Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 543 dokumen yang sesuai dengan query
cover
A. Rivai
Jakarta: Gramedia, 2000
371.8 RIV s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hill, L.A.
London: Longmans, Green, 1959
428.64 HIL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ellis, Dave
Unites States: Wadsworth and Cengage Learning, 2013
378.198 ELL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rayes, Ammar
"In summary, this text provides a very compelling study of the IoT space and achieves a very good balance between engineering/technology focus and business context. As such, it is highly recommended for anyone interested in this rapidly expanding field and will have broad appeal to a wide cross section of readers, i.e., including engineering professionals, business analysts, university students, and professors."
Switzerland: Springer International Publishing, 2017
e20528529
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Djoko Rahardjo
"ABSTRACT
Universitas terbuka is one of university in Indonesia that implement a remote and open learning system. Learning distance requirements are not carried out by using media, both print (module) and non-print (audio/video, computer/internet, radio broadcasting, and television). To serve students spread throughout Indonesia, excellent service is required. UT continues to increase its commitment to promoting academic quality and one of the academic qualities that need to be improved is the learning process where in the learning process there are general service aspects, aspects of registration services, tutorial service aspects, either TTM tutorials or online tutorials (TUTON), practicum services, services teaching materials, Online Bookstore services (TBO), SIPAS services and aspects of service for administering examinations. This study is intended to determine the level of satisfaction of students, especially D2 Library students of FISIP-UT Library, to the services provided by UT. The method used is quantitative and qualitative methods. The results of the assessment of satisfaction and importance are ≥ 50% of students are satisfied and feel an interest in the various services provided by UT."
Tangerang: Pusat Keilmuan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Terbuka, 2018
370 JPUT 19:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Labre, Benediktus
"Penelitian ini dikenakan pada Siswa SMA kelas III di Kota Administratif Kupang Nusa Tenggara Timur. Masalah pokok dalam penelitian tersebut adalah sikap siswa terhadap disiplin sekolah. Penelitian ini juga ingin melihat hubungan antara persepsi siswa tentang interaksi dalam keluarga, lingkungan sekolah dan tingkat aspirasi terhadap sikap siswa tentang disiplin sekolah. Selanjutnya, ingin melihat pula pengaruh persepsi siswa tentang interaksi dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan tingkat aspirasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap sikap siswa tentang disiplin sekolah.
Permasalahan tersebut diangkat mengingat remaja SMA merupakan kader-kader generasi penerus yang potensial, sehingga pembinaan, pembentukan dan pengembangan disiplin diri bagi mereka perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Di samping itu, remaja sebagai individu yang sedang mencari dan menemukan jati dirinya menuntut pengertian dan perlakuan khusus dari semua pihak yang bertanggung jawab.
Temuan penelitian ini menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Siswa SMA kelas III di Kota Administratif Kupang umumnya mempunyai sikap positif terhadap disiplin sekolah. Hal ini berarti, remaja SMA masih menerima disiplin sebagai suatu nilai untuk menjawab kebutuhan-kebutuhannya, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan belajar di sekolah. Sikap positif tersebut juga memberikan suatu indikasi bahwa remaja SMA memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan di sekolah dan bagi kehidupan masa depannya.
2. Adanya hubungan yang positif dan bermakna antara persepsi siswa tentang interaksi dalam keluarga dan sikap siswa tentang disiplin sekolah. Hal ini berarti, keluarga tetap berperan sebagai lingkungan pertama bagi anak dalam mengadakan sosialisasi dan penyesuaian diri yang positif. Keluarga memang mempunyai peran yang sangat besar dalam pembentukan dan pengembangan pribadi anak seutuhnya.
3. Ada hubungan yang positif dan bermakna antara persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dan sikap siswa tentang disiplin sekolah. Hal ini berarti, sekolah sebagai lingkungan kedua bagi anak setelah keluarga, memainkan peranan yang tidak kecil bagi terbentuk dan terbinanya sikap positif siswa terhadap disiplin sekolah. Lingkungan sekolah merupakan salah satu dapur utama yang ikut membentuk dan, membina disiplin anggota masyarakat, bila sekolah dapat berkarya dengan disiplin dan kejujuran yang tinggi.
4. Tidak terdapat hubungan yang positif dan bermakna antara tingkat aspirasi dan sikap siswa tentang disiplin sekolah. Hal ini berarti, tingkat aspirasi sebagai standar kinerja yang melibatkan ego, tidak memberikan kontribusi yang berarti terhadap sikap siswa terhadap disiplin sekolah. Tingkat aspirasi seseorang sangat dipengaruhi oleh latar belakang sosial ekonomi dan orientasi nilai budaya masyarakat setempat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua siswa relatif rendah, dan berdasarkan pengamatan bahwa orientasi nilai budaya masih tertuju terhadap kebutuhan jangka pendek, yaitu perbaikan keadaan ekonomi terutama sandang pangan dan perumahan. Aspirasi pendidikan, pekerjaan dan jabatan yang akan dilakukan masih menggantungkan diri pada pekerjaan sebagai pegawai negeri. Pola pandang tersebut, menutup kemungkinan bagi pilihan pekerjaan lain. Selanjutnya, pola pandang yang demikian mencerminkan sikap hidup ketergantungan, etos kerja yang rendah, tidak berani mengambil resiko, kurang percaya diri, dan kebiasaan cepat puas. Sikap dan perilaku ini merupakan kendala budaya yang turut mempengaruhi dan membentuk tingkat aspirasi masyarakat.
5. Dari ketiga variabel bebas (prediktor) tersebut, persepsi siswa tentang lingkungan sekolah paling dominan memberikan kontribusi terhadap sikap siswa tentang disiplin sekolah. Sedangkan variabel persepsi siswa tentang interaksi dalam keluarga dan variabel tingkat aspirasi tidak memberikan kontribusi yang bermakna terhadap sikap siswa tentang disiplin sekolah. Akan tetapi secara bersama-sama ketiga prediktor tersebut memberikan kontribusi yang cukup bermakna terhadap sikap siswa tentang disiplin sekolah. Hal ini berarti, ketiga prediktor dalam mempengaruhi kriterium mempunyai kekuatan peran yang berbeda-beda dan masih banyak pengaruh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian tersebut.
Dengan demikian keluarga, lingkungan sekolah dan tingkat aspirasi siswa merupakan variabel-variabel bebas (prediktor) yang harus diperhitungkan dalam pembinaan, pembentukan dan pengembangan sikap siswa terhadap disiplin sekolah. Dengan kata lain, sangat diharapkan kerja sama terus menerus antara faktor internal dan faktor eksternal dalam mempengaruhi terbentuknya sikap positif terhadap disiplin sekolah. Adanya sikap positif remaja SMA terhadap disiplin sekolah merupakan modal dasar baginya untuk berdisiplin diri dalam karier dan pengabdiannya pada masa-masa yang akan datang."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
[United States]: Nelnet, 2007
378NEL001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Endah Sugih Hartini
"Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi merupakan media sosialisasi politik yang berkaitan erat dengan tingkat keterlibatan politik. Menurut Quentelier (2008), individu pada satu jenis organisasi memiliki tingkat keterlibatan politik yang berbeda dengan individu pada jenis organisasi lain. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mencoba untuk mengadaptasi penelitian Quentelier tersebut pada mahasiswa Universitas Indonesia dengan latar organisasi berupa organisasi kemahasiswaan. Hasilnya, diperoleh data bahwa tingkat keterlibatan politik mahasiswa Universitas Indonesia di satu jenis organisasi kemahasiswaan berbeda dengan di jenis organisasi kemahasiswaan lain. Dari tujuh jenis organisasi kemahasiswaan di Universitas Indonesia, mahasiswa pada organisasi ekstra-kampus lah yang tingkat keterlibatan politiknya paling tinggi.

Most research finds that organizations are powerful political socialization agents engageging people in politics. However, Quentelier (2008) argued that each type of organization doesn?t have the same effect to engage people in politics. In this research, I try to investigate the difference of political engagement level in many type of student organizations in the University of Indonesia. My findings suggest that each type of student organization in the University of Indonesia have the different effect on their member?s political engagement. Extra-campus organization is the most powerful organization engaging students in politics."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
320.019 END p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Andita Pertiwi
"Mahasiswa kerap kali memiliki kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Padahal, kini Indonesia tengah menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, sehingga dibutuhkan tubuh yang sehat dan kuat. Media Online di Indonesia yang membahas tentang kesehatan bagi remaja masih sangat minim. Hal ini membuat media online yang mudah diakses seperti e-magazine bersegmentasi mahasiswa dibutuhkan. Dengan adanya e-magazine Hale, mahasiswa diharapkan mendapatkan informasi seputar kesehatan sehingga meninggalkan kebiasaan buruknya yang dapat merusak kesehadan dan mulai hidup sehat. E-magazine Hale merupakan media kesehatan online.

Student often practicing unhealthy habits that affects their longterm health condition. Indonesia is now facing ASEAN Economic Community (AEC), that requires healthy workers to be able to compete with foreign workers. Online media in Indonesia for student is very limited so that e-magazine Hale is needed. With e-magazine Hale presence, that aims to serve an information about health and also educate the student about healthy lifestyle, will somehow bring student to adopt a healthy lifestyle. E-magazine Hale is a monthy online media about health that segemented for student.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Habibah
"Perguruan tinggi saat ini bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang dapat mendukung keberlangsungan mereka, dimana student loyalty menjadi salah satu solusi. Penelitian yang dilakukan oleh Latif et al. (2021) di Pakistan menemukan perkembangan student loyalty dapat dipengaruhi oleh penilaian mahasiswa terhadap praktik University Social Responsibility (USR) dengan dimediasi oleh student satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran student satisfaction sebagai mediator terhadap hubungan penilaian mahasiswa terhadap praktik USR dan student loyalty di Indonesia. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah USR Short Version Scale dari Latif et al. (2021), alat ukur Student Satisfaction yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Abdallah (2013), dan alat ukur Student Loyalty yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Hadi (2018). Melalui metode kuantitatif dan desain korelasional, data dari 133 partisipan diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian praktik USR dapat memprediksi student satisfaction secara signifikan (ß = 0.297, p < 0.001), student satisfaction dapat memprediksi student loyalty secara signifikan (ß = 0.647, p < 0.001), dan terdapat direct effect yang signifikan antara penilaian praktik USR dan student loyalty (ß = 0.192, p < 0.001). Analisis mediasi sederhana dengan model ke-4 dari PROCESS Hayes versi 4.2 menemukan bahwa student satisfaction memediasi hubungan penilaian praktik USR dan student loyalty (ß = 0.192, 95% CI [0.119, 0.268]). Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah partisipan penelitian lebih heterogen dan bagi perguruan tinggi untuk menerapkan USR dalam rangka meningkatkan student loyalty pada mahasiswa.

Higher education institutions are currently competing to obtain resources that support their continuity, with student loyalty being one of the solutions. This research aims to examine the role of student satisfaction as a mediator in the relationship between students’ assessments of USR practices and student loyalty in Indonesia. This research utilized USR Short Version Scale by Latif et al. (2021), the Student Satisfaction scale developed by Tuan (2012) and translated into Indonesian by Abdallah (2013), and the Student Loyalty scale developed by Li (2013) and translated into Indonesian by Hadi (2013) as its measurement tools. Data from 133 participants were analysed using quantitative methods and a correlational design. The results showed that the assessment of USR practices significantly predicts student satisfaction (ß = 0.297, p < 0.001), student satisfaction significantly predicts student loyalty (ß = 0.647, p < 0.001), and there is a significant direct effect between assessment of USR practices and student loyalty (ß = 0.192, p < 0.001). A simple mediation analysis using PROCESS Hayes version 4.2 model 4 found that student satisfaction mediates the relationship between the assessment of USR practices and student loyalty (ß = 0.192, 95% CI [0.119, 0.268]). Future research is recommended to obtain a more heterogeneous sample and higher education institutions are encouraged to implement USR as a way to enhance student loyalty."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>