Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aditiya Eka Septa Prasetya
"PT Samudera Indonesia Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi barang, dengan bisnis utamanya adalah layanan pelayaran dan logistik yang terintegrasi. Perusahaan memiliki 5 lini bisnis utama yang menjadi sumber pendapatan: Samudera Shipping, Samudera Logistics, Samudera Ports, Samudera Property dan Samudera Services. Dalam rangka menghadapi persaingan usaha yang kompetitif, terdapat 2 langkah strategis yang harus dilakukan, yaitu meningkatkan kinerja operasional melalui efisiensi biaya operasional dan mengembangkan bisnis transportasi non-shipping yang dimiliki oleh perusahaan, salah satunya adalah Samudera LogisticsSamudera Logistics terdiri dari beberapa anak usaha yang bergerak di bidang 3rd party logisticsproject logistics, transportasi darat, pergudangan dan depo peti kemas. Untuk mendukung langkah strategis tersebut, maka tujuan bisnis yang hendak dicapai oleh perusahaan antara lain adalah meningkatkan tata kelola pelanggan, meningkatkan kinerja operasional melalui efisiensi biaya operasional serta mengembangkan bisnis transportasi non-shipping melalui integrasi sistem aplikasi yang ada di unit bisnis. Agar proses pencapaian tujuan tersebut dapat berjalan dengan terarah, maka perlu dibuat rancangan enterprise architecture yang dapat menyelaraskan kebutuhan bisnis dengan TI berdasarkan sasaran strategis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan arsitektur menggunakan kerangka kerja TOGAF sebagai acuan pengembangan arsitektur dengan metode kualitatif dan studi kasus di PT Samudera Indonesia Tbk. Metode pengolahan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap lingkungan organisasi dan proses bisnis di unit bisnis terkait. Penelitian ini menghasilkan rancangan arsitektur yang terdiri dari 11 prinsip arsitektur serta usulan aplikasi dan infrastruktur yang terintegrasi. Usulan ini menjadi solusi TI yang terintegrasi guna meningkatkan tata kelola pelanggan maupun vendor dan meningkatkan efisiensi biaya operasional, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis. Rancangan arsitektur juga dibuat sebagai masukan dan menjadi acuan dalam pengambilan keputusan pengembangan TI di lingkup Samudera Logistics.
PT Samudera Indonesia Tbk is a company engaged in the field of goods transportation, with its main business being integrated shipping and logistics services. The company has 5 main business lines: Samudera Shipping, Samudera Logistics, Samudera Ports, Samudera Property and Samudera Services. In order to face competitive business competition, there are 2 strategic steps that must be taken, improving operational performance through operational cost efficiency and developing the non-shipping transportation business owned by the company, one of which is Samudera Logistics. Samudera Logistics consist of several subsidiaries engaged in 3rd party logistics, project logistics, land transportation, warehousing and container depots. To support strategic initiatives, business objectives needs to be achieved by the company include improving customer management, improving operational performance through operational cost efficiency and developing non-shipping transportation business through integration of application systems in business units. In order to make sure that the process of achieving these goals can be directed, an enterprise architecture design needs to be made that can align business needs and IT based on company’s strategic goals. This research aims to produce an architectural design using TOGAF framework as a reference for architectural development with qualitative methods and case studies at PT Samudera Indonesia Tbk. Data processing is done by conducting interviews and observations of organizational environment and business processes in related business units. This research resulted in an architectural design consisting of 11 architectural principles as well as proposed applications and integrated infrastructure. The proposal becomes an integrated IT Solutions to improve customer and vendor management and improve operational cost efficiency, thereby driving business growth. The architectural design was also made as input and became a reference in making IT development decisions within the scope of Samudera Logistics."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bandi Ashari
"Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perkebunan, Perhutanan, Pertambangan, dan Lainnya (PBB Sektor P3L) adalah salah satu jenis pajak yang pengelolaannya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dalam melakukan tugas pengelolaan di bidang perpajakan, DJP menggunakan beberapa sistem informasi. Diantara sistem informasi yang digunakan adalah Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) dan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak – New, Improvement, Novelty, Excellent (SIDJP- NINE). SIDJP merupakan sistem utama DJP yang diharapkan dapat memberikan informasi yang valid atas penerimaan pajak. Namun berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih terdapat permasalahan terkait dengan validitas data piutang PBB Sektor P3L pada SIDJP yang dapat berakibat kesalahan informasi penerimaan pajak. Masalah validitas data piutang PBB sektor P3L ini terkait dengan integrasi SIDJP-NINE dengan SIDJP maupun Modul Penerimaan Negara (MPN). Selain itu SIDJP-NINE belum mengakomodasi seluruh proses bisnis PBB sektor P3L. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan rancangan sistem informasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan proses bisnis PBB P3L dan terintegrasi dengan SIDJP maupun MPN. Penelitian ini menggunakan Unified Modelling Language (UML) dalam menggambarkan rancangan sistem. Selain itu beberapa teori tentang integrasi juga digunakan untuk mencari solusi atas masalah integrasi pengembangan sistem baru dengan sistem yang telah ada. Proses analisis menghasilkan 49 proses yang dibutuhkan saat ini. Dari 49 proses tersebut dapat disederhanakan menjadi 37 case yang kemudian digambarkan ke dalam use case dan activity diagram.Rancangan sistem yang dihasilkan kemudian dilakukan validasi hasil rancangan oleh user. Validasi dilakukan terhadap dua aspek yaitu terhadap fungsionalitas rancangan sistem dan kelayakan rancangan untuk dapat menyelesaikan permasalahan jika rancangan diimplementasikan. Validasi terhadap rancangan menghasilkan kesimpulan bahwa rancangan telah memenuhi aspek fungsional yang baik dan mengakomodasi kebutuhan bisnis PBB sektor P3L. Selain itu hasil rancangan dapat menyelesaikan permasalahan terkait integrasi sistem.

Land and Building Tax in the Plantation, Forestry, Mining and Other Sectors (PBB P3L Sector) is one type of tax that is managed by the Directorate General of Taxes (DGT). In carrying out management tasks in the taxation field, DGT uses several information systems. Among the information systems used are the Directorate General of Tax Information System (SIDJP) and the Directorate General of Tax Information System - New, Improvement, Novelty, Excellent (SIDJP-NINE). SIDJP is the DGT's main system which is expected to provide valid information on tax revenue. However, based on the findings of the Supreme Audit Agency (BPK) there are still problems related to the validity of the PBB P3L receivables data in SIDJP which could result in misinformation of tax revenue. The problem of the validity of PBB P3L receivable data is related to the integration of SIDJP-NINE with SIDJP and the State Revenue Module (MPN). In addition, SIDJP-NINE has not accommodated all PBB P3L business processes. This research was conducted to obtain an information system design that can accommodate the needs of the PBB P3L business process and integrated with SIDJP and MPN. This study uses Unified Modeling Language (UML) in describing the system design. In addition, several theories about integration are also used to find solutions to problems integrating the development of new systems with existing systems. The analysis process produces 49 processes that are needed at this time. Of the 49 processes can be simplified into 37 cases which are then described in the use case and activity diagram. The resulting system design is then validated by the user. Validation is carried out on two aspects, namely the functionality of the system design and the feasibility of the design to be able to solve the problem if the design is implemented. Validation of the design resulted in the conclusion that the design had fulfilled good functional aspects and accommodated the business needs of the PBB P3L sector. Besides the results of the design can solve problems related to system integration."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Handley, Holly A.H.
"This book describes a methodology to represent socio-technical system concerns in the system architecting process. The resulting set of Human Views augments traditional system viewpoints with human-focused data. The Human Viewpoint methodology classifies the socio-technical system context, identifies and collects pertinent data, renders models that can be used for discussion and analysis, and presents the results in Fit for Purpose views that are useful for decision making. The inclusion of the Human Viewpoint during the system architecting stage allows the evaluation of human-system design trade-offs, recognises the impact of the human operator on system performance, and provides the foundation for Human System Integration evaluations during the ensuing system development."
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20509614
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Mahdi Imani Wafi
"Salah satu fungsi yang sangat kritikal dalam proses tugas akhir adalah pengecekan plagiarisme tugas akhir sebelum kelulusan. Fasilkom UI membuat aplikasi sistem pengecekan plagiarisme (Elang). Selain itu juga mempunyai aplikasi untuk administrasi dokumen tugas akhir (Sisidang). Dua website ini sudah berjalan sejak lebih dari tujuh tahun lalu, dan kemudian diperbarui lagi pada dua tahun lalu.  Walaupun demikian terkadang masih terjadi masalah permasalahan sehingga kegunaan dari dua aplikasi kurang optimal. Dalam melakukan tugas akhir ini, penulis ini menggunakan metodologi design science research sebagai metodologi penelitian. Berdasarkan analisa yang penulis lakukan permasalahannya adalah: integrasi pengecekan plagiarisme dari Sisidang ke Elang, Halaman Elang kurang informatif karena tidak menampilkan error message, dan Terhentinya proses pengecekan karena adanya masalah di proses pengecekan sebelumnya. Penulis memberikan solusi sebagai berikut: Menggunakan Django-Sesame magic link untuk memberikan akses ke pengguna Sisidang untuk melihat hasil di Elang. Menggunakan Django-Session dan Django-Messages untuk mengatasi permasalahan error message yang tidak sampai ke pengguna. Memperbaiki logik dengan menambah try & catch untuk mengembalikan flag reset ke semula agar proses pengecekan tidak terhenti karena masalah sebelumnya. Setelah implementasi solusi tersebut, evaluasi dilakukan dengan melakukan serangkaian tes berdasarkan scenario dari solusi. Berdasarkan hasil dari tes tersebut, disimpulkan solusi yang telah diimplementasikan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan. Hasil dari tugas akhir ini membantu mengoptimalkan proses Sidang dan pengecekan plagiarisme terutama bagi dosen dan staf IT/sekretariat akademik. Hasil ini juga diharapkan menjadi acuan bagi para pengembang aplikasi dalam memperbaiki serta mengembangkan aplikasinya.

One very critical function in the final assignment process is checking plagiarism in the final assignment before graduation. Fasilkom UI created a plagiarism checking system application (Elang). Apart from that, it also has an application for administering final assignment documents (Sisidang). These two websites have been running for more than seven years, and were then updated again two years ago.  However, sometimes problems still occur so that the usability of the two applications is less than optimal. In carrying out this final assignment, this author used the design science research methodology as a research methodology. Based on the analysis carried out by the author, the problems are: integration of plagiarism checking from Sisidang to Elang, the Elang page is less informative because it does not display error messages, and the checking process has stopped due to problems with the previous checking process. The author provides the following solution: Using Django-Sesame magic link to provide access to Sisidang users to view results from Elang. Using Django-Session and Django-Messages to solve the problem of error messages not reaching the user. Improved logic by adding try & catch to return the reset flag to its original state. After implementing the solution, evaluation is carried out by conducting tests based on a scenario of the solution. Based on the results of those tests, it was concluded that the solution that had been implemented resolved the problems found. The results of this final assignment help optimize the trial process and check plagiarism, especially for lecturers and IT staff/academic secretariat. It is also hoped that these results will become a reference for application developers in improving and developing their applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library