Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ravika Ramadhania
"Sektor konstruksi yang bersifat dinamis dan berisiko tinggi terbukti mengalami berbagai masalah kepemimpinan. Masalah kepemimpinan ini terjadi karena para pemimpinnya belum menerapkan gaya kepemimpinan yang efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan, salah satunya dalam hal keselamatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian mendalam mengenai berbagai jenis gaya kepemimpinan dan karakteristik sektor konstruksi, untuk mengetahui gaya kepemimpinan apa saja yang sesuai bagi safety leader di sektor konstruksi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka naratif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengkaji literatur mengenai berbagai jenis gaya kepemimpinan beserta karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya, serta situasi yang sesuai untuk setiap gaya kepemimpinan; dan literatur mengenai karakteristik dari sektor konstruksi meliputi karakteristik pekerja, pekerjaan, dan organisasi konstruksi. Penelusuran literatur dilakukan di database nasional dan internasional dengan menggunakan berbagai kata kunci yang sesuai. Berdasarkan hasil analisis kualitatif, ditemukan beberapa gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakteristik sektor konstruksi, yaitu autokratik, demokratik, servant, transformasional, dan transaksional. Masing-masing gaya kepemimpinan memiliki waktu dan tempatnya tersendiri. Safety leader di sektor konstruksi perlu memahami bagaimana situasi di lapangan untuk dapat menerapkan gaya kepemimpinan tepat.

The dynamic and high-risk construction sector has proven to be experiencing a variety of leadership problems. This leadership problem occurs because the leaders have not implemented an effective leadership style to achieve the desired goal: safety. Therefore, it is necessary to conduct an in-depth study of various types of leadership and characteristics of the construction sector to find out what leadership styles are suitable for safety leaders in the construction sector. This research uses a narrative literature review method with a qualitative approach. The research was conducted by reviewing the literature of various styles of leadership, and their characteristics, strengths, and weaknesses, as well as situations that are suitable for each leadership style; and the literature on the characteristics of the construction sector includes the characteristics of construction workers, construction work, and construction organizations. Literature searches were carried out in national and international databases using various appropriate keywords. Results based on the qualitative analysis, several leadership styles were found that match the characteristics of the construction sector, namely autocratic, democratic, servant, transformational, and transactional. Each leadership style has its different time and places. Safety leaders in construction sector need to understand the situation at their workplace to apply the right leadership style."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Nabila Syifa
"Sektor konstruksi merupakan sektor dengan risiko cedera dan penyakit akibat kerja yang tertinggi di dunia. Pernyataan ini didukung oleh data ILO yang mengestimasikan bahwa setidaknya 60.000 kecelakaan fatal terjadi setiap tahunnya di lokasi konstruksi di seluruh dunia. Berdasarkan penelitian sebelumnya, diketahui bahwa kecelakaan yang terjadi berhubungan dengan proses penilaian risiko yang tidak memadai sehingga bahaya dan risiko jarang dimitigasi. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap implementasi penilaian risiko pada proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek milik PT. XYZ. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan analisis banding antara konsep penilaian risiko yang ideal dengan proses penilaian risiko yang telah diterapkan oleh perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara penilaian risiko dalam literatur dengan penilaian risiko yang diterapkan oleh PT. XYZ. Pada tahap identifikasi bahaya dan risiko, hasil identifikasi dapat terdiri dari tiga hal yang berbeda namun perusahaan hanya mengidentifikasi bahaya secara garis besar saja. Lalu, pada tahap analisis risiko, literatur menyebutkan bahwa dapat menggunakan teknik FTA dan ETA namun perusahaan menggunakan observasi lapangan dan diskusi tim HSE. Meski begitu, secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan yang besar dan signifikan antara konsep penilaian risiko yang ada pada literatur dengan pelaksanaan penilaian risiko perusahaan.

The construction sector is the sector with the highest risk of occupational injury and disease in the world. This statement is supported by ILO data which estimates that at least 60,000 fatal accidents occur annually at construction sites worldwide. Based on previous research, it is known that accidents that occur are related to an inadequate risk assessment process so that hazards and risks are rarely mitigated. This research is a descriptive study with a case study approach or a study of the implementation of risk assessment in the Jabodebek Integrated Railroad (LRT) project owned by PT. XYZ. This research aims to conduct a comparative analysis between the ideal risk assessment concept and the risk assessment process that the company has implemented. The results of this study indicate that there are some differences between the risk assessment in the literature and the risk assessment applied by PT. XYZ. The identification results can consist of three different things at the hazard and risk identification stage, but the company only identifies hazards in outline. Then, at the risk analysis stage, the literature states that FTA and ETA techniques can be used, but the company uses field observations and HSE team discussions. Overall, there is no big and significant difference between the concept of risk assessment in the literature and the implementation of company risk assessment."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ira Safhira
"Latar Belakang: Tidak semua postur janggal yang ada di industri harus dihilangkan. Karena faktanya, postur janggal tidak dapat dipisahkan dari aktivitas kerja sehari-hari. Setiap ada pergerakan yang membuat sudut tubuh menjauhi posisi normal, dapat dikatakan sebagai postur janggal. Kesalahpahaman terkait konsep dari postur janggal terlebih diikuti dengan fakta bahwa konsep penilaian metode observasi yang sering digunakan untuk menilai postur janggal (REBA, RULA, dan OWAS) kurang sesuai dengan teori yang seharusnya, dapat menurunkan keefektifan pengendalian gangguan sistem muskuloskeletal. Untuk mengatasi hal itu, maka diperlukan kajian literatur yang menjelaskan apa saja variabel yang dapat mempengaruhi tingkat keparahan postur janggal dan bagaimana hubungannya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka naratif dengan tujuan untuk menggambarkan bagaimana hubungan antara durasi, frekuensi, dan sudut kemiringan postur dengan tingkat keparahan postur janggal. Hasil: Didapatkan 15 literatur yang berasal dari pangkalan data online Science Direct, ProQuest, dan Google Cendekia, dengan rincian 9 literatur menggunakan metode semi-eksperimental, 5 literatur menggunakan metode cross sectional, dan 1 literatur menggunakan metode studi pustaka sistematik. Kesimpulan: Berdasarkan hasil literatur tersebut, didapatkan bukti adanya hubungan yang linear antara durasi, frekuensi, dan sudut kemiringan postur dengan tingkat keparahan postur janggal.

Background: Not all of awkward postures that exist in the industry should be eliminated. Due to the fact, awkward posture can not be separated from daily work activities. Any movement that makes the body angle away from the normal position, can be said to be an awkward posture. Misconceptions related to the concept of awkward posture are followed by the fact that the assessment’s concept of the observation method that is often used to assess awkward postures (REBA, RULA, and OWAS) is not accordance with the theory it should be. That condition can reduce the effectiveness of controlling musculoskeletal system disorders. To overcome this, it is necessary to review the literature that explains what variables can affect the severity of awkward postures and how they are related. Method: This study uses a narrative literature review method with the aim is for describing the relationship between duration, frequency, and angle of inclination of posture with the severity of awkward postures. Results: 15 literatures were obtained from the online databases of Science Direct, ProQuest, and Google Scholar, with details of 9 literatures using the semi-experimental method, 5 literatures using the cross sectional method, and 1 literature using the systematic literature study method. Conclusion: Based on results of the literature, there are some evidence that proof the linear relationship between the duration, frequency, and angle of inclination of postures with the severity of awkward postures.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Muhammad
"Di Indonesia pada tahun 2020 terjadi 177.000 kasus kecelakaan kerja dimana pada sektor transportasi menyumbang sebesar 9,3%. Kecelakaan kerja dapat terjadi karena lingkungan kerja yang tidak aman dan perilaku yang tidak aman yang bersumber dari manusia. Salah satu cara pendekatan keselamatan yang dapat digunakan dan berfokus kepada faktor manusia yaitu dengan melalui iklim keselamatan. Terkait dengan iklim keselamatan kerja di PT.XYZ belum pernah dilakukan pengukuran iklim keselamatan kerja. Dan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim keselamatan kerja di PT.XYZ. Pengukuran iklim keselamatan kerja pada penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode NOSACQ-50. Dimana instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner NOSACQ-50. Dan diperoleh hasil tingkat iklim keselamatan kerja di PT.XYZ adalah dengan skor 3,03 yang berarti masuk kedalam katagori baik.

In Indonesia in 2020 there were 177,000 cases of work accidents where the transportation sector contributed 9.3%. Work accidents can occur because of an unsafe work environment and unsafe behavior that comes from humans. One way to approach safety that can be used and focuses on the human factor is through a safety climate. Regarding the work safety climate at PT. XYZ, there has never been a work safety climate measurement. And this study aims to analyze the work safety climate at PT.XYZ. The measurement of the work safety climate in this study was carried out using the NOSACQ-50 method approach. Where the instrument in this study using the NOSACQ-50 questionnaire. And the results obtained by the level of work safety climate at PT. XYZ is with a score of 3.03, which means it is in the good category."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library