Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Fitriani
"Ide bunuh diri menjadi salah satu komponen penting dalam memprediksi upaya bunuh diri serta diasumsikan sebagai indikator dari masalah kesehatan mental lainnya. Mahasiswa salah satu kelompok yang rentan memiliki ide bunuh diri dikarenakan adanya tekanan hidup dan sumber stres lainnya. Peranan coping styles menjadi penting bagi individu dalam menghadapi masalah dalam hidupnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara coping styles (problem-focused coping, emotion-focused coping, dan avoidant coping) dengan ide bunuh diri pada mahasiswa program sarjana di Universitas Indonesia. Desain penelitian menggunakan kuantitatif Cross-Sectional dengan membagikan kuesioner secara daring melalui Kobo ToolBox sejumlah 570 responden mahasiswa dari 14 fakultas. Teknik sampling menggunakan metode Incidental sampling dan Quota Sampling. Alat ukur Brief COPE dipakai untuk mengukur coping styles dan Beck Scale for Suicide Ideation untuk mengukur ide bunuh diri. Dari hasil uji statistik Spearman Correlation menunjukkan ada hubungan antara problem-focused coping (r = -0,453, p<0,05), emotion-focused coping (r = -0,210, p<0,05), dan avoidant coping (r = 0,593; p<0,05) dengan ide bunuh diri pada pada mahasiswa program sarjana di Universitas Indonesia. Arah hubungan negatif pada problem-focused coping dan emotion-focused coping dengan ide bunuh diri, sedangkan avoidant coping memiliki hubungan positif. Semakin sering mahasiswa menggunakan problem-focused coping dan emotion-focsed coping akan semakin rendah ide bunuh diri yang dimiliki. Serta, semakin sering penggunaan avoidant coping akan semakin tinggi ide bunuh diri yang dimiliki. Maka itu, peneliti merekomendasikan mahasiswa untuk mengkombinasikan penggunaan problem-focused coping dan emotion-focused coping yang adaptif ketika mengatasi tekanan hidup dibandingkan avoidant coping atau penghindaran terhadap masalah.

Suicidal ideation is essential in predicting suicide attempts, also assumed to be an indicator of other mental health problems. Undergraduate students are one of the groups most vulnerable to suicidal ideation due to life pressures and other sources of stress. Coping styles is a crucial role for individuals in dealing with life problems. The aim of this study is to examine the relationship between coping styles (problem-focused coping, emotion-focused coping, and avoidant coping) with suicidal ideation on undergraduate students at University of Indonesia. This study using quantitative cross-sectional design with distributed online questionnaires via Kobo ToolBox to collected 570 student respondents from 14 faculties. The sampling techniques used are incidental sampling and quota sampling. The Brief COPE was used to measurement coping styles, and the Beck Scale for Suicide Ideation was used to measurement suicidal ideation. The result of study using Spearman correlation statistical tests indicated coping styles significantly correlated between problem-focused coping (r = -0.453, p<0.05), emotion-focused coping (r = -0.210, p<0.05), and avoidant coping (r = 0.593, p<0.05) with suicidal ideation on undergraduate students at University of Indonesia. Problem-focused coping and emotion-focused coping has negative correlation with suicidal ideation, inverse avoidant coping has a positive correlation. The more frequently students use problem-focused coping and emotion-focused coping, the lower their suicidal ideation. Conversely, the more frequently avoidant coping is used, the higher the suicidal ideation. Recommendation that undergraduate students to combine the use of adaptive problem-focused coping and emotion focused coping when dealing with life pressures rather than resorting to avoidant coping."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfiyah Hanifah
"Penelitian ini menguji faktor-faktor penentu pemanfaatan kesehatan mental di kalangan Mahasiswa Sarjana menggunakan Teori Perilaku Andersen, yang terdiri dari faktor individu dan faktor kontekstual yang memengaruhi perilaku pemanfaatan layanan kesehatan mental menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (campuran). Studi ini menemukan bahwa siswa yang memanfaatkan layanan kesehatan mental lebih cenderung perempuan (80%), tahun pertama (35,7%), kebutuhan pelayanan kesehatan mental yang dirasakan (57,2%) memiliki tingkat gangguan mental tertinggi (kebutuhan yang dievaluasi) (SRQ- 20: ≥ 6) (70,1%) dan tidak memiliki ide bunuh diri (71,4%), sementara penghalang yang paling banyak memilih untuk menggunakan layanan kesehatan adalah "Lebih suka menyelesaikan masalah mereka sendiri (masalah manajemen diri) (64%). Bantuan profesional tidak memerlukan karena masalah kecil dan sementara (sementara) (48%). Preferensi untuk mencari bantuan dari teman dan keluarga (40%) Kurang waktu (32%). Faktor kontekstual adalah kebijakan, pembiayaan dan organisasi. Kebijakan tingkat universitas dan penyedia layanan kesehatan (klinik) secara umum belum dibentuk atau disahkan. Pendanaan yang memadai tetapi tidak fleksibel dan tidak memadai untuk inovasi. Organisasi, klinik telah melakukan banyak upaya dan program dan dapat lebih ditingkatkan efektivitasnya.

This study examines the determinants of mental health utilization among undergraduate students using Andersens Behavior Theory, which consists of individual factors and contextual factors that influence the behavior of mental health service utilization using quantitative and qualitative methods (mixed). This study found that students who used mental health services were more likely to be female (80%), first year (35.7%), perceived mental health service needs (57.2%) had the highest level of mental disorders (needs evaluated) ( SRQ-20: ≥ 6) (70.1%) and do not have suicidal ideas (71.4%), while the barrier that most chose to use health services was Prefer to solve their own problems (self-management problems) (64%). Professional help is not needed because of minor and temporary problems (48%). Preference for seeking help from friends and family (40%) Less time 32%). Contextual factors are policy, financing and organization. University-level policies and health service providers (clinics) in general have not been established or approved. Adequate funding but not flexible and inadequate for innovation. Organizations, clinics have made many efforts and programs and their effectiveness can be further enhanced."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunika Olivia Mutiara
"Kekerasan dalam pacaran (KDP) merupakan kasus yang sering terjadi, namun masih belum begitu mendapat sorotan sehingga masih seringkali terabaikan. Di Indonesia sendiri, KDP menduduki kasus kekerasan terhadap perempuan terbanyak kedua. Bahwasanya, KDP merupakan suatu masalah kesehatan masyarakat dan memiliki pengaruh besar pada kesehatan dan kesejahteraan para korban yang dialami oleh laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kekerasan dalam pacaran pada mahasiswa Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia tahun 2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa program Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yang masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada tahun 2022. Waktu pelaksanaannya pada bulan April – Agustus 2022. Penelitian ini mengambil 201 responden yang dipilih menggunakan metode quota sampling, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online melalui Google Formulir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 69% mahasiswa pernah mengalami kekerasan dalam pacaran. Disarankan untuk mempromosikan isu kesehatan reproduksi dan kekerasan dalam pacaran dengan bekerjasama dengan komunitas mahasiswa dan pelayanan kesehatan yang ada di lingkungan UI.

Dating violence is a common phenomenon yet often ignored. In Indonesia, dating violence is the second most case of violence against women. Nevertheless, dating violence is a public health problem and has a major impact on the health and well-being of victims experienced by both men and women. The purpose of this study is to describe dating violence among undergraduate students at the Faculty of Public Health, University of Indonesia in 2022. This study is a quantitative study with a cross-sectional design. The study population is all undergraduate students at the Faculty of Public Health, University of Indonesia who were still registered as active students in 2022. The time of the study was April - August 2022. This study took 201 respondents who were selected using the quota sampling method, the data were collected using an online questionnaire through Google Forms. The results showed that 69% of students had experienced dating violence. Therefore, it is suggested to promote the issue of reproductive health and dating violence by collaborating with the student community and health services within UI."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Utari Kumalaningtyas
"Peningkatan literasi kesehatan mental dapat membantu kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi tanda dan gejala dari penyakit dan kesejahteraan mental serta penanganannya, termasuk pengobatan dan metode pencegahan yang mudah dijangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi kesehatan mental mahasiswa sarjana Universitas Indonesia ditinjau dari atribut-atribut literasi kesehatan mental oleh Jorm (1997). Sebanyak 744 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Sumber data primer adalah data hasil penyebaran kuesioner online. Penelitian dilakukan di lingkungan Universitas Indonesia pada bulan Oktober-Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78,6% responden memiliki tingkat literasi kesehatan mental yang baik, 20,8% responden memiliki tingkat literasi kesehatan mental sedang, dan 0,5% responden memiliki tingkat literasi kesehatan mental rendah. Atribut yang menunjukkan responden dengan skor yang baik adalah atribut mengenai kemampuan untuk mengenali gangguan kesehatan mental secara spesifik dengan 93,3% dari jawaban responden adalah jawaban benar. Sebagian responden masih memberikan jawaban yang kurang positif/optimis pada kesediaan untuk beraktivitas atau berkeluarga dengan pengidap gangguan mental serta pada kesediaan untuk menemui tenaga ahli kesehatan apabila mereka mengidap gangguan kesehatan mental.. Mengurangi stigma dan mengelola pandangan yang optimis dan positif pada gangguan kesehatan mental dan pengidapnya adalah salah satu kunci yang dapat membantu dan mendorong proses pencarian bantuan dan penanganan yang sesuai.

Improving mental health literacy will help advancing one’s ability to identify signs and symptoms of ailments in mental health and wellbeing, including the available treatment and affordable prevention methods. This research aims to assess the health literacy of undergraduate students in University of Indonesia based upon the attributes of mental health literacy cited from Jorm (1997). A total of 744 respondents participated in this research. Primary data is taken by distributing online questionnaires. The data is analyzed in univariate manner. Eesearch took place in University of Indonesia on October-December 2022. Result shows 78,6% of the respondents are showing good mental health literacy, 20,8% show moderate mental health literacy, and 0,5% show inadequate mental health literacy. Attribute showing most respondents with good scores is the ability to recognize specific disorders, with 93,3% of respondents answers are correct. Most respondents submitted less than positive/optimistic answers on the willingness to work and have family with person suffering from mental health disorder and willingness to seek help immediately instead of keeping the mental disorder to themselves. Reducing stigma and maintaining positive and optimistic view on mental health disorder and its patients will help and encourage the process of help seeking and appropriate treatment.

"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdur Rokhman Wachid
"Body image didefinisikan sebagai suatu gambaran mental seseorang mengenai bentuk dan ukuran tubuhnya, serta bagaimana individu tersebut mempersepsikan dan memberikan suatu penilaian tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan terhadap bentuk dan ukuran tubuhnya. Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan dengan tingkat prevalensi cukup tinggi di Indonesia.  Adanya masalah obesitas pada remaja tentunya juga dapat dipicu oleh berbagai faktor salah satunya adalah terkait dengan bagaimana seorang remaja mempersepsikan gambaran tubuhnya sendiri (body image). Prevalensi obesitas pada mahasiswa S-1 Reguler  FKM UI angkatan 2019 bisa dikatakan masih cukup tinggi, yaitu sebesar 21 %. Sedangkan pada mahasiswa S-1 Reguler FKM UI angkatan 2022, besar prevalensi obesitas sudah mencapai di angka 18 %. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk menggali informasi secara mendalam terkait faktor yang dapat berperan penting terhadap pembentukan persepsi body image pada mahasiswa S-1 Reguler FKM UI Tahun 2023. Informan pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif FKM UI, kerabat/sahabat terdekat mahasiswa FKM UI, ahli gizi, ahli psikologi, serta ahli antropologi. Pemilihan informan pada penelitian  adalah dengan menggunakan  metode purposive sampling yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis (sikap, motif, pengalaman) dan faktor sosial (dukungan sosial, paparan media sosial, pola asuh orang tua) berperan penting terhadap pembentukan persepsi body image pada mahasiswa. Dimana persepsi terhadap tubuh juga berkaitan dengan gaya hidup sehat dan kondisi kesehatan mental mahasiswa itu sendiri. Oleh karena itu, disarankan kepada Klinik Satelit Makara UI dan organisasi kesehatan di UI untuk mengoptimalkan dalam hal mensosialisasikan pentingnya mahasiswa untuk memiliki kesadaran terkait dengan bentuk tubuh ideal.

Body image is defined as a person's mental image of the shape and size of his body, as well as how the individual perceives and gives an assessment of what is thought and felt about the shape and size of his body. Obesity is a health problem with a high prevalence rate in Indonesia. The problem of obesity in adolescents, of course, can also be triggered by various factors, one of which is related to how a teenager perceives his own body image (body image). The prevalence of obesity in FKM UI Regular Undergraduate students class of 2019 can be said to be still quite high, namely 21%. Whereas in FKM UI Regular Undergraduate students class of 2022, the prevalence of obesity has reached 18%. This research is a qualitative research which aims to dig up in-depth information regarding factors that can play an important role in the formation of body image perceptions in FKM UI Regular Undergraduate students in 2023. Informants in this study are active FKM UI students, relatives/closest friends of students FKM UI, nutritionists, psychologists, and anthropologists. The selection of informants in the study was to use a predetermined purposive sampling method. The results showed that psychological factors (attitudes, motives, experiences) and social factors (social support, exposure to social media, parenting patterns) play an important role in the formation of body perceptions in college students. Where it is felt towards the body is also related to a healthy lifestyle and the mental health condition of the students themselves. Therefore, it is suggested to the Makara UI Satellite Clinic and health organizations at UI to optimize it in terms of socializing the importance of students to have awareness related to ideal body shape."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Al-Azhar
"Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit yang sangat menular dan telah menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh dunia. Penularan COVID-19 dapat dicegah dengan melaksanakan praktik pencegahan COVID-19. Beberapa studi di berbagai negara menunjukkan bahwa masih rendahnya praktik pencegahan COVID-19 yang baik pada mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran serta hubungan antara pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan COVID-19 pada mahasiswa S1 reguler Universitas Indonesia dengan menggunakan desain studi cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 415 orang dengan teknik pengambilan sampel, yaitu purposive sampling dan convenience sampling. Pengetahuan, sikap, dan praktik pencegahan COVID-19 diukur menggunakan kuesioner adaptasi dari survei Knowledge, Attitude, and Practices (KAP) terkait COVID-19 secara online menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pengetahuan yang baik, sikap yang positif, dan praktik pencegahan COVID-19 yang baik. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap (p-value = 0,011), sikap dengan praktik (p-value = <0,001), dan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan praktik (p-value = 0,229). Berdasarkan hasil penelitian, maka diperlukan suatu program edukasi terkait COVID-19, khususnya mengenai faktor risiko dan pencegahan COVID-19 untuk meningkatkan sikap positif dan penerapan praktik pencegahan COVID-19 yang baik pada mahasiswa Universitas Indonesia.

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) is a highly contagious disease that has caused a lot of victim around the world. The transmission of COVID-19 can be prevented by implementing COVID-19 prevention practices. Several studies in various countries show that good COVID-19 prevention practices in college students are still low. Therefore, this study was conducted to determine the description and relationship between knowledge, attitudes, and practices of COVID-19 prevention in undergraduate students of Regular Program Universitas Indonesia using a cross sectional study design. The number of samples in this research were 415 people with sampling techniques consist of purposive sampling and convenience sampling. Knowledge, attitudes, and prevention practices for COVID-19 were measured using an adaptation questionnaire from the Knowledge, Attitude, and Practices (KAP) survey related to COVID-19. Data collection is carried out online using Google Forms. The results showed that students had good knowledge, positive attitudes, and good COVID-19 prevention practices. The results of the chi square test showed that there was a relationship between knowledge and attitude (p-value = 0.011), attitude and practice (p-value = <0.001), and there was no relationship between knowledge and practice (p-value = 0.229). Based on the results of the study, an educational program related to COVID-19 is needed, especially regarding risk factors and prevention of COVID-19 to increase positive attitudes and apply good COVID-19 prevention practices to University of Indonesia students."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Mylynda Puteri
"Wilayah Jakarta Timur memiliki angka kekerasan anak tertinggi dibandingkan dengan wilayah DKI Jakarta lainnya. Kekerasan yang dialami anak akan mempengaruhi perkembangan psikososialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan psikososial remaja yang pernah mengalami kekerasan di wilayah Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian merupakan remaja berusia 11-20 tahun yang pernah mengalami kekerasan berjumlah 385 responden menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan kuesioner ICAST versi Bahasa Indonesia dan Y-PSC 35 yang disebarkan secara daring. Hasil penelitian menunjukan bahwa remaja yang pernah mengalami kekerasan di wilayah Jakarta Timur mayoritas tidak mengalami gangguan perkembangan psikososial, tetapi angka remaja yang mengalami gangguan perkembangan psikososial cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, masyarakat terutama orang tua perlu lebih peka terhadap paparan kekerasan pada anak yang akan berpengaruh pada perkembangan psikososialnya. Pelayanan isu kesehatan mental anak juga perlu ditingkatkan untuk mengurangi risiko terganggunya perkembangan psikososial anak.

The East Jakarta region has the highest rate of child violence compared to other DKI Jakarta regions. Violence experienced by children will affect their psychosocial development. This research aims to determine the psychosocial development of adolescents who have experienced violence in the East Jakarta area. The research method used is descriptive quantitative with a cross sectional study design. The research sample was adolescents aged 11-20 years who had experienced violence totaling 385 respondents using purposive sampling techniques. The research used the Indonesian version of the ICAST questionnaire and Y-PSC 35 which were distributed online. The research results show that the majority of adolescentswho have experienced violence in the East Jakarta area do not experience psychosocial development disorders, but the number of adolescents who experience psychosocial development disorders is quite high. Based on research results, society, especially parents, need to be more sensitive to children's exposure to violence which will affect their psychosocial development. Services for children's mental health issues also need to be improved to reduce the risk of disrupting children's psychosocial development."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitroh Nurbayani Habiebah
"Stres merupakan suatu respon seseorang terhadap peristiwa yang dianggap sebagai ancaman. Ketika seseorang merasa stres dapat menggunakan strategi coping sebagai upaya mengurangi stres tersebut. Studi sebelumnya yang telah dilakukan, seseorang dengan tingkat stres yang tinggi, maka orang tersebut tidak sering menggunakan strategi coping untuk mengurangi stres yang dialaminya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dan strategi coping pada mahasiswa program sarjana reguler Universitas Indonesia dengan menggunakan desain studi potong lintang. Pengambilan 361 sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan proporsi kuota berdasarkan rumpun keilmuan yang terdapat di Universitas Indonesia. Tingkat Stres diukur menggunakan Perceived Stress Scale (PSS-10) dan strategi coping diukur menggunakan Brief-COPE yang dilakukan secara daring. Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor PSS-10 sebesar 20,76 dari skala 5-37 dengan tingkat stres mahasiswa sebagian besar mengalami stres sedang (67,9%), tingkat stres ringan (16,6%), dan tingkat stres berat (15,5%) serta strategi coping yang lebih sering digunakan oleh mahasiswa program sarjana reguler Universitas Indonesia adalah problem-focused coping dengan rata-rata skor berdasarkan subskalanya sebesar 2,7584. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan problem-focused coping (p>0,005) dan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan emotion-focused coping (p<0,001). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diperlukan pembuatan program intervensi dan edukasi promosi kesehatan mengenai stres dan strategi coping bagi mahasiswa saat pandemi COVID-19.

Stress is a person's response to events that are considered a threat. When someone feels stressed, they can use coping strategies as an effort to reduce the stress. Previous studies that have been done, someone with a high level of stress, then that person does not often use coping strategies to reduce the stress they experience Therefore, this study was conducted to determine the relationship between coping strategies and stress levels in regular undergraduate students at the University of Indonesia using a cross-sectional design. The sampling of 361 samples in this study used a purposive sampling method with quota proportions based on scientific clumps at the University of Indonesia. Stress levels were measured using the Perceived Stress Scale (PSS-10) and coping strategies were measured using the online Brief-COPE. This study shows that the average PSS-10 score is 20.76 from a scale of 5-37 with the stress level of students mostly experiencing moderate stress (67.9%), mild stress level (16.6%), and severe stress level (15.5%) and coping strategies are more often used by regular undergraduate students at the University of Indonesia is a problem-focused coping with an average score based on the subscale of 2.7584. This study also showed that there was no significant relationship between stress levels and problem-focused coping (p>0.005) and there was a significant relationship between stress levels and emotion-focused coping (p<0.001). Based on the results of this study, it is necessary to create an intervention program and health promotion education regarding stress and coping strategies for students during the COVID-19 pandemic."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfi Hida Zainita
"Seiring meningkatnya penggunaan media sosial pada mahasiswa, kesejahteraan digital dan kesehatan mental telah menjadi isu penting sejak Tahun 2019. Penggunaan media sosial pada mahasiswa dibagi menjadi empat motivasi yakni kebutuhan Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ), kebutuhan mencari informasi, mencari hiburan, dan berinteraksi. Penggunaan media sosial selama pandemi meningkat dan dapat menimbulkan efek negatif seperti gangguan media sosial dan FoMO. Berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, kepemilikan hobi, durasi, dan jumlah akun memepengaruhi gangguan media sosial dan FoMO Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang behubungan dengan gangguan media sosial dan FoMO pada Mahasiswa FKM UI. Studi ini menggunakan desain cross sectional dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui survei daring dengan jumlah responden 104 orang. Hasil studi ini menunjukkan bahwa platform sosial media yang digunakan untuk PJJ dan berinteraksi adalah Whatsapp. Platform sosial media yang digunakan untuk mencari hiburan dan mencari informasi adalah Youtube. 73,1% mahasiswa tergolong pengguna durasi tinggi, 77,9% memiliki akun di bawah 10, 17,3% mengalami gangguan media sosial, dan 43,3% mengalami FoMO tinggi. Terdapat hubungan bermakna antara usia (p=0,003) dan program sarjana (p=0,001) dengan FoMO. Terdapat hubungan bermakna antara durasi (p=0,003) dan jumlah akun (p=0,012) dengan gangguan media sosial. Terdapat hubungan bermakna antara durasi (p=0,002) dan jumlah akun (p=0,007) dengan FoMO.

Along with the increasing use of social media among students, digital well-being and mental health have become important issues since 2019. The use of social media among students is divided into four motivations, namely the need for Distance Learning (PJJ), the need for seeking information, seeking entertainment, and interacting. The use of social media during a pandemic is increasing and prone to have negative effects such as social media disorder and FoMO. Various factors such as age, sex, hobby, duration, and the number of accounts affect social media disorder and FoMO. This study aimed to determine the factors associated with social media disorder and FoMO among FPH UI students. This study used a cross-sectional design with purposive sampling. Data was collected through an online survey with 104 respondents. The results of this study indicate that the social media platform used for PJJ and interacting is Whatsapp. The social media platform used to find entertainment and find information is Youtube. 73.1% of students are classified as high duration users, 77.9% have accounts under 10, 17.3% have social media disorder, and 43.3% considered high FoMO. There was a significant relationship between age (p=0.003) and undergraduate program (p=0.001) with FoMO. There is a significant relationship between duration (p=0.003) and the number of accounts (p=0.012) with social media disorder. There is a significant relationship between duration (p=0.002) and the number of accounts (p=0.007) with FoMO."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Nafis Sjamsuddin
"Saat ini, masyarakat semakin mudah mengakses informasi melalui berbagai perangkat yang terhubung dengan teknologi internet. Namun, hal tersebut menimbulkan berbagai kekhawatiran baru, salah satunya penyebaran infromasi yang salah atau tidak akurat. Untuk mengatasinya, pendekatan literasi yang lebih spesifik dibutuhkan yaitu literasi kesehatan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan determinan personal terhadap literasi kesehatan digital pada mahasiswa program sarjana Universitas Indonesia. Studi ini menggunakan analisis data sekunder dengan desain potong lintang. Data dikumpulkan melalui survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, menggunakan instrumen eHEALS dengan delapan pertanyaan tentang literasi kesehatan digital pada studi ini. Analisis menggunakan regresi linear berganda dengan literasi kesehatan sebagai variabel dependen dan determinan sosial meliputi jenis kelamin, usia, rumpun ilmu, dan uang saku sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi kesehatan digital pada mahasiswa program sarjana dalam kategori baik (M=3,14; SD=0,501). Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan variabel usia saku berhubungan secara signifikan dengan literasi kesehatan digital setelah dikontrol oleh variabel usia (β=0,926; 95% CI=0,037 – 1,785). Oleh karena itu, diperlukan upaya dalam pengembangan program edukasi kesehatan yang dapat menjangkau mahasiswa dari beragam latar belakang dengan tujuan meningkatkan literasi kesehatan digital mereka.

Currently, it is easier for people to access information through various devices connected to internet technology. However, this raises various new concerns, one of which is the spread of false or inaccurate information. To overcome this, a more specific literacy approach is needed, namely digital health literacy. This study aims to determine the relationship between personal determinants of digital health literacy in undergraduate students at the University of Indonesia. This study uses secondary data analysis with a cross-sectional design. Data was collected through a survey conducted by a research team from the Faculty of Public Health, University of Indonesia, using the eHEALS instrument with eight questions about digital health literacy in this study. The analysis uses multiple linear regression with health literacy as the dependent variable and social determinants including gender, age, knowledge class, and pocket money as independent variables. The results showed that the level of digital health literacy in undergraduate students was in the good category (M=3.14; SD=0.501). The results of multiple linear regression analysis show that the pocket age variable is significantly related to digital health literacy after controlling for the age variable (β=0.926; 95% CI=0.037 – 1.785). Therefore, efforts are needed to develop health education programs that can reach students from various backgrounds with the aim of increasing their digital health literacy."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>