Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anisa Fadilah
"Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas psikoedukasi KAMI SIAP untuk meningkatkan pengetahuan guru anak usia dini mengenai kesiapan bersekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah within-subjects experimental design. Intervensi berupa psikoedukasi dilakukan sebanyak dua sesi dengan pengumpulan data sebelum dan sesudahnya. Melibatkan 19 orang partisipan guru anak usia dini. Untuk mengukur pengetahuan guru alat ukur dirancang sendiri oleh peneliti dan Teachers’ Belief about Child Based Dimensions of School Readiness (versi bahasa Indonesia). Hasilnya, menunjukkan bahwa psikoedukasi KAMI SIAP efektif untuk meningkatkan pengetahuan (Z = -2,749, p < 0,05, two tailed) guru anak usia dini mengenai kesiapan bersekolah.

The aim of this study was to see the effectiveness of KAMI SIAP psychoeducation to improve preschool teachers’ knowledge on school readiness. The type of research that used in this study was within-subjects experimental design. The psychoeducation intervention was carried out in two sessions with data collection before and after. Involving 19 participants preschool teachers. Instrument was designed by researcher to measure teachers’ knowledge and Teachers' Belief about Child-Based Dimensions of School Readiness (Indonesian version) was used. The result indicate that KAMI SIAP psychoeducation was effective to improve preschool teachers’ knowledge (Z = -2.749, p < 0.05, two tailed) on school readiness."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagir
"OSOL (One School One Lab) merupakan program terpadu dalam mengurangi kesenjangan dan gagap teknologi di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda dan siswa sekolah. Selain bertujuan mengatasi kondisi digital divide di Indonesia, OSOL juga merupakan program untuk membantu dan meningkatkan efisiensi belajar-mengajar dengan pemanfaatan fasilitas komputer. Walaupun OSOL telah diimplementasikan secara terencana, banyak kendala dan kegagalan dalam proses implementasinya. Kendala itu di antaranya: kesiapan sekolah meliputi sarana dan prasarana ditambah lagi anggaran untuk proses perbaikan atau pemeliharaan dan perawatan (maintenance). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan studi kasus. Metode deskriptif bertujuan untuk membuat deksprisi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sedangkan analisa metode kuantitatif ditujukan untuk meneliti pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan analisis statistik dan uji Hipotesis. Dari analisis deskriptif terhadap ketiga apsek tersebut diperoleh hasil bahwa kedua sekolah yang menjadi objek penelitian memiliki masalah dalam hal sarana dan prasarana serta kurikulum yang merupakan subvariabel kesiapan sekolah (X1). Sedangkan variabel sumber daya manusia (X2) dan pemeliharaan dan perawatan (X3) diakui oleh pihak guru-guru kedua sekolah bahwa sekolah memiliki kemampuan yang memadai. Dari analisis statistik diperoleh persamaan regresi berganda Y = -0,114 + 0,422X1 + 0,161X2 + 0,700X3. Dari analisis korelasi parsial, diperoleh koefisien korelasi parsial X1 terhadap Y (optimalisasi fungsi laboratorium komputer sekolah) sebesar 0,741 dengan pengaruh yang signifikan, koefisien korelasi parsial antara X2 terhadap Y sebesar 0,575, menunjukkan hubungan yang cukup kuat, dengan pengaruh yang signifikan. Dan koefisien korelasi parsial antara X3 terhadap Y sebesar 0,784, menunjukkan hubungan yang kuat, dan memiliki pengaruh yang signifikan. Variavel X3 berdasarkan nilai koefisien determinasi memiliki kontribusi paling tinggi dibandingkan kedua variabel lainnya dengan besar kontribusi 61,47%. Analisa koefisien korelasi berganda sebesar 0,881, nilai F sebesar 16,162, dengan pengaruh yang signifikan. Secara simultan X1, X2 dan X3 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Y. Dari koefisien determinasi berganda sebesar 77,6% menunjukkan besar kontribusi ketiga variabel secara simultan adalah 77,6%, sedangkan 22,4% dipengaruhi faktor lain. Kedua sekolah yang diteliti sudah memiliki tenaga pengajar untuk bidang komputer. Pada tahap awal pelaksanaan, mereka tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam menyiapkan tenaga pengajar. Proses perawatan dan pemeliharaan komputer adalah kesulitan yang sering ditemukan di mayoritas sekolah. Namun kedua sekolah yang diteliti dalam kasus ini menyatakan kemampuan dalam proses pemeliharaan dan perawatan. X3 memiliki pengaruh paling utama terhadap Y. Hal ini sejalan dengan logika dan beralasan bahwa apabila sebuah sekolah telah memiliki sebuah laboratorium komputer sendiri maka tentunya sekolah tersebut telah memiliki kesiapan baik sarana prasarana dan kurikulum serta sumber daya manusia walaupun minim dan belum optimum. Namun belum tentu sekolah tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan proses pemeliharaan dan perawatan yang terbilang cukup mahal dan sulit.

OSOL (One School One Lab) is an integrated program to decrease discrepancy and technology stammer in the society, especially the students and youth. Beside for resolving the digital divide condition in Indonesia, OSOL is also a program to help and improve the learning and teaching efficiency by using computer facilities. Although OSOL has been implemented, there have been threats and fails in the implementation process. Some schools generally have threats and problems which are emerged when OSOL is implemented. The threats are: School readiness including infrastructure and added by the recovering budget and maintenance process. The method used in this research is descriptive method with a case study. Descriptive method means making description about the researched phenomenon systematically, factual and accuracy about the facts and its characteristics. The quantitative analysis is used to examine the independent variables toward dependent variable by using statistical analysis and hypothetical test. The descriptive analysis of three aspects shows that the two schools which became objects in this research have problem in the infrastructure and the curriculum, which in this research is the sub-variable of school readiness (X1). The human resource variable (X2) and maintenance (X3) are acknowledged by the teachers of the two schools that have good human resource ability and able to do the maintenance process. With the double regression equation Y = -0.114 + 0.422X1 + 0.161X2 + 0.700X, and by the partial statistical analysis, known as partial correlation between the X1 toward the Y (optimization of the computer school lab) function is 0.741 with significance effect, and also the partial correlation between X2 toward the optimization of the computer school lab function is 0.575, show enough strong correlation, with significance effect. The partial correlation between X3 and Y function is 0.784, showing strong relationship, or significance effect. Variable X3, according to the coefficient of determination, has the highest contribution compared to the others by 61.74%. Multiple correlation coefficients are 0.881, with F value 16.162, and F test is significant. So simultaneously the three independent variables have a significance effect toward the Y. The determination coefficient of the multiple regression 77.6% shows that the effect of the three independent variables simultaneously is 77.6%, and about 22.4% is affected by others. The two schools in this research have had a computer teacher. In the first step of implementation, they did not find a difficulty to prepare the teacher. The maintenance process is a difficulty process often found in the majority of the schools. But the two schools in this case show their abilities in maintenance process. X3 has the dominant influence toward Y. This is logically reasonable that if a school has a self computer laboratory, so the school should has the good readiness which is included infrastructure and the curriculum and human resource although it is still minimum and is not optimum, but the schools do not have the ability to do the maintenance process which can be expensive and difficult."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melani Rakhmi Mantu
"ABSTRAK
Latar belakang: Penting bagi orangtua untuk mengetahui apakah anaknya telah memiliki kesiapan dan kematangan masuk sekolah. Di Indonesia belum ada alat skrining yang mudah dan efisien untuk menilai kesiapan bersekolah seorang anak bagi dokter anak. Brigance Early Screen III merupakan alat skrining untuk mendeteksi gangguan perkembangan sekaligus menilai kesiapan memasuki dunia pendidikan  anak usia 3-5 tahun  yang terstandarisasi dan mudah digunakan ,tetapi belum diuji kesahihan interna dan keandalanya dalam bahasa Indonesia.
Tujuan: Menguji kesahihan interna dan keandalan kuesioner BRIGANCE Early Screen III bahasa Indonesia sebagai alat penapisan keterlambatan perkembangan dan kesiapan awal bersekolah anak usia 3-5 tahun
Metode: Penelitian potong lintang  pada 3 kelompok umur (3,4 dan 5 tahun) di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar baru, Jakarta Pusat. Penelitian dibagi 2 tahap,  pertama (Januari-Februari 2019) merupakan adaptasi transkultural  dari bahasa Inggris ke Indonesia. Tahap kedua (Mei-Juni 2019) merupakan uji kesahihan dan keandalan kuesioner BRIGANCE  bahasa Indonesia dengan minimal 30 anak setiap kelompok umur, menggunakan metode consecutive non-random sampling. Uji kesahihan konstruksi dianalisis menggunakan Pearson correlation dan sahih jika nilai rho (r) > 0,3. Uji keandalan dinilai uji konsistensi internal yang dianalisis dengan menggunakan Alpha Cronbach's coefficient dengan nilai Cronbach's Alpha minimum 0,6.
Hasil: Uji kesahihan  interna menunjukkan beberapa butir pertanyaan yang tidak sahih pada kuesioner di semua kelompok usia disebabkan karena homogenitas jawaban, proses transkulturasi budaya dan bahasa serta jumlah subyek yang kurang banyak.  Hasil test dan re-test didapatkan korelasi tiap butir pertanyaan per-domain menunjukkan kesahihan baik dengan nilai r > 0,80. Kuesioner  usia 3 dan 5 tahun  menunjukkan keandalan baik (Cronbachs alpha 0,662 dan 0,712). Sedangkan kuesioner untuk kelompok usia 4 tahun tidak andal  Cronbachs alpha 0,452).
Kesimpulan: Kuesioner Brigance Early Screen III  usia 3 dan 5 tahun  telah teruji sahih dan andal dipergunakan sebagai alat deteksi gangguan  perkembangan dan penilaian awal  kesiapan anak bersekolah. Kuesioner  usia 4 tahun  yang tidak sahih dan tidak  andal  diperlu dilakukan peninjauan ulang periode adaptasi transkultural.

ABSTRACT
Background: It is important for parents to find out whether their child has school readiness In Indonesia there is no easy and efficient screening tool to assess  school readiness used by  pediatrician. Brigance Early Screen III is a screening tool to detect developmental disorders while assessing school  readiness which already standardized and easy-to-use  for children, but has not yet been tested for internal validity and reliability.
Aim: To find out the internal validity and reliability of the Indonesian language BRIGANCE Early Screen III questionnaire as a screening tool for developmental delays and  early assesment school readiness  for children aged 3-5 years.
Methods: A cross-sectional study in 3 age groups (3.4 and 5 years) in Tanah Tinggi, Johar Baru, Central Jakarta. The study was divided into two phases, first phase (January-February 2019) was a transcultural adaptation of English into Indonesian. The second phase  (May-June 2019) was the validity and reliability test of the Indonesian BRIGANCE questionnaire with a minimum of 30 children per age group, using the consecutive non random sampling method. The analyzed test  using Pearson correlation and valid if the value of rho (r) > 0.3. Reliability tests were assessed for internal consistency tests analyzed using Alpha Cronbach's coefficient with  minimum 0.6.
Results: The internal validity test  showed some  non valid questions in all off those groups. This can be due to the homogeneity of the answers, process of transculturation of culture and language, and insufficiency  number of subjects. Reliability of the Indonesian language Brigance Early Screen III questionnaire at ages 3 and 5 showed good reliability (Cronbachs alpha 0.662 and 0.712). Whereas for the age group of 4 years showed poor reliability (Cronbachs alpha 0.452). Correlation of each item per-domain questions generally showed good validity with a value of r> 0.80.
Conclusion: Brigance Early Screen III age 3 and 5 Indonesian language questionnaires proved to be valid and  reliable as a developmental screening  tool and early assessment for   school readiness. The  4-year questionnaire showed poor validity and reliability and need further re-assesment."
2019
T55565
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Wahyu Dwi Prastya
"Usia prasekolah merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan anak. Keterlambatan perkembangan umumnya terjadi pada masa prasekolah dan dialami oleh 10-15% anak prasekolah. Gangguan perkembangan pada anak prasekolah membuat anak memiliki performa lebih rendah dari temannya yang dapat memengaruhi kesiapan bersekolah. Penelitian kesiapan bersekolah pada anak usia prasekolah masih terbatas di Indonesia. Pola asuh orang tua dapat memengaruhi kesiapan bersekolah. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang. Data kesiapan bersekolah diperoleh melalui kuesioner BRIGANCE Early Childhood Screens III dan pola asuh orang tua melalui kuesioner Parenting Styles and Dimension Questionnaire (PSDQ). Penelitian dilaksanakan di TK Negeri Menteng 01 dan TK Negeri Cilacap, Jakarta. Penelitian ini melibatkan 18 anak (23,7%) berusia 4 tahun dan 58 anak (76,3%) berusia 5 tahun dengan mayoritas anak perempuan. Hasil skrining menunjukkan bahwa 20 anak (26,3%) tidak siap masuk sekolah. Rerata usia ibu yaitu  34,92 tahun dan rerata usia ayah 37,48 tahun. Pola asuh orang tua yang umum diterapkan adalah otoritatif (86,8%), diikuti permisif (11,8%), dan otoriter (1,3%). Temuan menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pola asuh dan kesiapan bersekolah (p<0,001). Pola asuh permisif lebih umum pada anak laki-laki, sedangkan anak perempuan lebih sering dididik dengan pola asuh otoritatif. Pola asuh otoriter ditemukan pada keluarga dengan kondisi sosial ekonomi yang lebih rendah. Terdapat hubungan signifikan antara pola asuh dan kesiapan bersekolah. Anak yang dididik dengan pola asuh otoritatif memiliki tingkat kesiapan sekolah yang lebih tinggi.

Preschool age is a critical period in child development. Developmental delays generally occur during the preschool period and are experienced by 10-15% of preschool children. Developmental disorders in preschool children make them perform lower than their peers, which can affect their readiness for school. Research in school readiness in preschool children is still limited in Indonesia. Parenting styles can affect school readiness. This study used a cross-sectional design. School readiness data was collected through the BRIGANCE Early Childhood Screens III questionnaire and parenting styles data was collected through the Parenting Styles and Dimension Questionnaire (PSDQ) at TK Negeri Menteng 01 and TK Negeri Cilacap, Jakarta. This study involved 18 children (23,7%) aged 4 years  and 58 children (76,3%) aged 5 years with a dominance of girls. Screening results showed that 20 children (26,3%) were not ready for school. The most common parenting style was authoritative (86.8%), followed by permissive (11.8%), and authoritarian (1.3%). The findings showed a significant association between parenting styles and school readiness (p<0.001). Permissive parenting style is more common in boys, while girls are more often educated with a authoritative parenting style. Authoritarian parenting style was found in families with lower socioeconomic conditions. There is a significant relationship between parenting styles and school readiness. Children who are raised with a democratic parenting style have a higher level of school readiness."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yessica Kristanti Paramita Putri
"ABSTRAK
Seorang anak perlu menguasai kesiapan sekolah sebelum ia masuk Sekolah Dasar.
Salah satu aspek kesiapan sekolah yang perlu dikuasai adalah keterampilan sosial,
khususnya perilaku terkait tugas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji
efektivitas program modifikasi perilaku dengan metode social modeling dan token
economy untuk meningkatkan perilaku terkait tugas di kelas anak. Desain yang
digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa program ini cukup efektif untuk meningkatkan perilaku terkait tugas subjek di
kelas dan terdapat perbedaan yang signifikan terutama pada perilaku mengikuti
instruksi verbal guru selama kegiatan di kelas dan mengarahkan pandangan mata ke
arah guru selama guru mengajar.

ABSTRACT
A child should have a school readiness before entering the elementary school. The
one of school readiness’ aspect that a child should mastering is a social behavior,
especially task related behavior. The objective of this present research is discovering
the effectiveness of a behavior modification program with social modeling dan token
economy to increase task related of behavior of a child in the classroom. The research
uses pretest-posttest control group design. The result shows that the program is
effective to increase task related behavior on subject in the classroom and there are
significance differences in following teacher’s verbal instructions during class’
activity and paying attention to the teacher when she teaches the subject.
Key words : behavior modification, early childhood, school readiness,"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T39023
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library