Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Messya Rachmani
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres anak Autisme dengan intervensi Modul Pedagogi Visual dan Video Modeling ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ yang diukur dari kadar kortisol saliva. Desain penelitian berupa eksperimental klinis dan laboratoris dengan mengukur kadar kortisol saliva sebelum dan sesudah intervensi. Subjek terdiri dari 20 anak usia 6-10 tahun yang telah didiagnosis Autisme oleh dokter spesialis anak atau psikiater, tidak terdapat riwayat penyakit sistemik, tidak terdapat gangguan pada penglihatan dan pendengaran, dapat mengikuti instruksi sederhana, serta belum pernah ke dokter gigi. Subjek dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok Modul Pedagogi Visual ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ dan Video Modeling ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’. Saliva diambil pada saat sebelum dan sesudah intervensi kemudian dianalisis di laboratorium untuk mengukur perbedaan kadar kortisol saliva. Hasil analisis tingkat stres anak autisme yang diukur dari kadar kortisol saliva menggunakan Uji Mann Whitney-U menunjukkan nilai median kadar kortisol saliva anak autisme pada kelompok intervensi Modul Pedagogi Visual ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ sebesar 0,0005 μg/mL dan nilai median kadar kortisol saliva kelompok intervensi Video Modeling ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ sebesar 0,0010 μg/mL. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang tidak bermakna secara statistik (p > 0,050) dalam tingkat stres anak autisme yang diukur dari kadar kortisol saliva pada kelompok intervensi Modul Pedagogi Visual dan Video Modeling 'Berkunjung ke Dokter Gigi'. Hal ini menandakan efektivitas Video Modeling ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ untuk menurunkan tingkat stres anak autisme pada saat perawatan gigi sama dengan Modul Pedagogi Visual ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ yang diukur dari kadar kortisol saliva .
The aim of this study was to determine the differences of the Visual Pedagogy Module and Video Modeling ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ intervention method in reducing stress levels in autism children measured by salivary cortisol levels during dental treatment. The study design was clinical and laboratory experimental by measuring salivary cortisol levels before and after the intervention. Subjects consisted of 20 children aged 6-10 years who had been diagnosed with Autism by a pediatrician or psychiatrist, had no history of systemic disease, had no impairment of vision and hearing, could follow simple instructions, and had never been to a dentist. They were divided into two groups based on the type of intervention: Visual Pedagogy Module ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ and Video Modeling ‘Berkunjungke Dokter Gigi’. Saliva was collected from the children before and after the interventions and analyzed in the laboratory to measure the differences of salivary cortisol concentration. The Mann-Whitney test was used to analyze salivary concentration differences in two intervention groups. The median values in the two intervention groups were 0,0005 and 0,0010 μg/mL. The stress levels measured by salivary cortisol levels showed that both Visual Pedagogy Module and Video Modeling ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ proven to be effective in decreasing the level of stress among the children with autism. No significant statistical difference in the delta values was observed between the two groups (p >.050). Both Visual Pedagogy Module and Video Modeling ‘Berkunjung ke Dokter Gigi’ are equally effective in reducing stress levels in children with autism measured by salivary cortisol levels."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Sekar Embun Jempina
"Latar Belakang: Peningkatan stres yang lebih tinggi di kalangan pelajar kedokteran gigi dibandingkan populasi umum telah ditunjukkan pada penelitian terdahulu. Studi lain juga mengungkapkan adanya perbedaan tingkat stres antara mahasiswa jenjang sarjana dengan profesi kedokteran gigi. Hingga saat ini, masih sedikit penelitian mengenai keterkaitan antara tingkat stres dengan konsentrasi kortisol pada jenjang pendidikan yang berbeda, terutama pada bidang kedokteran gigi. Tujuan: Menganalisis keterkaitan antara tingkat stres dengan konsentrasi kortisol pada mahasiswa jenjang sarjana dan profesi FKG UI. Metode: Empat puluh sampel yang terdiri dari dua puluh sampel saliva tidak terstimulasi dan dua puluh sampel terstimulasi saliva mahasiswa jenjang sarjana dan profesi FKG UI dikumpulkan. Uji bradford dilakukan untuk memeriksa konsentrasi protein total pada seluruh sampel. Uji konsentrasi kortisol saliva dilakukan dengan menggunakan FineTest® Human COR (Cortisol) ELISA Kit. Hasil: Terdapat keterkaitan signifikan antara tingkat stres dengan konsentrasi kortisol saliva terstimulasi pada mahasiswa jenjang sarjana dan profesi FKG UI (r = -473; p = 0.035). Sementara itu, tidak terdapat keterkaitan yang signifikan secara statistik antara tingkat stres dengan konsentrasi kortisol saliva tidak terstimulasi (r = -123; p = 0.607). Kesimpulan: Korelasi negatif sedang antara antara tingkat stres dengan konsentrasi kortisol saliva terstimulasi pada mahasiswa jenjang sarjana dan profesi FKG UI menunjukkan bahwa peningkatan stres cenderung diikuti dengan penurunan konsentrasi kortisol.
Background: Prior research has indicated that dentistry students experience higher stress level than the general population. Other research also demonstrates a gap in stress levels between undergraduate and professional students. Research on the connection between stress levels and cortisol concentrations at varying educational levels is still lacking, particularly in dentistry. Objective: To analyze the relationship between stress levels and cortisol concentrations in undergraduate and professional students at FKG UI. Method: 40 samples consisting of 20 unstimulated saliva samples and 20 stimulated saliva samples from FKG UI undergraduate and professional students were collected. The Bradford test was carried out to check the total protein concentration in all samples. The salivary cortisol concentration test was used by using the FineTest® Human COR (Cortisol) ELISA Kit. Results: There is a significant relationship between stress levels and stimulated salivary cortisol concentrations in FKG UI undergraduate and professional students (r = -473; p = 0.035). There was no statistically significant link between stress levels and unstimulated salivary cortisol concentrations (r = -123; p = 0.607). Conclusion: In FKG UI undergraduate and professional students, there is a somewhat negative connection between stress levels and stimulated salivary cortisol concentrations, indicating that a rise in stress is typically followed by a fall in cortisol levels."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library