Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Sulistyaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Studi ini memberikan gambaran mengenai bagaimana elemen budaya Indonesia digambarkan dalam serial animasi ?Keluarga Somat?. Penelitian ini juga menggembarkan bagaimana peran serial animasi tersebut sebagai media edukasi anak mengenai budaya Indonesia. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode analisis konten dengan metode framing Gamson dan Modigliani dan wawancara mendalam dengan produser dan penyiar tayangan. Peneliti melakukan pengamatan terhadap dua puluh judul episode ?Keluarga Somat? yang dapat ditemukan di internet, kemudian peneliti melakukan transkrip dan intepretasi terhadap 5 episode yang paling mewakili elemen budaya Samovar. Peneliti menemukan 5 bingkai utama yang mewakili elemen budaya Samovar, antara lain:agama sebagai dasar sikap dan tindakan masyarakat, perjuangan kemerdekaan sebagai pengetahuan sejarah yang penting, universalism sebagai nilai budaya Indonesia, keluarga sebagai organisasi sosial yang utama, dan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Peneliti juga menemukan jika cerita dan format tayangan sesuai dengan asumsi pembelajaran tematik 2013 sehingga dapat menjadi media edukasi alternatif anak mengenai budaya Indonesia.
ABSTRACT
This study provides an overview of how the elements of Indonesian culture depicted in the animated series "Keluarga Somat". The study also describes how the role of the animated series as media of child education on Indonesian culture. This study assessed using content analysis method with framing method by Gamson and Modigliani and in-depth interviews with producers and broadcasters. Researcher did observation to twenty episodes of ?Keluarga Somat? which can found in internet, then do transcript and interpret to five episodes whose content most represent Samovar?s culture element. Researcher found 5 basic frames which represent those five Samovar?s culture element, which are: religion as society?s basic idea, national struggle history is relevant knowledge, universalism as Indonesia culture value, family as main social organization and the need to use Bahasa Indonesia as national language. Researchers found that framing of the importance of intact families and Indonesian pluralism as the main theme raised in the series. Researchers also found that the story and display form in accordance with the assumption of thematic learning in 2013 so that it can be an alternative media of child education on Indonesian culture
2016
S64908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Iksan Fauzi
Abstrak :
Penelitian ini berfokus kepada representasi perpustakaan dalam serial animasi Avatar: The Last AirBender. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode semiotik yang dikemukakan oleh Roland Barthes yaitu hubungan analisis sintagmatik dan paradigmatik yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi perpustakaan dalam serial animasi Avatar: The Last AirBender dengan memahami gambaran komponen perpustakaan dan pemanfaatan informasi yang ditampilkan dalam serial animasi tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perpustakaan yang ditampilkan dalam serial animasi Avatar: The Last AirBender adalah sebuah pusat informasi yang tidak mudah untuk dikunjungi oleh pengguna. Perpustakaan tersebut memiliki planetarium memiliki pengaruh kepada isi cerita dalam serial animasi tersebut. ...... This study focus on representation of libraries in the serial animation Avatar: The Last Airbender. This study applying qualitative research method with semiotic method stated by Rolad Barthes namely analysis relationship of syntagmatic and paradigmatic which intend to describe representation of libraries in the serial animation Avatar: The Last AirBender by understanding the library component and information usage which shown in the serial animation. The conclution of this study that the library which shown in the serial animation was an information center that was hard to be visited by the user. The library have a planetarium that have a major influence in the entire story.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S65755
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Indraji
Abstrak :
Penelitian ini membahas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan klub perpustakaan books club yang direpresentasikan dalam serial animasi 'Daitoshokan no Hitsujikai A Good Librarian Like A Good Shepherd'. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing. Hasil penelitian menunjukan bahwa serial animasi ini merepresentasikan fungsi dan pemanfaatan perpustakaan sekolah, khususnya dalam kegiatan klub perpustakaan sebagai bagian dari perpustakaan sekolah. Selain itu, dalam serial animasi ini diperlihatkan ide bahwa perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat aktivitas dalam lingkungan sekolah. ...... This study discusses the use of school libraries and the use of library clubs books club which is represented in the animated series Daitoshokan no Hitsujikai 'A Good Librarian Like A Good Shepherd'. This research is a qualitative research with framing analysis approach. The result shows that this animation serial represented school library purpose and utilization, especially in books club activities as one part of school library. On other hands, in this animation serial showed an idea that school library can became a center of activities in school environment.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69376
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library