Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Yusuf
Abstrak :
ABSTRAK
Wali merupakatr seonng yatrg diarygap dekat denga[ Tuhatr di dalam dunia Islam. Kedekatatr tersebut terlihat dari cara hiduprya yang tidak terlepas dari prilaL'u, perbuatan, dan tutur katanya yaog selaras dengan kehidupan Rasulullah. Disioilah Tuhan memberi anugerah berupa karamah sebagai penjagaan dirinya dari musuh-musuhnya. Selah itu adalya karamah pada seorarg wali juga utrtuk menolong masyamkat Islam bail ya.ng dikenalnya ataupun yang tidak dikenalnya. Maka disinilah masyarakat Islam percaya bahwa seorang wali merupakar wasilal (perantara) agar harapan dan doaaya dikabulkan oleh Allalr. Adapur bulu Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia Islam) meryBngkap dimel1si karamah datr tawasul merurut pe$pettif orientalis. Menariknya pada buku tersebut, Henri Chambert Loir dan Claude Guillot memaparka[ peldapat tenta[g karamah dan tawasul melalui penelitiamya di lndonesra. Tujuan dafi penelitian id adalah untuk mengetahui dimensi kammah dan tawasul dad Heori Chambert Lotu dan Claude cuillot di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia lslam). Mereka memaparkan tetrtalg karainah dao tawasul melalui narasi-narasi. Maka penulis akan medlai sisi objektifititas narasi-naxasi Hend Chambert Loir dar Claude Guiflot di dalam bular Le Culte Da.]$ Le Monde Musulmar (Ziarah dar Wati di Duaia Islam). Memang pada padangatr-pandatrgan dad Heffi Chambert Loir datr Gulliot di dalam buku Le Culte Dans Le Mo[de Musulmatr belu4 represefiatif di dalam memaparkatr dimetrsi karamah datl tawasul. Karetra pendapat mereka tidak dipe (Iat pendapat ulana-ulalru Islam. Maka dari itu peneliti meletrgkapi kekuangan ters?but. Pe.rdekatan pada perclitia! ini adalah kua.litatif. Karakteristik dari perclitian kualitatif yaitu konsepnya tidak rnenyeluruh karena kualgrya teorj dari perclitian terdahulu- Mematg teod dad pene]itiar terdahulu ada akan tetapi belum tepat atau kurang mendalam. Alasat dari memilih pendekatan iri kffena ingh metrdapat peirahaman nqeodalarn tentang dimeosi karamah dan taoasul di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musuhnal lZiarah dan Wali di Duria Islam).
ABSTRACT
In the Islamic world, Saints are those considered close to God. The closeness can be seen in their way of life, includitrg their behavior, actions, and sayings, which are tn tune with the Prophet's way of life. This is where God gants karamah tu guard the saints from the eoemies. Besides, the Karamah they orrn is also to help Muslim communities whether familair to them ot llot. Therefore, the Islamic communi$/ then believe that the sairlt is a wasilah (intermediaries) itr hophg that their U&yer is ganted by Allah. The book Le Culte Dans Le Monde Musuliutr (Pilgrimage and Trustee in the Islamic Wo d) reveals the dimensions of karamah and tawasul according to the odentalist perspective. I erestitrgly, in the book, Heffi Chambert Loir afld Claude cuillot descdbe opiaions about Karamah and tawasul tbrough their research in Indonesia. The purose ofthis study was to determine the dimensions ofkaramah and tawasul meant by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in their book, Le Culre Darts Le Monde Musulman (Pilgrimage aod Sahts itr the Islarnic world). They er?lained about Kaxamah ad tawasul though narratives. Alld the kammah and tawasul discussed by Hend Chambert Loir ard Claude Guillot are those in Indolesia. The authofi assess the objectiyi!, ofnaoatives by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in tle book Le Culte Dal1s Le Moode Musulmar (Pilgrimage and Sai s in the Islamic vorld). However, the views of Henri Chambert Loir and Gulliot in the book, Le Culte Dans Le Monde Musulman, are not i.rlly representative io describing the dimensions karamal and tawasul. Because theil opinions are not rehforced by the opirior1 of Islamic scholals. Thus the researc]te$ complemert the shortage. Tlrc approach in tlis study is qualitative. Cha.racteristics ofqualitative research are not as thorough coNidering the lack oftheory ofprgvious studies. lndeed, the theory ofprcvious studies exist but have rot been appropiate or less depth. The reason of choosing this approach is to gain a deep understanding of the dimensiors of Karamah ad tawasul h the book of l? Culte Dans Le Monde Musdman. (Pilgdmage and Trustee in the Islamic world). To suppofi these studies the authors use the method literature.
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan Wahid
Abstrak :
Seiring perkembangannya, tasawuf dikenal melahirkan istilah-istilah baru. Diantaranya adalah istilah syathaẖāt yang merupakan ungkapan ekstase yang lahir akibat goncangan spiritual di dalam diri seorang sufi. Ungkapan mengejutkan sufi ini menuai pro dan kontra dari para sufi sendiri. Diantaranya adalah Abu Nashr As-Sarraj At-Thusi dan Abu Hamid Al- Ghazali. Ungkapan para sufi ini telah dibahas oleh keduanya di dalam Al-Luma' dan Ihya Ulumiddin. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam tesis ini adalah penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif-analitik-kualitatif. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada syathaẖāt atau ungkapan ekstase sebagai objek penelitian serta pandangan kedua tokoh di atas sebagai unit analisis. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan penelahaan bahan-bahan pustaka baik yang terdiri dari bahan-bahan yang bersifat primer maupun sekunder, dan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman, serta tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Bogdan, yaitu tahap pra lapangan, tahab kegiatan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pandangan antara keduanya yang dilatar belakangi perbedaan keadaan sosial dan kehidupan intelektual. Namun keduanya juga memiliki kesamaan tujuan, yakni berusaha menjelaskan hakikat tasawuf yang sesuai dengan ajaran syariat. ...... By the time, Sufism known by a lot of new terms. It's called syathaḫāt which means an ecstatic expression that overflows as a result of ecstatic power in sufi's hearts. This shocking expression takes a lot of views. It's Abu Nashr As-Sarraj At-Thusi and Abu Hamid Al-Ghazali views. This terms has been discused by both of them. The type of the research used by the writer is considered as library research, and then the research design of this study also regards as descriptive- analitics-qualitative. The scope of this research is based on syathaḫāt as the object of the research, along with Abu Nashr As-Sarraj At-Thusi and Abu Hamid Al- Ghazali's views as analysis units. Afterward, the methods used to collect the data were done by doing library research that consists of primary and secondary data. Besides, the analysis methods of this research used Miles and Huberman analysis models. Moreover, the stages of this research use Bogdan Methods, which are pre-field, working level and analyzing phase. The results of this research show the difference view of Abu Nashr As- Sarraj At-Thusi and Abu Hamid Al-Ghazali due to they differences in social and intelectual life. But both of them have a common goal, that's to explain the essence of Sufism in accordance with the teaching of sharia.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusuf
Abstrak :
ABSTRAK
Wali merupakatr seonng yatrg diarygap dekat denga[ Tuhatr di dalam dunia Islam. Kedekatatr tersebut terlihat dari cara hiduprya yang tidak terlepas dari prilaL'u, perbuatan, dan tutur katanya yaog selaras dengan kehidupan Rasulullah. Disioilah Tuhan memberi anugerah berupa karamah sebagai penjagaan dirinya dari musuh-musuhnya. Selah itu adalya karamah pada seorarg wali juga utrtuk menolong masyamkat Islam bail ya.ng dikenalnya ataupun yang tidak dikenalnya. Maka disinilah masyarakat Islam percaya bahwa seorang wali merupakar wasilal (perantara) agar harapan dan doaaya dikabulkan oleh Allalr. Adapur bulu Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia Islam) meryBngkap dimel1si karamah datr tawasul merurut pe$pettif orientalis. Menariknya pada buku tersebut, Henri Chambert Loir dan Claude Guillot memaparka[ peldapat tenta[g karamah dan tawasul melalui penelitiamya di Indonesra. Tujuan dari penelitian id adalah untuk mengetahui dimensi kammah dan tawasul dad Heori Chambert Lotu dan Claude cuillot di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia lslam). Mereka memaparkan tetrtalg karainah dao tawasul melalui narasi-narasi. Maka penulis akan medlai sisi objektifititas narasi-naxasi Hend Chambert Loir dar Claude Guiflot di dalam bular Le Culte Da.]$ Le Monde Musulmar (Ziarah dar Wati di Duaia Islam). Memang pada padangatr-pandatrgan dad Heffi Chambert Loir datr Gulliot di dalam buku Le Culte Dans Le Mo[de Musulmatr belu4 represefiatif di dalam memaparkatr dimetrsi karamah datl tawasul. Karetra pendapat mereka tidak dipe (Iat pendapat ulana-ulalru Islam. Maka dari itu peneliti meletrgkapi kekuangan ters?but. Pe.rdekatan pada perclitia! ini adalah kua.litatif. Karakteristik dari perclitian kualitatif yaitu konsepnya tidak rnenyeluruh karena kualgrya teorj dari perclitian terdahulu- Mematg teod dad pene]itiar terdahulu ada akan tetapi belum tepat atau kurang mendalam. Alasat dari memilih pendekatan iri kffena ingh metrdapat peirahaman nqeodalarn tentang dimeosi karamah dan taoasul di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musuhnal lZiarah dan Wali di Duria Islam).
ABSTRACT
In the Islamic world, Saints are those considered close to God. The closeness can be seen in their way of life, includitrg their behavior, actions, and sayings, which are tn tune with the Prophet's way of life. This is where God gants karamah tu guard the saints from the eoemies. Besides, the Karamah they orrn is also to help Muslim communities whether familair to them ot llot. Therefore, the Islamic communi$/ then believe that the sairlt is a wasilah (intermediaries) itr hophg that their U&yer is ganted by Allah. The book Le Culte Dans Le Monde Musuliutr (Pilgrimage and Trustee in the Islamic Wo d) reveals the dimensions of karamah and tawasul according to the odentalist perspective. I erestitrgly, in the book, Heffi Chambert Loir afld Claude cuillot descdbe opiaions about Karamah and tawasul tbrough their research in Indonesia. The purose ofthis study was to determine the dimensions ofkaramah and tawasul meant by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in their book, Le Culre Darts Le Monde Musulman (Pilgrimage aod Sahts itr the Islarnic world). They er?lained about Kaxamah ad tawasul though narratives. Alld the kammah and tawasul discussed by Hend Chambert Loir ard Claude Guillot are those in Indolesia. The authofi assess the objectiyi!, ofnaoatives by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in tle book Le Culte Dal1s Le Moode Musulmar (Pilgrimage and Sai s in the Islamic vorld). However, the views of Henri Chambert Loir and Gulliot in the book, Le Culte Dans Le Monde Musulman, are not i.rlly representative io describing the dimensions karamal and tawasul. Because theil opinions are not rehforced by the opirior1 of Islamic scholals. Thus the researc]te$ complemert the shortage. Tlrc approach in tlis study is qualitative. Cha.racteristics ofqualitative research are not as thorough coNidering the lack oftheory ofprgvious studies. lndeed, the theory ofprcvious studies exist but have rot been appropiate or less depth. The reason of choosing this approach is to gain a deep understanding of the dimensiors of Karamah ad tawasul h the book of l? Culte Dans Le Monde Musdman. (Pilgdmage and Trustee in the Islamic world). To suppofi these studies the authors use the method literature.Dimension; Kammah and Tawasul; Henry Chafibert Loir-Claude Guillo.
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Atika Dwi Adjeng
Abstrak :
ABSTRAK
Diskursus tentang nafs merupakan salah satu kunci bidang metafisika, yang bisa dilihat dari perspektif filsafat serta tasawuf yang notabene membicarakan seputar kajian ba?ini. Peranan nafs adalah sebagai proses berfikir, dari proses inilah akan timbul sebuah pemahaman yang menghasilkan pengetahuan, yaitu bagaimana seorang manusia memandang serta menyikapi hakikat dari kehidupan. Terdapat dua tokoh yang juga memiliki andil penting sebagai tokoh yang mendalami serta memperinci hakikat nafs menurut perspektif dari masing-masing zaman yang telah dilaluinya. Keduanya memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dalam pemikirannya tentang nafs. Terdapat tiga persamaan dan lima perbedaan pada pemikiran kedua tokoh dalam memandang hakikat nafs. Beberapa persamaan yang nampak mengenai definisi nafs, potensi-potensi nafs, serta kekekalan nafs, meskipun begitu memiliki lebih banyak perbedaan dalam pemikirannya seperti memandang wujud nafs, hubungan jasad dan nafs, pemikiran tentang ruh, rsquo;aql, qalb, dan nafs, tungkatan-tingkatan nafs, serta konsep kebahagiaan nafs. Dari pemikiran ini terlihat pemikiran yang saling mendominasi serta transisi perubahan yang akan mempengaruhi pemikiran tokoh, yang dianggap sebagai hasil pembahasan yang menarik. Dari ringkasan ini peneliti berusaha membandingkan konsep pemikiran kedua tokoh tersebut yang dilihat dari ranah filsafat serta tasawuf. Metode yang akan digunakan adalah deskriptif-analisis, yaitu dengan menjabarkan keseluruhan pemikiran kedua tokoh tentang hakikat nafs, kemudian menganalisis dengan menemukan persamaan serta perbedaan dari kedua tokoh.
ABSTRACT
The discourse on the nafs is one of the keys of the field of metaphysics, which can be seen from the perspective of philosophy and is certainly present in Sufism which in fact speaks of the study of ba ini. The role of the nafs is as a process of thinking, and from this process will arise an understanding that produces knowledge, that is how a human view and address the nature of life. In the talk about the nafs there are two figures who also have an important role as a figure who explore and detail the nature of the nafs according to the perspective of each era that has been passed. Both of these figures have some similarities and differences in their thinking about the nafs, which is of course some very significant differences on the background of the transition of the character 39 s thinking. There are three similarities and five differences in thinking of the two figures in viewing the nature of the nafs. Some of the apparent similarities to the definition of the nafs, the potential of nafs, and the eternal consciousness of nafs have, nevertheless, more differences in thinking such as the appearance of the nafs, the relationship of the body and nafs, the thought of the spirit, 39 aql, qalb, and nafs, nafs, and the concept of eternal bliss nafs. From this thinking will look dominant thoughts and transition changes that will affect the thinking of the figure, which is considered as the result of an interesting discussion. From this summary the researcher tried to compare the concept of thinking of the two figures that seen from the realm of philosophy and islamic mysticism. The method to be used is descriptive analysis, that is by describing the overall thoughts of the two figures about the nature of the nafs, then analyze by finding the similarities and differences of the two figures.
2017
T49182
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Faiz Yunus
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini lebih fokus kepada Pola Dakwah Emha Ainun Nadjib ditinjau melalui pendekatan tasawuf. Yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tasawuf pada pemikiran Emha Ainun Nadjib, serta dari aspek apa ia terpengaruh dari pemahaman tasawuf sehingga berimbas pada model dakwahnya. Dengan menggunakan pendekatan tasawuf peneliti mengkaji pola dakwah yang dilakukan oleh Emha Ainun Nadjib dalam forum yang di sebut ldquo;ma rsquo;iyahan rdquo; melalui pendekatan deskriptif analisis. Metode deskriptif sebagai sebuah metode yang meneliti status kelompok manusia, kondisi, sistem pemikiran, ataupun fenomina pada saat itu untuk mendeskipsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.Selain menggunakan pendekatan tasawuf tentunya penelitian ini tidak lepas dari pendekatan personal, maupun komunitas sebagai salah satu metode yang dapat membatu penelitian ini mendapatkan jawaban dari objek yang diteliti. Peneliti juga menggunakan pendekatan teks dan tulisan-tulisan Emha Ainun Nadjib yang berkenaan dengan Ma rsquo;iyahan, wawancara sebagai validasi terhadap teks yang ditemukan.
ABSTRACT
This research is more focused on The Influence of Sufism on the Method of Da rsquo wah Emha Ainun Nadjib. This research using Sufism approach, with a view to knowing how much influence tasawuf on the thoughts of Emha Ainun Nadjib, as well as from what aspects he is influenced from Sufism which impact on his da 39 wah model.With the approach of Sufism, researchers examined the model of 39 dakwah 39 Emha Ainun Nadjib in a forum called maiyah through descriptive analysis method. Descriptive method as a method that examines the status of human groups, conditions, systems of thought, or phenomena at that time to systematically, factually and accurately describe the facts, traits and relationships between the phenomena investigated.In addition to using Sufism approach of course this research can not be separated from the personal approach, and the community as one method that can help this research get answers from the object under study. The researcher also uses the textual approach and the writings of Emha Ainun Nadjib regarding Ma 39 iyahan, the interview as a validation of the found texts.
2017
T49183
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Juri
Abstrak :
Tesis ini membahas urgensi ajaran maqâmât dalam tasawuf terhadap Pembentukan moral politik di indonesia. Latar belakang pengambilan judul ini didasarkan pada fakta adanya dekadensi moral politik yang semakin meningkat di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Fenomena tersebut menjadi keresahan penulis, sebab tasawuf sebagai cabang ilmu keislaman mengajarkan moral melalui penyucian hati dan pengisian raga dengan nilai-nilai yang baik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif-analitik. Penelitian kualitatif merupakan penelitian khusus tentang objek yang tidak dapat diteliti secara statistik atau kuantifikasi. Deskriptif berarti menguraikan fakta secara sistematis. Penulis menguraikan data-data itu setelah dilakukan klasifikasi sesuai dengan objek penelitian, yaitu ajaran maqâmât dalam tasawuf dan moral politik di Indonesia. Selanjutnya, penulis melakukan analisis terhadap data-data tersebut berdasarkan teori etika dan teori qalb Al-Ghazali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara ajaran maqâmât dalam tasawuf dengan moral politik di Indonesia yang terkandung dalam Ketetapan MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa terletak pada sifat dasar moralnya, sama-sama memiliki maksud untuk menciptakan elit politik dan pejabat negara yang baik dan bersih serta aspek legalitasnya secara konstitusi. Sedang ajaran maqâmât dapat dijadikan moral dalam mendekatkan diri kepada Tuhan dan juga moral dalam berinteraksi sesama manusia utamanya dalam bidang politik. Sebagai moral kepada Tuhan, ajaran maqâmât dapat menghadirkan kondisi psikologis yang bersifat spiritual (ahwâl) seperti ketentraman dan ketenangan hati (al-thuma’nînah) serta dapat melahirkan sikap sosial-politik yang baik. Sedang ajaran maqâmât sebagai konsep moral politik dapat diaktualisasikan oleh para elit politik dan pejabat penyelenggara pemerintahan dengan menggunakan reinterpretasi konsep ajaran maqâmât.
This thesis discusses the urgency stages (maqâmât) teachings of Sufism to the Formation of moral politics in Indonesia. The background of this research is based on the fact of political decadence that is increasing in Indonesia, which is predominantly Muslim. This phenomenon is a concern to the authors, because Sufism as a branch of Islamic knowledge taught morals through the purification of the heart and soul filling with good values​​. This research is qualitative descriptive-analytic design. Qualitative research is a specialized study of history that can not be studied statistics or quantification. Descriptive means systematically outlines the facts. The author outlines the data after classification in accordance with the object of research, ie the teachings of Sufism and moral maqamat in Indonesian politics. Furthermore, the authors conducted an analysis of these data based on the theory of ethics and the theory of qalb al-Ghazali. The results showed that the relationship between the teachings of Sufism with moral maqamat in Indonesian politics is contained in Decree No. VI/MPR/2001 on Ethics life of the nation lies in the nature of the moral, both have the intention to create the political elite and state officials good and clean as well as the aspects of legality in the constitution. Medium can be used as a moral teachings in stages draw closer to God and also moral human beings interact primarily in the field of politics. As a moral form of God, the teachings stages can bring spiritual psychological condition (states) such tranquility and peace of mind (al-thuma'nînah) and can generate socio-political attitudes are good. Stages teachings as being a political moral concepts can be actualized by the political elite and government administration officials using the reinterpretation of the concept of stages teachings.
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aselih Asmawi
Abstrak :
ABSTRAK Tesis ini mengkaji corak pendidikan dan politik Hasan Al-Banna dalam Kitab Majmu rsquo;urrasail. Penelitian ini menggunakan teori teks, konteks dan relasi dari Kuntowijoyo dengan menggunakan metode kualitatif dan studi pustakan. Sikap pemikirannya yang berkenaan dengan pendidikan, Hasan Al-Banna mengatakan bahwa pendidikan adalah lembaga kaderisasi ummat dalam rangka mengupayakan ustadziyyatul lsquo;aalam. Pendidikan umum dan agama tidak boleh ada dikotomis. Dalam rangka mengantisipasi persoalan tersebut, Al-Banna melontarkan gagasan berupa pendiri sekolah khusus al-Ikhwan al-Muslimun. Pandangannya terkait pendidikan sejalan dengan pandangan kaum Salafi. Adapun sikap pemikiran Hasan Al-Banna terhadap pemerintahan, berkaitan erat dengan pemahaman akan esensi Islam dan aqidahnya. Islam mencakup segala aspek di mana satu dengan lainnya saling terkait dan terintegral. Corak pemikiran Hasan Al-Banna dalam konsep politiknya berlintasan dengan konsep pemikiran Jamaluddin Al-Afghani dan Muhammad Abduh.
ABSTRACT This thesis reviewing Hasan Al Banna rsquo s educational and political thought in his book Majmu rsquo aturrasaail. This research adopting Kuntowijoyo lsquo s theory on texts, context and its relations using qualitative methods and literature studies as well. According to Al Banna, education is an institutional regenerations for ummah in order to sought ustadziyyatul lsquo aalam. It should be no dichotomy between general education and religious education. In order to anticipate this problem, Al Banna floated the idea to establish a special school, Al Ikhwan Al Muslimun. His view on education in line with Salafi lsquo s. Meanwhile, Al Banna lsquo s thoughts on government, closely related with Islamic comprehension and its aqidah. Islam encompass all aspects in life closely related one another integrated . Hasan Al Banna lsquo s concepts of political thoughts correspond with both Jamaluddin Al Afghani and Muhammad Abduh views.
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayis Mukholik
Abstrak :
ABSTRAK
Pemikiran Sufistik Nashruddin Hodja dalam Hikayat Jenaka Penelitian ini ingin mengeksplorasi pemikiran sufistik Nashruddin Hodja. Peneliti menfokuskan kajiannya dengan menganalisis pesan-pesan moral dan spiritual yang terkandung di dalam sastra hikayat jenakanya. Tujuannya adalah mengetahui corak pemikiran tasawuf pada tokoh Hodja. Hasilnya dapat dirumuskan sebagai pendekatan baru dalam tasawuf yaitu mensucikan jiwa dan membina akhlak dengan nuansa jenaka esoteric, sehingga ketakwaan kepada Tuhan meningkat. Secara umum pemikiran sufistik terbagi menjadi dua; tasawuf sunni yakni mengkaji tentang pensucian jiwa dan pembinaan akhlak dan tasawuf falsafi yang berbasis pada filsafat. Ajaran tasawuf sering ditemukan di dalam karya sastra. Sastra dan tasawuf adalah dua hal yang berhubungan. Nashruddin Hodja, sufi dari Turki telah mengimplementasikan ilmu tasawufnya di dalam sastra jenaka. Ia menggunakan pendekatan ini untuk mengedukasi masyarakat serta mengkritik penguasa yang zalim pada saat invasi Mongol abad ke 13 M di Turki. Maka rumusan masalahnya adalah bagaimana nilai-nilai sufistik Hodja yang terkandung di dalam hikayatnya? Dan bagaimana corak pemikiran sufistik Hodja? Peneliti menggunakan metode kualitatif yang dianalisis menggunakan pendekatan hermeneutika Schleirmacher, yaitu interpretasi gramatikal dan interpretasi psikologis. Hasil penelitian ini adalah Nashruddin Hodja memiliki pemikiran sufistik Sunni ditinjau dari teks dan psikologisnya. Tasawuf ini berorientasi pada moral dan berbasis pada Al-Quran dan Hadits. Topik-topik yang diangkat adalah sikap manusia terhadap Tuhan, etika manusia secara individual dan sosial. Contohnya bersyukur kepada Allah, empati, berbuat adil kepada sesama, larangan ghibah dan zina dan lain sebagainya.
ABSTRACT
THE SUFISTIC THOUGHTS OF NASHRUDDIN HODJA IN THE WORKS OF COMICAL TALESThis research wants to explore the sufistic thoughts of Nashruddin Hodja. Researcher focused his study to the moral and spiritual messages analyze which contained in the works of comical tales. The aim is to find out feature of sufistic thought of Hodja rsquo s figure. Then the result can be formulated as a new approach in Sufism likes purifying the soul and fostering morals with an esoteric humorous nuance, so the piety for God increases. Generally, Sufistic thought is divided into two Sunni tasawuf is reviewing the purification of the soul and moral guidance and philosophy tasawuf which based philosophy. Sufism is often found in literature. Literature and Sufism are two related things. Nashruddin Hodja, the Sufi from Turkey has implemented his tasawuf science in humorous literary. He used this approach to educate the public and criticize the unjust rulers at the time of the 13th century Mongol invasion of Turkey. So the research question is how Hodja 39 s sufistic values are contained in his humour literature And what is thought characteristic of Hodja Researcher used qualitative methods that were analyzed using Schleiermacher hermeneutic approach, are grammatical interpretation and psychological interpretation. The result of this research is Nashruddin Hodja has Sunni sufistic thought in terms of text and his psychology. This sufism orienteering on moral and based on Al Quran and Hadith. The topics raised are human attitudes to God, individual and social ethics. It rsquo s like grateful, empathy, do justice to others, prohibition of Ghibah and adultery etc.
2017
T49190
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dalimunthe, Muhammad Fajaruddin Muttaqin
Abstrak :
ABSTRAK
Rumah suluk pada umumnya adalah sebuah wadah seperti halnya ribath, zawiyah dan khanqah yang di dalamnya terdapat pengikut dari ajaran salah satu tarekat mu`tabarah, yang bertujuan untuk mendalami ilmu tasawuf dan bagaimana cara mendekatkan diri dengan Allah swt melalui pensucian diri (tazkiyat an-Nafs) dan amalan-amalan yang diajarkan oleh syeikhnya. Penelitian ini lebih fokus membahas tentang pengaruh rumah suluk yang terdapat di daerah perkotaan khususnya D.K.I Jakarta dan respon dari ORMAS Islam. Ditinjau melalui empat faktor pendekatan, yakni pendekatan antropologi, sosial, psikologi dan tasawuf. Subjek Penelitian adalah mengkaji ajaran-ajaran dan kegiatan di dalam rumah suluk tersebut yang dibawa oleh seorang syeikh yang silsilahnya sampai kepada Rasulullah saw dan pengaruhnya terhadap perilaku pengikutnya melalui pendekatan deskriftif analisis. Melalui metode deskriftif sebagai sebuah metode yang meneliti sekolompok masyarakat, kondisi, dan fenomena pada saat ini untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat berkaitan tentang fakta-fakta di lapangan. Guna menjawab respon masyarakat, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara kepada beberapa respon ORMAS Islam dan masyarakat terkait dengan pengaruh adanya rumah suluk di DKI Jakarta terhadap perilaku dan kejiwaan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengikuti ajaran salah satu tarekat dan aktif di rumah suluk tertentu mengalami pengingkatan dari segi perlaku lahiriah dan batiniah serta bagaimana bersosialisasi antara jama`ah pengikut di dalam rumah suluk tersebut maupun di masyarakat.
ABSTRACT
House of Suluk in general is a congregation as well as Ribath, Zawiyah and Khanqah in which embodied by followers of the teachings of tariqah Mu`tabarah, aiming to explore the vast knowledge of Tasawwuf and getting closer to Allah SWT through self-purification (tazkiyat anNafs) and the deeds taught by the shaikh. This study focuses more on the influence of the House of Suluk in urban areas especially Jakarta and the response from Islamic Community Organization (ORMAS). Viewed through four approaching factors, namely anthropological, social, psychological, and mysticism or Tasawwuf. The subject of the study is to examine and analyze the teachings and activities in the House of Suluk as they are taught by a shaikh whose genealogy descended from the Prophet Muhammad saw and his influence on the behavior of his followers through a descriptive analysis approach. Through descriptive method as a procedure that thoroughly examines a group of society, conditions, and phenomena at this time to describe the systematic, factual and accuracy related to the facts in the field. In order to respond to community feedback, this study uses data collection techniques by interviewing some replies of Islamic Community Organization (ORMAS) and wider public with relation to the influence of House of Suluk in Jakarta pertaining to their behavior and psychology. The results show that one who follows the teachings of one tariqah and proactively involves himself in a particular House of Suluk may experience improvement in terms of outward behavior and inward transformation as well as socializing in between their own congregation in the House of Suluk or in public as society in general.
2017
T49039
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rita Rosalia
Abstrak :

Masjid adalah sebuah organisasi non profit, milik masyarakat yang dipercayakan kepada para Tamir atau pengelola, untuk melayani kepentingan umat. Modal yang dimiliki oleh masjid biasanya cukup besar, selain tanah, bagunan, serta peralatan, masjid harus membayar biaya rutinitas setiap bulannya. Sumber pendapatan Masjid biasanya terdiri dari shadaqoh masyarakat, baik shadaqoh wajib seperti zakat, ataupun shadaqoh sunnah atau  infaq atau sumber pendapatan lainnya. Trasparansi, tata kelola yang baik dan sikap pengurus organisasi sangat penting dalam semua kegiatan terutama dengan pengumpulan dan distribusi, untuk menjaga kepercayaan masyarakat di mana Masjid adalah tempat suci dan terjauh dari hal yang tidak jujur dan berdosa,

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana efek transparansi, tata kelola, dan sikap pengelola terhadap tingkat kepercayaan masyarakat dalam mengeluarkan shadaqohnya. (Studi kasus Masjid Nurullah Kalibata City Jakarta Selatan).  Dengan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis.

Tujuan akhir akhir dari penelitian ini agar pengelola lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan manajemen pengelolaan serta meningkatkan transparansi atas semua kegiatan masjid, sehingga kepercayaan masyarakat dapat lebih ditingkatkan. Instrumen penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat baik di masjid maupun di luar masjid dalam komplek Kalibata city sebanyak 240 . PLS-SEM digunakan sebagai alat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, tata kelola berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan.


The Nurullah Mosque is a non-profit organization, owned by a community entrusted to tamirs or managers, to serve the interests of the ummah. The capital owned by the mosque is usually quite large, in addition to land, buildings, and equipment, the mosque must pay a routine fee every month. The source of income for the mosque usually consists of the communitys shadaqoh, whether shadaqoh is obligatory like zakat, or shadaqoh sunnah or infaq or other sources of income. Transparency, good governance and organizational management are very important in all activities, especially with collection and distribution, to maintain the trust of the community where the mosque is a holy place and farthest from things that are not honest and sinful.

The purpose of this study is to determine how the effects of transparency, governance, and attitudes of managers or managers on the level of public trust in issuing shadaqoh. (Case study of Nurullah Kalibata City Mosque in South Jakarta). With a quantitative approach in analyzing.

The final goal of this research is for managers to further improve service to the community, improve management and increase transparency of all mosque activities, so that public trust can be further improved. The research instrument was by distributing questionnaires to the public both in mosques and outside mosques in the 240 Kalibata city complex. PLS-SEM is used as a data analysis tool. The results showed that transparency has a positive and significant effect on trust, governance has a significant effect on trust and attitudes have a positive and significant effect on trust.

2019
T53509
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>