Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ade Leana Citra
"Salah satu dari fungsi hospital bylaws adalah sebagai sarana perlindungan hukum bagi semua pihak yang berkaitan dengan rumah sakit. Perlindungan hukum sangat diperlukan saat tenaga kesehatan mendapatkan tuntutan. Salah satu hal yang dapat menimbulkan tuntutan adalah timbulnya Kejadian Tidak Diharapkan (adverse events). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang bagaimana isi kebijakan hospital bylaws dalam upaya perlindungan tenaga kesehatan terhadap tuntutan adverse events dan kesesuaian isi kebijakan dengan pedoman yang ada. Desain penelitian dengan metode kualitatif. Hasil penelitian adalah kebijakan hospital bylaws RSKO Jakarta sudah memuat tentang upaya perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan namun masih harus dilengkapi dengan pembuatan kebijakan teknis operasional lain dan masih ada ketidaksesuaian isi kebijakan hospital bylaws dengan pedoman. Saran yaitu agar dapat dilakukan perbaikan isi kebijakan hospital bylaws RSKO Jakarta, membuat kebijakan teknis operasional pendukung dan perbaikan pedoman hospital bylaws oleh pemerintah.

One of the functions of hospital bylaws is as a means of legal protection for all parties associated with the hospital. Legal protection is very necessary when health workers get claim. One of the things that can cause the claim is unexpected incidence (adverse events). The purpose of this research is to know in depth about how the policy content of hospital bylaws in efforts to protect health workers against the claim of adverse events and the content of policy conformance with existing guidelines. Research design with qualitative methods. Results of the study was RSKO Jakarta hospital bylaws policy already contains about legal protection for health workers but still need to be equipped with making other technical operational policies and there is still a discrepancy contents policy with Hospital Bylaws guidelines. Suggestion is that the contents of the RSKO Jakarta hospital bylaws policy can be improved, making technical operasional policies and improvement of hospital bylaws guidelines by government.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41503
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Radityo Utomo
"ABSTRAK
Tesis ini membahas model Integrated Care Pathway (ICP) perawatan pasien
dengan penyalahgunaan NAPZA putus zat opioid sebagai salah satu kasus.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan koordinasi, komunikasi, kesinambungan dan kolaborasi
pelayanan pasien putus zat opioid belum berjalan optimal yang melibatkan
berbagai unsur disiplin keilmuan pada pelayanan yang diberikan. Model ICP
yang diusulkan agar dikembangkan kembali dengan melibatkan berbagai multi
disiplin ilmu yang terlibat di dalam pelayanan pasien dengan penyalahgunaan
NAPZA putus zat opioid di RSKO Jakarta melalui sebuah kegiatan FGD yang
melibatkan lebih banyak tenaga kesehatan yang terkait dengan layanan sehingga
dapat menghasilkan ICP yang sesuai dengan kebutuhan.

ABSTRACT
This thesis discusses the model of Integrated Care Pathway (ICP) treatment of
patients with drug abuse of opioid withdrawal as one case. This study is a
qualitative study with a descriptive design. The results show coordination,
communication, and collaboration continuity of patient care opioid withdrawal
has not run optimally involving various elements of scientific disciplines on the
service provided. ICP models are proposed for re-developed with the involvement
of a variety of multi-disciplines involved in the care of patients with drug abuse of
opioid withdrawal in RSKO Jakarta through an FGD activities that involve more
health workers associated with the service so that it can produce the ICP in
accordance with the requirements ."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42804
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hermawanto
"ABSTARK
Kepatuhan analisis laboratorium terhadap prosedur mutu laboratorium di Rumah sakit Ketergantungan Obat Jakarta perlu di analisis sehubungan dengan adanya komplain dari pelanggan internal tentang mutu hasil pemeriksaan laboratorium. Laboratorium merupakan bagian dari mata rantai pelayanan Medik. Kepatuhan analis laboratrum terhadap prosedur mutu merupakan awal upaya meminimalkan medical error yang berarti mengingkatkan patient safety. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepatuhan analisis laboratorium terhadap prosedur mutu laboratorium di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta tahun 2015.

ABSTRACT
The compliance of laboratory analysis at the RSKO Hospital, Jakarta, to the quality assurance procedures is need to studied, as there have been some complaints from the hospital's customers for the laboratory results the received. As we know, a hospital laboratory is an integral part of a medical services chain. "
2015
T42938
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Umi Fikria Arif
"LATAR BELAKANG: Meskipun dengan penambahan mesin, peningkatan utilisasi dan kunjungan unit hemodialisis Rumah Sakit Baiturrahim Jambi, namun masih banyak masalah terkait fasilitas, dana, pelayanan dan keluhan pasien hemodialisis. TUJUAN: Mengetahui mutu pelayanan unit hemodialisis Rumah Sakit Baiturrahim Jambi dan memperoleh gambaran kualitas hidup pasien yang menjalani hemodialisis di Rumah Sakit Baiturrahim Jambi Tahun 2019. METODE: Penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif analitik potong lintang dengan menggambarkan mutu pelayanan unit hemodialisis dari segi struktur, proses dan outcome. Dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 8 informan terpilih, observasi dan Focus Group Discussion. Kualitas hidup pasien dari 96 pasien HD dilakukan menggunakan kuesioner EQ-5D-5L. HASIL: RS Baiturrahim kekurangan 1 orang dokter spesialis penyakit dalam dan 11 perawat terlatih, 2 dari 5 SPO yang diobservasi belum dilaksanakan dengan optimal, (58,3% dan 72,2%), konseling dan monitoring juga belum optimal. Dari 96 pasien HD yang memiliki kualitas hidup baik sebanyak 62 pasien (64.58%), sedangkan pasien yang memiliki kualitas hidup kurang baik sebanyak 34 pasien (35,41) %. Domain dengan nilai 1 (tidak ada masalah) paling banyak adalah merawat diri (51 pasien, 53%), Sedangkan domain dengan nilai 5 (amat sangat bermasalah) terdapat pada domain kegiatan harian dan rasa cemas (7 pasien, 7%). KESIMPULAN: Mutu Pelayanan unit hemodialisis belum optimal, dan kualitas hidup pasien hemodialisis mayoritas baik.

BACKGROUND: Even with the addition of machines, increased utilization and visits to the hemodialysis unit at the Baiturrahim Hospital Jambi, there are still many problems relating to facilities, funds, services and complaints from HD patients. PURPOSE: This study aims to analyze the quality of service in the hemodialysis unit at Baiturrahim Hospital Jambi based on structure, process and outcome and to obtain descriptions of patients who undergo hemodialysis in Baiturrahim Hospital Jambi in 2019. METHOD: A qualitative and cross sectional descriptive analytic quantitative study by describing the service quality of the hemodialysis unit from the structure, process and outcome. Conducted by in-depth interview with 8 eligible respondents, observations and focus group discussion. Patient's quality of life was asked of 96 HD patients using the EQ-5D- 5L quality of life questionnaire. RESULT: Baiturrahim Hospital lacked 1 internist and 11 trained nurses. 2 of 5 observed service procedures were not optimally carried out (58,3% and 72,2%), counseling and monitoring were not optimal. From 96 HD patients, 62 patients had good quality of life (64.58%), and 34 patients had poor quality of life (35.41%), The domain with value of 1 (without problem) was self-care (51 patients, 53%). While the domain with a value of 5 (very very problematic) was found in the domain of daily activities and anxiety (7 patients, 7%). CONCLUSION: Service quality of hemodialysis unit was not optimal, and the quality of life of majority of hemodialysis patients was good."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library