"
ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang validasi sosial yang dilakukan dalam ranah dunia maya, khususnya pada media
sosial, dan pengaruhnya terhadap konten yang dipublikasikan oleh orang-orang yang menjadi penerima validasi
sosial tersebut. Sosial media yang akan dibahas untuk penelitian ini adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa validasi sosial yang diberikan di media sosial dipengaruhi oleh
konten yang dipublikasikan, dan juga menunjukkan bahwa beberapa media sosial mempermudah penggunanya
untuk memberikan validasi sosial untuk sesama melalui fitur-fitur yang ditampilkan di halamannya.
ABSTRACTThis research is focused on online social validation that happens in the social media landscape and its impact
towards the content that its users share in their respective social medias, upon receiving the said form of social
validation. The social media that will be discussed in this research are Facebook, Twitter, and Instagram. The
results of this research show that online social validation is affected by the types of content that its users share,
and that the social media that have been the focus of this research proves to facilitate its users in giving social
validation through the tools that are provided on their webpage."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016