Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 46 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hikmatul Mujadalah
Abstrak :
Laporan magang ini membahas prosedur audit yang dijalankan oleh ABC Asosiasi dalam mengaudit pendapatan kontrak konstruksi jangka panjang pada PT A. PT A menggunakan persentase penyelesaian dengan basis unit-of-delivery dalam mengakui pendapatannya. Laporan ini menemukan bahwa pengakuan dan pengukuran pendapatan PT A telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 23 Pendapatan (revisi 2010) dan PSAK 34 Kontrak Konstruksi (revisi 2010). Laporan ini juga menemukan bahwa semua prosedur audit telah dijalankan oleh auditor ABC Asosiasi seperti PSA (Pernyataan Standar Audit) No. 2 Tanggung Jawab dan Fungsi Audit, PSA No. 5 Rencana dan Pengawasan, PSA No. 25 Resiko Audit dan Materialitas, PSA No. 26 Sampel Audit, and Standard Audit 300 Perencanaan Audit pada Laporan Keuangan. Berdasarkan hasil audit, auditor percaya bahwa pendapatan PT A telah disajikan secara wajar. ...... This internship report is aimed to explain audit procedures obtained by ABC Associate in auditing revenue on long-term construction contract of PT A. In recognizing its revenue, PT A uses percentage of completion method with unit-ofdelivery basis. This report found that revenue recognition and measurement PT A has complied with Indonesian Financial Accounting Standards (PSAK) 23 Revenue (2010 revised) and PSAK 34 Construction Contract (2010 revised). In addition, this report also found that the audit procedures applied by ABC Associate have complied with the applicable standards such as PSA (Pernyataan Standar Audit) No. 2 Responsibility and Function Audit, PSA No. 5 Plan and Supervision, PSA No. 25 Audit Risk and Materiality, PSA No. 26 Audit Sampling, and Standard Audit 300 Planning an Audit on Financial Statement. Based on the result of audit, auditors believe that the revenue of PT A is fairly presented.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Lailinnur Srg
Abstrak :
Laporan magang ini membahas tentang penerapan pencatatan akuntansi berbasis akrual untuk siklus persediaan pada laporan keuangan Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah pada tahun 2015. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual harus diterapkan oleh semua instansi pemerintahan mulai tahun 2015. Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan salah satu instansi pemerintah yang diwajibkan menggunakan pencatatan akuntansi berbasis akrual. Sebelum PP No.71 Tahun 2010 ini dikeluarkan, peraturan terakhir yang digunakan oleh pemerintah sebagai landasan dalam melakukan pencatatan akuntansi adalah PP No.24 Tahun 2005 tentang pencatatan akuntansi berbasis kas menuju akrual. Fokus dari penulisan ini adalah tentang bagaimana penerapan pencatatan akuntansi berbasis akrual di Kemenag Kab. Tapteng pada tahun 2015 khususnya akuntansi persediaan karena selama magang penulis lebih difokuskan di bagian akuntansi persediaan. ......This internship report discusses about the implementation of accrual-based accounting record for the inventory cycle in the financial statements of the ministry of religion tapanuli district middle in 2015. Government regulation no.71 of 2010 on accrual-based government accounting standards must be applied by all government agencies in 2015. The ministry of religion tapanuli district middle is one of the government agencies that are required to use the accrual-based accounting records. Before the government regulation no.71 of 2010 was issued, the last rule used by the government as a cornerstone in making the accounting records are the government regulation no.24 of 2005 on a cash basis accounting towards the accrual. The focus of this paper is on how of the implementation of accrual-based accounting at the ministry of religion tapanuli district middle in 2015 especially for inventory cycle because during internship author of more focused in accounting for inventories.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Adriansyah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap hasil lelang pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara DJKN Penelitian ini dibatasi pada lingkup pelayanan lelang yang dilakukan oleh DJKN Untuk menguji pengaruh tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap hasil lelang tersebut digunakan metode analisis regresi linier berganda dengan rentang waktu penelitian mulai dari tahun 2010 sampai dengan 2012 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif atas tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap hasil lelang DJKN yang diukur dengan frekuensi pelaksanaan lelang baik pada periode saat ini maupun periode berikutnya Sedangkan terkait ukuran hasil lelang DJKN lainnya yaitu jumlah bea lelang hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh atas tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pencapaian jumlah bea lelang tersebut. ......The purpose of this research is to analyze the effect of service user satisfaction level to auction results of Directorate General of State Asset Management DGSAM This research is restricted to auction services provided by DGSAM In order to test the effect of service user satisfaction level to auction results this research uses multiple linear regression analysis with research time range starts from 2010 until 2012 The results show a positive relationship between service user satisfaction level to DGSAM rsquo s auction results that operationalized with auction frequencies The positive relationship between those variables is not only showed in same periode but also in a periode after the service was given Otherwise related to the other measurement of DGSAM rsquo s auction results called auction fee the research does not show any relationship between service user satisfaction level and total auction fee
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S52381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vona Yolanda Genita
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan temuan hibah dari tahun 2008 - 2011 dan menganalisis temuan serta memberikan saran rekomendasi untuk perbaikan pengelolaan hibah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan telaah literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan hibah di Indonesia dari tahun 2008 ke 2011 telah mengalami perbaikan cukup signifikan. Saran dan rekomendasi sebagai upaya yang bisa dilakukan untuk perbaikan pengelolaan hibah di masa depan diantaranya adalah menyempurnakan peraturan, meningkatkan koordinasi antara seluruh pihak terkait, dan menyusun aplikasi yang menunjang proses mekanisme hibah. Upaya tersebut diharapkan bisa mewujudkan pengelolaan hibah yang transparan dan akuntabel di Indonesia.
ABSTRACT
The purpose of this study is to map the findings related to grant for the year 2008 - 2011, to analyze the findings, and to provide suggestions and recommendations on improving the grant management in Indonesia. This study used a qualitative descriptive research method with interview techniques and the study of literature. The results showed that the grant management in Indonesia from 2008 - 2011 has been significantly improved. Suggestions and recommendations as an effort that can be done to improve the future grant management such as to improve the regulation, to improve coordination between all parties involved, and topreparethe application that supports the grant mechanism. That effort is expected to realize a transparent and accountable grant management in Indonesia.
2013
S46798
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Wira Mahiswara
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis manajemen laba yang akan diuji adalah manajemen laba yang bersifat efisien dan oportunistik. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh kontrak hutang, penerapan corporate governance dan kepemilikan manajerial dalam mempengaruhi diskresi manajer menggunakan akrual diskresioner terkait dengan profitabilitas mendatang. Dalam menentukan akrual diskresioner, penelitian ini menggunakan metode akrual yang dikemukakan oleh Kasznik (1999). Dengan menggunakan data panel dan analisis regresi berganda, penulis menggunakan dua model penelitian dan belum menemukan bukti yang kuat bahwa jenis manajemen laba yang digunakan oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI cenderung bersifat efisien (efficient contracting). Penelitian ini juga menemukan bukti bahwa kontrak hutang dan penerapan corporate governance seperti kualitas audit dan keberadaan komite audit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hubungan akrual diskresioner dengan profitabilitas mendatang. Akan tetapi, penelitian ini juga menemukan bukti bahwa proporsi komisaris independen dan kepemilikan manajerial dalam suatu perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hubungan antara akrual diskresioner dengan profitabilitas mendatang.
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the types of earnings management of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Types of earnings management to be tested are efficient and opportunistic earnings management. This study also aimed to see the effect of the debt contract, the implementation of corporate governance and managerial ownership in influencing managers? discretion on discretionary accruals related to future profitability. In determining the discretionary accruals, this study uses the accrual method proposed by Kasznik (1999). By using panel data and multiple regression analysis, the authors use two research models and have not found strong evidence that the type of earnings management used by manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange tends to be efficient. The study also found evidence that the debt contracts and the implementation of corporate governance - audit quality and audit committee - has a significant effect on discretionary accruals relationships with future profitability. However, the study also found evidence that the proportion of independent boards and managerial ownership in a company does not have a significant effect on the relationship between discretionary accruals and future profitability.
2013
S46115
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandhyakalaning Jiwatami Ridwan Putri
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai sumber pendapatan apa saja yang dapat mempengaruhi belanja modal pemerintah daerah dan bagaimana pengaruhnya. Objek penelitian adalah Pemerintah Daerah tingkat Kabupaten/Kota di Indonesia periode penelitian 2008-2012. Hasil pengujian membuktikan bahwa satu-satunya sumber pendapatan yang berpengaruh positif terhadap belanja modal hanyalah DAK. Sementara PAD, DAU, dan DBH berpengaruh negatif terhadap belanja modal. Di samping itu belanja pegawai juga berpengaruh negatif terhadap belanja modal. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pemerintah daerah cenderung menggunakan dana yang bersifat block grant lebih besar untuk kepentingan operasionalnya daripada membiayai belanja modal.
ABSTRACT
This study aims to obtain empirical evidences about what source of income that may affect capital expenditure of local government. Object of this study is regencies/municipalities in Indonesia for period 2008-2012. The result of the calibration proves that the only source of income which has positive effects to capital expenditure is Special PurposeGrant (DAK), when Local Own Source Revenue (PAD), General Purpose Grant (DAU), and Shared Fund(DBH) affects negatively. In addition, personnel expenditure also holds negative effects to capital expenditure. The conclusion of this study is that local governments tend to use greater block grant funds for the benefit of its operations rather than for funding capital expenditure.
2013
S47392
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Wahyu Hartanto
Abstrak :
Skripsi ini menganalisis peran LAKIP terhadap proses perencanaan kinerja dengan cara menganalisis format isi LAKIP, menganalisis sasaran strategis dan indikator kinerja utama, dan melakukan tinjauan standard operating procedure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi yang tersedia dalam LAKIP kurang memadai untuk dijadikan bahan analisis, khususnya analisis value for money. Penetapan sasaran strategis dan indikator kinerja utama lebih mengacu pada renstra, renja, dan kontrak kinerja Kementerian. Selain itu, standard operating procedure tidak menyebutkan secara jelas keterkaitan antara LAKIP dengan proses perencanaan. Dengan demikian, LAKIP belum berperan secara optimal dalam proses perencanaaan di Inspektorat Jenderal. ......This study aims to understand the role of the Performance Accountability Reports of Government Agencies's (LAKIP) Role in planning process by analyzing the format and the content of LAKIP, analyzing strategic objectives and key performance indicators, and conduct review of standard operating procedures. The results showed that the information provided in the report formed insufficient to make an analysis, especially analysis of value for money. Determination of the strategic objectives and key performance indicators refers more to the strategic plan, working plan, and the Ministry of the performance contract. In addition, standard operating procedure does not mention clearly the relationship between performance reports with the planning process. Thus, LAKIP has not played an optimal role in the planning process in the Inspectorate General.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47073
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Christiawan Budi
Abstrak :
ABSTRAK
Tema dari skripsi ini adalah tentang perlakuan akuntansi atas aset biolojik berupa sapi hidup siap jual di PT. XYZ. Skripsi ini juga menganalisis perbandingan praktek perlakuan akuntansi aset biolojik di perusahaan tersebut dengan standar akuntansi yang berlaku terkait aset biolojik di Indonesia yaitu SAK ETAP dan P3LKEPP. Selain itu, skripsi ini juga menjelaskan pendapat manajemen terkait penerapan IAS 41 atau IFRS for SME bagian aset biolojik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat ketidaksesuaian perlakuan akuntansi aset biolojik terkait pengukuran dan pengungkapan di PT. XYZ dengan standar akuntansi yang berlaku. Berdasar wawancara diperoleh keterangan bahwa perusahaan merasa kesulitan dalam menentukan nilai wajar aset biolojik, perusahaan juga merasa keberatan mengenai pajak terkait revaluasi aset biolojik.
ABSTRACT
This thesis is about the accounting treatment of biological assets in the form of living cow that ready for sale at PT. XYZ. This thesis also compare the accounting practices of biological asset at the company with the applicable accounting standards in Indonesia that related with biological asset which are SAK ETAP and P3LKEPP. In addition, this paper describe the management?s opinion related to the implementation of IAS 41 or IFRS for SME. Results showed that there were some discrepancies in measurement and disclosure between the accounting treatment of biological assets at PT. XYZ with applicable accounting standards. Based on interviews, company have difficulty in determining the fair value of biological assets and they also feel burdened about the taxation of biological asset revaluation.
2013
S47658
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martha Kostarin
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis kualitas implementasi PSAK 1 revisi 2009 pada laporan keuangan perusahaan manufaktur di Indonesia. Penelitian menggunakan 65 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011. Variabel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari kualitas penerapan PSAK 1 revisi 2009 sebagai variabel dependen yang diukur dengan menggunakan disclosure checklist dan variabel indepeden terdiri dari ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, likuiditas, porsi kepemilikan saham publik, serta tipe auditor. Secara keseluruhan, rata-rata skor kualitas penerapan adalah 99,32% dan sebanyak 41 perusahaan memperoleh skor 100%. Dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menganalisis data, ditemukan bukti signifikan yang mendukung hipotesis bahwa porsi kepemilikan saham publik dan tipe auditor memiliki pengaruh positif terhadap kualitas penerapan PSAK 1 revisi 2009. Sedangkan ukuran, leverage, profitabilitas, dan likuiditas memiliki pengaruh negatif terhadap kualitas penerapan PSAK 1 revisi 2009. ...... This research is analyzing quality implementation of PSAK 1 revised 2009 to financial report of manufacture firms in Indonesia. The research was conducted to 65 samples consisting of going public manufacture firms listed in Indonesia Stock Exchange in year 2011. All variables used in this research are application score of PSAK 1 revised 2009 as dependent variable which scored by disclosure checklist while independent variables consist of firm size, leverage, profitability, liquidity, other public shareholders and auditor type. Overall, total application score of PSAK 1 revised 2009 is 99,32% in average and 41 firms got 100% score. Using multiple linear regression to analyze data, the research finds there is significant evidence supporting hypotheses that other public shareholders and auditor type have the positive effect on application quality of PSAK 1 revised 2009. Besides, size, leverage, profitability, and liquidity have negative effect on application quality of PSAK 1 revised 2009.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47281
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqi Haniyah
Abstrak :
ABSTRAK
Jurnal ini merupakan studi kasus mengenai permasalahan yang terjadi pada suatu satuan kerja pemerintah pusat di bawah Kementerian Keuangan yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang mengalami perubahan kebijakan pada salah satu kegiatan terbesarnya setiap tahun yaitu pelaksanaan Ujian Saringan Masuk mahasiswa tahun 2011 dan 2012. Perubahan kebijakan oleh Menteri Keuangan mengakibatkan RKA K L yang telah disusun STAN pada tahun sebelumnya tidak sesuai untuk tahun berjalan sehingga harus dilakukan revisi RKA K L. Penganggaran pemerintah telah disusun dengan Penganggaran Basis Kinerja untuk menutup kelemahan pada penganggaran tradisional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Penganggaran Berbasis Kinerja di STAN dapat mempermudah tercapainya tujuan output and outcome oriented dengan konsep let rsquo s manager manage yaitu dengan adanya kemudahan revisi anggaran pada kewenangan Kuasa Pengguna Anggaran. Namun penulis menemukan bahwa Penganggraan Berbasis Kinerja belum terimplementasi dengan baik disebabkan oleh mind set dalam pelaksanaan anggaran masih beranggapan bahwa penilaian kinerja Satker diukur berdasarkan besarnya penyerapan anggaran.
ABSTRACT
This thesis is a case study of the problems that occurred in a central unit under the Ministry of Finance College of Accounting State STAN STAN has faced the policy changed on Students Admission Test USM in 2011 and 2012 STAN as a public sector organization prepared the budget with forward estimate one year before the implemented year. So if the situation changed STAN must adjust the budged in the implemented year. Public sector budgeting in Indonesia arrange with three main concepts of Performances Based Budgeting they are output and outcome oriented let s the manager manages and money follow function function followed by structure. Results of this study showed that the implementation of Performance Based Budgeting concept in STAN can facilitate the output rsquo s achievement through the policy changes. The concept let s manager manage with revision procedure ease the manager for self manage the budget. However the authors found that the Performance Based Budgeting hasn rsquo t been implemented properly due to the mindset in the implementation of the budget still assumes that the performance assessment is measured by budget rsquo s absorption.
2013
S46394
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>