Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
VIMAPER
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Arie Firdha Amalia
"Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu upaya merealisasikan tujuan pertama SDGs yaitu mengurangi kemiskinan masyarakat. Salah satu Program CSR PT Solusi Bangun Indonesia adalah Bank Sampah Pelita Dusun I. Pengembangan bank sampah dengan swadaya masyarakat di Desa Kembang Kuning didasari oleh beberapa permasalahan lingkungan. Penekan penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas yang lebih berperspektif perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Pelita Dusun I. Untuk menjawab permasalahan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada tim Departemen Community Relation PT. SBI, pengurus dan nasabah Bank Sampah Pelita Dusun I. PT SBI menjalankan CSR dengan terlibat langsung dan menyelenggarakan sendiri tanpa perantara dengan menerapkan mekanisme kemitran. Dalam pelaksanaan program CSR, terdapat lima tahapan yang dilakukan oleh PT SBI, yaitu tahap persiapan, pemetaan sosial, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan yang dilakukan oleh PT SBI secara umum memiliki kesamaan dengan konsep tahapan pengembangan masyarakat yang dikemukakan oleh Adi (2012). Setiap tahapan menunjukan adanya upaya memberdayakan perempuan dan tercapainya indicator keberdayaan perempuan. Program Bank Sampah Pelita Dusun I mampu meningkatkan keterampilan teknis anggota bank sampah. Namun, peningkatan kapasitas manajerial dan ekonomi belum signifikan. Terdapat beberapa faktor yang mendukung proses pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Pelita Dusun 1, yaitu komunikasi yang baik antara kedua belah pihak, meningkatnya minat dan kesadaran masyarakat dan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Kesibukan masing-masing pihak, kurangnya pelatihan manajerial, dan harga sampah yang fluktutif menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan program.

Corporate Social Responsibility (CSR) is one of the efforts to realize the first goal of the SDGs, namely reducing community poverty. One of the CSR programs of PT Solusi Bangun Indonesia is the Pelita Dusun I Waste Bank. The development of a non-governmental waste bank in Kembang Kuning Village is based on several environmental problems. The emphasis of this research is on empowering community-based communities with a more women's perspective. This study aims to analyze the process of empowering women through the Pelita Dusun I Waste Bank. To answer the research problem, this study uses a qualitative approach. Data were collected through observation and in-depth interviews with the Community Relations Department team of PT. SBI, management and customers of the Pelita Dusun I Waste Bank. PT SBI carries out CSR by being directly involved and organizing itself without intermediaries by implementing a partnership mechanism. In the implementation of the CSR program, there are five stages carried out by PT SBI, namely the preparation stage, social mapping, planning, implementation and evaluation. The stages carried out by PT SBI in general have similarities with the concept of community development stages proposed by Adi (2012). Each stage shows an effort to empower women and the achievement of indicators of women's empowerment. The Pelita Dusun I Waste Bank Program was able to improve the technical skills of waste bank members. However, the increase in managerial and economic capacity has not been significant. There are several factors that support the process of empowering women through the Pelita Dusun 1 Waste Bank, namely good communication between the two parties, increasing public interest and awareness and the availability of adequate facilities and infrastructure. The busyness of each party, lack of managerial training, and fluctuating waste prices are inhibiting factors in program implementation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Noviera
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis praktek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dalam unit PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) di PT Taspen (Persero). Hasil evaluasi dan analisis tersebut digunakan dalam persiapan penyusunan roadmap unit ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan unit PKBL. Pelaksanaan kegiatan dianalisis dan dievaluasi dengan mengacu pada beberapa konsep dan teori yang terkait dengan TJSP.
Diketahui bahwa unit ini memiliki laporan tahunan tersendiri (Success Story). Selain itu, ringkasan mengenai kegiatan serta keuangan unit PKBL tersebut juga diungkapkan dalam Laporan Tahunan perusahaan (Annual Report). Hal ini mengindikasikan adanya transparansi dan dapat memberi pengaruh positif pada Laporan Tahunan PT Taspen karena terlihat mulai menjadi laporan yang terintegrasi dan komprehensif. Selain itu diketahui bahwa Program Kemitraan unit PKBL PT Taspen telah memenuhi karakteristik TJSP dan mengarah pada TJSP strategis sementara untuk program Bina Lingkungan sendiri belum memiliki karakteristik TJSP dan kurang memiliki keterkaitan dengan TJSP strategis.

This research is conducted in order to evaluate and analyze the CSR practice in Partnership and Community Development Programs (PCDP) unit of PT Taspen (Persero). The evaluation and analysis results are used in the preparation of the Roadmap for this unit. This research used qualitative method in order to explain the activities conducted in this unit. The activities are analyzed and evaluated based on some concepts and theories related to Corporate Social Responsibilites (CSR).
Based on the result it is known that this unit has their own annual report, namely Success Story. Not only that, the summary of unit activities and finance also disclosed in the company's Annual Report. It indicates the transparency and this can give positive impact for the company's Annual Report as it has tendency to become a comprehensive and integrated reporting. Another result shows that the Partnership Program (PP) already fulfill the CSR characteristic and tends to be strategic CSR while Community Development Program doesn't have the CSR characteristic and has less or even no connectivity with strategic CSR.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T31455
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Artikel ini menguji dan mengevaluasi pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) I PT Freepot Indonesia dan menggali lebih jauh apakah pelaksanaan CSR tersebut dapat dikategorikan sebagai bagian dari sebuah pendekatan strategik atau sekedar reaksi terhadap kritik publik (Tanggungjawab diskresioner)...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ganthy Suci Wardhani
"Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan program CSR Bank Maybank Indonesia yaitu program online Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE) 2.0, yang berkaitan dengan pemberdayaan komunitas penyandang disabilitas melalui program kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program RISE 2.0 sebagai upaya memberdayakan penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif melalui studi literatur dan wawancara yang dilakukan secara daring pada tahun 2021. Penelitian ini melibatkan 8 orang informan yang terdiri dari pihak CSR Maybank Indonesia, pihak People Systems Consultancy Indonesia, dan peserta program. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelenggarakan CSR melalui program RISE 2.0 telah terjadi pemberdayaan bagi komunitas penyandang disabilitas sebagai penerima manfaat. Hal ini dilakukan melalui upaya perubahan mindset, pelatihan kewirausahaan, dan pendampingan kewirausahaan bagi komunitas penyandang disabilitas. Namun, penerima manfaat belum dilibatkan pada proses assessment serta perencanaan program dan program masih terbatas bagi penyandang disabilitas fisik. Faktor pendukung program RISE 2.0 adalah adanya pendekatan personal kepada peserta, pelatih dan mentor yang berpengalaman, adanya komunikasi dua arah, adanya partisipasi aktif peserta, dilakukan secara online, dan adanya komunitas penyandang disabilitas di media sosial. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah adanya kesibukan lain peserta, pembatasan sosial karena pandemi COVID-19, kendala jaringan dan listrik,dan belum terbiasanya peserta dengan metode online.

This study discusses the implementation of Bank Maybank Indonesia's CSR program, namely the online program Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE) 2.0, which is related to empowering communities with disabilities through entrepreneurship programs. The purpose of this study is to describe the implementation and the factors that influence the implementation of the RISE 2.0 program as an effort to empower people with disabilities. This research is a qualitative research with a descriptive study through literature studies and online interviews in 2021. This study involved 8 informants consisting of CSR Maybank Indonesia, People Systems Consultancy Indonesia, and program participants. The results of the study show that in carrying out CSR through the RISE 2.0 program there has been empowerment for communities with disabilities as beneficiaries. This is done through efforts to change mindsets, entrepreneurship training, and entrepreneurship assistance for communities with disabilities. However, beneficiaries have not been involved in the assessment process and program planning and programs are still limited to persons with physical disabilities. The supporting factors of program RISE 2.0 are personal approach to participants, experienced trainers and mentors, two-way communication, active participation of participants, conducted online, and a community of people with disabilities on social media. Meanwhile, the inhibiting factors are the participants' other busyness, social restrictions due to the COVID-19 pandemic, network and electricity constraints, and participants' unfamiliarity with online methods."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmadan Maulana Hermawan
"Selain menjalankan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) juga dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengaruh aktivitas CSR pada perusahaan pesawat terbang lokal dan perusahaan perbankan lokal terhadap Customer Loyalty dengan memasukkan Customer Trust, C-C Identification, dan Customer Satisfaction yang dimiliki konsumen sebagai pertimbangan. Pemilihan kedua industri ini dilakukan melihat pertumbuhan yang dialami kian meningkat setiap tahunnya. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa pesawat terbang lokal dalam enam bulan terakhir dan konsumen yang telah tercatat sebagai nasabah dari bank lokal enam bulan terakhir sebelum penelitian dimulai. Penelitian ini menggunakan metode Stuctural Equation Modeling SEM dan menemukan bahwa untuk konsumen perusahaan pesawat terbang lokal aktivitas CSR perusahaan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap Custmer Loyalty melalui mediasi Customer Trust sedangkan untuk konsumen bank lokal aktivitas CSR dapat berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Loyalty melalui mediasi dari C-C Identification.

In addition to running the rules set by the government the activity of Corporate Social Responsibility CSR is also carried out by the company in increasing customer loyalty This study aims to analyze the influence of CSR activities at the local aircraft company and local banking company to Customer Loyalty by inserting Customer Trust C C Identification and Customer Satisfaction owned by the consumer as consideration Selection of these two industries because of growth that has occurred every year The sample was consumers who have used the services of local aircraft in the last six months and consumers were registered as clients of local banks in the six months before the study began This study uses Stuctural Equation Modeling SEM and found that for consumers from local aircraft the company's CSR activities significantly affect Customer Loyalty through mediation of Custmer Trust while consumers from local bank CSR activities significantly affect the Customer Loyalty through mediation of C C Identification.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60735
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library