Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
Fahmi Rizal Almassawa
Abstrak :
Pembahasan tentang tokoh dan penokohan dalam novel Attse i jetie 'Antara Ayah Dan Anak'. Tujuannya untuk mengungkapkan aspek-aspek nihilisme yang terdapat di dalamnya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, yang didasarkan pada studi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan intrinsik, yaitu usaha melakukan pembahasan dengan menganalisis apa yang tertulis saja.
Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan novel ini sarat dengan aspek-aspek nihilisme yang berlandaskan pada eksistensialisme. Sehingga pengertian nihilisme yang terungkap tidak lagi mengarah kepada bentuk ideologi politik, tetapi dalam arti pencarian makna kehidupan. Aspek-aspek nihilisme tersebut ternyata lebih banyak terungkap dalam lakuan dan penokohan tokoh utamanya. Selain itu terungkap pula gagasan pengarangnya tentang humanisme dan aristokrasi.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S14883
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lucia Bachrun
Abstrak :
Penulis memilih kesusasteraan sebagai bidang spesialisasi setelah mempelajari bahasa dan kebudayaan Rusia. Dalam mempelajari kesusasteraan, penulis diharuskan membaca banyak karya sastra Rusia. Salah satu diantaranya adalah karya Anton pavlowith Chekov. Penulis sangat tertarik untuk membahas cerpen-cerpen karya Anton Pavlowith Chekov karena di dalamnya mengandung kritik dan humor yang digambarkan dart beberapa masalah kecil pada keadaan sosial yang pernah dilihatnya. Anton Chekov dibahas orang sebagai pengarang drama Rusia yang cukup terkenal disamping para pengarang Ru_sia lainnya seperti Tolstoi, Turgenev, Gancharov, Gogol, Dostoyevsxi, Gorky daa lain-lain. Penulis memilih carpen-cerpen Anton Chekov pada periode 1885-1886 sebagai obyek pembahasan. Periode ini merupakan permulaan ketika Anton Chekov mulai menulis cerpen dan merupakan karya awal dari kepengarangannya.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15661
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Boangmanalu, Singkop Boas
Abstrak :
Nama Leo Nikolaivich Tolstoy (1828-1910) tidak asing lagi bagi kita berkat kemasyhurannya dalam bidang kesusasteraan. Buku-bukunya telah banyak beredar dan dibaca oleh penggemar sastra serta diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Namun pengenalan kita terhadap pengarang ini belum sampai kepada pengenalan yang sesungguhnya, terbukti dari kekurangan penulisan mengenai diri pengarang serta penga-nalisisan terhadap karya-karyanya, artinya kita belum me_lihat adanya pelacakan serta pengkelolaan yang bisa dipertanggung-jawabkan keabsahannya secara ilmiah. Pengetahuan kearah itu bisa dikatakan masih berkisar di sekitar kulitnya saja, dengan kata lain belum ada pendalaman yang memuaskan. Penulisan yang kurang memadai seperti yang pernah dilakukan oleh A0H K. Hadimadja dalam bukunya Aliran_-aliran Klassik Romantik Dan Realisme. Dan sejumlah pener_bitan yang bersifat keagamaan dari Badan Penerbit Kristen. Lain halnya seperti yang terdapat di Rusia, kepengarangan Tolstoy mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan lembaga penulisan ilmiah tentang kesusasteraan dimana Tolstoy mendapat tempat nomor dua tertinggi setelah penyair besar Aleksander Phuskin dalam deretan nama-nama pengarang Rusia terkenal hingga saat ini.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980
S14775
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Irwan Rinaldi
Abstrak :
Pengalaman bergaul secara rapat dengan drama-drama Chekov, baik dalam proses aktif maupun pasif, mendorong penulis pada suatu keinginan yaitu bagaimana merumuskan suatu cara atau konsep mementaskan drama-drama tersebut agar lebih apresiatif dan tidak lepas dari konteks naskah tersebut sebagai karya sastra. Proses aktif dalam artian, mempergunakan naskah itu sebagai bahan pementasan sekaligus terlibat di dalamnya. Dan pasif berarti, menikmati naskah tersebut mutlak sebagai pembaca dan penonton yang sebenarnya dari sebuah pemanggungan...
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1991
S14899
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Zeffry
Abstrak :
Manusia, sebagai animal rationale menciptakan simbol sekaligus mempergunakannya dalam segala tindakan dan kepentingannya. Pada hakekatnya memang manusia secara tidak langsung dikelilingi oleh simbol-simbol yang terkadang sampai begitu meresap dan mempengaruhi segenap kehidupan manusia. Menanggapi hal demikian, tidak berkelebihan jika Ernst Cassirer menyebut manusia sebagai animal simbolicum, manusia sebagai obyek, sekaligus subyek dari simbol itu sendiri (Cassirer 1979:26).
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1986
S15070
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mohamad Tavip Saptawan Liputo
Abstrak :
Istilah-istilah pinjaman yang diserap kedalam bahasa Rusia, terdapat dalam 3 bagian : (1) Istilah pinjaman yang diserap utuh, dimana bentuk penulisan maupun pelafalannya sangat mirip dengan bentuk aslinya. (2) Istilah pinjaman yang disesuaikan, baik yang disesuaikan sebagian, maupun yang disesuaikan seluruhnya ke dalam bahasa Rusia, sehingga seo1ah-olah merupakan perbendaharaan tata bahasa Rusia sendiri. (3) Istilah jaman yang diserap melalui penerjemahan, yang terbagi menjadi 2 bagian, yakni: istilah yang diterjemahkan berdasarkan makna harfiah, yaitu penerjemahan yang dilakukan melalui kata per kata, dan penerjemahan yang dilakukan berdasarkan makna konseptual terhadap istilah-istilah asing.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak istilah pinjaman yang diserap oleh suatu Surat Kabar Rusia dalam periode waktu tertentu dan proses pembentukan istilah pinjaman tersebut, sehingga akan diketahui kecenderungan bahasa Rusia dalam menyerap istilah-istilah pinjaman tersebut. Disamping itu akan dapat pula diketahui penyesuaian istilah-istilah pinjaman itu ke dalam Bahasa Rusia.
Sebagian besar istilah-istilah pinjaman yang masuk ke dalam Bahasa Rusia adalah melalui penyesuaian, baik ejaan maupun pelafalannya, yakni dengan merubah atau menyesuaikan fonem-fonem yang sangat sukar antuk dilafalkan ke dalam Bahasa Rusia menjadi fonem-fonem yang lebih mudah dilafalkan dalam bahasa Rusia. Dengan kata lain fonem-fonem asing yang sukar dilafalkan disesuaikan menjadi fonem-fonem bahasa Rusia yang mudah dilafalkan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1989
S15053
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nugroho Setiawan
Abstrak :
ABSTRAK
Sebuah pembahasan yang mengungkapkan aspek-aspek religiositas dalam cerpen Nasib Seorang Manusia, melalui analisis tokoh dan penokohannya. Menggunakan metode deskriptif analitis, yang di dasarkan pada studi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatam intrinsik, yaitu usaha melakukan pembahasan dengan menganalisis apa yang tertulis saja. Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa cerpen ini sarat dengan aspek religiositas yang berlandaskan pada paham eksistensialisme. Oleh sebab itu pengertian religiositas yang terungkap, tidak lagi mengarah pada bentuk keagamaan, tetapi menjurus pada usaha manusia untuk mencari arti dan makna kehidupannya. Selain itu juga terungkap Pula gagasan pengarangnya tentang humanisme dan patriotisme.
1989
S15092
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Subandono
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam kesusastraan Rusia, A. P. Chekov dikenal sebagai seorang pengarang yang sangat produktif. Chekov adalah seorang penulis yang cerdas dan berperasaan halus. Ia senantiasa sekutu yang setia dalam perjuangan menentang kebodohan, egoisme dan kepuasan diri pribadi, sehingga dalam karya-karyanya ia mengajak kitas untuk berpikir tentang hidup itu sendiri dan kebanyakan dari karya-karyanya adalah Komedi Manusia . Drama Burung Camar- (Caika) adalah drama keluarga yang sarat dengan konflik batin manusia merupakan salah satu keunggulan Chekov dalam melukiskan keadaan kejiwaan manusia dalam bentuk karya sastra.
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis drama ini dari segi tokoh dan penokohan, yaitu sejauh mana drama ini: menampilkan pertentangan batin seorang manusia dengan dirinya sendiri maupun dengan lingkungan masyarakatnya. Tema drama ini adalah mengenai cinta kasih, sedangkan Burung Camar yang menjadi judul dari drama ini merupakan perlambang dari kebebasan.
Drama Burung Camar (Caika) menarik untuk dibahas karena sarat dengan problema manusia dalam menempatkan eksistensinya; kegagalan manusia dalam bereksistensi dapat mengakibatkan manusia lari dari dunia nyata. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis.
1989
S15065
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yudi Alamin
Abstrak :
Di dalam khazanah kesusastraan dunia, terutama di Rusia Anton Pavlovich Chekhov dikenal sebagai cerpenis, namun demikian ia lebih dikenal sebagai seorang dramaturg di luar negeri Chekhov telah memberikan warna tersendiri bagi kepengarangan kesusastraan Rusia 19. Kebun Ceri adalah sebuah drama komedi yang merupakan karya terakhir yang pernah ditulis Chekhov; menggambarkan sebuah situasi di mana sedang terjadi suatu perubahan dalam kehidupan sosial yang menyiratkan suatu kebangkitan dari sebuah cita-cita yang telah runtuh.
Skripsi ini bertujuan menganalisis komedi ini melalui unsur tokoh dan penokohan, yang sekaligus menggambarkan sejauh manakah unsur-unsur yang tersirat tentang kondisi sosial yang bersangkutan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ia adalah deskripsi dan analisis. Chekhov secara halus menggambarkan runtunan masalah dari suatu kondisi sosial pada masa berakhirnya zaman semi feodal tuan tanah pemilik perkebunan di Rusia. Adapun karya ini merupakan tonggak batas waktu di mana peralihan sedang terjadi. Chekhov menggambarkan tentang kehidupan yang penuh harapan dan mengucapkan selamat tinggal pada masa yang baru.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15050
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
P.K. Penny S.
Abstrak :
Dalam kesusasteraan Rusia, Anton Pavlovich Chenkov adalah salah seorang pengarang realisme yang sangat terkenal di Rusia. Segi-segi segar dalam karya-karyanya senantiasa tampil dan mewarnai ciptaannya. la terkenal dengan sebutan tertawa dalam tangis. Yang dimaksud adalah penikmatan karya sastra dibuat tertawa terbahak-bahak atau tersenyum simpul oleh tingkah laku tokoh-tokohnya di awal dan di tengah cerita, namun sesudahnya diakhiri dengan keharuan yang mendalam. Gaya kepengarangan A. Chenkov dalam menggambarkan realitas sosial serta kritikannya itu, ia tuangkan lewat adegan-adegan kocak oleh tokoh-tokohnya. Sedangkan dalam memilih tokohnya Chenkov mengambil manusia-manusia biasa yang dengan kekuatannya mengarungi bahtera kehidupan di dunia ini dengan suka dukanya. Membaca karya Chenkov, tanpa disadari kita akan ikut terhanyut dalam kehidupan para.tokoh tersebut. Karena tokoh yang digambarkan keadaannya tidak jauh berbeda dengan kehidupan nyata. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana cerita pendek Chenkov mengandung kritik sosial.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15085
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library