Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indrati Wuryastuti
Abstrak :
ABSTRAK
Keperawatan pada klien yang dirawat lama pada ruang rehabilitasi belum dikenal masyarakat, sedangkan mereka melaksanakan pelayanan keperawatan secara komprehensif dan holistik. Penelitian ini mempelajari pengalaman perawat pelaksaua dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien yang dilakukan rehabilitasi medik di RSPAD Gatot Subroto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Sampel dalam penelitian ini dalah sebanyak 5 orang, dan mereka mempunyai karateristik yang berbeda. Perawat pelaksana yang dijadikan partisipan sudah diidentifikasikan sebelumnya,sehingga diharapkan telah mempunyai pengalaman yang cukup dalam melaksanakan tugasnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan analisa data dilakukan dengan cara Colaizi. Dari analisa data tersebut ditemukan 5 tema yaitu: 1). Motivasi perawat pelaksana dalam bekerja, 2). Makna bekerja bagi perawat pelaksana, 3). Cara merawat pasien, 4) Hambatan dalam bekerja, 5) Kebutuhan dan harapan perawat pelaksana dalam bekerja.

Kesimpulan: Pengalaman para perawat pelaksana menunjukkan bahwa motivasi bekerja adalah sebagai tugas, disamping itu kegembiraan atas keberhasilan dalam merawat pasien juga menjadi motivasi. Selanjutnya disimpulkan pula bahwa perawat pelaksana membutuhkan pelatihan guna kelancaran tugasnya disamping itu mereka juga ingin memperoleh kesempatan untuk melanjutkan kejenjang yang yang lebih tinggi.

Rekomendasi yang diajukan adalah agar pihak Direksi dan Manajemen Keperawatan memfasilitasi kebutuhan para perawat pelaksana dan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan guna meningkatkan mutu asuhan keperawatan disamping itu pembinaan yang terus menerus akan nilai-nilai luhur yang diyakini perawat pelaksana perlu dilakukan.
2007
T22852
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahyar Mulyana
Abstrak :
ABSTRAK
Pelayanan keperawatan bagian integral dari pelayanan kesehatan merupakan pelayanan professional yang diberikan oleh perawat yang professional pula. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perawat dapat dinilai dari kinerja yang ditampilkan oleh perawat tersebut. Pada umumnya penilaian kinerja perawat dilakukan oleh kepala ruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran dan pengambilan keputusan dari kepala ruangan dalam menilai penampilan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Kota Bandung. Desain penelitian ini menggunakan riset kualitatif dengan pendekatan kelompok diskusi terfokus/fokus group diskusi (FGD), partisipan sebanyak 5 orang perawat di 5 ruang rawai inap RSUD Kota Bandung, Jawa Barat bulan April 2007. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui kelompok diskusi terfokus. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa: 1) penilaian kinerja yang dilakukan berdasarkan obyektif subyektif skoring dan musyawarah 2) Kriteria menilai kinerja yang dilakukan berdasarkan renumerasi dan ketentuan pegawai negeri sipil 3) Pembuatan perankingan berdasarkan keterampilan dan senioritas, 4) system penghargaan terdiri dari ketentuan penghargaan finansial dan non finansial. Kesimpulan penelitian adalah diperoleh informasi cara penilaian kinerja, kriteria-kriteria penilaian, pembuatan perankingan dan system penghargaan di RSUD Kota Bandung, Saran dari penelitian ini adalah manajer puncak dapat tetap terlibat dalam penentuan system penghargaan pada staf keperawatan di tiap unit pelayanan di rumah sakit.
2007
T22854
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Netha Damayantie
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library