Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sintong Benjamin
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37248
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Komang A.D. Putra
Abstrak :
Dalam tugas akhir ini ditunjukkan analisa metode numerik komponen holder unit dari pallet dengan menggunakan metode elemen hingga memakai perangkat lunak ANSYS for Windows versi 5.4. Analisa dengan pembebanan statik mencakup kondisi pembebanan model dalam keadaan normal tampa engine dan dalam keadaan normal dengan engine. Pada permodelan holder pallet pemilihan tipe elemen berupa Struktur Solid 3-D Tetrahcdron quadratic 10 Nodes, yang mampu dianalisa secara akurat dalam ANSYS. Hasil analisa statik dapat menunjukkan distribusi dan magnitude deformasi struktur dan tegangan pada masing-masing kasus pembebanan dan dapat diketahui apakah permodelan mengalami kegagalan material.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37714
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asis Wiyanto
Abstrak :
Keberadaan pelabuhan khusus dan dermaga khusus (milik PERTAMINA), harus mendukung pola kebijakan transportasi taut Direktorat Perkapalan, Kebandaran dan Komunikasi yang berprinsip pada security of supply. Namun sebagian besar port time tanker dari 110 pelabuhan khusus dan 32 dermaga khusus masih belum seperti yang ditargetkan. Salah satunya adalah Pelsus Surabaya yang akan dipilih sebagai studi kasus. Tesis ini membahas kontribusi penyebab keterlambatan port time tanker dan pengaruh reduksi keterlambatan terhadap lost cost. Kemudian dengan aplikasi model simulasi dievaluasi suatu upaya peningkatan flow rate pompa. Percobaan dengan model simulasi, juga dikembangkan untuk menjawab peramalan kebutuhan pada tahun 2004. Soft ware yang digunakan untuk menjalankan model simulasi adalah ProModel 3.01. Kontribusi penyebab keterlambatan port time tanker terbesar baik untuk kapal milik maupun charter adalah waiting consignee . Berdasarkan hasil simulasi, suatu upaya peningkatan flow rate pompa sampai 70 % dari kapasitas pompa kapal, port time tanker dapat dipercepat menjadi 54.4 % dari waktu semula. Apabila peningkatan flow rate ini konsisten dilakukan, sampai tahun 2004, maka fasilitas dermaga yang ada masih mampu untuk mendukung kegiatan kapal tanker yang akan sandar dengan rata-rata utilisasi dermaga < 67 % dan rata-rata port time tanker < 48 % jamlcall. Berarti belum diperlukan suatu investasi pengembangan fasilitas utama pelabuhan. Sebaliknya jika tanpa upaya tersebut, pada tahun 2004 diperkirakan utilisasi dermaga akan > 87 % dan rata-rata port time tanker akan > 112 jam/call. Mengingat permasalahan keterlambatan port time taker sangat serius pada waktu yang akan datang, maka seyogyanya manajemen melakukan evaluasi terhadap masing-masing Pelsus yang dimiliki, terutama pelabuhan yang mempunyai port time tanker dan utilisasi dermaga yang tinggi.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Sofiandi
Abstrak :
ABSTRAK
Didalam perancangan ruang bakar turbin gas yang dihadapi adalah rumitnya perhitungan desain dan begitu kompleksnya variabel-variabel yang mempengaruhinya sehingga kadang bisa disebut sebagai suatu karya seni. Untuk itu sebagai suatu bagian dari perancangan, penggunaan komputer sangat memungkinkan untuk mensimulasikan rancangan tanpa adanya biaya besar untuk pembuatan model dan punya Iebih banyak waktu pengujian.

Paket CFD yang digunakan berupa software FIuent/UNS ver 4.1.9. Dengan data yang didapat dari eksperimen yang kemudian digunakan untuk input simulasi diharapkan visualisasi pembakaran dapat berlangsung. Visualisasi yang dihasilkan dari simulasi memberikan gambaran proses terjadinya pembakaran dalam ruang bakar turbin gas secara matematis yang divisualisasikan dengan distribusi tekanan, temperatur dan kecepatan aliran fluida serta fraksi massa dalam ruang bakar.

Hasil simulasi belum memuaskan karena setelah dicoba beberapa kali dengan input berbeda hasilnya cenderung divergen yang arlinya simulasi tidak berjalan. Untuk itu masih perlu dikaji ulang dalam pembuatan grid dan boundary condition-nya.
2001
S37641
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library