Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ajeng Sharfina Adiwidya
"
ABSTRAKPenelitian ini merupakan analisis perbandingan karakterisasi dan ideologi antara Thomas Jefferson dan Alexander Hamilton dalam lsquo;Hamilton: An American Musical rsquo; sebagai analisis wacana musikal teater menggunakan pendekatan semantik Penelitian ini menggunakan teori penilaian dari Systemic Functional Linguistic SFL , yang berfungsi untuk mengidentifikasi makna sebagaimana pengaruhnya terhadap orang yang dituju. Teori ini diterapkan ke dalam dialog rap battle mereka dalam lsquo;Cabinet Battle 1 rsquo; untuk mempelajari dinamika persaingan antara kedua karakter dalam konteks sejarah dan linguistik yang sesuai. Hasil penelitian ini menemukan hubungan dekat antara karakterisasi dan konflik kepentingan yang tidak hanya diperlihatkan dalam dialog, namun juga dalam karakterisasi dari Jefferson dan Hamilton.
ABSTRACTThis research aims to find the comparison of characterization and ideology between Thomas Jefferson and Alexander Hamilton in 39 Hamilton An American Musical rsquo as an analysis of music theatrical discourse of a historical adaptation using a semantic approach. The research is conducted using the appraisal theory from the Systemic Functional Linguistic SFL , which identifies meaning as it affects its addressee. The theory is applied onto Jefferson and Hamilton rsquo s rap battle verses in lsquo Cabinet Battle 1 rsquo in order to study the dynamics of rivalry between the two characters in the text within the appropriate linguistic and historical context. The result of this research finds a close association between the characterization and their conflict of interest. The discussion indicates that the conflict of interest is not only represented in the verses, but also in the characters itself, thus illustrating the multilayered portrayal of archrivals in Jefferson and Hamilton rsquo s character."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Vanya Nawungga Ardanti
"Pada masa ini, dengan mengakses situs-situs multimedia seperti Youtube, kita dapat melihat bagaimana anak-anak di seluruh dunia menggunakan bahasa . Penelitian ini berfokus pada bagaimana anak-anak dalam saluran Youtube HiHo Kids berkomunikasi dengan menggunakan metafora mood dalam percakapannya. Teori metafora mood antarpersonal Halliday dan konsep face negative dan positif Brown & Levinson digunakan untuk menganalisis interaksi anakanak tersebut. Hasilnya, anak-anak dalam saluran Youtube tersebut menggunakan metafora mood dalam interaksi mereka, meskipun terbatas. Mereka juga menggunakan lebih sedikit metafora mood ketika berbicara dengan anak-anak sebaya merraka dibandingkan dengan ketika berbicara dengan orang dewasa. Metafora mood juga mereka gunakan dengan mempertimbangkan face pendengarnya.
Today, through accessing multimedia websites such as Youtube, people can see how children around the world use language. This paper examines how children, through Youtube channel HiHo Kids, expresses meaning through different mood metaphors in their language. Therefore, Halliday’s theory of interpersonal metaphor of mood, as well as Brown & Levinson’s notion of negative and positive face, are used to analyse the children’s interaction. The total of eight videos were analysed; four from the series “Kids Show and Tell” and four from the series “Kids Describe”. The results show that the children in this channel use mood metaphors in their interactions, although limited. They use less mood metaphors when speaking to their age group compared to when they are speaking to an adult. They also use mood metaphors to appeal to the hearers’ face."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library