Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Indra Feriadi
"Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi dari proses dan alat dari proyek perbaikan mutu. Menyediakan fase-fase beserta kegiatannya untuk menjalankan sebuah proyek perbaikan mutu. Studi ini juga menyajikan jenis-jenisalat dan teknik yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam setiap tahapan proyek.
Studi ini mencatat bahwa berbagai jenis pendekatan manajemen mutu memiliki kesamaan dalam langkah proses dan alat yang digunakan dalam setiap proses. Terdapat empat langkah umum dalam sebuah proyek perbaikan, yaitu: 1. Identifikasi dan penetapan sebuah proyek perbaikan, 2. Mendiagnosa penyebab masalah, 3. Menghilangkan penyebab masalah, 4. Mempertahankan pencapaian dari hasil perbaikan. Disamping itu didapatkan juga bahwa sebuah alat sangat mungkin untuk dipakai di dalam lebih dari satu tahap atau proses.
This paper attempts to identify the implementation of process steps and tools in a quality improvement project. It provides phases and its activities to perform a project of quality improvement process. It also present kinds of tools and techniques are used to achieved goals in every steps of project.This study note that various quality management approaches has a similarity in process steps and tools. There are four general steps in an improvement project. Those are identify and establish an improvement project; diagnose the cause of problems; remedy the cause of problem; and Hold the gains. It also provides most commonly tools applied in quality and a process improvement project.The application of a tool in more than one phase into a project is very possible."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T28966
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Ilham Hasbiullah
"Masalah kualitas dalam pendidikan tinggi sangat menantang karena memiliki dua aspek yang berbeda, yaitu: pelayanan dan pendidikan. Lembaga pendidikan tinggi menghadapi tantangan besar dalam lingkungan yang berubah dengan cepat. Untuk mengatasi perubahan yang cepat, Politeknik Aceh, berharap untuk menjadi salah satu sekolah yang berkualitas dalam kegiatan sehari-hari mereka. Tujuan keseluruhan dari proyek ini adalah untuk merancang sistem mutu pendidikan untuk digunakan di Politeknik Aceh. Untuk memenenuhi tujuan tersebut penulis mencari contoh beberapa institusi pendidikan tinggi yang telah menerapkan sistem mutu dalam proses pendidikan di Perancis, penulis memilih proses akademik ISTIA (Sekolah Teknik University Angers) dan Agrocampus Ouest, di mana proses pendidikan sesrupa dengan Politeknik di Indonesia.
The overall issue of quality in higher education poses a special challenge because of its two distinct aspects - service and education. Higher Education institutions face important challenges on the rapidly changing environment. To face rapid changes, Aceh Polytechnic hoping to become one of the colleges that put quality in their daily activities. The general objective of this final project is design the quality educational system for implementation in Aceh polytechnics. To obtain the example of educational institutions that have implemented quality system in education, we analyzed the academic process of ISTIA (Engineering School of Université Angers) and Agrocampus Ouest, where the educations activities are similar to the polytechnic in Indonesia. They are public schools engineer was certified ISO 9001. ISTIA and Agrocampus Ouest located in Angers, France."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30211
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library