Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chatarina Riris
Abstrak :
Komunikasi antar stakeholder di lingkungan Dinas Bina Marga mempengaruhi mutu jalan layang non tol pada tahap perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi stakeholder yang berpengaruh pada mutu juga mengidentifikasi faktor risiko pada alur komunikasi di tahap perencanaan dan pembangunan kontrak rancang bangun serta tahap pemeliharaan, serta mengembangkan alur komunikasi antar stakeholder tersebut. Strategi penelitian yang digunakan adalah survey dan studi kasus. Dari faktor risiko yang ada dan dampak yang ditimbulkan, akan diketahui hubungan di tiap tahapan dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Hasil dari penelitian ini didapat alur komunikasi antar stakeholder yang telah berbasis risiko.
Communication among stakeholders within the Highways Departement affects the quality of elevated highways in the planning, development and maintenance stages. The purpose of this research is to identify the stakeholders that influence the quality as well as to identify the risk factors in the communication flow at the each stage, and to develop communication flow between the stakeholders. The research strategy used is survey and case study. From the existing risk factors and impacts, we will know the relationships at each stage and analyzed using Structural Equation Modeling. The result of this research is the communication flow between stakeholders that have been risk based
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48112
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Triwijaya Monang
Abstrak :
ABSTRAK
Proyek Jalan Layang Khusus Busway (JLKB) merupakan proyek dengan kompleksitas tinggi dan terletak di lokasi terbuka, sehingga dengan minimnya identifikasi risiko beserta pengendaliannya dapat meningkatkan tingkat kecelakaan kerja. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi tahapan kegiatan serta faktor risiko yang berpotensi bahaya, dan menganalisa faktor risiko dominan guna pengembangan Safety Planning/ RK3K berdasarkan Permen PU No.05/PRT/M/2014. Metode penelitian meliputi studi literatur, observasi, analisa risiko dan benchmarking. Hasil penelitian terdapat 65 peristiwa risiko yang teridentifikasi berpotensi bahaya, serta 15 risiko dominan yang berpengaruh terhadap kinerja K3. Faktor risiko tersebut kemudian dilakukan tinjau ulang level risikonya terhadap respon risiko dengan hasil penurunan yang signifikan
ABSTRACT
The project of Jalan Layang Khusus Busway (JLKB) is a type of project with high complexity and is located in an open space, so with the lack of risk that can be identified and their control could increase the work accident rate. The objectives of the research are to identify the phase of the bridge construction and risk factors that potentially dangerous, and to analyze the dominant risk factors for the development of safety planning/ RK3K based on Permen PU No.05/PRT/M/2014. The methodology consists of literature study, observation, risk analysis and benchmarking. The research found 65 risk factors and 15 dominant risks which affect the safety performance. The level of these risk factors are then reviewed based on the risk responses, and have proven to reduce the risk level significantly.
2017
T47528
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afdol Pranata
Abstrak :
[Tulisan ini membahas perilaku struktur jembatan cable stayed dengan studi kasus A Ruck Chucky Hanging Arc Bridge. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu mengevaluasi dan membandingkan perilaku struktur pada saat konstruksi (analisa sequential) dengan analisa struktur jembatan utuh (analisa langsung). Adapun hasil yang diperoleh yaitu gaya dalam kabel pada saat konstruksi, gaya dalam gelagar, tegangan pada masing-masing elemen dan lendutan yang terjadi pada gelagar jembatan. Metode analisa yang digunakan pada saat konstruksi yaitu forward assemblage analysis. Pada saat konstruksi nilai gaya dalam dan lendutan pada gelagar akan berubah menurut tahapannya. Respon struktur juga akan berbeda pada saat konstruksi dengan analisa langsung sehingga masing-masing analisa perlu diperhatikan. ......This article discusses the behavior of cable stayed bridge structures with case studies A Ruck Chucky Hanging Arc Bridges. The results will be obtained in this study is to evaluated and compare the behavior of structure during construction (sequential analysis) with intact structure analysis (direct analysis). As for the result to be obtained by force in the cable at the time of construction, the style of the girder, stresses and deflections which occur on the bridge girder. The analytical methods used at the time of construction is forward assemblage analysis. At the time of construction, value of the force and deflection in the girder will chance according stages constructions. The respon structure will also be different at the time of construction with direct analysis so that each analysis need to be considred.;This article discusses the behavior of cable stayed bridge structures with case studies A Ruck Chucky Hanging Arc Bridges. The results will be obtained in this study is to evaluated and compare the behavior of structure during construction (sequential analysis) with intact structure analysis (direct analysis). As for the result to be obtained by force in the cable at the time of construction, the style of the girder, stresses and deflections which occur on the bridge girder. The analytical methods used at the time of construction is forward assemblage analysis. At the time of construction, value of the force and deflection in the girder will chance according stages constructions. The respon structure will also be different at the time of construction with direct analysis so that each analysis need to be considred, This article discusses the behavior of cable stayed bridge structures with case studies A Ruck Chucky Hanging Arc Bridges. The results will be obtained in this study is to evaluated and compare the behavior of structure during construction (sequential analysis) with intact structure analysis (direct analysis). As for the result to be obtained by force in the cable at the time of construction, the style of the girder, stresses and deflections which occur on the bridge girder. The analytical methods used at the time of construction is forward assemblage analysis. At the time of construction, value of the force and deflection in the girder will chance according stages constructions. The respon structure will also be different at the time of construction with direct analysis so that each analysis need to be considred]
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60733
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Kusmulyono
Abstrak :
Jembatan adalah suatu konstruksi yang berguna untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah dan merupakan bagian suatu jaring-jaring jalan. Pada perencanaan awal Jembatan Teknik Sastra (Jembatan TEKSAS) menggunakan Konstruksi Beton sedangkan pelaksanaannya menggunakan Konstruksi Baja. Dari permasalahan tersebut penulis ingin membandingkan metode pelaksanaan pada Jembatan Konstruksi Beton dan Jembatan Konstruksi Baja yang diterapkan pada lokasi yang sama dengan contoh kasus Jembatan Teknik Sastra (Jembatan TEKSAS) Universitas Indonesia. Dari penulisan ini diharapkan bisa mendapatkan gambaran perbandingan waktu pelaksanaan, tingkat kesulitan, termasuk efek yang mungkin timbul serta keunggulan dan kekurang setiap metode yang digunakan. Penelitian ini dibatasi metode pelaksanaan konstruksi Jembatan Baja Teknik Sastra (TEKSAS) yang berlokasi di Universitas Indonesia, yang meliputi tahap awal pelaksanaan, pelaksanaan struktur jembatan, serta rencana mutu dan K-3.
A bridge is a construction that is used to connecting parts of roads through barriers usually lower elevations. Bridge also part of road system network. In this case, a bridge connecting Faculty of Engineering and Faculty of Letter in University of Indonesia (TEKSAS Bridge) is examined for its change from concrete structure in planning to steel construction in later stage. According to this case, the methods of constructions for these two different types construction will be compared thoroughly using TEKSAS Bridge as example of study. This study is expected to produce representative time schedules, effects, and also the strength and weakness of every method that is used. This study is focused on construction methods of TEKSAS Bridge that is located in University of Indonesia, include Initial applied phase, Structural Bridge phase, and also Quality assessment and Safety (K3).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50564
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Almira Putri Nurindra
Abstrak :
Proyek konstruksi merupakan sektor berisiko tinggi dan kecelakaan kerja yang terjadi bernilai hampir tiga kali lipat dari rata-rata sektor lainnya. Penggunaan BIM atau Building Information Modeling ke dalam perencanaan konstruksi dapat membantu dan meningkatkan keselamatan konstruksi menjadi lebih efisien dan efektif. Namun, menurut beberapa penelitian terdahulu, tingkat implementasi BIM di Indonesia masih tergolong rendah akibat beberapa faktor. Oleh karena itu, pengembangan perencanaan keselamatan konstruksi berbasis BIM pada pekerjaan jembatan beton precast akan dilakukan pada penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa pada pekerjaan struktur atas, perkerasan, drainase, dan aksesoris jembatan beton precast memiliki 180 potensi bahaya serta 269 potensi risiko. Adapun potensi bahaya dengan tingkat risiko tinggi, antara lain jatuh dari ketinggian, girder terjatuh atau runtuh, putusnya sling crane maupun segment terjatuh dari crane, serta tertimpa material dan alat selama proses konstruksi. Perencanaan keselamatan konstruksi yang dilakukan pada penelitian ini, akan diintegrasikan ke dalam BIM berupa safety plan dengan tujuan penyedia informasi perencanaan K2 dan mengidentifikasi kebutuhan K2 serta safety visual dengan tujuan mengidentifikasi kebutuham sumber daya APK dan mengestimasi jumlah kebutuhan maupun lokasi penempatannya. Pengembangan perencanaan keselamatan konstruksi berbasis BIM ini dapat meningkatkan kinerja keselamatan konstruksi pada jembatan beton precast. ......Construction projects are high-risk sectors, and the rate of workplace accidents is nearly three times higher than the average in other sectors. The use of BIM or Building Information Modeling in construction planning can help improve construction safety to be more efficient and effective. However, according to several previous studies, the level of BIM implementation in Indonesia is still relatively low due to several factors. Therefore, the development of BIM-based construction safety planning for precast concrete bridge work will be carried out in this research. The method used in this research is a qualitative method. The results of the study found that in the work on the superstructure, pavement, drainage, and accessories of precast concrete bridges, there are 180 potential hazards and 269 potential risks. High-risk potential hazards include falling from heights, falling or collapsing girders, broken crane slings, segments falling from cranes, and being hit by materials and tools during the construction process. The construction safety planning carried out in this research will be integrated into BIM in the form of a safety plan aimed at providing Safety Construction planning information and identifying Safety Construction needs as well as safety visuals aimed at identifying the need for PPE resources and estimating the amount needed and their placement locations. The development of BIM-based construction safety planning can improve construction safety performance in precast concrete bridges.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riandi Putranto
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini akan membahas implementasi program pembangunan jalan dan jembatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Kota Bekasi pada tahun 2013- 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan program pembangunan jalan dan jembatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Kota Bekasi pada tahun 2013-2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan post-positivis. Peneliti menggunakan teori implementasi program dari Merilee S. Grindle yang terdiri dari 2 (dua) dimensi dengan 9 (sembilan) aspek yaitu kepentingan kelompok sasaran; manfaat yang diterima; besaran perubahan; ketepatan pembuatan keputusan; rincian pelaksana program; sumberdaya yang memadai; besaran kekuasaan, kepentingan, dan strategi implementor; karakteristik institusi dan rezim; dan tingkat kepatuhan dan responsivitas pelaksana. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan dengan pihak-pihak terkait implementasi Program Pembangunan Jalan dan Jembatan di Kota Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi Program Pembangunan Jalan dan Jembatan di Kota Bekasi telah berjalan dengan baik dilihat dari terpenuhinya sebagian besar aspek yang ada dalam implementasi program. Akan tetapi, terlihat pula bahwa masih terdapat aspek yang belum optimal terkait dengan pemenuhan jalan dan jembatan yang layak, keterbukaan informasi publik, serta sumberdaya manusia dan sumberdaya keuangan. Kurangnya sumberdaya manusia yang ada tersebut pada realisasinya membuat lemahnya sisi pengawasan dan kontrol terkait pembangunan jalan dan jembatan.
ABSTRACT
This study will describe the implementation of road and bridge construction program in medium term development plan in Bekasi City. The purpose of this study was to analyze the implementation and determine factors that inhibiting the implementation of road and bridge construction program in medium term development plan in Bekasi City. The method of research approach used in this study was post-positivist approach. The theory of program implementation from Merilee S. Grindle used as a basis to measure the implementation that consists of 2 (two) dimensions with 9 (nine) aspects including interest affected; type of benefit; extent of change envisioned; site of decision making; program implementor; resources committed; power, interest, and strategies of actor involved; institution and regime characteristics; and compliance and responsiveness. Interviews and literature study techniques were used to collect the data. The interview was conducted with the relevant parties to the implementation of road and bridge construction program. The results of this study showed that implementation of road and bridge construction program in medium term development plan in Bekasi City have been going well, seeing through the fulfillment of the most aspects in the program implementation. However, it appears also that some aspects have not been optimally run related to the fulfillment of decent roads and bridges, public disclosure, and also human and financial resources. In reality, the lack of human resources, weaken the oversight to control the roads and bridges construction.
2016
S66584
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhilah Muslim
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kegagalan struktur jembatan selama tahap konstruksi, terutama akibat gempa. Jembatan kabel Suramadu yang memiliki bentang utama 818 meter dengan 89 tahap konstruksi, dipengaruhi oleh tiga rekaman gempa berbeda, yaitu gempa Banyuwangi Maret 2011, gempa jember Februari 2011, dan gempa Nusadua September 2009. Analisis riwayat waktu dilakukan agar diperoleh respon struktur dari detik ke detik selama gempa berlansung. Analisis displacement, tegangan pada gelagar, gaya kabel, dan pengaruh rasio redaman struktur, dilakukan pada setiap tahapan konstruksi dan dievaluasi sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon gempa pada struktur jembatan atas tidak hanya bergantung pada karakteristik dari rekaman gempa yaitu durasi, kandungan frekuensi, percepatan tanah maksimum (PGA), akan tetapi juga bergantung pada karakteristik struktur yaitu massa, kekakuan, dan redaman.
ABSTRACT This study aims to avoid bridge structure failure during the construction stages, primarily due to earthquake. Suramadu cable-stayed bridge which has main spans 818 m with 89 stages of construction was studied to 3 different earthquakes, namely Banyuwangi earthquake March 2011, Jember earthquake February 2011, and Nusadua earthquake September 2009. Time history analysis was carried out in order to obtain responses of the structure anytime during the earthquake occurred. Analysis of displacement, stress on the girder, cable forces, and also influence of structural damping ratio, was performed at each stage of construction and was evaluated in accordance with the existing requirements and appropriate regulations. The results showed that the seismic responses of upper bridge structures depends not only on the characteristics of earthquake records, namely duration, frequency content, and maximum ground acceleration (PGA), but also on the structural characteristics, namely mass, stiffness, and damping.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42114
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library