadi sangat ramai sehingga sering menimbulkan masalah visual dan menghalang pandangan di ruang publik. Iklan Ambient media kemudian menjadi salah satu solusi untuk menggantikan media konvensional.
Ambient media menggunakan beberapa bagian atau elemen dalam ruang publik sebagai medium untuk beriklan sehingga muncul di tempat yang tidak terduga. Dengan pengalaman baru dan interaksi menarik yang disediakan, media ambient selalu berhasil mendapatkan perhatian orang sehingga dapat menimbulkan beberapa dampak bagi orang-orang dan ruang publik.
Studi kasus yang dilakukan dengan membandingkan beberapa macam media ambient di tempat yang berbeda di Indonesia dan negara-negara lain; yang dilakukan dalam, ruang outdoor dan ruang transisi. Kemudian, juga dilakukan dengan menganalisis ruang yang digunakan sebelum dan sesudah media ambient diinstal. Kehadiran ambient media di lokasi yang berbeda mengakibatkan dampak yang berbeda untuk ruang tersebut.
Dampaknya tergantung pada interaksi yang terjadi dalam ruang yang berbeda di setiap kasus. Setelah mengetahui tentang interaksi antara orang dan media ambient dan efek setelah interaksi, para desainer, termasuk arsitek dan desainer perkotaan dapat mempertimbangkan kembali tentang penempatan dan desain media ambient, sehingga mereka dapat memaksimalkan.

ABSTRACT
Most of the advertisements that use conventional media such as posters and billboards are growing rapidly and becoming more crowded, so these often create visual issues or block the views in the public space. The ambient media advertising then becomes one of the solutions to replace the conventional media.
It uses some parts or elements within the public space as the media, so it appears in an unexpected place. By the experience and interaction that are provided, the ambient media is always successful in getting people?s attention, so it causes some impact for people and the public space where it is installed.
The case study has been done by comparing several kinds of ambient media in different places in Indonesia and other countries; which are located within indoor, outdoor and transition spaces. Then, by analyzing the space that is used within the space before and after the ambient media is installed, the success or effectiveness of the ambient media in different locations, gives different impacts to the space.
The impact depends on the interaction that happens within the space, which is different in each case. After knowing the about the interaction between people and ambient media and the effect after the interaction, the designers, including the architects and urban designers can reconsidering about the placement and the design of the ambient media, so they can maximize the utilization of the ambient media to give an intervention in the public place.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62017
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library