Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Lydia Freyani Hawadi
Abstrak :
ABSTRAK< b>
Peneliti.an mi bertujuan untuk mengetahul hubungan antara Alat Identifikasi SisJa I3erbakat dengan intclgeflsl, kreativitas danprestasi belajar. Disarnpinci itu juga ingili dilihat kesosuaian peniiaian siswa oieh guru (hubungan antara penilian guru yang satu dengan guru yang lain).

Untuk mengetahui hubungan antara Alat Identifikasi dengan alat Inteligensi digunakan IQ yang diukur dengan CF1T Skala 2A. Sedangkan untuk rnengetahui hubungan iiat Identifikasi dengan Kreativitas, digunakan CQ yang diukur dengan Ts Kreativitas Verbal dan CQ yang diukur oleh Tes Kreativitas Figural Untuk prestasi belajar dipakal nilal rapor dalam hidang studi IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika serta nilai rata-rata keempat bidang studi tersebut Pada Alat Identifikasi ada ci-ri-ciri keberbakatan yang meliputi empat dimensi cirl yaitU (a) dimensi ciri-ciri kemampuan belajar, (b) dimensi ciri-ciri kreativitas, (c) dimensi ciri-ciri pelibatan diri dan (d) dimensi ciri-cini kepribadiàn

Manfaat penelitian dari segi praktis adalah agar alat ml dapat digunakan untuk menjaning dan menyaning sisa beibakat di tingkat Sekolah Dasar, Sedangkan dani segi teoritis, manf eat penelitian membei-i.kan masukan - tentang dimensi-dimensi keberbakatan mana yang diniiai paling penting oieh penhlaian guru.

Sebelum digunakan dalam penelitian, Alat Identifikasi Sisa Berbakat mi dicanikan tenlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba dengan tekn±k item total correlation menunjukkan korelasi yang balk antara item yang satu dengan item yang lain, maupun dengan keseluruhan dimensi. Demikian pula reliabilitas tes yang dicani dengan teknik split-hal ganjil genap cukup menunjukkan hasil yang signifikan.

Hasil penelitian menunjukkan baha korelasi antara ciri-cini keberbakatan pada Alat I dent.ifikasi sisa borbakat dengan Alat tes psikologik dan prestasi belajar, tidak signifikan. Penulis sarankan agar sampel lebih diperbesaidan bervariasi. Saran lain agar dilakukan studi longitudinal untuk melihat nilai prediktif dari alatini sedangkan saran bagi penggunaan . alat adaiah alat Identifikasi Sisva Berbakat perlu dilengkapi dengan petunjuk yang jelas tentang arti dari cini-cini keberbakatan.
1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library