Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vany Arvindah
"ABSTRAK
Artikel ini membahas sosiabilitas di kalangan generasi Z setelah e-commerce berkembang pesat di Indonesia. Penulis berangkat dari studi-studi sebelumnya yang membahas tentang perkembangan e-commerce di kalangan generasi Z serta kaitannya dengan trust dan mobile phone. Studi-studi tersebut fokus membahas e-commerce dari sisi konsumsinya saja. Oleh karena itu, penulis ingin melengkapi studi sebelumnya dengan mengaitkan kehidupan keseharian pengguna e-commerce dengan sosiabilitas dalam kelompok teman sebayanya. Penulis berargumen bahwa perkembangan e-commerce menyebabkan pergeseran sosiabilitas di kalangan mahasiswa. Dalam hal ini, interaksi di kalangan mahasiswa yang sudah sosiabel meningkat tetapi bergeser dari yang sifatnya interaksional menjadi transaksional. Hal tersebut didukung oleh penggunaan ponsel pintar di kalangan generasi Z. Artikel ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dari hasil wawancara mendalam, observasi dan studi literatur. Subyek penelitian dalam artikel ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia yang sering melakukan transaksi e-commerce. Penelitian dilakukan sejak bulan September hingga November 2017.

ABSTRACT
This article discusses sociability among the Z generation after e commerce is growing rapidly in Indonesia. The author set out from previous studies that discuss about the development of e commerce among the Z generation and its relation to trust and mobile phone. The studies focus on e commerce in terms of consumption alone. Therefore the author would like to complete the previous study by linking the daily life of e commerce users with sociability in peer groups. This article argue that the development of e commerce causes the shifting of student rsquo s sociability. In this case, the interaction between sociabel students shifting from interactional to transactional. It supported by smartphone usage among the Z generation.This article uses qualitative methods. Data was collected by indepth interview, observation and literatur studies. The subject of this research is students from Faculty of Social and Political Science Universitas Indonesia who frequently conduct e commerce transactions. The study was conducted from September to November 2017."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdinandus V.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitur-fitur Facebook Fanpage apa saja yang paling berpengaruh dalam kesuksesan suatu Online Community dilihat dari fungsi sociability, serta mengetahui intensitas penggunaan fitur-fitur tersebut. Pengambilan data dilakukan kepada para anggota Online Brand Community di Facebook Fanpage sebagai responden dan dilakukan dengan dua cara yaitu kuesioner dan studi kasus eye tracking. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu Confirmatory Factor Analysis (CFA) pada Structural Equation Modeling (SEM), Apriori Data Mining, serta Area of Interest (AOI) pada eye tracking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur Facebook Fanpage yang paling berpengaruh dalam kesuksesan suatu Online Community dilihat dari fungsi sociability adalah Wall Tab, About Fanpage, dan Page Owner. Sedangkan intensitas penggunaan masing-masing fitur tersebut adalah 68,5 %, 1,03 %, dan 1,01 %.

The purpose of this research is to find the features that influence the sociability of brand online community, and also to find the utilization of those features. The data was collected from members of certain online communities in Facebook Fanpage, conducted by spreading the questionaires and eye tracking observation. The data was processed by three kinds of method, which are Confirmatory Factor Analysis (CFA) in Structural Equation Modeling (SEM), Apriori Data Mining, and Area of Interest (AOI) in eye tracking. The result showed the features that mostly influence the sociability of brand online community are Wall Tab, About Fanpage, and Page Owner. Meanwhile, the utilizations of those founded features are 68,5 %, 1,03 %, and 1,01 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1006
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Sevrita Grace
"Ruang publik merupakan salah satu wadah di tengah keseharian masyarakat kota untuk rekreasi. Dalam ruang publik yang baik, aktivitas masyarakat dapat terpenuhi yang mampu mendorong terjadinya interaksi sosial. Proses sosial antar pengguna ruang publik dapat terjadi jika ruang publik memiliki sociability yang baik, dan pada saat yang sama, pengguna yang melalui proses sosial dapat meningkatkan sociability sebuah ruang publik. Live Music merupakan salah satu media eksternal yang dapat meningkatkan kesan sebuah ruang publik. Ruang publik dengan kesan yang baik mampu menarik semakin banyak orang untuk berkumpul dan mengalami interaksi sosial baik secara langsung dan tidak. Pada studi ini akan dilakukan studi kasus terhadap sebuah area publik dalam mal dan membandingkan sociability ruang publik dengan dua kondisi, yaitu pada saat tidak ada dan pada saat adanya kehadiran live music. Dalam studi kasus ditemukan beberapa perubahan tingkat sociability sebuah ruang publik saat ada pertunjukan live music.

Public spaces are one of many urban means that can be used as recreational space in urban everyday life. A success public space is the one that supporting people activities and encouraging social interaction to happened. Social process between users can occur if the public space has a good sociability, and at the same time, users who go through social process can help to increase the sociability of the public space. Live music is one of many tools that can be used as external medium that are capable to improve people’s impression of public space. Public space with good impressions are able to attract people to stay on the place with other people, and this will lead to social interaction, either directly or indirectly. In this study, a case study will be conducted on a public area in a mall by doing comparison between two condition on the same space, with conditions as follows: with and without the presence of live music. This study later discovers some finding that live music somehow increased a place’s sociability to some extent.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library