Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Anak Agung Ayu Maharani
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan kajian wacana iklan yang membahas iklan Instagram dengan strategi Shoutout for Shoutout atau SFS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suprastruktur, alat-alat kohesi, makrostruktur, hubungan gambar dan teks iklan, serta positioning yang terdapat dalam dua puluh iklan SFS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana iklan yang terdapat di dalam iklan SFS memiliki suprastruktur tipe A yang badan iklan atau teksnya secara dominan dibangun oleh alat kohesi referensi demonstratif anaforis, elipsis nominal, konjungsi aditif, dan repetisi. Makna global pada wacana iklan yang terdapat dalam iklan SFS sebagian besar dibangun oleh hubungan komunikasi dasar- DESAKAN dan hubungan antara gambar dan teks iklannya pun sebagian besar memiliki hubungan yang hampir koheren. Wacana iklan yang terdapat di dalam iklan SFS paling banyak dilakukan dengan positioning berdasarkan perbedaan dan manfaat. Kedua positioning tersebut sebagian besar bertujuan untuk memosisikan toko kepada pembaca iklan Instagram.
ABSTRACT
This research is an advertisement discourse analysis which discuss about Instagram Advertisement with Shoutout for Shoutout (SFS) strategy. The aim of this research is to describe suprastructure, cohesion, macrostructure, relationship between text and picture, along with positioning in twenty SFS advertisement. The result of this research shows that advertisement discourse in SFS advertisement has type A suprastructure which body copy or its text builts dominantly by demonstrative anaforic reference, nominal ellipsis, additive conjuction, and repetition. Global meaning to advertisement discourse in SFS advertisement builts dominantly by base-INSISTENCE relation and relationship between text and picture mostly has almost coheren relationship. Advertisement discourse in SFS advertisement has been made dominantly by diverification and benefit positioning. Both of it mostly has goal to positioning the shop for Instagram advertisement reader.
2015
S61124
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adnin Mustika Hayatun Nufus
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini mengkaji narasi yang ditulis oleh anak-anak dan orang dewasa dengan menggunakan pendekatan sosiolinguistik dan analisis wacana. Analisis ini bertujuan untuk memaparkan struktur naratif dan alat kohesi pada narasi serta membandingkan perbedaannya berdasarkan usia anak-anak dan usia dewasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya narasi yang ditulis oleh orang dewasa yang memiliki struktur lengkap. Jenis kohesi gramatikal yang muncul pada setiap narasi adalah konjungsi. Substitusi hanya ditemukan pada narasi yang ditulis oleh orang dewasa. Pada kohesi leksikal, jenis kohesi yang muncul pada setiap narasi adalah repetisi dan kolokasi.
ABSTRACT
This research discusses about sociolinguistics and discourse analysis of narrative text. The purpose of this research are to describe the narrative structures and cohesion markers used in narrative text and to compare its differences based on the age of children and adults involved. This research uses qualitative method. The result indicates that the narrative text written by adults have a complete structures. In grammatical cohesion, conjunction is used in every narrative text, while substitution is only used in narrative texts written by adults. In lexical cohesion, repetition and collocation are also used in every narrative text.
2015
S60945
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairani Fajrianisa
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi wacana pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang kebijakan penaikan harga BBM. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough yang terdiri atas deskripsi teks, interpretasi teks, dan eksplanasi teks. Deskripsi teks mendeskripsikan makrostruktur dan suprastruktur wacana. Hasil deskripsi teks menjadi dasar untuk interpretasi teks. Eksplanasi teks membahas ideologi yang tersirat dalam pidato Presiden SBY. Strategi wacana yang digunakan Presiden SBY adalah penggunaan wacana argumentasi dengan topik fiskal dan APBN, kesejahteraan rakyat dan infrastruktur, serta subsidi dan harga BBM dalam menyampaikan kebijakannya. Presiden SBY juga menggunakan kuasa dan ideologinya ketika menyampaikan kebijakan tersebut.
ABSTRACT
The purpose of this research is to describe the discourse strategy of President Susilo Bambang Yudhoyono’s speech due to the policy of raising fuel price. This research uses a critical discourse analysis method by Fairclough that consists of text description, interpretation, and explanation. The text description describes the macrostructure and superstructure of the discourse. The result of text description becomes the base of text interpretation. The text explanation explains the implicit ideology in the speech. The discourse strategy of the speech uses an argumentative discourse about fiscal, APBN, public prosperity, infrastructure, fuel subsidy and fuel price. Besides that, President SBY uses his power and ideology in his speech.
[Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2014
S55374
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library