Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andreas
"ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi hubungan antara kebebasan dan tanggung jawab pada mahasiswa Universitas Indonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Indonesia jenjang pendidikan S1 sebanyak 94. Penelitian menemukan bahwa sampel mahasiswa Universitas Indonesia mempersepsikan kebebasan dan tanggung jawab berkorelasi positif pada kondisi kebebasan mempengaruhi tanggung jawab dan pada kondisi tanggung jawab mempengaruhi kebebasan.


ABSTRACT

This research aimed to describe how students from University of Indonesia perceived freedom and responsibility. Sample of this research were 94 bachelor degree students from University of Indonesia. The finding of this research is sample from University of Indonesia students are more likely to endorse freedom and responsibility to be positively correlated both in Freedom given Responsibility and Responsibility given Freedom condition.

"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56967
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Sagung Ayu Santhi Sueningrum
"

Pendahuluan: Tahap pendidikan klinik adalah fondasi penting dalam pendidikan kedokteran karena pada tahap ini pengembangan identitas profesional peserta didik terjadi. Peran pengajar klinis pun menjadi salah satu determinan penting dalam menentukan kualitas pembelajaran di tahap pendidikan klinik. Oleh karena itu, kualitas pengajar klinis harus dijaga dan ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas pengajar klinis adalah memahami pengembangan identitas profesional sebagai pengajar klinis. Integrasi identitas profesional pengajar klinis ke dalam identitas profesional klinisi dianggap penting dalam menjaga well-being dan resistensi dalam menjalankan peran sebagai pengajar klinis. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden penelitian adalah pengajar klinis yang dipilih menggunakan strategi maximum variety sampling dengan mempertimbangkan lama menjadi pengajar klinis, jenis kelamin, peran sebagai koordinator, dan rotasi pendidikan klinik.Terdapat tiga focus group discussion dengan jumlah peserta 5-6 orang pengajar klinis untuk setiap kelompok dan tiga belas wawancara mendalam terhadap tiga belas orang pengajar klinis untuk mengeksplorasi proses pengembangan identitas profesional pengajar klinis. Hasil penelitian: Dalam penelitian ini teridentifikasi faktor-faktor yang berkaitan dengan self, situation, support, dan strategy sebagai faktor yang berpotensi mempengaruhi pengembangan identitas profesional. Diketahui bahwa kemampuan reflektif dan peran community of practice merupakan faktor esensial dalam menjalani masa transisi dan pengembangan identitas profesional. Ditemukan tiga narasi integrasi identitas profesional oleh responden, yaitu koalisi I-position pengajar klinis dan klinisi, bertahan pada I-position klinisi, serta metaposisi antara I-position profesional dan personal. Simpulan: Faktor-faktor yang terkait dengan self, situation, support, dan strategy berpotensi mendukung atau pun menghambat pengajar klinis dalam masa transisi. Selain itu gambaran proses integrasi identitas profesional pengajar klinis mencerminkan refleksi responden terhadap pengalaman dan peran mengajar.

 


Introduction: Clinical clerkship is an important foundation in medical education because at this stage the development of students professional identity occurs. Clinical teachers play an important role in determine the quality of learning in clinical rotation. Therefore, the quality of clinical teachers should be maintained and improved. One of the strategies to maintain and improve the quality of clinical teachers is to understand the clinical teachers professional identity development. The integration of clinical teachers professional identity into clinicians identity is considered important to maintain the well-being and resistance in carry on the role as clinical teacher. Method: This is a qualitative study with phenomenological approach. Respondents were clinical teachers who were selected using maximum variety sampling strategy by considering the length of time being clinical teacher, gender, role as coordinator, and clinical rotation. There were three focus group discussion in which each group consists of 5-6 clinical teachers and thirteen in-depth interviews with thirteen clinical teachers to explore the development of clinical teachers professional identity. Result: This study identified factors related to self, situation, support, and strategy that could influence the development of clinical teachers professional identity. It was found that reflective abilities and community of practice were essential factors in undergoing a period of transition and the development of professional identity. Three narratives of integration of professional identity by respondents were found, namely the coalition of I-position as clinical teachers and clinicians, holding on to the clinicians I-position, and meta-position between professional and personal I-positions. Conclusion: Factors related to self, situation, support and strategy were identified as potential factors to support or hinder clinical teacher in transition. In addition, the narration of the integration process reflects the clinical teachers reflection upon their teaching roles and experiences.

"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tantri Yanuar Rahmat Syah
"Dalam logika jasa, partisipasi pelanggan menjadi dalil utama dalam proses penghantaran jasa. Tetapi, tidak terdapat banyak penjelasan, bagaimana pelanggan bereaksi terhadap penawaran fasilitas partisipasi dari provider. Sejalan dengan hal ini, penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan pertama adalah untuk menyelidiki peranan implicit self theory entity dan incremental dalam mempengaruhi akibat dari fasilitas partisipasi provider terhadap kualitas relasional, dalam proses penghantaran jasa. Tujuan kedua adalah untuk menguji secara simultan peranan kualitas relasional sebagai mediasi antara fasilitas partisipasi provider dan loyalitas, dengan mempertimbangkan implicit self theory. Dalam pengujian untuk tujuan pertama, digunakan desain percobaan Studi 1, sedangkan untuk tujuan kedua digunakan structural equation model Studi 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implicit self theory memiliki peranan penting dalam mempengaruhi kinerja partisipasi pelanggan. Dimana individu pendukung incremental theory memiliki kinerja partisipasi yang lebih baik dibandingkan individu pendukung entity theory, individu dengan incremental dapat memicu kualitas relasional yang lebih kuat. Hasil lainnya menunjukkan bahwa dalam situasi partisipasi rendah, individu pendukung entity theory dapat memicu kualitas relasional yang lebih baik.Hasil penelitian ini mengkonfirmasi peranan implicit self theory dalam menjelaskan variasi konsekuensi dari fasilitas partisipasi provider.

In service logic, customer participation becomes the central tenet in service delivery process. However, there are not much explanation, how the customer react to the provider rsquo s participation facility offering. Congruence with this issue, the research have two objectives, the first objective is to investigate the role of implicit self theories as an entity and as an incremental in influencing the consequences of provider rsquo s participation facilitytoward relationship rsquo s quality in a service delivering process. The second objective is to simultaneously examine the role of relationship quality as a mediating between provider rsquo s participation facility and loyalty, in its considerations to the implicit self theories. In examining our first objective, we applied an experiment design Study 1 , while the second one we used structural equation model Study 2.
The result shows that implicit self theories contribute an important role in influencing the customer rsquo s participation performance. While incremental theorist tends to have stronger participation performance than entity theorist,it can lead to stronger relationship quality. Another result shows that in the low degree participation facility, entity theorist lead to create greater relationship quality. These findings confirmed the role of implicit self theories in explaining the variety consequences of provider rsquo s participation facility.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
D2266
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juneman Abraham
"ABSTRAK
Penelitian ini memperluas tesis Gino, Norton, dan Ariely 2010 serta Cornelissen, Bashshur, Rode, dan Le Menestrel 2013 , masing-masing tentang pengaruh diri yang palsu dan mindset etis dalam dinamika tingkah laku moral. Perluasan tesis dilakukan dalam sejumlah cara, di antaranya: Perluasan pertama, bahwa diri yang palsu mampu memprediksi pembungkaman moral sebagai wakil atau proxy dari tingkah laku korupsi; Moore, 2008 dalam situasi alamiah non-laboratorium , sedangkan studi Gino et al. menggunakan situasi eksperimental-laboratorium. Perluasan kedua, bahwa mindset etis berbasis hasil dan teori-diri entitas berpengaruh sebagai moderator hubungan antara diri yang palsu dan tingkah laku korupsi. Guna menguji hipotesis-hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dua buah studi. Studi 1 merupakan studi korelasional terhadap 994 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, dengan teknik analisis data berupa structural equation modelling, untuk menguji signifikansi peran variabel diri yang palsu prediktor serta mindset etis dan teori-diri kandidat moderator dalam memprediksi tingkah laku korupsi yang diwakili oleh pembungkaman moral variabel dependen Studi 1 . Studi 2 merupakan studi kuasi-eksperimental terhadap 154 mahasiswa-mahasiswi guna menguji hipotesis efek moderasi mindset etis berbasis hasil dan teori-diri entitas terhadap hubungan antara diri yang palsu dan tingkah laku korupsi variabel dependen Studi 2, secara operasional merupakan kinerja dalam bribery game dengan teknik analisis data berupa analisis variansi ANOVA . Hasil penelitian ini Studi 1 dan Studi 2 secara umum mengkonfirmasikan hipotesis yang diajukan oleh peneliti. Kontribusi penelitian ini di samping secara substantif mengembangkan teori psikologi moral dalam konteks saliensi historis, adalah temuan bahwa tingkah laku moral seseorang saat ini dipengaruhi oleh sejarah moralitas diri diri palsu, atau diri otentik dan variabel-variabel personologis mindset etis, teori-diri yang berinteraksi dengannya, juga secara metodologis menjadikan korupsi pertama kali diteliti dalam bentuk simulasi tindakan di Indonesia dengan menggunakan tinjauan psikologis.

ABSTRACT
This study extends the thesis of Gino, Norton, and Ariely 2010 and Cornelissen, Bashshur, Rode, and Le Menestrel 2013 , consecutively, on the effect of counterfeit self and ethical mindset in the dynamics of moral behavior. The extensions of the theses are carried out in a number of ways, among others The first extension, counterfeit self is capable of predicting moral disengagement as the proxy of corruption behavior Moore, 2008 in a natural non laboratory situation, while Gino et al. rsquo s finding is on experimental laboratory situation. The second extension, the outcome based ethical mindset and entity self theory act as the moderating variables of the effect of counterfeit self on corruption behavior. In order to test the hypotheses, two studies were conducted. Study 1 was a correlational study on 994 senior high school students, with data analysis techniques in the form of structural equation modeling, to test the significance of the role of the counterfeit self predictor as well as ethical mindset and self theory moderator candidates in predicting the behavior of corruption which was represented with moral disengagement the dependent variable of Study 1 . Study 2 is a quasi experimental study on 154 university students to test the hypotheses of the moderating effects of outcome based ethical mindset and entity self theory on the effects of counterfeit self on corruption behavior dependent variable Study 2, operationally defined as a performance in a bribery game with data analysis technique in the form of analysis of variance ANOVA . The results of those studies Study 1 and Study 2 generally confirmed the hypotheses proposed. The contribution of this study, in addition to substantively develop the theory of moral psychology in the context of historical salience, is a finding that an individual rsquo s current moral behavior is influenced by the history of moral self i.e. counterfeit, or authentic self and the personological variables ethical mindset, self theory that interact with the self, also methodologically makes corruption for first time examined in the form of performance simulations in Indonesia by using psychological perspective."
2017
D2424
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library