Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Destika Sandakila
Abstrak :
Banyak organisasi menerapkan kode etik sebagai panduan secara eksplisit untuk membantu karyawan mengetahui standar etika dari sudut pandang manajemen, dengan tujuan untuk mendapatkan produktivitas guna mencapai tujuan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh institutionalization of ethics terhadap organizational citizenship behavior dan untuk menganalisis peran organizational commitment dalam memediasi dampak institutionalization of ethics pada organizational citizenship behavior dengan psychological empowerment sebagai moderator di salah satu lembaga negara di indonesia. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei online kepada 784 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Responden berasal dari karyawan lembaga jaminan sosial XYZ yang sudah bekerja di institusi selama minimal 3 tahun. Hasil menunjukkan bahwa institutionalization of ethics baik eksplisit maupun implisit memiliki pengaruh positif terhadap organizational commitment; juga organizational commitment memiliki pengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior. Organizational commitment mampu memediasi dan psychological empowerment mampu memoderasi hubungan positif tersebut. ......Many of organization implement code of conduct as an explicit guidance to help employees knowing the standard of ethics from management's viewpoints, with the aim to gain productivity achieving organization's goal. The purpose of this paper is to examine the influence of ethics institutionalization on organizational citizenship behavior and to analyze the role of organizational commitment in mediating the impact of ethics institutionalization on organizational citizenship behavior with psychological empowerment as a moderator in one of State Institution in Indonesia. This research will use a quantitative approach with online survey method to 784 respondents which were determined by purposive sampling method. Respondents come from employees of XYZ State Institution who already work at the institution for minimum three years. The results show that ethic institutionalization both explicit and implisit has a positive effect on organizational commitment; and organizational commitment has a positive effect on organizational citizenship behavior. Organizational commitment could mediate and Psychological Empowerment could moderate their positive linkage.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Dwi Rahayu
Abstrak :
Para pekerja migran yang kembali ke Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Pekerja migran dianggap menyediakan remitansi uang selama di luar negeri sehingga pemerintah berharap agar uang tersebut nantinya akan diinvestasikan dalam kegiatan ekonomi ketika kembali ke daerah asalnya untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan kewirausahaan mereka. Penelitian ini berfokus pada potensi kewirausahaan pada pekerja migran Indonesia (PMI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi potensi kewirausahaan pada purna pekerja migran Indonesia (PMI) dan bagaimana peran remitansi sosial yang diperoleh selama bermigrasi ke luar negeri terhadap kewirausahaan purna PMI setelah kembali ke daerah asalnya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan focus group discussion (FGD) pada purna pekerja migran di daerah Karawang (Jawa Barat), Blitar (Jawa Timur), Kendal (Jawa Tengah), dan Banyumas (Jawa Tengah). Penelitian ini akan menyajikan data deskriptif tentang faktor-faktor yang mendorong pekerja migran untuk berwirausaha dan bagaimana purna pekerja migran tersebut memanfaatkan remitansi sosialnya untuk berwirausaha. Hasil menunjukkan bahwa remitansi sosial yang dibawa pekerja migran ke daerah asalnya berperan dalam mendorong kewirausahaan para purna pekerja migran di daerah Karawang, Blitar, Kendal, dan Banyumas. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi dasar penyusunan usulan kebijakan pengembangan kewirausahaan bagi para pekerja migran, terutama yang telah kembali ke Indonesia. Potensi serta sumber daya purna PMI ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menurunkan pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan, serta dalam jangka panjang diharapkan dapat menurunkan tingkat kemiskinan. ......Return migrant workers in Indonesia have great potential to be developed. Migrant workers may provide financial remittance to Indonesia, which can be invested in economic activities when returning to the home country to stimulate economic growth through entrepreneurial activities. This research focuses on the entrepreneurial potential of Indonesian return migrant workers. The purpose of this study is to explore the potential of entrepreneurship in Indonesian return migrant workers and how the role of social remittances obtained during migrating abroad to the entrepreneurship of Indonesian return migrant workers after returning to their home regions. The study was conducted using a qualitative approach with interviews and focus group discussion (FGD) methods for Indonesian return migrant workers in Karawang (West Java), Blitar (East Java), Kendal (Central Java), and Banyumas (Central Java). This research will present descriptive data on the factors that encourage migrant workers to become entrepreneurs and how these migrant workers utilize their social remittances for entrepreneurship. The results show that the social remittances brought by migrant workers to their home regions play a role in encouraging the entrepreneurship of Indonesian return migrant workers in the Blitar, Kendal, Banyumas, and Karawang areas. We expect the results of the study can be the basis for developing entrepreneurship development policy proposals for migrant workers, especially those who have returned to Indonesia. We finally hope that the potential and resources of Indonesian return migrant workers can help to reduce unemployment and improve welfare, and to reduce poverty in the long run.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Yetti Nova Triana
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat intangible assets menjadi komponen penting bagi organisasi. Intangible assets tersebut diciptakan oleh karyawan bertalenta yang perlu dirangkul, dikembangkan dan dipertahankan oleh organisasi (Schoemaker & Jonker, 2005). Sita & Raut (2014) mengatakan bahwa pengelolaan talent adalah implementasi dari strategi yang terintegrasi yaitu akuisisi, pengembangan dan retensi talent. PT. XYZ adalah perusahaan FMCG multinasional di Indonesia yang telah melakukan talent management sejak tahun 2012. Berdasarkan data talent voluntary turnover tahun 2012 ? 2015 ditemukan kecenderungan peningkatan voluntary turnover talent tahun 2012 ? 2015 berturut-turut mulai dari 0%, 7%, 6% hingga 18%; sementara non talent voluntary turnover cenderung turun. Selain itu, opportunity loss karena talent voluntary turnover tahun 2015 diperkirakan sebesar Rp 490,415,062.50. Hal ini menjadi indikasi bahwa proses talent management belum berjalan optimal dan komitmen dalam implementasi talent management masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan dalam proses penerapan talent management system di PT. XYZ yang meliputi gambaran analisis akuisisi, pengembangan dan retensi talent; komitmen dan peran dari top management dan human resources business partner serta respon dan reaksi dari talent terkait penerapan talent management system di PT. XYZ. Penelitian ini melibatkan top management, HRBP dan talent sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan talent management di PT. XYZ belum terintegrasi antara akuisisi, pengembangan dan retensi karena infrastruktur yang belum lengkap dan komitmen yang rendah dalam pelaksanaannya. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan beberapa program nyata seperti competency talent acquisition, program pengembangan, menu retensi, dan lain-lain yang dapat digunakan oleh top management, HRBP dan talent.
ABSTRACT
The rapidly technology development make the intangible assets as the important component for the organization. Intangible assets is created by talented employees that need to be acquired, developed and retained in the organization (Schoemaker, Jonker, 2005). Sita & Raut (2014) said that talent management is the implementation of integrated strategy consist of talent acquisition, talent development dan talent retention. PT. XYZ is a FMCG multinational company in Indonesia that has been conducted talent management from 2012. Based on talent voluntary turnover data from 2012 to 2015, researcher found the increasing trend of talent voluntary turnover from 2012 ? 2015, it is 0%, 7%, 6% s/d 18% while non talent voluntary turnover declined. Furthermore, the opportunity loss due to talent voluntary turnover on 2015 is predicted as Rp 490,415,062.50. This phenomenon indicated talent management process has not yet running well and commitment in implementation is low. This research is aimed to identify and analysis the problems in implementing talent management system at PT. XYZ consist of the analysis of talent acquisition, development and retention; commitment and role of top management and human resources business partner; response and reaction of talent regarding talent management system implementation at PT. XYZ. This research involved top management, HRBP and talent as informants. The research result showed that talent management implementation at PT. XYZ has not yet integrated between talent acquisitions, development and retention due to the infrastructures are not complete and the commitment is low in the implementation. Therefore, researcher recommended some concrete programs such as competency talent acquisition, development program, retention menu, etc. will be used by top management, HRBP and talent.
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Aziz Luthfi
Abstrak :
Tesis ini membahas perjalanan transformasi PT. Bostonprice Asia dari perusahaan perorangan menuju perusahaan dengan corporate brand yang baik. Pembahasannya dari model perubahan, urgensi pendorong, dan proses transformasinya. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Hasil penelitian menyarankan perusahaan perlu menanamkan dan menumbuhkan kesadaran semua orang untuk berubah lebih mendalam lagi sehingga hasil transformasi bisa lebih maksimal; model transformasi PT. Bostonprice Asia diupayakan bisa menjadikan branding perusahaan yang bagus dengan tanpa menyampingkan personal branding pemilik perusahaan sebagai salah satu sumber daya saing perusahaan; perusahaan perlu merumuskan nilai yang berkembang dalam buku dokumentasi agar perubahan terjaga dan menjadi budaya perusahaan. ......This thesis discusses the transformation journey of PT. Bostonprice Asia from personal company to good corporate brand company. The discussion is about the change model, the driving urgency, and the transformation process. Researcher used a qualitative research with case study approach. The results suggest the company to emphasize and build strong sense to change to all people so that the transformation output can be more maximized The transformation model of PT. Bostonprice Asia is attempted to make a great corporate branding without leaving the personal branding of the company owner as one of competitive advantage resources The company needs to formulate the growing value in a book documentation to keep the change and to become company culture.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfiyani Rahmah
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui pengaruh dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi pegawai penyandang disabilitas di kementerian sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara yang dilakukan di kantor pusat Kementerian Sosial di Jakarta dan unit pelaksana teknis UPT di Jakarta, Bogor, Bekasi, Cibinong dan Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas alat ukur penelitian, analisis data penelitian, uji asumsi klasik yang kemudian dilanjutkan dengan uji regresi. Dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Sedangkan tidak dapat dibuktikan bahwa dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Hasil penelitian ini juga memberikan gambaran bahwa tingkat dukungan organisasi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi berada pada kategori sedang pada pegawai penyandang disabilitas di kementerian sosial. Dimensi rekan kerja dan sifat pekerjaan memiliki nilai kepuasan paling tinggi diantara yang lainnya, sedangkan kesempatan untuk promosi dan penghargaan oleh instansi mendapat nilai paling rendah. Dukungan organisasi berpengaruh paling signifikan terhadap dimensi supervisi atasan dan penghargaan oleh instansi, sedangkan yang tidak signifikan adalah dimensi rekan kerja. ......This study was conducted to determine the effect of perceived organizational support on job satisfaction and organizational commitment employees with disabilities in Ministry of Social Affairs. The data collection was conducted using questionnaires and interviews conducted at the Ministry of Social Affairs in Jakarta, Bogor, Bekasi and Bandung. Data processing was performed to test the validity of instrument, analysis of research data, classic assumption test and single regression test. Perceived organizational support significantly and positively effects job satisfaction. On the other hand, this study is not able to prove that percveived organizational support significant and positive effect on organizational commitment. The result of this study also shows that average moderate level of perceived organizational support, job satisfaction and organizational commitment of employees with disability in ministry of social affairs. Coworkers and task it self has the highest satisfaction scores among others, while the lowest are opportunities for promotion and recognition of achievement. The most significant effect of perceived organizational support on supervisor and recognition of achievement, while coworkers is not significant.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriele Faustine Hartawidjaja
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trustworthiness, customer citizenship behaviour, customer participation behaviour, dan expected brand value terhadap purchase intention dalam high involvement product. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pendekatan kuantitatif dan metode SEM-PLS yang menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Hasilnya adalah semua pengaruh langsung signifikan kecuali customer participation behaviour. Semua pengaruh mediasi dan moderasi tidak signifikan. Penelitian ini memiliki kebaruan dalam segi influencer untuk high involvement product dengan variabel independen trustworthiness karena menggunakan influencer mobil sebagai objek penelitian serta penelitian dilakukan di negara yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Implikasi dari penelitian ini yaitu brand juga dapat meningkatkan perannya dalam mengeksplorasi media sosial dengan melakukan kampanye untuk menampung komunikasi dan interaksi seperti diskusi, ulasan, dan komentar Brand juga dapat mempertimbangkan apakah Fitra Eri merupakan influencer otomotif yang tepat untuk mempromosikan brand sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh brand. ......Determine the effect of trustworthiness, customer citizenship behaviour, customer citizenship behaviour, and expected brand value towards purchase intention in high involvement product. This research uses purposive sampling, quantitative approach and SEM-PLS method with the Smart-PLS version 4 software. All direct effects are proven as significant, except for customer participation behaviour. There is no mediation effect and no moderation effect. Novelty of this research can be found in the research object itself, which is influencer's influence on products' high involvement with independent trustworthiness as variable, where automotive influencer is used as research object. Moreover, this research is conducted in a different country than previous research. Building trust is one of the most important things in ensuring the success of customer citizenship behavior, by giving key updates via various social media or brand influencer. Brand owners could also increase their own involvement in exploring social media, one of the examples is by doing campaign to communicate and interact with customers, reviews, comments, and votes. Brand owners could also consider whether Fitra Eri is the most suitable automotive influencer to promote their brand, in accordance with their objectives.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarine Iralia
Abstrak :
Media sosial merupakan salah satu wadah besar dan potensial bagi pemasar untuk memasarkan sebuah produk atau layanan kepada khalayak luas. Media sosial menawarkan begitu banyak cara bagi para pemasar untuk memasarkan produk atau brand mereka, salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan para influencers. Perusahaan-perusahaan menyadari adanya kekuatan persuasif yang dimiliki oleh para influencers atas para pengikutnya, dengan mengajak kerjasama para influencers agar mempromosikan produk mereka. Demikian penelitian ini akan melihat kontribusi influencers terhadap purchase intention konsumen terhadap brand fashion wanita lokal yang ada pada media sosial TikTok. TikTok merupakan salah satu media sosial incaran para pemasar, dimana video TikTok bergerak sesuai dengan tren yang ada. Tren dapat berupa gerakan, suara, hingga produk yang diunggah sebagai konten video oleh para pengguna. Pada masa kini, brand pakaian lokal Indonesia cukup diminati, tentu dengan adanya bantuan media sosial dan influencer sebagai media pemasaran. Penelitian ini juga akan difokuskan pada produk pakaian wanita, untuk melihat hasil penelitian yang lebih spesifik, dan berbeda dengan penelitian sebelumnya yang lebih general. Maka itu, penelitian ini akan difokuskan untuk brand fashion wanita yang berbasis di Indonesia, untuk memberikan gambaran yang berbeda dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor TikTok fashion influencer terhadap purchase intention brand local Wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melalui penyebaran kuesioner secara online kepada minimal 180 responden, menggunakan pendekatan purposive sampling. Data diolah menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan secara positif antara perceived credibility, trust, perceived behavioral control, perceived expertise, perceived congruence dengan attitude toward the influence. Kemudian adanya hubungan secara positif antara attitude toward the influence dengan brand attitude dan purchase intention, serta brand attitude dengan purchase intention. Namun, tidak terdapat hubungan antara subjective norms dengan attitude toward the influencer. ......Social media is one of the big and potential forums for marketers to market a product or service to a wide audience. Social media offers so many ways for marketers to market their products or brands, one of which is by working with influencers. Companies recognize the persuasive power that influencers have over their followers, by inviting influencers to collaborate to promote their products. Thus, this study will look at the contribution of influencers to consumer purchase intentions towards local women's fashion brands on TikTok social media. TikTok is one of the social media targeted by marketers, where TikTok videos move according to existing trends. Trends can be in the form of movement, sound, to products uploaded as video content by users. Nowadays, local Indonesian clothing brands have very high demand, of course with the help of social media and influencers as marketing media. This research will also focus on women's clothing products, to see the results of research that are more specific, and different from previous research that is more general. Therefore, this research will focus on women's fashion brands based in Indonesia, to provide a different picture from previous research. This study aims to look at the TikTok fashion influencer factor on the purchase intention of local women's brands. This study uses a quantitative approach, by distributing online questionnaires to a minimum of 180 respondents, using a purposive sampling approach. The data was processed using the Structural Equation Modeling (SEM) analysis method. The results show that there is a positive relationship between perceived credibility, trust, perceived behavioral control, perceived expertise, perceived congruence and attitude toward the influence. Then there is a positive relationship between attitude toward the influence with brand attitude and purchase intention, and brand attitude and purchase intention. However, there is no relationship between subjective norms and attitude toward the influencer.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryo Prabowo Sigit Purwanto
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh Perceived Value terhadap Co-Brand Equity, Co-Brand Preference, dan Continuance intention pada Industri Fashion Aliran Streetwear di Indonesia. Penelitian yang berbentuk Conclusive Research Design ini mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode Non-probability Sampling dengan tipe Convenience Sampling yang ditargetkan kepada konsumen penikmat produk Fashion Streetwear yang merupakan produk dari hasil Co-Branding di antara dua atau lebih merek. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh positif Perceived Value terhadap Co-Brand Equity, Co-Brand Preference, dan Continuance intention pada Industri Fashion Aliran Streetwear di Indonesia. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak akademisi, pelaku usaha, dan peneliti berikutnya. ......This thesis discusses the influence of Perceived Value on Co-Brand Equity, Co-Brand Preference, and Continuance intention in the Streetwear Fashion Industry in Indonesia. This research in the form of Conclusive Research Design collects data using a questionnaire instrument with the Non-probability Sampling method with the Convenience Sampling type which is targeted at consumers who are connoisseurs of Fashion Streetwear products which are products from the results of Co-Branding between two or more brands. The results of this study shows the positive influence of Perceived Value on Co-Brand Equity, Brand Preference, and Continuance intention in the Streetwear Fashion Industry in Indonesia. In addition, it is hoped that the results of this research can be useful for academics, business actors, and future researchers.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Puspita Anggraini
Abstrak :
Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi customers sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Salah satunya dengan mencari berbagai informasi mengenai produk tersebut. Pencarian informasi ini berguna untuk mengurangi customers' uncertainty terhadap kualitas produk yang ditawarkan. Informasi ini dapat diperoleh melalui online review yang merupakan salah satu bentuk dari electronic word of mouth (eWOM). Tujuan dari penelitian ini untuk melihat keefektifan eWOM, review helpfulness, customers trust, brand attitude, dalam mempengaruhi purchase intention produk kosmetik di suatu retailer kosmetik di Indonesia, Sociolla. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui survei online dengan 155 responden. Setelah itu, Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menemukan bahwa eWOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap review helpfulness. Review helpfulness juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customers trust dan brand attitude. Penelitian ini juga menemukan bahwa customers trust dan brand attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Ditemukan juga bahwa review helpfulness secara tidak langsung memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan dimediasi oleh customers trust dan brand attitude. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa review helpfulness, customers trust, brand attitude, secara positif dan signifikan memediasi pengaruh eWOM terhadap purchase intention. ......Many factors can influence customers before decide to buy a product. One of them is by looking for information about the product. Information search is useful for reducing customers' uncertainty about the quality of the product. Information can be obtained through online reviews, a form of electronic word of mouth (eWOM). This study aims to see the effectiveness of eWOM in influencing purchase intention on cosmetic retailers. The study also used review helpfulness, customers trust, and brand attitude as mediating variables in the context of Sociolla, a cosmetic retailer in Indonesia. This study used descriptive quantitative research methods by collecting the data via an online survey with 155 respondents. PLS-SEM used to analyse the data. Findings indicate that eWOM has a positive and significant effect on review helpfulness. Review helpfulness also has a positive and significant effect on customers trust and brand attitude. Customers trust and brand attitude also positively and significantly affected purchase intention. This study also found that review helpfulness has an indirect positive and significant effect on purchase intention via customers trust and brand attitude. Results suggest that review helpfulness, customers trust, and brand attitude positively and significantly mediate the effect of eWOM on purchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shadika Mega Puspita Sari
Abstrak :
Digitalisasi dalam bidang pemasaran memberikan dampak terhadap berbagai bentuk badan usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penggunaan iklan dalam platform media sosial Facebook merupakan salah satu upaya pemasaran yang lazim dilakukan oleh UMKM di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang mendorong UMKM dalam menggunakan iklan Facebook, sekaligus melihat dampaknya terhadap performa bisnis. Penelitian ini membangun model teoretis dengan menggunakan  Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan divalidasi menggunakan studi empiris melalui survey kepada 250 pemilik atau pemegang keputusan strategis UMKM di Indonesia. Hasil penelitian dianalisis menggunakan SEM-PLS. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara faktor compatibility, social influence, dan perceived ease of use dengan perilaku penggunaan iklan Facebook, tetapi tidak ditemukan adanya pengaruh dari faktorcost, facilitating conditions, dan perceived usefulness terhadap perilaku penggunaan iklan Facebook. Faktor perceived financial resource availability dikonfirmasi dapat memberikan efek moderasi yang signifikan pada hubungan antara penggunaan iklan Facebook dengan performa bisnis. Secara umum penggunaan iklan Facebook tidak memiliki pengaruh terhadap performa bisnis, terutama pada dimensi laba (profitability) dan efisiensi (efficiency), tetapi ditemukan efek positif dan signifikan pada beberapa indikator pendukung performa bisnis itu sendiri, seperti pertumbuhan (growth), tujuan pribadi pemilik badan usaha (owner’s personal goals), dan reputasi (reputation). ......Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are among the types of business entities that are impacted by digitalization in the marketing industry. One of the most popular marketing strategies used by MSMEs in Indonesia is the usage of Facebook advertising. The goal of this study is to discover the aspects that motivate MSMEs to utilize Facebook ads and to evaluate the effects of those elements on company performance. The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) is used in this study to create a theoretical model, which is then supported by an empirical study based on a survey of 250 MSME’s owners or strategic decisionmakers in Indonesia. SEM-PLS was used to examine the study's findings. This study demonstrates that the elements of compatibility, social influence, and perceived ease of use have a direct and significant impact on the behavior of utilizing Facebook advertisements, whereas the factors of cost, facilitating conditions, and perceived usefulness have no such impact. According to research, there is a strong moderating influence between the use of Facebook advertising and performance due to the perceived financial resource availability factor. Facebook advertising generally has no impact on business performance, particularly in terms of profitability, efficiency, and business owner’s personal goals, but it does have a positive and significant impact on a number of factors that support the performance of the business itself, such as MSME’s growth and  reputation.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>