Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Emira Bunga Ramadhan
"Distopia adalah sebuah tempat yang menyebabkan ketidaknyamanan, sesuatu yang dianggap sebagai hal yang berkonotasi negatif. Tanpa manusia sadari, seiring berjalannya waktu, semakin dekat pula manusia dengan kondisi distopia. Walaupun beragam macam distopia, satu hal yang paling nyata dari kondisi saat ini adalah distopia alam, dimana kondisi pemanasan global sudah marak dan perlahan menghancurkan hidup manusia. Saat ini, manusia kerap tidak menghargai alam, hal itulah yang membuat alam membalaskan dendamnya kepada manusia, melalui distopia. Meski begitu, tetap terdapat subjek-subjek yang menghargai keberadaan alam, dan bergantung penuh kepada alam untuk menghidupi kehidupannya. Dalam kajian ini, penulis mencoba untuk menjabarkan proses bagaimana arsitektur dapat membantu keberlangsungan hidup subjek ini, namun, disambungkan dengan komentar penulis mengenai bagaimanapun itu, seberapa efektif karya arsitektur yang dapat dibuat, akan ada masanya dimana hasil buatan manusia akan kalah dengan apa yang alam punya. Tulisan ini juga menjelaskan secara lebih lanjut mengenai narasi yang akan diterapkan dan bagaimana cara penerapannya dalam proyek ini.
Dystopia is a place that creates an uncomfortable feeling, a feeling that is unsafe for the subject, and is something that is perceived as a negative thing. Without the humans realizing, the more time goes, the closer we are to dystopia. Eventhough there are multiple kinds of dystopia, one thing that is very clear and close to the human being is about the nature’s dystopia, in which the case now is about global warming that is slowly coming to ruin the life of humans. As for now, humans are perceived as a subject that does not respect the nature, and that is the reason why nature is trying to fight back through dystopia. Even though there are always some bad humans, there are also the good subjects who respected the nature, and is hanging consistently to live their lifes through nature, and only by nature. In this researc, writer tries to explain on how architecture can help with the lives of the subject that is slowly ruined by dystopia, however combined with the writer’s commentary regarding on even how effective the architecture is, there will be a time where a man made object loses to what the nature has. This writing will also explain regarding the narration that will be put on the project and how does the narration works."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Andianto Mahdi Prasasya
"Laut telah menjadi bioma yang belakangan ini dikaitkan dengan kunci keberlanjutan masa depan – melihat dari bagaimana laut menyediakan sumber daya maupun keterjangkauan yang laut tawarkan terhadap perkembangan industri maupun ekonomi antropogenik manusia. Eksploitasi, reklamasi, dan intervensi manusia terus dilakukan atas nama keberlanjutan dalam istilah – istilah seperti “blue economy”. Padahal, pada kenyataannya manusia justru meninggalkan lebih banyak emisi daripada apa yang selama ini disadari, ataupun justru menimbulkan dampak yang menghilangkan keberlanjutan golongan yang tidak beruntung (seperti nelayan tradisional). Riset ini akan mengeksplorasi dan mereimajinasi potensi spasial oceanic noise pollution sebagai salah satu substansi emisi tak kasat mata dan tak terdengar dari pencarian keberlanjutan antropogenik terhadap laut. Memberikan konteks pengguna nelayan tradisional Cilincing sebagai protagonis bagi bioma laut, nantinya penelitiannya ini akan menginterpolasikan pendefinisian ruang eksisting nelayan Cilincing terhadap laut atas adanya bentuk respon redemptive dari kondisi ekstrem dan semi-distopik oceanic noise pollution.
The sea becomes a biome that is associated with being a key to sustainability in the future life of humans – considering how the sea provides abundant resources and/or affordance towards the anthropogenic industrial and economic development. For the sake of ‘sustainability’, human exploit, force reclamation, and/or interfere the nature under the umbrella terms such as ‘blue economy’ and such. However in reality, humans have left much more anthropogenic footprints than what is visible to the eye, nor ironically demolishing the extant sustainability of the unfortunate community (e.g. traditional fishermen). This research will explore and reimagine the spatial potential of the oceanic noise pollution as the unheard and unseen substantive emission of the anthropogenic quest of sustainability. With the given context of the Cilincing’s traditional fishermen as the protagonist of the sea biome, this research will further interpolate the existing architectural – spatial definition of Cilincing’s traditional fishermen towards the sea biome as a redemptive response towards the extreme and quasi-dystopic case of the oceanic noise pollution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library