Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agustinus Baguna
"Terkesan dengan cakrawala pemahaman Baru tentang manusia yang disingkapkan oleh Marx den Freud, Fromm berusaha menjembatani jurang antara kedua pakar itu. Fromm berasumsi bahwa manusia memiliki hakekat yang dapat didefinisikan dalam pertalian dengan alam. Hakekat manusia terletak dalam kontradiksi antara berada dalam alam dan serentak mentransenden alam dengan tiadanya naluri dan dengan fakta kesadaran, yang melontar manusia dari keharmonisan dengan alam ke dalam situasi yang tak pasti. Dalam situasi kemanusiaan itu manusia tak dapat hidup secara statis. Kontradiksi eksistensialnya menciptakan ketakseimbangan yang mengharuskan manusia untuk terus-menerus menjalin pertalian dengan alam, sesama dan dirinya sendiri. Keharusan ini menjadi sumber dari nafsu-nafsunya. Nafsu-nafsu manusia terintegrasi dalam karakter, yakni suatu ciri yang relatif tetap, yang terbentuk tidak oleh perkembangan libido seperti kata Freud, tetapi oleh berbagai cara manusia menjalin pertaliannya dengan dunia. Karakter terbentuk oleh kebutuhan manusia untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan hidup tertentu. Karakter rata-rata manusia adalah karakter sosial. Karakter sosial terbentuk lewat sarana budaya, dan berfungsi sebagai mediasi dari transformasi energi psikis yang umum ke energi psikososial yang khusus. Pembentukan karakter terjadi dengan dua cara: dengan memperoleh dan mengasimilasi benda-benda (proses asimilasi), dan dengan menjalin pertalian dengan orang lain dan dirinya sendiri (proses sosialisasi). Karakter tertentu didasari oleh orientasi karakter. Baik dalam proses asimilasi maupun sosialisasi dapat dibedakan orientasi produktif dan orientasi tidak produktif. Orientasi karakter tidak produktif, jika pasif dan ditentukan dari luar; produktif, jika aktif dan kreatif. Orientasi karakter yang tidak produktif dan yang produktif pada akhirnya berakar pada orientasi dasar manusia: memiliki dan mengada; yang tidak produktif berakar pada memiliki dan yang produktif pada mengada. Memiliki bersifat posesif dan reifikatif, sedang mengada babas dan kreatif. Mana dari kedua orientasi dasar itu menjadi dominan, tergantung pada struktur sosial. Demikian, dengan mengacu pada dinamisme khusus manusia yang terletak pada keunikan dari situasi kemanusiaan Fromm meletakkan dasar baru bagi psikoanalisa: ia mengalihkan prinsip penjelasan nafsu-nafsu manusia dari prinsip Freud yang fisiologis ke prinsip sosiobiologis dan historis. Atas dasar itu ia mencapai sintesa antara Marx dan Freud antara materialisme historis dan psikoanalisa. Demikian, ia menjadikan psikoanalisa strategi untuk mengubah dunia. Fromm mengutarakan bahwa perkembangan manusia menuntut kemampuan manusia untuk menjawab eksistensinya secara otentik bukan dalam memiliki tetapi dalam mengada; prasyarat untuk mengada adalah transendensi diri. Transendensi-diri adalah transendensi ego, yakni aktivitas mengatasi egoisme dan egosentrisitas; berarti proses transformasi diri dari segala bentuk ketergantungan, pendambaan dan perbudakan nafsu-nafsu irasional ke dalam orientasi-diri yang produktif. Transendensi-diri sebagai orientasi diri yang produktif mencakup lingkup kehidupan manusia seluruh-seutuhnya. Dalam lingkup pikiran orientasi produktif ini terungkap dalam pemahaman dunia dengan nalar; dalam lingkup tindakan terungkap dalam karya yang produktif; dalam lingkup perasaan tercermin dalam cinta sebagai pengalaman kesatuan dengan pribadi lain, dengan semua manusia dan dengan alam. Fromm memberi gambaran lengkap tentang kualitas Manusia Baru dan Masyarakat Baru, karena ia sangat prihatin dengan keadaan yang tak merguntungkan dari situasi kemanusiaan dewasa ini, yang diwarnai utama oleh fenomen alienasi-diri. Dengan alienasi dimaksudkan modus pengalaman di mana manusia mengalami dirinya sebagai sesuatu yang asing."
Depok: Universitas Indonesia, 1989
S15993
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulthan Hadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Transendensi Diri dan Konservasi sebagai dua dari empat aspek nilai-nilai hidup dalam teori yang dikembangkan oleh Schwartz dalam penelitiannya, juga pengaruh sikap Tasamuh terhadap perilaku Moderat seorang Muslim. Metode penelitian yang digunakan dalam menginvestigasi pengaruh-pengaruh tersebut adalah dengan menggunakan teknik korelasi bivariat dan regresi berganda.Hasil dari analisis uji statistik atas pencarian pengaruh dan pembacaan peran itu menghasilkan beberapa temuan; pertama, bahwa Transendensi Diri mempunyai hubungan atau pengaruh yang signifikan terhadap perilaku Moderat (sig. = 0,012); kedua, bahwa ternyata nilai Konservasi seorang Muslim juga punya pengaruh terhadap perilaku Moderatnya (sig. = 0.001); ketiga, ditemukan dari sampel populasi, ternyata kedua variabel bebas: Transendensi Diri dan Konservasi, saling mempengaruhi dengan tingkat pengaruh yang cukup kuat (nilai Pearson 0,384 atau nilai signifikansi 0,013); keempat, sikap Toleransi juga memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap perilaku Moderat (0,430, atau nilai signifikansi 0,002), dimana kemudian bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi transendensi, konservasi dan sikap toleransi seorang Muslim, semakin tinggi pula perilaku Moderatnya. Temuan terakhir (kelima), disimpulkan bahwa sumbangan relatif yang diberikan oleh kombinasi variabel X1, X2 dan X3terhadap Y melalui hitungan regresi berganda adalah sebesar 37%. Melalui hasil akhir penjumlahan regresi inidisimpulkan bahwa masih ada variabel-variabel lain yang bisa dicari atau digunakan untuk memprediksi keterpengaruhan perilaku Moderat seorang Muslim, yang secara nilai berkisar 63%, jauh lebih besar dari yang ditemukan dalam penelitian ini.
......
The aim of this research is to know the influence of self transcendency and conservation, the two of four aspects of life values that improved by Schwartz in his theory and research also about tolerance (tasamuh), into moderate behavior of Muslim. The methods that used to investigate influences are bivariat correlation and multiple regressions. The analysis in searching of influence and role view found the four results. First, self-trancendency has significant correlation and influence into moderate behavior. Second, Muslim conservation value also has influence toward their moderate behavior. Third, based on sample of population found that both independent variables -self-transcendency and conservation- have strong correlation each other. Fourth, tolerance attitude has strong influence inti moderate behavior. According to this, it shows that the higher self-trancendency, conservation and tolerance attitude, the higher moderate behavior of Muslim. Finally, we can conclude that the contribution of variable X1, X2, and X3 into Y by correlation bivariate and multiple regressions is 37%. There are other variables to find and use to predict Muslim moderate behavior influences."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library