Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fauzan Muslim
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam disertasi ini dilaporkan basil penelitian mergenai imaji eskatologis dalam Ri.uilah a,-Gufrcnr, karya sastrawan Arab Syria, al-I'vla'arrm. berdasarkan teori semiotik, penelitian ini menjawab, bahwa karya tersebut mengandung gagasan eskatologis yang pernah menjadi bahan perdebatan di kalangan pemikir Isiam pada zaman Abbasiyah. Hasil analisis wacana, memperlihatkan bahwa karya ini menampilkan percampuran empat jenis wacana, yaitu wacana naratif, deskriptif, argumentatif, dan eksplikatif. Deskripsi tempat-tempat di akhirat dibingkai oleh narasi yang berlapis-lapis, dipenuhi dialog-dialog argumentatif tentang amal manusia di dunia dan balasannya di akhirat. Hasil analisis sintaksis mengungkapkan dua lapis cerita, yaitu satu cerita utama, dan lebih dari enam belas cerita lain yang hampir tidak mempunyai hubungan satu sama lain, tetapi disatukap oleh cerita utama, sehingga membentuk sebuah cerita perjalanan, yakni perjalanan manusia di alam akhirat. Sementara itu, hasil analisis semantik memperlihatkan adanya gambaran padang mahsyar, surga dan neraka dengan keberagaman kondisi penghuninya. Salah satu penyimpangan dalam karya ini ialah dihadirkannya ""surga ifrit"", sebagai posisi tengah antara surga dan neraka. Hasil analisis verbal menyimpulkan bahwa jumlah satuan komponen makna yang dominan dalam karya ini ialah kata-kata yang bermotif pikiran perasaan dan panca indra (715 kata), dilanjutkan dengan motif alam dunia (682 kata). Adapun motif alam akhirat paling sedikit (332 kata) karena diungkapkan dengan ""meminjam"" motif alam dunia. Jadi, tema karya ini ialah, bahwa agar hubungan alam dunia dan akhirat berjalan dengan baik, selain dibutuhkan pengetahuan agama, juga dibutuhkan pikiran, perasaan dan panca indra.
2009
D1605
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Susanto
Abstrak :
Disertasi ini membahas representasi Islam di media massa Spanyol dipandang dari Cultural Studies. Tujuannya adalah untuk melihat apakah ideologi orientalis direproduksi, ditentang atau ditolak oleh media massa yang diteliti melalui strategi-strategi wacana yang dikembangkan. Selanjutnya, diteliti pula kondisi sosio historis yang melatar belakangi representasi Islam dalam media massa Spanyol. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metodologi semiotik dan analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perang makna (struggle for meaning) di antara media-media massa yang diteliti dan bahwa berkat kemajuan dalam teknologi informasi dan demokratisasi wacana-wacana yang diproduksi yang berkaitan dengan Islam tidak selalu mencerminkan ideologi yang diusung oleh media massa. Wacana-wacana orientalis yang dijumpai dalam kasus Spanyol dipengaruhi juga oleh ideologi lainnya yang bahkan lebih dominan, yakni ideologi la Reconquista. ......This dissertation discusses representation of Islam by Spanish media from Cultural Studies perspective. The goal is to see whether Orientalist ideology is reproduced, rejected or challenged through discourse strategies. Furthermore, socio historical background of the mass media representations of Islam in Spain is also examined. This qualitative research adopts semiotic and discourse analysis methodology. The results suggest that there is struggle for meaning in Spanish media's articles and that thanks to advances of information technology and democratization, discourses regarding Islam do not necessarily reflect media's ideology. Orientalist discourses found in the case of Spain is influenced also by other ideology which is even more dominant: la Reconquista ideology.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
D1390
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joesana Tjahjani
Abstrak :
Les Romanesques merupakan trilogi karya Alain Robbe-Grillet, sineas dan sastrawan Nouveau Roman. Trilogi Les Romanesques terdiri dari Le miroir qui revient (1984), Angélique ou l'enchantement (1987), dan Les derniers jours de Corinthe (1994). Disertasi ini berusaha mengungkap cara penulis menggunakan teknik naratif dan naratologi serta intertekstualitas untuk mengacaukan genre teks. Landasan metodologis yang digunakan adalah pendekatan struktural dan semiotik, serta beberapa konsep dasar psikoanalisis. Analisis struktur teks, pengujaran, dan intertekstualitas memperlihatkan bahwa trilogi Les Romanesques mengacaukan realitas dan imajinasi, mengungkapkan konstelasi antara penulis trilogi, narator, dan tokoh rekaan penulis, serta ditemukannya leitmotiv yang muncul dalam Les Romanesques dan karya-karya Robbe-Grillet lainnya. Kesimpulan dari keseluruhan analisis memperlihatkan ambiguitas genre trilogi Les Romanesques, antara teks otobiografi, fiksi, dan esei. ...... Les Romanesques is a trilogy by Alain Robbe-Grillet, French film maker and writer of the Nouveau Roman. This trilogy is composed of Le miroir qui revient (1984), Angélique ou l'enchantement (1987), and Les derniers jours de Corinthe (1994). The dissertation is trying to unveil the narrative technique of the author, narratology, as well as intertextuality to confound the genre of the text. The methodologies applied are structural and semiotic approaches, plus several basic concepts of psychoanalysis. Analysis of the text's structure, narratology, and intertextuality, shows that the trilogy confuses reality and imagination, reveals a constellation between author, narrator, and the fiction character, and found leitmotivs appear in Les Romanesques and the other works of Robbe-Grillet. The conclusion of the analysis proves the ambiguity genre of the trilogy, between the autobiography, fiction, and essay.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
D1504
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library