Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mulyana
Abstrak :
Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah simbol-simbol apa saja yang terdapat di mesjid An-Nawier, dan apakah simbol-simbol yang ada tersebut maknanya berkaitan dengan ajaran agama Islam. Untuk menyusun skripsi ini, pengumpulan data diiakukan dengan Cara studi pustaka menurut kaidah penelitian sejaralt dengan menggunakan metode deskriftif analisis, dan pengamatan langsung ke objek penelitian.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S13316
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kodrat Setiawan
Abstrak :
Kodrat Setiawan. Skripsi ini dibuat untuk memenuhi geiar sarjana Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Indonesia dengan judul Pandangan Mohammed Arkoun tentang Islamologi Barat dan islamologi Terapan, di bawah bimbingan Juhdi Syarif, M.Hum dan Dra Siti Rahmah Soekarba, MHum; 71 hal; 33 sumber acuan.Mohammed Arkoun merupakan salah seorang ilmuwan muslim yang tulisannya banyak menjadi bahan perbincangan di kalangan akademisi Islam. Ia lahir dan dibesarkan di Aljazair, sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragazna Islam. Kehidupannya di Aljazair membuat dasar kecintaannya yang kuat terhadap Islam., sehingga sepanjang hidupnya didedikasikan untuk mengkaji Islam. Sedangkan kehidupannya di Perancis, saat is menimba ilmu, sangat berperan dalam perkenalannya terhadap ilmu-ilmu yang berkembang di Barat. Ini mungkin yang membuathya unik dan fenomenal.Tema sentral dalam tiap kajian yang disampaikan Arkoun adalah pembaruan pemikiran Islam. Menurutnya pemikiran Islam masih berada dalam suasana mental abad pertengahan, yang cenderung mengikuti langsung pemikiran-pemikiran para pendahulu tanpa kritik. Ini menyebabkan terjadinya kejumudan, ketertutupan, dan pemahaman yang kaku terhadap pemikiran Islam. Untuk mengatasi kejumudran tersebut Arkoun berusaha membuka diri terhadap kemodernan yangsberkembang di Barat. Menurutnya pemikiran Barat modem yang kritis dan rasional dapat menunjukkan jalan keluar dari kejumudan pemikiran Islam. Namun pembukaan diri terhadap pemikiran Barat tersebut juga dilakukan tidak tanpa kritik.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S13290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suratno
Abstrak :
Aksi bom syahid. menjadi salah satu bentuk perlawanan dan perjuangan bangsa Palestina. Hal ini sangat berbeda dengan bentuk - bentuk atau strategi perlawanan dan perjuangan bangsa Palestina sebelumnya. Berangkat dari pemikiran di atas, penulis mencoba mengambil judul skripsi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut melalui pendekatan sejarah. Dalarn penulisan dan penelahaan perkembangan aksi istisyhadiyah, pertanyaan yang relevan adalah: 1. Apa faktor penyebab terjadinya aksi istisyhadiyah ? 2. Apakah aksi istisyhadiyah berpengaruh besar terhadap perjuangan rakyat Palestina.?
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S13375
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Subhan Hariadi Putra
Abstrak :
Skripsi ini membahas dan meneliti tentang salah satu karya Syekh Yusuf al-Makassari yang berjudul Syurut al-'arif al-Muhaqqiq. Syekh Yusuf al-Makassari adalah salah satu sufi besar yang berpengaruh dalam perkembangan tasawuf di Nusantara. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya karya-karya beliau dan juga karangan-karangan sufistik yang ditulisnya. Syurut al-'arif al-Muhaqqiq selanjutnya hanya disebut SAM saja- adalah salah satu karya penting Syekh Yusuf al-Makassari. Teks SAM adalah salah satu dari beberapa bundle kitab tasawuf Syekh Yusuf yang tersimpan di Perpustakaan Nasional Jakarta.Kondisi naskah ini memerlukan pengkajian filologis yang bertujuan untuk meghasilkan edisi teks serta penjelasan kandungan isinya sebagai bagian dari upaya melestarikan peninggalan sejarah nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dengan jelas tentang paham dan ajaran yang ditulis oleh Syekh Yusuf dalam kitab SAM ini. Ajaran-ajaran tersebut seperti, al-Arsy dan al-Qalbu, al-insan al-kamil, al-Ihalah dan al-ma'iyyah, dan Syarat Arif Muhaqqiq. Dalam menjelaskan ajaran-jarannya tersebut, Syekh Yusuf selalu mengutip berbagai pernyataan tokoh-tokoh sufi lain seperti Ibn -Arabi, al-Gazali dan Abd al-Qadir Jaylani. Hal ini menyebabkan keterangan-keterangan dan paham Syekh Yusuf sangat kental dan akrab dengan ajaran
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nauval Zidny
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang Pondok Pesantren Al-Hadi, sebuah lembaga pendidikan bermazhab Syiah yang berlokasi di Pekalongan, Jawa Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara secara mendalam dalam melakukan pengumpulan data. Hasil penelitian menemukan bahwa Pondok Pesantren Al-Hadi memiliki persamaan dan perbedaan dengan pondok pesantren lain. Pondok Pesantren Al-Hadi memiliki elemen-elemen pondok pesantren yang sama dengan pondok pesantren lain. Perbedaan Pondok Pesantren Al-Hadi dengan pondok pesantren lain adalah dari kurikulum yang diajarkan. Penelitian ini juga menemukan adanya hubungan yang kurang baik antara Pondok Pesantren Al-Hadi dengan pondok pesantren lain. Akan tetapi memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat, pemerintah, dan pondok pesantren Syiah yang ada di Indonesia. Dengan pemahaman Syiah yang menjadi landasannya, Pondok Pesantren Al-Hadi tetap berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sekitar, dan pemerintah setempat.
This paper is discuss about Boarding School of Al-Hadi, an educational institution which has a Shiite sect and located in Pekalongan, Central Java. This research is a qualitative study using observation and in depth interviews methods, in collecting data. The results showed that the Boarding School of Al-Hadi has similarities and differences with the other boarding school. The Boarding School of Al-Hadi has elements in common with another boarding school. The main differences can be seen from the curriculum being taught. This research showed that poor relationships between the boarding school of Al-Hadi with other boarding schools. However, it have a good relationship with the community, government, and another Shiite Islamic Boarding Schools in Indonesia. Although it has a Shiite sect, the Boarding School of Al-Hadi still interact with the environment communities surrounding and local government.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S13332
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farkhan
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang Jamaah Ahmadiyah, sebuah kelompok paham keagamaan yang mengikuti ajaran dan petunjuk Mirza Ghulam Ahmad. Jamaah ini berdiri pada tanggal 23 Maret 1889 di India. Ahmadiyah telah masuk ke Indonesia pada tahun 1925 di daerah Tapak Tuan Pantai Barat Aceh. Jamaah Ahmadiyah terbagi menjadi dua yakni Ahmadiyah Qadian dan Lahore. Kedua kelompok Ahmadiyah ini mempunyai organisasi masing-masing di Indonesia. Kelompok Ahmadiyah Lahore menyebut dirinya Gerakan Ahmadiyah Indonesia, sedangkan Ahmadiyah Qadian bernama Jamaah Ahmadiyah Indonesia. Jamaah Ahmadiyah Indonesia berhasil mengembangkan dan membangun pusat kegiatannya di daerah Bogor, sedangkan Gerakan Ahmadiyah Indonesia yang berpusat di Yogyakarta perkembangannya tidak begitu pesat karena keorganisasiannya longgar. Studi tentang Jamaah Ahmadiyah Indonesia ini berupaya mengkaji dengan fokus pada segi dakwah dan ajaran pokok yang dibawa oleh Mirza Ghulam Ahmad. ......This paper discusses about the Ahmadiyyah, a group of religious thought and actions that follows the teachings of Mirza Ghulam Ahmad, which was established on March 23, 1889 in India. Ahmadiyyah penetrated Indonesia in 1925, at Tapak Tuan region, in west coast of Aceh. The Ahmadiyyah consists of two communities, Ahmadiyyah Qadian and Lahore. The second group establishes the organization of Ahmadiyyah in Indonesia. Ahmadiyyah Lahore names itself Indonesia Movement Ahmadiyyah, while Ahmadiyyah Qadian addresses Jemaat Ahmadiyyah of Indonesia. The Jemaat Ahmadiyyah of Indonesia succeeded to develop and to build activities in Bogor, on the other hand the Indonesia Movement Ahmadiyyah based in Yogyakarta. Studies of the Jemaat Ahmadiyyah of Indonesia attempts to study, which stresses on the fundamental aspects of preaching and teaching brought by Mirza Ghulam Ahmad.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1174
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syariati Umami
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang Sosialisasi Fikih Muhammad Kholil di Bangkalan. Kholil adalah seorang ulama legendaris asal Bangkalan awal abad ke 19 dan ahli dalam ilmu fikih. Kholil mengarang kitab fikih beijudul Al-Matn As-Syarif dan As­ Sildh fi Baydn An-Nikdh. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian sejarah. Data diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara dengan nara sumber yang memiliki keterkaitan dengan Kholil. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengenal sosok Kholil, pemikiran fikihnya dan pengaruhnya di Bangkalan. Basil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab fikih Al-Matn As-Syarif dan As-Sildh fi Baydn An-Nikah digunakan sebagai rujukan permasalahan Islam (ibadah dan pernikahan) di masyarakat Bangkalan dalam kehidupan sehari-hari. Pemikiran fikih Kholil memberikan pengaruh yang kuat dalam perkembangan Islam di Bangkalan Madura.
This study discuss about Socialization of Fikih 'Muhammad Kholil in Bangkalan. Kholil is a legendary ulama from Bangkalan in 19th century who is specialist infikih. Kholil writes fikih books which are entitled Al-Matn As-Syarif dan As-Silah fi Bayan An-Niktih The method which the writer used is historical research method. The data obtained thought literature and interviews with informants who have relevance with Kholil. The Purpose of this study is to recognize the figure Kholil, thought and Kholil role in Bangkalan. The result of this study is to show that fikih books Al-Matn As­ Syarif dan As-Silah fi Bayan An-Nikah is used as references for moslem problems (worship and marriage) especially Bangkalan society. Kholil thought influences the growth of Islam in Bangkalan, Madura.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S44069
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Kurniasih
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang kebudayaan Mesir Kuno dan pembangunan Piramida. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dengan jelas bagaimana budaya Mesir Kuno terlihat sangat unik dengan peninggalannya yang bersejarah yaitu Piramida. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis yaitu penulis memberikan gambaran dan menganalisis kebudayaan Mesir Kuno dan pembangunan Piramida. Untuk menunjang penelitian, penulis juga memperkaya data ini dengan menggunakan metode kepustakaan. Untuk kebutuhan analisis, penulis menggunakan teori yang diterapkan oleh Koentjaraningrat yang dalam karyanya banyak membahas tentang manusia dan budaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Mesir kuno adalah peradaban tertua yang sangat maju. Hal ini terbukti dengan adanya peninggalan budaya yang bersejarah seperti Piramida.
Abstract
This research tells about culture of the ancient Egypt and Pyramid's establishment. The aim of this research is explaining about how the ancient Egypt culture becomes unique with its historical inheritance, it is Pyramid. The method that is applied in this research is analitical-descriptive-method which lets the writer to explain and analyze through about the ancient Egypt culture and the Pyramid's establishment. For supporting this research, the writer enriched this with literatures. Moreover, for analyzing needs, the writer use theory that based from Koentjaraningrat whose his books talk much about human and culture. The result of this research tells that the ancient Egypt is the oldest advanced civilization. This Conclusion is proved by inheritance of the ancient Egypt, it is Pyramid.
2010
S13367
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hafid Fuad
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pemikiran Hasyim Muzadi dalam mendirikan dan mengembangkan ICIS, pada tahun 2004, 2006, dan 2008. Hasyim Muzadi yang juga membawa nama NU sebagai ormas Islam terbesar di dunia, melakukan amar ma_ruf nahi mungkar secara global melalui peran ulama. Dalam era globalisasi, segala peristiwa yang terjadi akan saling mempengaruhi ke negara lainnya. Maka yang menjadi perhatian penulis disini ialah untuk menjelaskan apa pemikiran Hasyim Muzadi dalam ICIS, bagaimana sejarah ICIS, serta bagaimana dampak ICIS pada tingkat Nasional dan Internasional. Hal tersebut penulis jelaskan dengan menggunakan pendekatan sejarah pemikiran.
Abstract
This study focus to describe about the Hasyim Muzadi_s thought who establish and evolving the ICIS, on 2004, 2006, and 2008. Hasyim Muzadi who carried NU as the biggest Islam mass organization in the world, make amar ma_ruf nahi mungkar to a global level through scholars competently. Due to globalization era, all kind of activity on a country would infectious the other one. From that point, the focus of this study is to describe what is Hasyim Muzadi_s thought role for ICIS, describe how ICIS_s history, and what is the impact on national and international level. All this phenomena would be explained with _history of thought_ approximation method
2010
S13239
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Nizar
Abstrak :
Kelompok Salawat Wahidiyah adalah sebuah kelompok pengamal salawat yang diciptakan oleh Kyai Madjid Ma'rut di Kedonglo Kediri tahun 1963 sebagai jawaban beliau terhadap penyimpangan-penyimpangan syariat, tidak dihargainya lagi moral keagamaan dan kecenderungan mengukur kehidupan dari sudut kebendaan semata. Kelompok ini bersifat terbuka, artinya siapa saja holey mengamalkan bacaan-bacaan salawat Wahidiyah bahkan orang non-Islam sekalipun tanpa adanya proses baiat seperti organisasi sulisme pada umumnya. Karena diyakini bahwa wirid salawat tersebut merupakan wirid nida (panggilan). artinya siapa saja yang mau membacanya maka ia akan dipanggil oleh Allah untuk kembali ke jalan-Nya. Maka sangat wajar kalau mereka menjadikan 'fafiru ilallah yang maksudnya mari kita kembali ke jalan Allah sebagai doktrin kelompok. Para ahli ada yang memasukkan kelompok ini ke dalam tarikat ada pula yang tidak. Abdurrahman Wahid misalnya menamakan kelompok ini sebagai gerakan sufisme non_tarikat atau Moeslim Abdurrahman menyebutnya sebagai pseudo tarikat tarikat seine karena adanya perbedaan dengan pengertian tarikat pada umumnya. Dari penelitian ini diharapkan mampu mengetahui lebih lanjut tentang keberadaan kelompok tersebut dari sisi ajaran, amalan, keorganisasian, latar belakang sosial budaya terutama pengetahuan tentang ajaran agama Islam para penganutnya serta pandangan yang muncul dari mereka berdasarkan atas penguasaan ajaran agama tersebut. Dengan demikian penulis akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dari salah satu ajaran sufisme di dalam Islam. Pada akhir pembahasan skripsi ini ditemukan adanya kekhususan Kelompok Wahidiyah .dari kelompok-kelompok sufisme pada umumnya, dan yang paling pokok dari kekhususan tersebut adalah tidak dikenalnya silsilah dan bai'at dalam ajarannya. Dari kekhususan ini melahirkan implikasi terhadap banyak hal, satu diantaranya adalah kelompok Wahidiyah tidak termasuk dalam tarikat mu'tabarah. Kota Surabaya sengaja dipilih, mewakili kota lainnya dengan mempertimbangkan heterogenitas terhadap banyak hal di samping kedekatannya dengan pusat penyiaran Wahidiyah di Kediri sehingga diharapkan kesimpulan yang dihasilkan akan memiliki tingkat validitas yang lebih dapat dipertanggungjawabkan.
2000
S13306
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>