Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faith, Nicholas
Osceola, WI,: Motorbooks International, 1995
629.224 FAI c (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Uditomo
"Pada masa sekarang kendaraan merupakan sarana yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Hal ini disebabkan adanya kebutuhan manusia untuk berpindah tempat ataupun memindahkan barang dari satu lempat ke tempat yang lain dengan lebih efektif dan efisien. Teknologi yang terus berkembang telah mendorong terciptanya kendaraan-kendaraan yang bertenaga besar dan berkecepatan tinggi jauh melebihi kemampuan manusia. Kecepatan yang tinggi serta tenaga yang besar inilah yang menjadi bahaya utama dan menjadikan berkendaraan merupakan kegiatan yang mengandung risiko kecelakaan cukup besar.
Proyek Duri Area 11 merupakan proyek yang melibatkan operasi kendaraan bermotor antara lain sekitar 60 hingga 70 buah truk pengangkut tanah (dump truk) berkaitan dengan pekerjaan tanahnya. Operasi kendaraan ini telah menjadi perhatian yang sangat serius di lingkungan PT Caltex Pacific Indonesia karena tingkat kecelakaan kendaraan bermotor di proyek ini termasuk yang mencapai angka tertinggi dibandingkan dengan proyek-proyek sejenis disekitarnya.
Berangkat dari permasalahan di atas dilakukan penelitian ini dengan tujuan mendapatkan gambaran mengenai besar peranan faktor-faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kendaraan bermotor di proyek Duri Area 11 antara lain faktor pengalaman kerja, faktor penyumbang (contributing factor), faktor kelemahan sistem (sistem prosedur, sistem pelatihan, sistem manajemen, sistem pengarahan kerja, dll) dan faktor keadaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan disain cross sectional. Populasi yang digunakan adalah seluruh data kecelakaan kendaraan bermotor dump truk di proyek Duri Area II, tahun 2000 sampai dengan tahun 2002, Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis univariat, yakni analisis statistik deskriptif (meliputi distribusi frekuensi: sebaran, tendensi, dll). Analisa kualitatif dilakukan dengan cara analisis isi untuk mencoba memperjelas fenomena dari analisis univariat serla hasil wawancara yang dilakukan terhadap pihak yang berkompeten.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya faktor-faktor yang menonjol peranannya dalam kecelakaan kendaraan bermotor di proyek Duri Area 11 dan tinjauan lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang menonjol tersebut mengarah kepada 2 hal pokok yang perlu diperbaiki, yaitu perilaku pengemudi dan kelemahan sistem pengarahan kerja.
Analysis of Factors Related to the Motor Vehicle Accident in Duri Area 11 Project, PT Caltex Pacific Indonesia, Year 2000-2002Currently the use of vehicle is becoming integrated with daily life activities of people. This situation is related to the need of people to have reliable transportation, which is more effective and efficient for moving personnel and object or goods or other else from one place to another. Technology development has invented vehicles, which having great power and capable to move faster. Consequently, these great power and speed arc the major hazard that may lead to accident during its operation.
Duri Area 11 Project uses many motor vehicles about 60 to 70 dump trucks to support operation activities. PT Caltex Pacific Indonesia has seriously give pay attention to Duri Area 11 project activities due to the rate of accident very high above the average rate of other similar project operation surrounding the area.
Starting from the above problem, this research is carried out to achieve the objective to have a view regarding the contribution of each factors related to the accident of motor vehicle in Duri Area 11 Project, e.g. experience, immediate cause, condition and lack of system such as procedures, training, management, work direction, etc.
The Research is performed using quantitative and qualitative approaches and the design is cross sectional. Population sample is taken from all data of dump truck accident in Duri Area 11 Project from the year 2000 to 2002. The quantitative analysis is performed using descriptive statistic analysis such as frequency distribution, tendency distribution, etc. Qualitative analysis is carried out to clarify the phenomena resulted from quantitative analysis and the result of depth interview with the competent person in the project.
The conclusion of this research shown that the prominent factors are strongly contributed in motor vehicle accident in Duri Area 11 Project. Further clarification concluded that 2 major factors, drive behavior and lack of work direction should be improved.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T11185
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Angella
"Dalam pelaksananaannya,peran infrastruktur transportasi batubara penting dalam mendukung pertambangan industri di Kota Jambi. Namun, itu juga menyebabkan berbagai masalah kompleks, salah satunya adalah Kemacetan Lalu Lintas di jalan Arteri di Kota Jambi. Pada Mei 2023, Kepolisian Republik Indonesia Daerah Jambi mengeluarkan surat pemberitahuan untuk menghentikan mobilisasi transportasi batubara di Provinsi Jambi. Kebijakan tersebut menyebabkan beberapa perusahaan lain berhenti beroperasi sampai waktu yang tidak ditentukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari perbandingan kinerja lalu lintas sebelum dan sesudah pelaksanaan kebijakan jalan arteri Kota Jambi khususnya di Jalan Pelabuhan Talang Duku dan Jalan Lingkat Timur II. Metode yang digunakan adalah analisis komparatif daro tingkat saturasi sebelum dan setelah diberlakukannya peraturan tentang larangan operasi truk batubara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pentingnya manajemen lalu lintas sebagai salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Namun demikian alternatif lain masih diperlukan untuk mendukung kegiatan kelancaran operasi transportasi batubara.

In its implementation, the role of coal transportation infrastructure is important in supporting the mining industry in jambi City. However, it also causes various complex problems,one of them is traffic congestion on Arterial  Roads in Jambi City. In May 2023, the jambi Regional Police of the Republic of Indonesia issued a notification letter to stop the mobilization of coal transportation in Jambi Province. The policy caused several coal companies stopped operatinf until an indeterminate time. implementation of the policy on Jambi City arterial roads, especially on Talang Duku Port Road and East Ring Road II. The method used was a comprative analysis of the degree of salutarion before and after the enactment of regulations on the prohibition of coal truck operations. The results of this study show the importance of traffic management as one of the solutions to reduce traffic congestion. Nevertheless, other alternatives are still needed to support the smooth operation of coal transportation activities."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Shabrina Hasya
"Penelitian ini dilakukan di pabrik Mekarsari PT. Danone AQUA. Permasalahan pada PT. Danone AQUA ialah rendahnya pencapaian nilai realisasi pengiriman AQUA galon yang tidak mencapai standar yang telah ditetapkan perusahaan (<97%). Hal ini dikarenakan perusahaan melakukan penjadwalan hanya berdasarkan rutinitas perusahaan tanpa memperhatikan kondisi aktualnya. Untuk itu, diperlukan adanya perbaikan penjadwalan dalam penggambaran kondisi aktual dengan melakukan perhitungan TTAT (Trucks Turn Around Time) sebagai dasar dalam merancang jadwal pengiriman sesuai dengan time window yang ada. TTAT ialah standar waktu yang dibutuhkan truk dalam memenuhi satu siklus ritase. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah penjadwalan yang dapat meningkatan nilai realisasi pengiriman dari 45% menjadi 96% dan service level dari 93% menjadi 100%.
This study is conducted in Mekarsari Plant of PT.Danone AQUA. The problem in PT. Danone AQUA is a low attainment of delivery service level percentage which did not reach the company’s standard (97%). This problem occured due to company’s scheduling method which based solely on historical habits with no concern to the actual conditions. Therefore, an improvement in scheduling is required in the depiction of the actual condition by performing calculations of TTAT (Trucks Turn Around Time) as the basis for designing delivery schedule in accordance with the existing time window. TTAT is calculated by measuring the average time elapsed between a truck's arrival at a facility and its departure. Results obtained from this study is a scheduling which increase the delivery level percentage from 45% to 96% and its service level from 93% to 100%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59267
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noor Syiffa Fadillah
"Jakarta Outer Ring Road JORR adalah rangkaian jalan tol yang melingkari bagian luar Jakarta, yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan jaringan jalan dari dan menuju pusat kota Jakarta. Akan tetapi, tingginya komposisi truk di dalam JORR menyebabkan kemacetan, dan diduga bahwa kemiringan jalan berkontribusi akan keadaan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak kelandaian jalan serta komposisi truk terhadap kinerja arus lalu lintas secara makroskopis. Penelitian ini melengkapi penelitian serupa untuk mengonfirmasi hasil yang didapatkan sebelumnya.
Pada penelitian sebelumnya digunakan Vissim, sebuah aplikasi simulasi, dimana untuk penelitian ini seluruhnya menggunakan studi empiris. Dengan menggunakan data rekaman lalu lintas selama 24 jam pada segmen JORR yang merepresentasikan berbagai jenis kemiringan jalan, model persamaan lalu lintas dihasilkan dan dampak yang terjadi dapat dinilai dengan membandingkan parameter yang didapatkan pada jalan dengan kemiringan 0 dan dengan kemiringan 3.5.
Hasil yang diperoleh menunjukkan perbedaan kecepatan antara truk dan non-truk sebesar 56.2 127 lebih rendah pada gradient 3.5. Akibat dari perbedaan kemiringan jalan ini juga diantaranya terdapat perbedaan kecepatan bebas free flow speed hingga 27.3 lebih rendah pada gradient 3.5. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu studi untuk pihak yang berkepentingan dalam menetapkan kebijakan mengenai keberadaan truk, terutama dalam kasus truk sebagai penyebab berkurangnya kualitas arus lalu lintas.

Jakarta Outer Ring Road JORR is a toll road system that circles the outskirts of Jakarta, where the purpose of this road is to reduce congestion on the street network of the city centre of Jakarta. However, the high composition of trucks in JORR resulted in congestion, and moreover it is suspected that the steep gradient of this road has contributed to this situation. This study aims to investigate the impact of road gradient on the trucks and the overall traffic performance from macroscopic view point. This study is the complement of the similar study that has been done in JORR to confirm the result.
The previous study was based on the Vissim simulation, while this paper will be entirely focused on the empirical study. Using the data obtained from 24 hour traffic recording on selected JORR sections that represent various gradients, traffic flow models are generated, and the effect of gradient could be assessed. The speed difference between trucks and non trucks shows 56.2 127 slower on a road with 3.5 gradient compared to road with no grade.
The overall free flow speed uf difference of different gradient is up to 27.3 slower on a road with 3.5 gradient compared to road with no grade. This result will benefit to the transport authority to justify the policy concerning the existence of trucks in the traffic flow, particularly in the condition at which trucks are regarded as a culprit of traffic congestion.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Azizah
"Ketidakpastian total permintaan mengakibatkan ketidakpastian dalam jumlah penggunaan truk pengiriman semen dan total biaya angkut yang dikeluarkan. Oleh karena itu penulis melakukan peramalan permintaan untuk bulan selanjutnya, menggunakan peramalan Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) sebelum data peramalan tersebut diolah menggunakan metode mixed integer linear programming (MILP) untuk menentukan jumlah truk yang digunakan dan total biaya angkut yang dikeluarkan menggunakan solver Gurobi pada software Python. biaya angkut pada bulan November mengalami penurunan dari bulan sebelumnya, sebesar Rp3,587,172 dari Rp135,972,376. Keberhasilan penurunan jumlah penggunaan truk dari yang bermuatan 10 ton sebanyak 35 menjadi 8, 20 ton sebanyak 41 menjadi 19, dan 30 ton sebanyak 17 tetap menjadi 17 mengahasilkan penurunan total biaya angkut sebanyak Rp132,386,204.

Uncertainty in total demand results in uncertainty in the number of trucks used for cement delivery and the total transportation costs incurred. Therefore, the authors forecast demand for the next month, using Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) forecasting before the forecasting data is processed using the mixed integer linear programming (MILP) method to determine the number of trucks used and the total transportation costs incurred using the Gurobi solver in Python software. transportation costs in November decreased from the previous month, amounting to Rp3,587.172 from Rp135,972,376. The success of reducing the number of trucks using 10 tons of 35 to 8, 20 tons of 41 to 19, and 30 tons of 17 still being 17 resulted in a decrease in the total transportation cost of Rp.132,386,204."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Garlina Srirahayu
"ABSTRAK
Kerusakan jalan y ang terjadi lebih cepat dari umur y ang direncanakan sudah sering terjadi. Salah satu peny ebabnya adalah beban muatan berlebih pada kendaraan truk. Kelebihan muatan berdamp ak pada beban muatan sumbu meleb ihi ketentuan beban yang diijin kan oleh Direktorat Jendral Peruhubungan Darat. M elalui kajian ini dianalisis sejauh mana tingkat kerusakan jalan y ang ditimbulkan oleh p rosentase kenaikan jumlah muatan kendaraan truk y ang mengakib atkan muatan melebihi batas ijin. Lokasi penelitian y aitu di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (km.39), jalur pantura di ruas jalan Bypass Jomin Cikamp ek dan Jalan Ray a Cibinon g d i ruas jalan M ayor Oking Bogor. Data lalulintas dihitung untuk umur perkerasan selama 10 tahun, sehingga dapat diketahui tebal perkerasan jalan lentur dengan menggunakan metode Bina M arga. Dari hasil kajian dapat diketahui bahwa penambahan muatan berlebih hingga 30% akan mengurangi umur rencan a perkerasan hingga 48. Namun bila terjadi p engalihan truk 2as ke truk yang memiliki jumlah sumbuny a lebih bany ak maka akan memperlambat terjadinya kerusakan.

ABSTRACT
Road damage o ccurring faster than the designed life is common. One reason is the burden of excessive loads on trucks. Impact on the overloaded axle load exceeds the load requirements as permitted by the Directorate General of Land Transp ortation. Through this study analy zed the extent of road damage caused by the percentage incr ease in cargo trucks that resulted in the charge which exceeds the limit allowed. The research location is in Jakarta-Cikampek toll road (k m.39), coast lines in C ikamp ek Jomin Byp ass road, and Highway Cibinon g in Bogor Oking M ajor road. Data traffic is calculated for the expected design life of 10 years, so it can be seen a thick flexible p avement using the methods of Bina M arga. From the results of the study can be seen that the addition of excess charges up to 30% will reduce the design life of pavement up to 48%. But if there is transfer of 2as truck to the truck that has a number of axes more it will slow the damage."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S955
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Faris Abiyyu Mirwan
"Manual material handling merupakan kegiatan yang dapat ditemui dalam operasional gudang dan menjadi salah satu penyebab risiko terjadinya kecelakaan kerja dalam bentuk musculoskeletal disorder (MSDs). Kegiatan manual material handling yang memiliki tingkat risiko cukup tinggi perlu dilakukannya perbaikan yang salah satunya perancangan terhadap alat manual yang digunakan. Dalam kegiatan manual material handling dalam gudang benih padi, kegiatan material handling yang dilakukan menggunakan alat two- wheeled hand trucks. Hand trucks yang digunakan merupakan alat utama dan paling sering digunakan dalam operasional gudang benih padi namun memiliki potensi risiko musculoskeletal disorder yang cukup tinggi terhadap penggunaannya. Dalam penggunaannya, pekerja memiliki beberapa keluhan terkait kesulitan dan ketidaknyamanan. Sebagai kegiatan utama dalam gudang benih, objektif perancangan alat hand trucks yang akan dilakukan bertujuan menyesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan dan meminimalisasi potensi risiko musculoskeletal disorder. Perancangan terhadap hand trucks akan menggunakan metode perancangan produk rasional yang mengarah pada pendekatan yang sistematis dalam menyelesaikan masalah. Dalam perancangan alat yang kemudian dilakukan dengan mengintegrasikan digital human modelling yang menggunakan posture evaluation index (PEI) sebagai indikatornya. Perancangan hand trucks yang dihasilkan mampu menurunkan nilai PEI dalam batas rekomendasi dan dilakukan validasi terhadap rancangan usulan alat kepada pekerja sehingga diharapkan mampu menurunkan risiko musculoskeletal disorder dalam manual material handling yang dilakukan dan menyesuaikan dengan kondisi pekerja.

Manual material handling is an activity that can be found in warehouse operations and is one of the causes of the risk of work accidents in the form of musculoskeletal disorders. Manual material handling activities that have a fairly high level of risk need to be improved, one of which is the design of the manual tools used. In manual material handling activities in the rice seed warehouse, material handling activities are carried out using two-wheeled hand trucks. The hand trucks used are the main tools and are most often used in seed warehouse operations but have a high potential risk of musculoskeletal disorders in their use. In its use, workers have some complaints related to difficulties and discomfort. As the main activity in the rice seed warehouse, the objective of designing hand trucks that will be carried out is aimed at adjusting to the work being carried out and minimizing the potential risk of musculoskeletal disorders. The design of the hand trucks will use a rational product design method that leads to a systematic approach in solving problems. In the design of the tool, it is integrated with digital human modeling which uses the Posture Evaluation Index (PEI) as an indicator. The design of the recommendation hand trucks is able to reduce the PEI value within the recommended limits and validation of the proposed tool design for workers is expected to reduce the risk of musculoskeletal disorders in manual material handling carried out and adjust to the conditions of workers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library