Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lynda, Wee Keng Neo
Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2005
658.87 LYN ft
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nadine Mediha Bahwal
Abstrak :
Pandemi COVID-19 telah menyebabkan krisis ekonomi di Indonesia. Industri pusat perbelanjaan sebagai tempat transaksi masyarakat terdampak cukup parah terutama dengan percepatan peralihan metode berbelanja menjadi online. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari alternatif strategi pemulihan performa pusat perbelanjaan. Metode SWOT digunakan identifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan melalui wawancara ahli. Metode Fuzzy AHP dilakukan untuk mendapat bobot setiap faktor internal dan eksternal SWOT tersebut. Metode Complex Proportional Assessment (COPRAS) digunakan untuk evaluasi performa alternatif strategi. Penelitian ini menghasilkan dua prioritas strategi, yaitu penyediaan fasilitas vaksinasi dan penyediaan fasilitas buy online pick up offline (BOPIS). ......The COVID-19 pandemic has caused an economic crisis in Indonesia. The shopping center industry as a place for public transactions has been severely affected, especially with the acceleration of the transition to online shopping platforms. The aim of this study is to find an alternative strategy to restore the performance of shopping centers. SWOT method is used to identify the company's internal and external factors obtained through expert interviews. The FAHP method is used to obtain the weight of each internal and external SWOT factor. The Complex Proportional Assessment (COPRAS) method is used to evaluate the performance of each alternative strategies. This study resulted in two strategic priorities, accommodate a vaccination facility and provide buy online pick up offline (BOPIS) method facilities
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhel Rachmat Riafdy
Abstrak :
Fenomena berbelanja saat ini sangat marak dengan adanya E- Commerce atau gaya berbelanja online berpengaruh terhadap area Shopping Centre yang mana menawarkan barang jualan offline sehingga mengalami penurunan aktivitas kunjungannya. Selain itu, penyebab lainnya yaitu mewabahnya virus covid-19 yang mana menjadi penyebab menurunnya kunjungan. Selain itu, walaupun seluruh pusat komersil terkena dampak dari isu virus Covid-19, sistem berbelanja online dan aspek lainnya, dengan mengangkat studi kasus Grand Indonesia Shopping Town yang termasuk memilki dampak kecil dari segi intensitas aktifitas kunjungannya. Dengan melihat elemen-elemen yang membentuk representasi mental pengunjung untuk mengunjungi kembali area tersebut dalam hal arsitektural melalui metoda kuisioner terhadap pengunjung yang sering berkunjung dengan pendekatan Sense of Place dari Indikator Panca Indera dan deskripsi persepsi preferensi pengunjung. Hasil penelitian menjabarkan responden cukup memiliki pengalaman-pengalaman ruang positif dari berbagai indikator aspek panca Indera dan dari hasil area mayoritas di gemari pengunjung diantaranya seperti adanya keunikan dan identitas area ruang per lantai, pemaksimalan view pada area sisi tepi bangunan, identitas orisinil atraksi di mall, konsep ruang tunggu yang tinggi, furnitur yang unik, serta kelengkapan fasilitas area menjadi hal yang mendasar dalam yang menstimulasi pengunjung untuk berkunjung ulang pada Grand Indonesia Shopping Town. ......The phenomenon of E-Commerce or online shopping is very widespread today. In addition, the outbreak of the Covid-19 virus has caused the intensity of Shopping Mall visits to decrease. Although all commercial centers have been affected by the Covid-19 virus issue, the online shopping system and other aspects, by raising the case study of Grand Indonesia Shopping Town, which includes a small impact from his visiting activities. With the elements that make up the mental representation of visitors to revisit the area in terms of architecture through a questionnaire display method for frequent visitors with the Sense of Place approach from the Five Senses Indicator and a description of visitor preferences. The results of the study describe respondents who have quite positive spatial experiences from various indicators of the five sensory aspects and from the results of areas that are favored by visitors including the uniqueness and identity of the space per floor, maximizing the appearance on the edge of the room. the building, the original identity of the attraction in the mall, the tall waiting room, unique furniture, and complete area facilities are the basic things that stimulate the concept of visitors to visit again at Grand Indonesia Shopping Town.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vera Araminta Wahyudi
Abstrak :
ABSTRAK
Kendala pembangunan gereja akibat sulitnya mendapatkan izin pembangunan mengakibatkan umat Kristiani mencari alternatif penempatan ruang ibadah di dalam bangunan lain. Keadaan tersebut memicu ide kreatif pengelola pusat perbelanjaan untuk mendapatkan keuntungan akan ruang yang kurang potensial dengan menyewakan atau menjualnya kepada pihak gereja. Pertemuan ruang dengan fungsi berbeda tersebut tidak terlepas dari adanya keterkaitan fungsi sosial gereja dan pusat perbelanjaan sebagai third place yang mewadahi aktivitas sosial. Skripsi ini menelusuri bagaimana dampak arsitektural yang terjadi pada gereja di dalam pusat perbelanjaan akibat penyesuaian dengan ruang yang tersedia pada pusat perbelanjaan tersebut. Temuan skripsi ini memberikan kesimpulan bahwa pusat perbelanjaan dan gereja memiliki kesesuaian kebutuhan ruang, sehingga keduanya dapat saling mendukung. Namun dalam penerapannya terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam penempatan gereja dalam pusat perbelanjaan, berkaitan dengan jumlah jemaat, akses, desain, dan tata letak gereja.
Abstract
The constraint of Church establishment due to the difficulty in getting permit from local communities resulted Christians to find an alternatives of space for worship as a part of other building. The situation leads the management of shopping centres to develop the less potential spaces in shopping centres in order to be profitable by renting or selling it to the church. The intersection of those spaces with different functions cannot be separated from the social function of church and shopping centre as the third place which accomodate social activity. This paper examined the architectural aspects which effect the church due to adjustments to the available space in the shopping centres. The study resulted the conclusion that the shopping centre and the church has a conformity of space requirements, so that they can support each other. But in its implementation, there are some aspects that must be considered in the placement of the church in a shopping centre, in relation to the number of congregations, access, design, and layout of the church. ;
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43473
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library