Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sekti Prameswari Susilo
"Interaksi obat terjadi apabila efek dari suatu obat berubah dengan adanya obat lain, obat herbal, makanan, minuman, atau zat kimia lainnya. Apabila pasien mengonsumsi dua atau lebih obat secara bersamaan mempunyai potensi untuk terjadinya interaksi obat, baik menghasilkan respon peningkatan atau penurunan konsentrasi obat di dalam darah. Semakin banyak obat yang dikonsumsi oleh pasien, maka semakin besar kemungkinan terjadinya reaksi yang merugikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi obat pada peresepan pasien rawat jalan (depo farmasi 24 jam) RSAB Harapan Kita selama 14 hari periode Bulan April 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pengumpulan data secara retrospektif. Data penelitian diperoleh dari resep obat pada tanggal 1 April - 18 April 2022 yang diterima oleh depo farmasi 24 jam RSAB Harapan Kita baik pasien golongan BPJS maupun pasien non-BPJS. Interaksi obat-obat per lembar resep dianalisis menggunakan software Lexicomp. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa interaksi obat ditemukan pada 50% lembar resep BPJS dan 36% lembar resep non-BPJS pada pasien rawat jalan di depo farmasi 24 jam RSAB Harapan Kita. Sebagian besar kejadian interaksi antar obat yang terjadi baik pada resep BPJS maupun Non-BPJS tergolong tidak berisiko tinggi (risk rating C).

Drug interactions occur when the effect of a drug changes with the presence of other drugs, herbal medicines, food, drinks, or other chemical substances. If a patient takes two or more drugs simultaneously, there is the potential for drug interactions to occur, either resulting in a response of increasing or decreasing the concentration of the drug in the blood. The more drugs consumed by the patient, the greater the possibility of adverse reactions. Therefore, this study aims to determine drug interactions in prescribing outpatients (24-hour pharmacy depot) at RSAB Harapan Kita for the 14-day period in April 2022.
This research is a descriptive observational study with retrospective data collection. Research data were obtained from drug prescriptions on April 1 - April 18 2022 which were received by the 24-hour pharmacy depot at RSAB Harapan Kita, both BPJS class patients and non-BPJS patients. Drug-drug interactions per prescription sheet were analyzed using Lexicomp software. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that drug interactions were found in 50% of BPJS prescription sheets and 36% of non-BPJS prescription sheets for outpatients at the 24-hour pharmacy depot at Harapan Kita Hospital. Most of the interactions between drugs that occurred in both BPJS and Non-BPJS prescriptions were classified as not having high risk (risk rating C).
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Arifa Aldi
"Standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi standar pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai serta pelayanan farmasi klinik. Salah satu parameter evaluasi pelayanan instalasi farmasi adalah ketepatan jenis, jumlah dan waktu pelayanan resep. Dari evaluasi ini dapat diperoleh informasi adanya resep yang tidak terlayani yang berdampak pada kepuasan pasien. Persentase obat yang terlayani harus mencapai 100% yang menunjukkan bahwa instalasi farmasi patuh dalam penyediaan obat di rumah sakit. Hasil penelitian diperoleh data total resep sebanyak 799 lembar dengan total item obat adalah 2.004 item. Didapatkan persentase resep obat terlayani 98.30%, obat tidak terlayani 1.70%, dan obat diganti 2.54%. Pengelompokkan obat tidak terlayani antara lain obat formularium (65.88%) dan obat non formularium (34.12%). Obat tidak terlayani disebabkan oleh adanya penggantian item obat dalam resep yang ditulis dokter. Instalasi farmasi dapat mengganti item obat yang tidak terlayani dengan obat yang memiliki kandungan sama sesuai dengan aturan kementerian kesehatan. Perlu dilakukan peningkatan jumlah perencanaan pengadaan dan menambah pilihan item obat sehingga dapat dilakukan substitusi bila obat tidak tersedia di rumah sakit.

Pharmaceutical service standards in hospitals include management standards for pharmaceutical preparations, medical devices, and consumable medical materials as well as clinical pharmacy services. One of the parameters for evaluating pharmaceutical installation services is the accuracy of the type, quantity, and time of prescription services. From this evaluation, information can be obtained about the existence of unserved prescriptions that have an impact on patient satisfaction. The percentage of medicines served must reach 100%, which shows that the pharmaceutical installation is compliant in providing medicines in hospitals. The research results obtained data on a total of 799 prescriptions with a total of 2,004 medicinal items. It was found that the percentage of drug prescriptions served was 98.30%, 1.70% of drugs not served, and 2.54% of drugs replaced. The groupings of unserved drugs include formulary drugs (65.88%) and non-formulary drugs (34.12%). Medication not served is caused by a replacement drug item in the prescription written by the doctor. Pharmacy installations can replace unserved drug items with drugs that have the same content by Ministry of Health regulations. It is necessary to increase the number of procurement plans and increase the choice of drug items so that substitutions can be made if the drug is not available in the hospital."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library