Ditemukan 42 dokumen yang sesuai dengan query
Iberamsyah Barbary
Kalimantan: Kelompok Studi Sastra Banjarbaru (KSSB), 2012
297.211 IBE s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Abstrak :
suatu hari dipertengahan mei 2008 dijalan tol cikampek-jakarta, segerombolan brandalan menghentikan sebuah mobil yang ditumpangi Tan Nio Lan, Doni, Tino, Rini, Dona.
361 MAJEMUK 41:11 (2009)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ferdy Fabian
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep Tuhan pada anak usia 8-12
tahun. Subyek penelitian adalah anak Sekolah Minggu Gereja Kristen Jawa Jemaat
Gandaria
Anak berkembang secara menyeluruh baik fisik, emosional, kognitif juga spiritual (Slater,
1994; Shelly, 1982). Contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari juga
menunjukkan bahwa anak mulai memahami dan berkembang secara spiritual. Tiap anak
baik dalam keluarga yang religius ataupun tidak sudah memiliki ide tentang Tuhan.
Penelitian ini menguraikan gambaran religiusitas pada anak, bagaimana cara anak usia 8-
12 tahun memahami Tuhan. Karena kisaran umur 3-11 tahun merupakan saat yang krusial
untuk menentukan perkembangan kerohanian seseorang (Tam mi n en, 1991 dalam Slater,
1994). Tumer & Helms (1995) juga mengatakan bahwa anak pada kisaran umur tersebut
sudah mampu untuk memperhalus dan mengelaborasi konsep yang mereka miliki
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode gambar
dan wawancara untuk memperoleh gambaran anak tentang Tuhan. Dua pendekatan
metode ini dipilih agar kelemahan yang mungkin terjadi ketika hanya mengambil salah
satu metode bisa diminimalisir. Penggunaan metode wawancara saja memiliki kelemahan
kompetensi bahasa anak (Steward, 1987 dalam Gabarino,1992). Sedangkan pengunaan
metode gambar saja menurut Slater (1994) memiliki kelemahan adanya ketidakpastian
mengenai interpretasi gambar.
Hasil dari penelitian ini menguatkan teori bahwa anak memang telah memiliki konsep
tentang Tuhan. Pemahaman anak bersifat konkret. Sifat antropomorfisme muncul dalam
setiap kelompok umur antara 8-12 tahun. Pengaruh gender atau jenis kelamin, peran
orang tua dan pengalaman pribadi anak mempengaruhi konsep mereka tentang Tuhan.
Saran dari penelitian ini adalah agar peneliti lebih mempelajari keterampilan wawancara
terutama untuk subyek anak kecil. Untuk penelitian yang berikut, peneliti menyarankan
agar melakukan penelitian subyek yang berasal dari sampel yang tidak homogen, yaitu
anak dari latar belakang agama yang beragam. Juga melakukan wawancara kepada orang
tua anak untuk melihat pengaruh pembentukan konsep Tuhan pada diri anak yang
diberikan di dalam keluarga.
2004
S3433
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
S5826
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ahmad Mahmud Sulaiman
Jakarta: Serambi , 2001
297.211 AHM t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Cameron, Julia
Bandung: Kaifa, 2004
153.35 CAM m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Beheshti, Sayyid Muhammad Husayni
Jakarta: Al-Huda, 2003
297.2 BEH gt
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Agus Sunyoto
Bandung: Mizan Pustaka, 2017
297.4 AGU s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Al-Hadar, Husein Ja'far
Bandung: Mizan Pustaka , 2022
297.211 ALH s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Isnaeni Fajar
Abstrak :
ABSTRAK
Pengambilan perspektif Tuhan terbukti dapat mempengaruhi evaluasi bias pada outgroup Ginges, Sheikh, Atran, Argo, 2016 . Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efek moderasi representasi Tuhan pada pengaruh pengambilan perspektif Tuhan terhadap evaluasi bias pada tiga target outgroup yang berbeda yaitu Tionghoa, non-Muslim, dan Tionghoa-non Muslim N = 219 . Partisipan diberikan skenario pemberian hukuman orang ketiga dimana mereka dapat memberikan hukuman pada outgroup dari perspektif diri dan Tuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif Tuhan meningkatkan evaluasi bias pada outgroup jika dibandingkan dengan perspektif diri. Kemudian, individu cenderung menunjukkan evaluasi bias dari perspektif Tuhan yang lebih tinggi kepada outgroup non-Muslim. Akan tetapi, individu akan cenderung untuk menunjukkan evaluasi bias dari perspektif Tuhan yang lebih tinggi kepada outgroup Tionghoa pada konteks adil. Temuan ini menunjukkan bahwa konteks memiliki peran penting untuk mempengaruhi evaluasi bias pada outgroup.
ABSTRACT
God rsquo s perspective can influence evaluation bias towards outgroup Ginges, Sheikh, Atran, Argo, 2016 . This experiment aims to explore the moderation effect of God rsquo s representation in using God rsquo s perspective on three different outgroups, Tionghoa, non Muslim, and Tionghoa non Muslim N 219 . Participant were presented with third party punishment scenario which they could punish the outgroup with both self and God rsquo s perspective. Results show that God rsquo s perspective increase evaluation bias towards outgroup when compared to self perspective. Moreover, people tend to show higher evaluation bias from God rsquo s perspective towards non Muslim compared to Tionghoa. However, people tend to show higher evaluation bias from God rsquo s perspective towards Tionghoa in a fair context. These results indicate that context has an important role to influence evaluation bias towards outgroup.
2017
T49215
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library