Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Asti Ningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai sistem honorifik dalam bahasa Korea yang dibatasi pada bentuk penghormatan terhadap subjek (subject honorification), mitra tutur (addressee-related honorific), dan objek (object honorification). Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan pustaka dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil tinjauan ditemukan bahwa honorifik terhadap subjek ditandai dengan partikel subjek -께서[kkésô] dan penanda honorifik 시 [si]; honorifik terhadap mitra tutur ditandai dengan pemakaian akhiran kalimat (ending) yang berbeda-beda sesuai tingkat ragam dan jenis kalimatnya; dan honorifik terhadap objek ditandai dengan partikel objek ?께 [kké] dan verba khusus.
ABSTRACT
The focus of this study is to discuss about the Korean honorific system constrained to the form of subject honorification, addressee-related honorific, and object honorification. This study is using a literature-review method and qualitative approach. In conclusion, it found that subject honorification can be identified by the use of subject particle -께서[kkésô] and honorific marker 시 [si]; while addressee-related honorific can be identified by the use of variant ending according to the speech level and sentence-style; and object honorification can be identified by the use of object particle ?께 [kké] and some special honorific verb.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1771
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Rifka Anggraini
Abstrak :
ABSTRAK<>br>
Skripsi ini membahas mengenai ragam bahasa dalam iklan layanan masyarakat Korea. Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan pustaka dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil tinjauan ditemukan ragam bahasa Korea bentuk honorifik yang digunakan dalam iklan layanan masyarakat Korea bervariasi. Ragaman bahasa honorifik yang digunakan berkaitan dengan faktor penentu keberagaman bahasa yang ditinjau dari komponen tutur SPEAKING Dell Hymes. Ragam formal ditandai dengan akhiran ndash;?/??? [-bi?b/s?mnida], polite ditandai dengan akhiran ndash;?/?? [-a/?yo], semiformal ditandai dengan akhiran ndash;?? [io], familiar ditandai dengan akhiran ndash;? [-ge] atau ndash;? [-ne], banmal ditandai dengan akhiran ndash;?/?/?? [-a/?/y?yo], dan plain ditandai dengan akhiran ndash; ? ?/?? [-?n/n?nga] di akhir kalimat.
ABSTRACT<>br>
The focus of this study is to discusse the languages diversity in Korea public service advertising. The study is using literature review method and using qualitative approach. In conclusion, it found that the diversity of Korean honorifics are used in Korea public service advertising form is varied. Korean honorifics diversity used related to determinants of language diversity in terms of Dell Hymes rsquo s speech components, SPEAKING. Formal style marked with the bi b s mnida , polite marked with a yo , semiformal marked with io , familiar marked with ge or ne , banmal marked with a y yo , and plain marked with n n nga at the end of the sentence.
2015
S69965
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library