Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Disa Sri Lestari
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5142
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rosalia Endang Budi Astuti
"Saat ini anak-anak kerap diserbu oleh iklan-iklan yang ditayangkan di televisi, salah satunya adalah iklan produk makanan ringan. Dengan kemampuan kognitif yang terbatas, mereka berusaha memahami apa yang tersaji dalam iklan makanan ringan yang dikemas menarik dengan informasi makanan sehat yang sangat minim. Akibat yang timbul adalah anak merasa ingin mengkonsumsi produk yang diiklankan tersebut tanpa memperhitungkan kandungan gizi makanan yang diiklankan. Penelitian ini menggunakan model low involvement hierarchy dimana konsumen hanya memerlukan informasi yang terbatas untuk menimbulkan perilaku pembelian produk. Penelitian ini ingin melihat apakah anak-anak menyadari benar apa yang ditawarkan iklan mengingat mereka hanya memperoleh informasi yang minimal dari iklan dan mefihat hubungannya dengan keinginan mereka untuk membeli atau mengkonsumsi produk yang ditawarkan melalui iklan. Selain itu juga dilihat faktor lain yang mungkin berhubungan dengan keinginan membeli produk yang diiklankan. Penelitian dengan sampel anak kelas III, IV, V, dan VI SD Asisi I Menteng Dalam Jakarta Selatan ini dianalisa menggunakan Pearson Correlation dan diperoleh hubungan signifikan yang relatif lemah. Int berarti tidak semua anak yang memiliki pengetahuan produk dan iklan memiliki keinginan membeli produk yang diiklankan. Dengan menggunakan analisa partial correlation, diperoleh basil bahwa faktor peranan anak dalam keputusan pembelian, akSes pembelian produk dan tingkat pendidikan memberikan sedikit pengaruh pada hubungan antara pengetahuan anak tentang produk dan iklan dengan keinginan mereka membeli produk yang diiklankan. Keinginan membeli produk yang diiklankan ini berhubungan dengan sikap anak terhadap iklan produk. Dengan nilai statistik yang signifikan ditemukan indikasi bahwa anak yang memiliki keinginan membeli produk cenderung memberikan sikap positif (suka) terhadap iklan produk yang ditayangkan di televisi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4176
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Yuniarti
"Betawi merupakan etnis yang cukup populer dalam masyarakat Indonesia, tertitama Para penggemar acara-acara televisi yang menampilkan budaya Betawi. Selain karena sering diselingi dengan humor yang segar, bahasa Betawipun sudah dikenal dan dimengerti hampir seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa jadi karena bahasa Betawi mirip dengan bahasa Indonesia dan sudah menjadi bahasa pergaulan masyarakat Indonesia. Sinetron ataupun program acara lain di televisi yang menayangkan budaya Betawi membuat etnis ini "naik daun". Terbukti dengan adanya rating yang cukup tinggi pada acara sinetron ataupun lenong yang isinya melakonkan kehidupan orang Betawi. Sangatlah ironis jika kita mengetahui bahwa justru tontonan-tontonan tersebut malah menimbulkan sejumlah stereotip, baik itu positif atau .negatif tentang orang Betawi yang belum tentu sesuai dengan realitanya. Efeknya tentu saja penonton akan mengira bahwa memang demikianlah adanya orang Betawi. Penonton tidak akan mengecek atau menyelidiki lebih dalam apakah benar orang Betawi itu seperti yang ditampilkan oleh televisi ? Sehubungan dengan itu peneliti mengambil studi eksploratif tentang efek sinetron televisi Si Doel Anak Sekolahan, yang merupakan salah satu sinetron favorit dan populer di kalangan masyarakat., terhadap pembentukan gambaran orang Betawi dalam persepsi penontonnya. Peneliti ingin mengetahui apakah tontonan ini menimbulkan stereotip orang Betawi , dan apakah penonton yang berasal dari kelompok non Betawi menganggap bahwa reality orang Betawi adalah seperti yang ditampilkan dalam sinetron tersebut ? Untuk menjawab pertanyaan itu peneliti mengambil sebelas orang informan non Betawi yang merupakan penonton rutin SDAS. Dengan motede penelitian kualitatif peneliti bermaksud mengetahui lebih dalam efek SDAS terhadap stereotip orang Betawi dan bagaimana efek itu bisa terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan didasari teori kultivasi dari George Gerbner yang mengemukakan bahwa kecanduan menonton televisi dapat menimbulkan persepsi bahwa dunia ini adalah sama dengan dunia yang ditampilkan televisi. Hasil penelitian menunjukkan hal yang serupa dengan apa yang dikemukakan Gerbner. Penonton SDAS yang non Betawi mempunyai persepsi bahwa karakter orang Betawi didalam dunia nyata adalah mirip dengan karakter orang Betawi sebagaimana ditampilkan dalam SDAS. Namun hal ini hanya berlaku pada individu yang meMpunyai pengetahuan yang sedikit dan kurang mengenal orang Betawi yang sebenarnya. Teori kultivasi kurang berlaku pada individu yang sudah mempunyai pengetahuan dan pengalaman bergaul erat dengan orang Betawi sebelum menonton SDAS, karena stereotip tentang orang Betawi yang terbentuk dalam persepsinya cenderung lebih dikarenakan pengalaman dan keyakinannya tersebut. Dalam penelitian ini pula ditemukan beberapa faktor yang mungkin melatarbelakangi persepsi informan terhadap orang Betawi, yaitu pengalaman bergaul dengan orang Betawi ( pengalaman pernah tinggal di lingkungan orang Betawi, memiliki teman, tetangga atau saudara ipar orang Betawi ), latar belakang budaya, peran dan status, sosialisasi keluarga dan terpaan budaya Betawi dari media lain."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S4184
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library