Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 2 Document(s) match with the query
cover
Nediva Fiona Kaori Adam
"Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peranan teknologi Augmented Reality (AR) dalam mendukung minat belajar anak-anak di Growing Patch Daycare. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif anak-anak serta wawancara mendalam dengan tenaga pendidik. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan AR memberikan dampak terhadap proses pembelajaran, khususnya dalam menghadirkan pengalaman baru yang bersifat interaktif dan menarik perhatian anak. Meskipun tidak secara langsung meningkatkan minat belajar secara signifikan, AR berfungsi sebagai sumber belajar alternatif yang mampu merangsang rasa ingin tahu, terutama karena sifatnya yang masih relatif baru dan belum umum digunakan oleh anak-anak. Para pendidik juga mengamati bahwa teknologi ini berpotensi mendukung variasi dalam metode pembelajaran, meskipun masih memerlukan adaptasi serta pendampingan dalam implementasinya. Secara keseluruhan, AR memiliki potensi sebagai media pendukung pembelajaran yang dapat memperkaya pengalaman edukatif anak usia dini.

This study aims to explore the role of Augmented Reality (AR) technology in supporting children's learning interest at Growing Patch Daycare. Using a qualitative approach, data were collected through participatory observation of the children and in-depth interviews with educators. The findings indicate that AR contributes to the learning process by offering novel, interactive experiences that capture children’s attention. While it may not directly increase learning interest in a significant way, AR serves as an alternative learning medium that stimulates curiosity—particularly due to its relatively new and unfamiliar nature among young children. Educators also noted that AR holds potential to diversify teaching methods, though its implementation still requires adaptation and guided assistance. Overall, AR presents itself as a promising supplementary tool to enrich early childhood educational experiences."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Gifari Yudani
"Skripsi ini menganalisis pengaruh teknik color grading terhadap penyampaian cerita dalam film pendek "PT YAK, OP". Penelitian ini menekankan bagaimana penggunaan warna, kontras, dan saturasi dalam film dapat mempengaruhi emosi penonton dan memperkuat narasi yang disampaikan. Dalam konteks film yang mengangkat tema quarter-life crisis, color grading berfungsi untuk menggambarkan perubahan suasana hati dan kondisi psikologis karakter utama, Oki, yang berjuang menghadapi kebingungan hidup setelah lulus kuliah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap audiens yang telah menonton film tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik color grading yang diterapkan secara tepat berhasil memperkuat keterikatan emosional penonton dengan alur cerita dan mendukung perkembangan karakter secara visual. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun color grading sudah berfungsi dengan baik dalam menyampaikan emosi, masih ada ruang untuk meningkatkan variasi dan transisi warna antaradegan untuk memperjelas perubahan emosional yang lebih kuat.

This thesis analyzes the impact of color grading techniques on storytelling in the short film "PT YAK, OP". The research highlights how the use of color, contrast, and saturation in the film affects the audience's emotions and strengthens the narrative. In the context of a film addressing the theme of quarter-life crisis, color grading is used to depict the emotional and psychological state of the main character, Oki, who struggles with life confusion after graduating from college. This study employs a qualitative method through in-depth interviews and observations with audiences who have watched the film. The findings indicate that the properly applied color grading technique successfully strengthens the emotional connection between the audience and the story, while supporting the visual development of the character. The research also finds that while the color grading functions well in conveying emotions, there is still room to improve the variation and transitions between colors across scenes to more clearly portray emotional changes."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library