Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Winny Gunarti Widya Wardani
Abstrak :
ABSTRAK
Pertunjukan drama ternyata tidak hanya menarik disimak melalui media audio visual ataupun panggung terbuka, - melainkan juga melalui media audio yang hanya .mengandalkan kata-kata, musik, efek bunyi, kondisi desd air atau tanpa. suara. Di tengah membanjirnya aneka hiburan yang disiarkan mengundang banyak perhatian masyarakat. tersebut tentunya tidak terlepas siaran dan productian hause yang bersangkutan dalam mas paket siaran drama radio hingga tampil sedemikian di berbagai media massa, drama melalui radio tetap Penyajian drama radio dari upaya badan mengerupa. Melalui studi inilah dikaji bagaimana praduction house tersebut produknya, sehingga pokok kajian produksi siaran drama radio kasus dari studi ini dipilih badan siaran hause Sanggar Prathivi. Dengan membandingkan pemerintah dan lembaga non pemerintah atau swasta, kan dapat memperkaya pengetahuan akan suatu siaran drama radio ini. suatu badan siaran dan menciptakan produk-- yang akan dilihat menyangkut sistem tersebut. Sebagai RRI dan production sebuah lembaga diharapsistem produksi Selanjutnya, drama, dan faktor manajemen menjadi alat utama sistem produksi siaran drama-tersebut. kajian ilmu komunikasi,- aspek-aspek untuk membedah kedua ' Di sini digunakan metode penelitian kualitatif sebagai metode, utama. Penggunaan metode ini penelitian didasari pertimbangan agar memperoleh keleluasaan dalam pengumpulan datanya, untuk melengkapi analisisnya, dimanfaatkan pula. Melalui studi Namun metode kuantitatif turut ini tampaklah bahwa kedua sistem produksi siaran drama .masing-masing memiliki komponenkomponen yang sama. Namun dalam pelaksanaan kegiatan produksinya, beberapa komponen pendukungnya daya selebihnya menunjukkan perbedaan. yang disebut sumber Perbedaan manajemennya, karena adanya perbedaan kepentingan dari yang jelas terlihat pada sistem di mana perbedaan tersebut dapat disebabkan masing-masing sistem produksi, sehingga mempengaruhi proses perencanaan, pengaturan maupun pelaksanaan produksinya. Dengan sendirinya hal ini mempengaruhi pula bentuk produk dari kedua sistem produksi itu, sekaligus mempengaruhi sistem pengawasan perilaku gate keeper yang dijalankan. Kalaupun ada persamaan, maka kesamaan atau tersebut tercermin pada tahapan pengawasan yang dilakukan, yaitu tahap pertama dilakukan produser khususnya terhadap awal materi produksi dan pada hasil proses keseluruhan produksi. Sedangkan pada tahap kedua dilakukan oleh sutradara pada saat kegiatan produksi berlangsung. mengukur kualitas produk siaran drama, ini mengacu pada empat unsur siaran drama radio yaitu musik, kata-kata, efek bunyi, dan konddisi dead air. Melalui musik dan efek bunyi, maka perbedaan drama serial Sanggar Prathivi lebih kedua Untuk studi unsur yang tampak adalah variatif menggunakan unsur tersebut dibandingkan dengan drama serial Kemudian melalui unsur kata, produk drama serial RRI RRI. cenderung menitikberatkan pada segi percakapan, sementara produk drama serial Sanggar Prathivi lebih memberi perhatian pada kombinasi antara percakapan dan action. Sedangkan untuk unsur dead air, produk kedua sistem produksi sama-sama kurang memberi perhatian lebih, bahkan cenderung mengesampingkannya.
1991
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sebastianus Aryono
Abstrak :
ABSTRAK
Sejalan dengan perkembangan ekonomi di Indonesia, meningkat pula persaingan diantara produsen barang dan jasa. Hal ini muncul karena perubahan dalam penyediaan barang atau jasa, dari masyarakat yang mencari barang atau jasa, mcn j adi barang atau jasa yang mencari pembeli (konsumen). Agar I produsen menang dalam persaingan ini, mereka lakukan beberapa kegiatan pemasaran, diantaranya adalah kegiatan perik1anan, dengan mediumnya radio. Bila dibandingkan dengan media-media lainnya, radio mempunyai beberapa kekuatan dan keunikan yang merupakan kelebihannya yang tidak dimiliki oleh media-media cetak ataupun elektronik lainnya. Restauran merupakan bisnis yang cukup maju pada dasawarsa terakhir, termasuk yang giat melakukan kegiatan periklanan. Dan Texas Fried Chicken sebacjai salah satu restauran fast food lebih memilih radio sebagai media Lamanya dalam beriklan. Dimana mereka menggunakan beberapa stasiun radio pada beberapa kota besar, antara lain: Jakarta, tergolong tinggi. beberapa khalayak Bandung, Surabaya, dengan frekwensi yang Berbekal kerangka pemikiran yang diambil dari sumber, ingin diketahui bagaimana pengetahuan pendengar mengenai iklan TFC di radio OZ, Bandung. Adapun konsep pengetahuan yang digunakan disini berdasarkan pendapat Rogers yang terdiri dari, adalah Pengetahuan Sadar tahu (Awareness Knowledge), untuk melihat apakah pendengar memiliki pengetahuan tentang produk yang diiklankan dan versi iklan TFC yang diteliti. Pengetahuan teknis (Hgw to Knowledge), untuk mengetahui apakah pendengar memiliki pengetahuan tentang isi dari masing-masing versi iklan TFC. Kemudian Pengetahuan Prinsip (Principle Knowledge), untuk mengetahui apakah pendengar mengerti maksud atau tujuan dari iklan IPC tersebut. Dan tahap-tahap pengetahuan ini dilihat berdasarkan usia, pekerjaan, pengeluaran dan frekwensi mendengarkan radio GZ perminggu responden. Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut, maka diambil 100 responden yang merupakan pendengar radio OZ, dan pernah mendengar iklan TFC, dengan pengambilan sampel secara accidental. Dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan daftar pertanyaan. Juga dilakukan beberapa wawancara dengan pihak Radio OZ dan TFC. Dan penelitian ini menghasilkan jawaban, bahwa kebanyakan responden lebih memiliki pengetahuan sadar tahu dan teknis, tetapi belum mencapai pengetahuan prinsip. Disamping itu ternyata usia, pengeluaran, dan frekwensi mendengarkan radio OZ perminggu responden, cenderung berpengaruh terhadap pengetahuan yang dimilikinya. Dan sebaliknya, pekerjaan relatif tidak berpengaruh terhadap pengetahuan yang dimiliki oleh responden.
1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silaban, Johannes
Abstrak :
Beberapa tahun terakhir ini, dunia media massa Indonesia sedang berkembang dengan pesatnya. Bahkan di tahun 2001 ini, telah ada empat stasiun televisi swasta yang baru, menyusul tujuh stasiun televisi yang sudah ada, termasuk TVRI. Dalam perkembangan televisi, sajian acara akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari proses penyampaian pesan terhadap sasaran atau receiver yang dikehendaki. Kualitas dari cara menyaji suatu acara, akan sangat mempengaruhi kejelasan maksud dari informasi akan realita yang ada. Oleh karena itu pengemasan suatu acara televisi akan sangat vital fungsinya terhadap keberhasilan acara tersebut. Hal ini menjadi penting, karena pada audio dan audio-visual suatu pesan bersifat sangat sementara, sedangkan pada media cetak, pesan tersebut lebih bersifat tahan lama. Padahal dalam menciptakan pesan kita akan sangat bergantung kepada kemampuan rata-rata manusia untuk menangkap suatu pesan dengan cepat. Berdasarkan hal inilah kita harus mencermati program-program televisi yang ada. Karena setiap dampak yang akan ditimbulkan oleh media massa pasti akan menerpa masayarakat kita baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Akibat dari terpaan itu sendiri sangat banyak. Tergantung dari bagaimana pesan yang disampaikan oleh media tersebut. Jika pesannya lebih banyak mengarah kepada hal-hal yang negatif, maka pengaruh yang ditimbulkannya akan lebih banyak menjurus kepada hal-hal yang negatif. Sebaliknya jika media tersebut banyak menyampaikan pesan-pesan yang positif, maka pengaruh yang ditimbulkannya akan menjurus kepada hal-hal yang positif pula. Untuk itu melalui penelitian ini mungkin saja kita bisa sedikit banyak mengintip kedalam dunia media massa, dan pengaruh yang ditimbulkannya bagi masyarakat kita khususnya melalui program SOLUSI yang dianggap cukup positif ini.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S4294
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Uktolseja, Josua
Abstrak :
Penelitian ini ingin melihat adanya perbedaan tingkat memori pendengar sebagai akibat pengaruh pola penempatan spot iklan radio melalui urutan penempatan spot iklan. Perbedaan tingkat memori dilakukan dengan cara menampilkan penempatan spot iklan pola sate dan penempatan spot iklan pola tunggal dengan mengubah-ubah urutannya. Penelitian ini merupakan eksperimen laboratorium. Disain yang dipakai dalam penelitian ini adalah disain uji faktorial 2x3. Pengolahan data menggunakan multv level (two wav) anavar dengan mixed model. Pengujian hipotesa dilakukan dengan analisa varians dengan perhitungan Ftes dan t te5 dari Fisher. Setelah itu, dilakukan pembandingan untuk melihat perbedaan-perbedaan yang nyata dari masingmasing kelompok eksperimen. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penempatan spot iklan pola tungggal mempunyai penqalebih baik daripada penempatan spot iklan pola sate pada tingkat memori pendengar dalam menyerap suatu pesan iklan. ruh Sebaliknya, urutan penempatan spot iklan tidak terlalu berpengaruh pada tingkat memori khalayak pendengar dalam menyerap suatu pesan iklan. Ada faktor-faktor lain yang ikut berpengaruh pada proses memori seseorang, seperti faktor biologis, faktor kepercayaan dan lain-lain. Sebaiknya bagi pihak yang berkompeten dalam bidang periklanan radio, agaknya perlu untuk melihat dan mempertimbangkan pola penempatan spot iklan khususnya penempatan spot iklan pola tunggal. Masalahnya ternyata pola penempatan spot iklan memberi pengaruh yang berbeda pada memori seseorang. Pola sate bila ingin tetap dipertahankan, sebaiknya disiarkan secara baik dan menarik. Jadi tidak asal disiarkan, sekedar memenuhi kontrak penyiaran spot iklan.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S3956
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paulita Deca
Abstrak :
ABSTRAK
Tehnologi komunikasi telah mempengaruhi seluruh sektor kehidupan termasuk pendidikan. Medium radio sebagai salah satu hasil dari kemajuan tehnologi komunikasi telah lama . terbukti dapat dipergunakan sebagai medium pendidikan. Pendidikan melalui radio digunakan sebagai alternatif pemecahan dalam menghadapi masalah pendidikan seperti masalah sarana, dana, serta waktu. The Listening Post (LP) sebagai sarana belajar jarak jauh, menawarkan pengajaran bahasa Inggris melalui medium radio yaitu radio Sonora ditambah dengan panduan berupa surat kabar yaitu harian The Jakarta Post. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menggambarkan pendapat pendengar acara LP terhadap program LP yang diselenggarakan melalui radio Sonora. Dntuk mengetahui hal tersebut, peneliti mengadakan penelitian mengenai pendapat pendengar tentang waktu dan lamanya penyiaran, daya tarik acara LP, materi, gaya penyampaian, maksud cerita, musik serta iklan yang merupakan satu kesatuan paket acara LP. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner dan responden penelitian ini berjumlah 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan cenderung berperan dalam pembentukan pendapat. Sedangkan variabel usia dan jenis pekerjaan tampaknya tidak terlalu mempengaruhi pembentukan pendapat. Selain itu, yang juga berperan dalam pembentukan pendapat adalah pengalaman responden selama mengikuti acara LP yang melalui frekuensi mendengarkan dan mulainya responden mendengarkan acara tersebut. Hasil penelitian selanjutnya mengungkapkan upaya pengelola acara membuat acara ini dan memberikan dilihat bahwa menarik manfaat tersendiri bagi para pendengarnya.
1991
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Komala Mukti
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riandita Megastuti
Abstrak :
ABSTRAK
Dengan adanya kebijakan perbankan yang dicanangkan oleh pemerintah, menyebabkan semakin berperannya iklan dalam bidang perbankan. Dan hal ini terlihat dengan banyaknya iklan-iklan bank yang disiarkan oleh radio dengan frekwensi relatif tinggi, diantaranya yaitu di radio Ramako. Sehubungan dengan hal diatas, ingin diketahual mengenai pengetahuan yang dimiliki oleh pendengar radio Ramako terhadap iklan bung depo, dari bank Bumiputera. Konsep pengetahuan yang dipakai disini adalah seperti yang diutarakan oleh Kincaid dan Schramm, yaitu bahwa pengetahuan adalah informasi dan prinsip-prinsip yang dimiliki oleh manusia. Atau keseluruhan hal yang diketahui. Untuk mengetahui jawaban atas permasalahan diatas, maka diambil 100 orang responden yang merupakan pendengar setia Ramako, dengan pengambilan sampel secara random Setelah itu dipertimbangkan beberapa faktor yang diperkirakan mempengaruhi hasil penelitian ini, -yaitu usia, pendidikan, pengeluaran perbulan, pengenaan pesan sistematik. iklan bung depo, serta faktor-faktor internal dan eksternal. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, pengetahuan responden dalam penelitian ini secara umum adalah sedang, hal ini selain disebabkan karena sebagian besar responden lebih membutuhkan tabungan dibandingkan dengan deposito, dan rata-rata responden telah menjadi nasabah suatu bank. Dan dalam penelitian ini responden ternyata tidak mudah tergiur oleh iklan-iklan yang ditawarkan.
1991
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riandita Megastuti
Abstrak :
ABSTRAK
Dengan adanya kebijakan perbankan yang dicanangkan oleh pemerintah, menyebabkan semakin berperannya dalam bidang perbankan. Dan hal ini terlihat dengan banyaknya iklan-iklan bank yang disiarkan oleh radio dengan frekwensi relatif tinggi, diantaranya yaitu di radio iklan Ramako. Sehubungan dengan hal diatas, ingin diketahuai mengenai pengetahuan yang dimiliki oleh pendengar radio Ramako terhadap iklan bung depo, dari bank Bumiputera. Konsep pengetahuan yang dipakai disini adalah seperti yang diutarakan oleh Kincaid dan Schramm, yaitu bahwa pengetahuan adalah informasi dan prinsip-prinsip yang dimiliki oleh manusia. Atau keseluruhan hal yang diketahui. Untuk mengetahui jawaban atas permasalahan diatas, maka diambil 100 orang responden yang merupakan pendengar setia Ramako, dengan pengambilan sampel secara random sistematik. Setelah itu dipertimbangkan beberapa faktor yang diperkirakan mempengaruhi hasil penelitian ini, yaitu usia, pendidikan, pengeluaran perbulan, pengenaan pesan iklan bung depo, serta faktor-faktor internal dan eksternal. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, pengetahuan responden dalam penelitian ini secara umum adalah sedang, hal ini selain disebabkan karena sebagian besar responden lebih membutuhkan tabungan dibandingkan dengan deposito, dan rata-rata responden telah menjadi nasabah suatu bank. Dan dalam penelitian ini responden ternyata tidak mudah tergiur oleh iklan-iklan yang ditawarkan.
1991
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Mary Christa
Abstrak :
ABSTRAK
Kebutuhan masyarakat akan informasi sangat besar dan cenderung terus meningkat setiap saat. Kenyataan tersebut menyebabkan peranan media massa menjadi sangat penting karena media massa merupakan salah satu sumber informasi yang digunakan masyarakat pada masa kini. Radio Sonora sebagai salah satu jenis media massa yang menempatkan siaran informasi sebagai salah satu paket acara yang penting. Pentingnya penyiaran informasi tersebut dibuat dalam bentuk-bentuk paket informasi yang selalu disiarkan setiap waktu. Dalam Penelitian ini, peneliti berusaha menggambarkan pendapat pendengar radio Sonora terhadap penyajian informasi yang disiarkan radio tersebut dan berusaha untuk mengetahui motivasi mereka mendengar siaran radio dan juga ingin mengetahui bentuk serta cara penyajian informasi yang menarik serta memuaskan keinginan pendengar terhadap informasi yang setiap saat mereka butuhkan. Penelitian ini bersifat deskriptip dengan metode survey sampel. Data dikumpulkan dari. 72 orang responden dengan mengunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan variabel jenis kelamin dan status kerja responden cenderung mempengaruhi pembentukkan pendapat mereka terhadap bentuk serta cara penyajian informasi melalui radio Sonora, sedangkan variabel usia tidak terlalu berpengaruh. Dari hasil penelitian ini selanjutnya terungkap bahwa keberhasilan pengelola acara, membuat acara ini menarik dan memberikan manfaat serta kepuasan bagi para pendengarnya.
1992
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library