Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Miller, Valerie
Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2005
347.052 MIL a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Anak Agung Ayu Maharani
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan kajian wacana iklan yang membahas iklan Instagram
dengan strategi Shoutout for Shoutout atau SFS. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan suprastruktur, alat-alat kohesi, makrostruktur, hubungan gambar
dan teks iklan, serta positioning yang terdapat dalam dua puluh iklan SFS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa wacana iklan yang terdapat di dalam iklan SFS
memiliki suprastruktur tipe A yang badan iklan atau teksnya secara dominan
dibangun oleh alat kohesi referensi demonstratif anaforis, elipsis nominal,
konjungsi aditif, dan repetisi. Makna global pada wacana iklan yang terdapat
dalam iklan SFS sebagian besar dibangun oleh hubungan komunikasi dasar-
DESAKAN dan hubungan antara gambar dan teks iklannya pun sebagian besar
memiliki hubungan yang hampir koheren. Wacana iklan yang terdapat di dalam
iklan SFS paling banyak dilakukan dengan positioning berdasarkan perbedaan dan
manfaat. Kedua positioning tersebut sebagian besar bertujuan untuk memosisikan
toko kepada pembaca iklan Instagram.
ABSTRACT
This research is an advertisement discourse analysis which discuss about
Instagram Advertisement with Shoutout for Shoutout (SFS) strategy. The aim of
this research is to describe suprastructure, cohesion, macrostructure, relationship
between text and picture, along with positioning in twenty SFS advertisement.
The result of this research shows that advertisement discourse in SFS
advertisement has type A suprastructure which body copy or its text builts
dominantly by demonstrative anaforic reference, nominal ellipsis, additive
conjuction, and repetition. Global meaning to advertisement discourse in SFS
advertisement builts dominantly by base-INSISTENCE relation and relationship
between text and picture mostly has almost coheren relationship. Advertisement
discourse in SFS advertisement has been made dominantly by diverification and
benefit positioning. Both of it mostly has goal to positioning the shop for
Instagram advertisement reader.
2015
S61124
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adnin Mustika Hayatun Nufus
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini mengkaji narasi yang ditulis oleh anak-anak dan orang dewasa dengan
menggunakan pendekatan sosiolinguistik dan analisis wacana. Analisis ini
bertujuan untuk memaparkan struktur naratif dan alat kohesi pada narasi serta
membandingkan perbedaannya berdasarkan usia anak-anak dan usia dewasa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa hanya narasi yang ditulis oleh orang dewasa yang memiliki struktur
lengkap. Jenis kohesi gramatikal yang muncul pada setiap narasi adalah
konjungsi. Substitusi hanya ditemukan pada narasi yang ditulis oleh orang
dewasa. Pada kohesi leksikal, jenis kohesi yang muncul pada setiap narasi adalah
repetisi dan kolokasi.
ABSTRACT
This research discusses about sociolinguistics and discourse analysis of narrative
text. The purpose of this research are to describe the narrative structures and
cohesion markers used in narrative text and to compare its differences based on
the age of children and adults involved. This research uses qualitative method.
The result indicates that the narrative text written by adults have a complete
structures. In grammatical cohesion, conjunction is used in every narrative text,
while substitution is only used in narrative texts written by adults. In lexical
cohesion, repetition and collocation are also used in every narrative text.
2015
S60945
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Khairani Fajrianisa
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi wacana pidato Presiden Susilo
Bambang Yudhoyono tentang kebijakan penaikan harga BBM. Penelitian ini
menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough yang terdiri
atas deskripsi teks, interpretasi teks, dan eksplanasi teks. Deskripsi teks
mendeskripsikan makrostruktur dan suprastruktur wacana. Hasil deskripsi teks
menjadi dasar untuk interpretasi teks. Eksplanasi teks membahas ideologi yang
tersirat dalam pidato Presiden SBY. Strategi wacana yang digunakan Presiden
SBY adalah penggunaan wacana argumentasi dengan topik fiskal dan APBN,
kesejahteraan rakyat dan infrastruktur, serta subsidi dan harga BBM dalam
menyampaikan kebijakannya. Presiden SBY juga menggunakan kuasa dan
ideologinya ketika menyampaikan kebijakan tersebut.
ABSTRACT
The purpose of this research is to describe the discourse strategy of President
Susilo Bambang Yudhoyono’s speech due to the policy of raising fuel price. This
research uses a critical discourse analysis method by Fairclough that consists of
text description, interpretation, and explanation. The text description describes the
macrostructure and superstructure of the discourse. The result of text description
becomes the base of text interpretation. The text explanation explains the implicit
ideology in the speech. The discourse strategy of the speech uses an
argumentative discourse about fiscal, APBN, public prosperity, infrastructure, fuel
subsidy and fuel price. Besides that, President SBY uses his power and ideology
in his speech.
[Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2014
S55374
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library