Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
Simanjuntak, P. Yoppy
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1990
S35489
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dedy Dewanto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35377
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Haris Adiwibowo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36115
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Achmad Syafroji
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam penanggulangan dan penanganan limbah, baik yang berasal dari pabrik /
industri, rumah sakit, rumah tangga, hotel dan perkantoran, dapat digunakan metode
insinerasi limbah dengan menggunakan insinerator sehagai salah satu alternatif pemusnah limbah seperti telah disebutkan diatas.
Secara definitif insinerasi adalah proses pembakaran limbah menjadi abu secara
terkendali dengan emisi gas buang yang aman. Tujuan utama penggunaan metode
insinerasi adalah pengurangan volume limbah melalui oksidasi thermal dengan persyaratan gas buang yang ditimbulkan dalam prosesnya tidak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.
Keuntungan metode dengan menggunakan insinerator dibandingkan
dengan cara konvensional seperti penimbunan, dibuat kompos dan sebagainya ialah :
* Lebih praktis
* Lebih cepat dan mudah prosesnya
* Tidak menimbulkan bau
Insinerator tersebut menggunakan isolator thermal yang terdiri dari bata api berat,
bata api ringan, insulasi castable dan castable refractory. Insinerator ini juga dilengkapi
dengan alat penyaring gas buang yang berfungsi untuk memisahkan partikel-partikel yang ikut bersama gas buang; disamping itu proses insinerasi berlangsung pada temperatur tinggi sehingga gas buang yang keluar tidak berbahaya dan tidak menimbulkan bau.
Monitoring temperatur serta sistem insinerasi yang dikontrol secara otomatis yang
dipasang pada unit insinerator ini amat mempermudah pengoperasiannya.
1996
S36256
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Agus Suhendar
Abstrak :
Hovercraft adalah salah satu jenis kendaraan yang memanfaatkan fenomena ground effect dengan bantalan udara bertekanan. Sebagai salah satu sarana transportasi, syarat sistem kemudi atau kontrol yang handal sangat di perlukan. Tugas sarjana ini mengambil topik bahasan analisa desain mekanisme sistem kemudi roda puli untuk hovercraft ringan Proto X-2 yang sudah selesai tahap pembuatannya.
Pembahasan yang dilakukan adalah menganalisa desain mekanisme sistem kemudi roda puli yang meliputi; pemilihan sistm roda puli, perhitungan kekuatan tali dan roda puli, perhjtungan sudut belok optimum dengan batasan faktor luar seperti besarnya gaya dorong, kekuatan bahan, kecepatan jelajah, bobot kendaraan dan kondisi operasional hovercraft.
Dengan batasan diatas, hasil dari tugas sarjana ini akan diperoleh spesifikasi sistem kemudi hovercraft ringan berpenumpang enam orang yang telah dikembangkan oleh Tim Hovercraft Universitas Indonesia, sekarang ACVC (Air Cushion Vehicle Club), yaitu PROTO X-2.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36589
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mirza Ernanda
Abstrak :
ABSTRAK
Dongkrak merupakan suatu alat bantu manusia untuk mengangkat mobil mnpa harus mengeluarkan banyak tenaga Dongkrak adalah sejenis lifter yang jenisnya ada bermacam-macam, diantaranya dongkrak mekanis, dongkrak hidrolis dan gabungan dari dongkrak mekanis serta dongkrak hidrolis.
Pembahasan yang akan dilakukan pada Tugas Akhir ini adalah mengenai rancangan untuk dongkmk buaya yang secara prinsip adalah dongkrak buaya biasa seperti umumnya, hanya saja dongkrak rancangan ini bagian mekanisnya terpisah dengan ba-
gian hidrolisnya dan bagian hidrolis ini dapat diganti dengan bermacam-macam varia-
si dongkrak hidrolis yang ada pada umumnya. Secara praktikal dan Iogika dongkrak ini bisa menggantikan dongkrak buaya yang ada dan jelas lebih ekonomis dibanding dongkrak buaya yang konvensional.
Dari analisa, beban optimum yang dapat ditanggung adalah berkisar sekitar 6,3 - 6,5 ton dan disain seperti ini dapat divadasikan dengan berbagai macam ide karena untuk perhitungan safety factor number telah dibuatkan dalam program BASIC, hasil ini bisa digabungkan datanya dengan MS WORD untuk mengolah grafiknya.
1997
S36749
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Saar
Abstrak :
Hovercraft Proto X-2 adalah pengembangan iebih Ianiut daripada Hovercraft Proto X-1 yang teiah ada. Dimana maksud diproduksinya Hovercraft Proto X-2 ini adalah untuk menjadi saiah satu kendaraan altematif daiam mengatasi masalah transportasi di negara kita ini.
Kelebihan Hovercratt ini dibandingkan pendahuiunya, selain memiliki kapasitas angkut yang Iebih juga membutuhkan daya guna yang Iebih tinggi. Sehingga membutuhkan daya mesin yang Iebih besar. Pemanfaatan daya mesin yang lebih besar otomatis membutuhkan dudukan penyangga mesin yang Iebih kuat.
Untuk mengetahui kekuatan penyangga mesin Hovercraft Proto X-2 ini maka periu diiakukan suatu analisa terhadap kekuatan struktur dan dampak dari getaran mekanis yang timbul.
Analisa kekuatan struktur engine mounting Hovercraft Proto X-2 ini dilakukan pada sambungan-sambungan yang terdapat pada struktur, yaitu sambungan las dan mur-baut, akibat dari reaksi pembebanan dari mesin itu Sendiri. Reaksi pembebanan mesin pada struktur dihitung dengan bantuan komputer mempergunakan program SAP'90.
Analisa terhadap dampak getaran mekanis yang timbul didasari untuk mencari nilai konstanta kekakuan pegas dinamis, untuk mendapatkan frekuensi pribadi yang berbeda dengan frekuensi pribadi sistem. Sehingga dapat menghindari resonansi.
Hasil analisa yang dilakukan secara umum membuktikan bahwa struktur engine mounting Hovercraft Proto X-2 sekarang cukup kuat dan memadai, sebagai salah satu faktor penentu kelayakan Hovercraft proto X-2 menjadi kendaraan alternatif.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36788
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aulia Zefriansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Forklift sebagai alat pemidah barang pada saat ini telah menjadi salah satu aspek penting sebagai unsur alat produksi suatu industri khususnya industri alat berat. Di negara inipun tingkat kebutuhannya kian meningkat sejalan dengan makin berkembangnya industri yang ada. Sejalan dengan itu pula tingkat kebutuhannya makin bervariasi yang disesuaikan dengan kondisi industrinya.
Pengereman sebagai salah satu komponen pentlng pada forklift perlu memiliki suatu standar pengereman dalam batas yang aman. Dalam skripsi ini akan dibuat suatu dasar penilaian bagi pengereman forklift dengan cara melakukan suatu analisa terhadap karakteristik pengereman forklift jenis Patria PFD-SUT buatan PT. United Tractor yang meliputi analisa komparatif pengereman teoritis dengan aktual melalui suatu loadcell, analisa terkuncinya roda, analisa terangkatnya roda belakang.
Dengan latar belakang dan permasalahan yang telah disebutkan, perlu dilakukan analisa-analisa yang meliputi :
» Penentuan Ietak titik berat forklift dengan dan tanpa beban
» Penentuan gaya pengereman yang aman terhadap forklift
» Penentuan kestabilan dinamis dalam kondisi pengereman berdasarkan pengumpulan data-data teknis dari PT. United Tractor.
Pada bagian akhir skripsi ini akan ditampilkan suatu grafik standar pengereman yang aman yang diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengemudi melalui standar jarak pengereman pada berbagai kecepatan yang sampai saat skripsi ini dibuat belum ada pada standar yang diberikan oleh SAE (Society of Automotive Engineers) untuk forklift.
1997
S36762
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Eka Pispla Rianto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36794
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Puguh Imanto
Abstrak :
ABSTRAK
Kebutuhan angkutan untuk daerah perumahan sebaiknya tidak menambah sumber polutan bagi lingkungan sekitamya, baik berupa polusi suara ataupun akibat gas buang. Sebagai altematif kendaraan yang bersih dari sumber polutan adalah kendaraan yang di gerakkan oleh tenaga Iistrik. Dengan daya angkut scbesar 6 orang termasuk pengemudi, Kendaraan Angkutan Listrik (KAL) yang dibuat atas kerja sama Yayasan Bapenas dan Unit Pusat Pengabclian Masyarakat - Mesin Universitas Indonesia diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai sebuah kendaraan listrik untuk angkutan didalam lingkungan.
KAL aigefakkan mengéunakan sebuah mmm listrik berdaya 3 kw, 48 v seberat 65 kg yang diletakkan ditengah kendaraan dan sebagai media penyimpan daya digunakan accu berkapasitas 12 V, 120 Ah scbanyak 4 buah yang diletakkan dibagian belakang kendaraan. Diharapkan KAL dapat mencapai kccepatan maksimum 40 km/jam dengan waktu jelajah selama 2jam.
Sebagai sebuah kendaraan, KAL tidak terlepas dari aspek-aspek sebuah kendaraan. Termasuk aspek gerakan-gerakan yang, terjadi pada suatu kendaraan pada umumnya, yaitu antara lain gerakan berguling, bounce dan pitch. Ketiga gcrakan ini lah yang paling dominan saat kendaraan melaju. Dengan distribusi berat yang tidak scperti kendaraan pada umumnya, sangat menarik untuk mcngetahui letak berbagai pusat gerakan tersebut.
Dari perhitungan, diketahui bahwa titik berat KAL terletak lebih dekat dengan sumbu roda belakang (sekitar 46,6 % panjang wheel base). Dan dengan sistim pegas yang ada sekarang temyata KAL belum dapat memenuhi kriteria kenyamanan yang diberikan oleh Maurice Olley. Pemilihan suspensi yang ada mengakibatkan sumbu gulingan yang miring dengan bagian depan yang lebih rendah. Sumbu gulingan seperi ini umumnya dimiliki oleh kendaraan penumpang.
1997
S36247
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library