Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Icha Naomi Hosiana
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur dari tahap perencanaan audit kinerja yang dilakukan oleh Departemen Audit Internal OJK terhadap proses pernyataan pendaftaran oleh emiten dalam rangka penawaran umum untuk periode 1 Januari 2018 sampai dengan 15 November 2018. Audit kinerja dilakukan untuk menilai efisiensi dan efektivitas dari proses pernyataan pendaftaran oleh emiten melalui E- Registration. Perencanaan audit kinerja didasarkan pada pedoman audit kinerja yang dikeluarkan oleh DewaniKomisioner Audit Internal, Manajemen Risiko, dan Pengendalian Kualitas. Sementara itu, kerangka analisis yang digunakan penulis adalah konsep perencanaan  audit kinerja pada sektor publik. Hasil analisis menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan dalam implementasi prosedur perencanan audit kinerja seperti penentuan tujuan audit yang belum disesuaikan dengan area kunci dan kriteria audit yang belum bersifat spesifik terhadap tujuan audit.

This report discusses about the procedures of performance audit at the planning stage which conducted by Departemen Audit InternaI OJK over the process of registration statement with regard to Initial Public Offering or Go Public. The audit period is from 1 Januari 2018 to 15 November 2018. The performance auditing was held to assess the efficiency and effectiveness of registration statement process through E-Registration. The performance audit planning is based on the performance audit guidance which was issued by The Board of Commissioners of Internal Audit, Risk Management and Quality Control. The framework which used by the author is the concept of performance audit plan on public sector. The results of analysis show that there are some shortcoming in performance audit planning procedure implementation, such as the setting of the audit objectives is not matched with the key areas and the audit criteria that is not specific yet with the audit objective. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Larasati
"Laporan karya magang ini bertujuan untuk menganalisis penerapan PSAK 30 (revisi 2011) tentang sewa di PT SDR dengan kasus Kontrak A dan Kontrak B. Untuk Kontrak A dan Kontrak B, PT SDR mengklasifikasikan kontrak sewa di tahun 2018 sedangkan kontrak dimulai 2017. Berdasarkan hasil analisis, waktu pengklasifikasian kontrak sewa tidak sesuai PSAK 30 (revisi 2011). Untuk Kontrak A, PT SDR mengklasifikasikan kontrak sebagai sewa pembiayaan. Berdasarkan analisis, klasifikasi Kontrak A sudah sesuai dengan PSAK 30 (revisi 2011). Untuk Kontrak B, PT SDR mengklasifikasikan kontrak sebagai sewa operasi. Berdasarkan analisis dengan salah satu faktor yaitu jenis menara yang disewa di Kontrak B hanya dapat di isi oleh PT SDR, penulis mengklasifikasikan kontrak B sebagai sewa pembiayaan.

This final project aims to analyze the implementation of PSAK 30 (revised 2011) leasing tower at PT SDR with cases of contract A and contract B. For contract A and contract B, PT SDR classifies the lease contract in 2018 while the contract starts in 2017. Based on the analysis, the time of classifying the rental contract is not in accordance with PSAK 30 (revised 2011). For Contract A, PT SDR classifies contracts as finance leases. Based on the analysis, the classification of Contract A is in accordance with PSAK 30 (revised 2011). For Contract B, PT SDR classifies contracts as operating leases. Based on the analysis with one of the factors, the tower type leased in Contract B can only be filled by PT SDR, the author classifies contract B as a finance lease."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Fairuz Nisa
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses uji tuntas dan restrukturisasi utang yang dilakukan oleh PT PXP terhadap PT RRR. PT RRR merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur aluminium. Restrukturisasi utang dilakukan akibat ketidakmampuan PT RRR dalam membayar utang-utangnya, sedangkan uji tuntas dilakukan sebagai rangkaian awal dari proses restrukturisasi utang tersebut. Uji tuntas yang dilakukan meliputi identifikasi gambaran umum perusahaan, analisis industri dalam uji tuntas komersial, analisis laporan keuangan dalam uji tuntas keuangan, analisis dokumen hukum dalam uji tuntas hukum, dan analisis operasional dalam uji tuntas operasional PT RRR. Restrukturisasi utang yang dilakukan meliputi assesment kelayakan, pembuatan opsi restrukturisasi, dan negosiasi dengan kreditur. Berdasarkan proses uji tuntas dan restrukturisasi utang yang dilakukan, diketahui bahwa pelaksanaan uji tuntas dan restrukturisasi utang oleh PT PXP telah sesuai dengan kerangka evaluasi yang digunakan.

This internship report is aimed to evaluate the due diligence and debt restructuring process carried out by PT PXP to PT RRR. PT RRR is a company engaged in aluminium manufacturing. Debt restructuring was carried out due to PT RRR`s inability to pay its debts, while due diligence was carried out as an initial process of the debt restructuring process. Due diligence conducted includes identification of the general picture of the company, analysis of the industry in commercial due diligence, analysis of financial
statements in financial due diligence, analysis of legal documents in due diligence, and
operational analysis in operational due diligence for PT RRR. Debt restructuring includes
feasibility assessments, making restructuring options, and negotiations with creditors.
Based on the process of due diligence and debt restructuring that carried out, it is known
that the implementation is in accordance with the prevailing general theory.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gifta Reinati Ardia
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur audit substantif atas akun kas dan bank PT BET oleh KAP TRF per 31 Desember 2023. PT BET merupakan perusahaan yang fokus pada penyediaan jasa sewa alat berat. Evaluasi ini membandingkan prosedur audit substantif yang dilakukan KAP TRF dengan Standar Audit (SA) dan teori audit yang berlaku, termasuk mengenai pengujian asersi manajemen. Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa prosedur audit substantif yang dilakukan KAP TRF telah sesuai dengan standar dan teori yang berlaku akan tetapi dengan rekomendasi. Selain itu, laporan magang ini bertujuan untuk memberikan refleksi diri terhadap pengalaman magang, dengan fokus pada empat pengalaman.

This internship report evaluates the substantive audit procedures for PT BET’s cash and bank account by KAP TRF as of December 31, 2023. PT BET is a company that focuses on providing heavy mining equipment rental. This evaluation compares the substantive audit procedures performed by KAP TRF to the Audit Standard (SA) and applicable audit theories, including those regarding testing management assertions. The results of this evaluation indicate that the substantive audit procedures conducted by KAP TRF are in accordance with the applicable standards and theories, however, with recommendation. Additionally, the internship report aims to provide a self-reflective analysis of the internship period, highlighting four key experiences.
"
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zainal Arifin
"Berangkat dari terdapatnya masaiah kredit macet yang selalu dihadapi setiap perusahaan maupun lembaga keuangan yang bergerak melalui pemberian kredit, membuat setiap
perusahaan akan berupaya menjalankan kebijakan yang ada dengan tak lepas dari upayanya dalam mempertahankan harta yang ada, dan di lain pihak tetap mempertahankan laba yang dihasi1kan yang pada akhirnya akan menurunkan kegiatan perkreditan yang ada, terutama pada kegiatan perbankan
yaitu pada PT. Bank X. Untuk itu, penulis menganggap perlu meneliti lebih jauh bagaimana kebijakan yang ada dija1ankan oleh PT. Bank X dalam menangani masalah kredit macet tersebut serta mengetahui seberapa jauh pengaruh yang ditimbulkannya terhadap sistem pelaporan keuangan
yang akan disajikan.
Dalam penuiisan skripsi ini, penulis melakukan pene1itian meiaiui kegi.atan studi kepustakaan melaiui berbaqai studi literatur serta dengan melakukan studi lapangan melalui kegiatan wawancara, pengamatan, dan inspeksi terhadap PT. Bank X sehubungan dengan permasalahan yang
ada, dan kegiatan akuntansi yang dijalankannya.
Dari penelitian yang dilakukan penulis menemukan beberapa kebijakan yang dijalankan perusahaan dalam
menghadapi masalah kredit macet ini, antara lain melalui
tindakan pengalamnan baik secara managerial dengan melakukan penyebaran resiko (risk spreading), maupun secara teknikal dengan melakukan tindakan secara intensif.
Di lain pihak, perusahaa juga menjalankan kebijakan- kebijakan lain seperti kebijakan kolektibilitas,
loan review, dan kebijakan dalam penyelesaian kredit melalui penagihan, dan penghapusan kredit dengan sistem pencadangan pencadangan atas aktiva produktif atas piutang
ragu-ragu.
Dari indikasi yang dapat diteliti PT. Bank X memiliki sistem pengeloiaan kredit yang kurang berjalan secara
berhasil dan berdaya guna dengan benar, tidak adanya kelengkapan file-file yang mendukung kegiatan perkreditan yang menggambarkan kurang mampunya aparat kredit dalam
melakukan indikasi terjadinya kredit macet secara lebih dini, dan' lain-lain. Untuk itulah, dipenlukan suatu
kegiatan daiamupaya meningkatkan gugus kendali mutu baik
sistem maupun daya manusia, melakukan kegiatan dengan cara berhati-hati, dan melakukan sindikasi atas
royek dalam jumlah besar, serta melakukan diversifikasi dalam produk yang ditawarkan kepada nasabah-nasabahnya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18756
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Dwipuspasari
"Laporan magang ini membahas mengenai analisis penerapan PSAK No. 33 (Revisi 2011) tentang Akuntansi Pertambangan Umum pada PT Bukit Asam (Persero) Tbk yang bergerak dibidang industri pertambangan batubara. Dalam laporan ini dijelaskan mengenai kebijakan akuntansi PT Bukit Asam (Persero) Tbk atas aktivitas pegupasan lapisan tanah dan aktivitas pengelolaan lingkungan yang kemudian dilakukan analisis terhadap masing-masing kebijakan akuntansi. Hasil dari laporan magang ini menyimpulkan bahwa kebijakan akuntansi atas pengakuan dan pengukuran atas aktivitas pengupasan lapisan tanah PTBA telah sesuai dengan PSAK No. 33 (Revisi 2011) dan pengungkapannya telah sesuai dengan PSAK No. 1 (Revisi 2009). Untuk kebijakan akuntansi atas pengakuan, penyajian, dan pengungkapan atas aktivitas pengelolaan lingkungan hidup PTBA telah sesuai dengan PSAK No. 33 (Revisi 2011). Sedangkan untuk kebijakan akuntansi atas pengukurannya telah sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 18 Tahun 2008.

The internship report explain the analysis of the implementation of SFAS Number 33 (Revised 2011) on Accounting of General Mining in PT Bukit Asam (Persero) Tbk, which is engaged in coal mining industry. This report also describe the accounting policies PT Bukit Asam (Persero) Tbk on soil stripping activities and environmental management activities that analysed for the each accounting policies. The result of this internship report concluded that the accounting policies on the recognition and measurement of soil stripping activities in PTBA was compliance with SFAS Number 33 (Revised 2011) and the disclosures of soil stripping activities was refer to SFAS Number 1 (Revised 2009). The accounting policies on the recognition, presentation and disclosure of environmental management activities in PTBA were compliance with SFAS Number 33 (Revised 2011). For the measurement of environmental management activities in PTBA also complies with the ESDM Minister Regulation Number 18 2008."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S43998
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elly Juliaty
"Laporan magang ini membahas mengenai perubahan proses yang ada dalam SOP keuangan proses revenue subproses penjualan direct dan penjualan indirect PT. XYZ akibat dilakukannya perubahan struktur organisasi dalam rangka ekspansi bisnis yang ikut menambah kompleksitas kegiatan operasional PT. XYZ. Dalam proses pemutakhiran tersebut dilakukan analisis terhadap pengendalian internal yang dijalankan berdasarkan COSO guidance, kemungkinan risiko yang timbul, dan prosedur dari proses yang dijalankan. Proses pemutakhiran ini dilakukan dengan melakukan wawancara dan penelusuran (walkthrough) atas proses yang dijalankan PT. XYZ saat ini dan dilakukan perbaikan terhadap SOP keuangan yang telah ada.
Hasil laporan ini menyimpulkan bahwa setelah melakukan pemutakhiran SOP keuangan terhadap subproses penjualan direct dan penjualan indirect, terjadi perubahan yang cukup signifikan terhadap proses yang dijalankan dalam SOP keuangan subproses penjualan indirect, sedangkan, untuk subproses penjualan direct, perubahan yang terjadi tidaklah signifikan. Pengendalian internal atas SOP keuangan proses revenue subproses penjualan direct dan indirect sudah cukup baik, hanya saja masih diperlukan pengawasan yang lebih baik terhadap beberapa proses yang dapat memicu fraud, seperti penerimaan uang dan juga pengurusan dokumen-dokumen penting pelanggan.

This Internship Report discusses about the the change of processes performed in financial SOP revenue process direct sales and indirect sales sub process of PT. XYZ caused by the change of organization structure because of business expansion that enhances the complexity of operational activities of PT. XYZ. In this updating process, there is analysis through the internal control based on COSO guidance, the possibility of the risks that could be arising, and the procedures done. The updating process performed by doing interview and walkthrough from the processes operated by PT. XYZ in recent times and make correction of the existing financial SOP.
The result of this internship report concludes that after updating the financial SOP towards direct sales and indirect sales sub processes, there is a quite significant changes regarding the processes operated in indirect sales sub process, whereas there is only a minor changes regarding the processes operated in direct sales sub process. The internal controls in financial SOP revenue process direct sales and indirect sales subprocess have been performed quite adequate, only that there is still need more supervision toward some processes that could trigger fraud, such as cash receipt and management of the customer documents.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54711
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Indriana Pratiwi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai: (1) determinan pengungkapan keberlanjutan serta (2) pengaruh pengungkapan keberlanjutan perusahaan di Indonesia terhadap kinerja keuangan masa depan untuk periode 2011, dengan menggunakan reputasi sebagai variabel pemoderasi. Faktor-faktor determinan pengungkapan keberlanjutan dianalisis dengan menggunakan variabel-variabel berupa reputasi, komitmen kepada pemangku kepentingan, peliputan media, serta kinerja keuangan tahun lalu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data cross-sectional dan metode regresi Ordinary Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen kepada pemangku kepentingan, reputasi, dan peliputan media dapat mendorong pengungkapan keberlanjutan perusahaan. Klasifikasi industri terbukti memiliki pengaruh terhadap pengungkapan keberlanjutan. Sedangkan kinerja keuangan tahun lalu tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan keberlanjutan. Di samping itu, tidak ditemukan bukti yang menunjukkan bahwa pengungkapan keberlanjutan memengaruhi kinerja keuangan di masa depan dan tidak pula terdapat pengaruh moderasi dari reputasi pada hubungan tersebut, namun usia dan rasio leverage perusahaan terbukti dapat mempengaruhi kinerja keuangan masa depan.

ABSTRACT
The aim of this research is to understand: (1) the determinants of sustainability disclosure and (2) the influence of sustainability disclosure on firm?s next year financial performance in Indonesia, and to analyze how reputation moderates relationship between those two. The determinants were analyzed by using variables such as firm?s reputation, commitment to stakeholders, media exposure, and last year financial performance. This research was conducted by using cross-sectional data and regression method of Ordinary Least Square. The results show that firm?s commitment to stakeholders, reputation, and media exposures encourage sustainability disclosure. Industry classification also has significant effect on sustainability disclosure. Meanwhile, last year financial performance has no effect on sustainability disclosure. This research also found that there is no significant correlation between sustainability disclosure and next year financial performance and there is no moderating effect from reputation between this relationship. However, firm?s age and leverage are found to have influence on next year financial performance."
2013
S45862
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre.S
"Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi prosedur audit substantif atas akun pendapatan PT Semen Wano yang telah dilakukan oleh KAP XYZ. PT Semen Wano merupakan perusahaan nasional yang bergerak di bidang produksi semen. Evaluasi dilakukan terhadap prosedur test of details yang terdiri dari prosedur penarikan sampel audit, pengumpulan dokumen pendukung, dan vouching sebagai salah satu cara pengujian asersi manajemen. Adapun hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh prosedur yang dilakukan oleh KAP XYZ telah sesuai dengan pedoman yang berlaku yakni Standar Audit (SA) Revisi 2021.

This internship report is prepared to evaluate the substantive audit procedures on PT Semen Wano’s revenue account that have been carried out by KAP XYZ. PT Semen Wano is a national company engaged in the production of cement. The evaluation was carried out on the test of details procedure which consists of procedures for drawing audit samples, collecting supporting documents, and vouching as a way of testing management assertions. The evaluation results show that all procedures carried out by KAP XYZ are in accordance with the applicable guidelines, namely Auditing Standards (SA) 2021 Revision."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yugo Binowo
"Penelitian ini menguji peranan pengawasan bank terhadap tata kelola perusahaan peminjam dengan cara menyelidiki efek dari pengawasan bank pada perilaku manajemen laba berbasis akrual (AEM) perusahaan peminjam. Analisis ini menunjukkan bahwa perilaku AEM perusahaan pinjaman umumnya menurun dengan meningkatnya kekuatan pengawasan bank. Kekuatan pengawasan bank tersebut diukur dari (1) jumlah pinjaman bank, (2) jumlah pinjaman bank jangka panjang, dan (3) jumlah bank yang tergabung didalam pinjaman sindikasi. Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa pengawasan bank memainkan peran penting dalam tata kelola perusahaan peminjam terutama pinjaman yang berasal dari sindikasi.

This study examined the role of bank monitoring to corporate governance by investigating the effects of bank supervision on the behavior of accrual-based earnings management (AEM). This analysis shows that the behavior of the company AEM generally decreases with increasing strength of bank supervision. The strength of the bank supervision is measured as (1) the total amount of bank loans, (2) the amount of long-term bank loans, and (3) the number of banks that joined in syndicated loan. These results imply that bank supervision plays an important role in corporate governance is mainly derived as syndicated loans."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>