Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meilisa Rahmadani
"Tesis ini dilatarbelakangi oleh sengitnya persaingan kosmetik di Indonesia, sehingga hal ini membuat para pemilik brand harus pintar dalam membuat strategi pemasaran dalam memasarkan produknya. Tidak hanya melalui iklan, banyak cara produsen untuk memikat hati konsumennya salah satunya dengan event marketing. Pada penerapan event marketing banyak tersembunyi kepentingan pemasar yang dititipkan pada ajang yang diselenggarakan. Tujuan penelitian ini adalah membongkar pencitraan dan menunjukan mekanisme pencitraan berupa usaha simulasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan produk kosmetik melalui komunikasi pemasarannya, yang bekerjasama dengan media massa. Penelitian ini menggunakan teori Jean Baudrillard mengenai hiperrealitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi pergeseran dari nilai tukar menjadi nilai symbol dan dalam ajang pemilihan putri Indonesia, terdapat hiperrealitas yang dibentuk oleh Mustika Ratu sesuai dengan tahapan simulakra. ...... The purpose of this thesis is to discuss the intense competition within the cosmetic industry in indonesia so as to understand the marketing strategies required to position their products outside of main stream comerical advertising. There are many products (producents) that use event marketing as a way to engage the consumer. In the implementation of the event marketing, there are many reasons hidden in every aspect of an event. This paper will reveal the branding and to show the various mechanisms and touch points used by cosmetic companys through their marketing strategies that are sinergised along with their use of the mass market. This research will use the jean baudrillard theory of hyperreality which together with the semiotic analytical technic of roland barthes, indicates that there is a shift from the exchange value to the symbol value. In the putri indonesia beauty peagent, there is a hyperreality that is shaped by mustika ratu that fits with the similarcr step process."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43758
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Embun Laras Mega
"Perkembangan budaya pop Jepang di Indonesia sebagai soft power, membuat banyak hal baru yang masuk ke Indonesia. Banyak istilah, konsep, hingga akhirnya subkultur baru yang muncul menyusul munculnya media-media yang berisi budaya pop dari Jepang. Seperti cosplay, idol, komunitas penggemar karakter, dan fetishist dari sebuah tipe karakter. Salah satu yang muncul dari sini adalah penggemar loli dan shota. Penggemar loli dan shota merupakan salah satu aspek di dalam budaya pop Jepang yang cukup kontroversial karena keterkaitannya dengan pedofilia. Terkadang, makna bahkan definisi jelas loli dan shota yang memiliki variasi antar individu atau antar komunitas membuat kedua fenomena ini saling berdekatan, tumpang tindih, dan bahkan saling bertabrakan. Hal ini membuat kita bertanya-tanya, apa sebenarnya makna dari loli dan shota bagi para penggemarnya dan apa yang mereka lihat. Sekaligus, membuat kita melihat gambaran yang lebih luas tentang sejauh mana teknologi dapat memunculkan ikatan antara sebuah hal yang nyata, dan yang maya.
......
The development of Japanese Pop Culture in Indonesia as a soft power, creates a whole new culture in Indonesia. This includes new term, concept, and a new sub-culture that appears as the result of various media from Japan. Such as: Cosplay, Idol, Character Fan Club and fetishist which comes from a certain type of character. One of the group of them is the fans of Loli and Shota. These group of fans is one of the aspect of whats inside the Japanese Pop Culture. However, this group of fans are also one of the most controversial due to the fact that it carries a relation to paedophilia. Sometimes, the meaning and even, the clear definition of loli and shota have a lot of variations between the individual or between the communities itself, makes the two phenomenon close to each other, as if it overlaps between one another and even it collides between themselves. This makes some people wonder, what is the actual definition of loli and shota for the fans and what they see through their point of view. Also, it creates a broader picture about how far wide technology can create a bond between something that is real and something that is virtual."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafli Syahrizal
"Wacana Pandemi Covid-19 mengilhami pengarang untuk merefleksikannya ke dalam bentuk karya sastra. Cerpen “Simuladistopiakoronakra” karya Seno Gumira Ajidarma hadir sebagai kritik sosial di tengah kondisi pandemi ini. Cerpen itu menghadirkan tema dunia distopia dan simulakra, serta hiperrealitas yang relatif baru dan menarik dalam khazanah kesusastraan Indonesia. Tulisan ini bertujuan menguraikan gambaran narasi distopia yang dibangun oleh pengarang, serta membedah fakta dan citra yang membentuk realitas simulakra dan hiperrealitas masa depan dunia yang distopik. Penelitian ini menggunakan pendekatan posmodernisme sastra melalui teori distopia Tom Moylan dan simulakra serta hiperrealitas Jean Baudrillard. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis (kualitatif) melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dunia distopia dalam cerpen “Simuladistopiakoronakra” dicirikan dengan hadirnya elemen puitika distopia, perkembangan sains dan teknologi yang ekstrem, serta narasi wacana politik yang memengaruhi terciptanya dunia distopia. Dunia distopia cenderung destruktif dan penggambarannya suram serta pesimistik. Sementara itu, simulakra hadir dalam narasi pengabaian otoritas kekuasaan terhadap kehadiran Covid-19, narasi kebodohan manusia, dan narasi citra kekuasaan. Hiperrealitas hadir dalam narasi kekuasaan yang lewah dan ekstremitas teknologi persilangan antara manusia dan hewan. Simulakra dan hiperrealitas yang berkelindan dalam cerpen, menciptakan kondisi dehumanisasi yang mendorong terjadinya dunia distopia.
......The discourse of the Covid-19 pandemic has inspired authors to reflect on it in the form of literary works. The short story “Simuladistopiakoronakra” by Seno Gumira Ajidarma is present as a social critique amid this pandemic condition. The short story presents the theme of the world of dystopia and simulacra, as well as hyperreality that is relatively new and interesting in Indonesian literary treasures. This paper aims to describe the description of the dystopian narrative built by the author, as well as to dissect the facts and images that form the simulacra reality and the future hyperreality of the dystopic world. This study uses a postmodern literary approach through Tom Moylan's dystopia theory and the simulacra as well as Jean Baudrillard's hyperreality. The research method used is descriptive- analytical (qualitative) through literature study. The results show that the dystopian world in the short story "Simuladistopiakoronakra" is characterized by the presence of dystopian poetic elements, extreme developments in science and technology, and political discourse narratives that influence the creation of a dystopian world. The world of dystopia tends to be destructive and its depiction is gloomy and pessimistic. Meanwhile, simulacra are present in the narrative of the neglect of power authorities to the presence of Covid-19, the narrative of human stupidity, and the narrative of the image of power. Hyperreality is present in the narrative of excessive power and the technological extremity of a cross between humans and animals. Simulacra and hyperreality that are intertwined in short stories, create conditions of dehumanization that encourage the occurrence of a dystopian world."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library